27++ Tugas Digital Marketer - pasarIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

27++ Tugas Digital Marketer

Apa sih tugas Tugas Digital Marketer?

Setelah kita coba tulisan-tulisan di halaman 1-3 google. Ga ada 1 tulisan punyang membahas rinci apa tugas digital marketer.

Ga ada 1 tulisan pun yang membahas rinci dan beserta contoh.

Karna itu, kita mau coba buat 1 tulisan ini.

Kenapa?
Alasan terbesarnya adalah karna pas mulai belajar dulu tahun 2009 ga ada yang ajarin. Ga ada sumber yang memberikan informasi lengkap dan praktis.

Jadinya sering kena lobang pas dijalan.

Trus kita juga mau coba bagi nih tugas digital marketer yang muncul dalam job desc. Plus, yang kita alami dilapangan.

Lalu apa saja sih tugas digital marketer dalam sebuah bisnis digital?

27++ Tugas Digital Marketer

Kita coba susun list ini dari berbagi sumber dan pengalaman tim @kekitaan

1. Melakukan Branding

Branding ini biasanya dilakukan dalam pemasaran, untuk ciptain brand awareness terhadap bisnis atau produk.

Kalo Citra brand nya meningkat terus, itu dapat ningkatin kepercayaan pembeli, bahkan bisa mempengaruhi keputusan membeli para customer.

2. Mengelola Website Bisnis

Di zaman sekarang, website itu elemen penting dalam suatu bisnis. Makanya, tugas seorang digital marketer diperlukan untuk ngelola website.

Supaya ningkatin suatu bisnis dan harus punya kemampuan untuk berikan arahan biar website ini bisa jadi alat marketing sehingga mendatangkan banyak visitor.

Sebenarnya, ada banyak sekali detail yang perlu diperhatikan dalam mengelola suatu website. Untuk itu tugas marketing online perlu pahami cara menarik perhatian pengunjung, mulai dari penampilan website sampe kemudahan aksesnya.

3. Menerapkan Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Dengan SEO, website ini bisa berpeluang datangin banyak pengunjung dari search engine yaitu Google, yang mana sebagian dari pengunjung itu bisa menjadi pembeli.

Tanpa SEO terlihat mustahil kalo website bisa dapetin banyak pengunjung, kecuali ada anggaran dana iklan yang mungkin cukup besar.

4. Mengelola SEM (Search Engine Marketing)

Selain menggunakan SEO, kerja digital marketing adalah mengelola SEM (Search Engine Marketing).
SEM ini cara yang lebih mudah biar bisa tampil di halaman teratas google untuk dapetin calon prospek customer secara cepat.

Dengan SEM, suatu perusahaan dapat membayar untuk nempatin iklan mereka di halaman hasil pencarian mesin pencarian.

Tujuannya biar website atau iklan lebih mudah ditemuin sehingga dapat ningkatin traffic ke situs web dan ningkatin penjualan atau konversi bisnis.

5. Membantu Mengelola SMM (Social Media Marketing)

SMM adalah strategi menggunakan media sosial untuk bangun brand awareness sebuah produk, jasa, dan brand. Sampe bisa dapetin traffic dan customer dengan media sosial.

Iklan SMM tujuannya untuk narik perhatian seseorang terhadap suatu produk, jasa, atau brand.

6. Mengelola Display Advertiser

kalo kamu sering lihat iklan display banner di website, kayak banner iklan di website Detik atau Kompas, itu bagian dari job desk digital marketing.

Teknik yang paling umum digunakan adalah GDN (Google Display Network bagian dari Google Ads) dengan biaya per klik atau per view. Tujuan display ini adalah narik perhatian kepada audiens terhadap produk dan brand bisnis.

Selain bisa jadi media iklan untuk dapetin customer. Iklan display akan selalu jadi andalan perusahaan besar untuk bangun awareness sebuah brand.

7. bangun Strategi Funneling Marketing

Marketing funnel ini dapat bantu pemasar pahami proses bagaimana calon pelanggan pada akhirnya mutusin untuk beli produk atau layanan yang kamu tawarin.

Dengan proses ini, kamu dapat merancang strategi yang tepat untuk memaksimalkan konversi yang diinginkan, mengetahui prospek atau leads di dalam customer journey, serta mengidentifikasi strategi serta jenis konten terbaik untuk menghasilkan konversi.

Semakin banyak leads, makin banyak peluang terjadi penjualan. Jadi, pekerjaan seorang digital marketing itu harus sampai tahap merancang funneling marketing yang paling tepat

8. Menyusun Rencana Promosi Produk

Sebelum terhubung langsung secara teknis di lapangan, tugas digital marketing yang lainnya adalah mengenai strategi yang perlu dipersiapkan.

Hal tersebut menyangkut penyusunan sebuah rencana promosi produk. Misal dengan nentuin jenis eksekusi campaign marketing serta pemilihan platform digital yang sesuai.
Karena kita tahu, platform digital sendiri terdapat website, social media, e-mail, hingga marketplace.

Dan masing-masing platform itu akan pengaruhi jenis konten marketing yang diperlukan.

9. Merancang Konsep & Distribusi Campaign

Tugas selanjutnya adalah, buat konsep campaign marketing sesuai kanal yang akan digunakan.

Setelah materi campaign dipersiapkan, berikutnya adalah merancang distribusi kampanye digital tersebut, baik melalui organik maupun paid channel.

10. Meningkatkan Engagement

Seorang digital marketer juga dituntut biar bisa ningkatin engagement konsumen melalui konten di social media.

Dan ini menjadi tugas digital marketing paling krusial lainnya.

Semakin meningkat engagement yang dihasilkan oleh suatu konten, maka itu dimaknai sebagai potensi yang baik untuk bisnis kedepannya.

11. Reporting Marketing

Ga lupa, dari sekian kewajiban yang harus dilakukannya, jenis tugas digital marketing paling pamungkas adalah buat reporting pemasaran secara reguler.

Melalui reporting, seluruh bagian dalam tim atau divisi, akan sama-sama mengetahui perkembangan.

Dan hal ini dipandang sebagai sikap transparan dan tanggung jawab.

12. Jalankan Content Marketing

Salah satu tugas dari digital marketer adalah merencanakan distribusi konten promosi hard selling serta soft selling dalam sosial media, website, email serta blog.

Sebab itulah seorang digital marketing harus punya keterampilan dalam content marketing untuk menciptakan konten konten yang menarik serta berdampak pada peningkatan.

13. Mencoba Affiliate Marketing

karna tiap bisnis beda-beda strateginya. Tapi digital marketer, perlu jalanin ini.

Affiliate Marketing yaitu metode pemasaran dimana seseorang akan dapetin sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan atau menjual produk.

Strategi dari affiliate marketing ini bertanggung jawab pada pemasaran produk. Kamu menggunakan jasa afiliasi atau orang lain yang dikenal dengan influencer (memiliki pengikut yang banyak) untuk membantu memasarkan produk kepada calon pembeli.

14. Koordinasi dengan Tim Marketing Offline, Sales, dan tim IT

15. Eksperimen dengan Ads, Konten, dan Strategi Digital Lainnya

16. Ngikutin Trend, FPY, dan Viral News

17. …

18. Tugas mu disini

19. …

26. …

27. …

++. …

kita yakin, masih ada tugas digital marketer yang belum disebut diatas sih.

Karna tiap perusahaan kan beda-beda.

Boleh komentar dong, supaya kita bisa memberikan informasi lengkap ke temen-temen seperjuangan.

Sedangkan buat perusahaan yang butuh konsultasi dengan Digital Marketer.

Silahkan klik FIX PROBLEM ya.

Contact Us!

Schedule a Meeting

Kalo mau belajar Digital Marketing dari NOL?

Ada 2 opsi:

  1. Baca tulisan berikut:
  2. Ikutan revoU course aja.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply