Digital Marketing ≠ Sales - pasarIN - kekitaan - karya selesaiin masalah.

Digital Marketing ≠ Sales

Setuju ga? Digital Marketing ≠ Sales

Obrolan kita kali ini terinspirasi dari posting ini:

Lalu aku komen seperti ini

Yap
Setuju.
Digital Marketing ≠ Sales

Sayangnya CEO dan kawan2 yang jadiin penjualan adalah indikator pertumbuhan perusahaan … ga semuanya familiar dengan User Journey, Digital Channels, & Kreativitas Konten.

kita perlu sering sharing kek gini, biar makin familiar.

Lalu #MasBro Deddy Wijaya pun kasih tanggapan:

…Mudah-mudahan ya ekosistem dari Digital Marketing bisa sehat kembali dan bukan berarti profesi ini nggak mikirin penjualan, tapi kita juga tetap mikirin gimana biar bisa ikut kontribusi dalam sales.

Poin yang disampein sama #MasBro Deddy Wijaya menurutku pas banget.

Obrolan ini bukan berarti ga mikirin sales. Karna apalah bisnis tanpa itu kan ya.

Digital Marketing ≠ Sales

Mendesak Digital Marketer menghasilkan penjualan (cuan) itu bagus.

Karna mereka akan berusaha sesuai job desc mereka untuk memaksimalkan itu.

Tapi menghasilkan cuan adalah tugas bersama.

Bahkan OB/Satpam kantor harus mikirin itu.

Emang kenapa Satpam PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sangat menyenangkan diajak ngobrol?

Hospitality membuat orang nyaman dan mau datang lagi.

Datang lagi berarti potensi cuan makin gede dong.

Karna aku pun pernah jatuh di lobang yang sama dengan kekitaan.

Bahkan sekarang di GroPerti, HeyLaw, dan Pardede Hutasoit Partner itupun masih jadi PR.

Aku yakin GoJek, tokopedia, traveloka, dan kawan-kawan lainnya pun masih bergulat dengan hal sama.

Bedanya?
Ada yang berusaha mendapatkan penjualan dengan dan tanpa User Journey, Digital Channels, & Kreativitas Konten.

Dari dulu selalu bingung ilustrasi apa yang terbaik untuk ini.

Keknya ilustrasi petani kopi paling pas.

Pemilik tanah ga bisa maksa petani supaya membuat kopi untuk berbuah.

Meski petani punya kendali untuk menyiram dan merawat kopi setiap hari. Tanah, cuaca, hama, dan faktor x lainnya diluar kontrol.

Tanah, cuaca, hama, dan lain-lain ini lah yang bisa kita kendalikan. Bukan penjualan.

Itulah User Journey, Digital Channels, & Kreativitas Konten nya … bisa kita kendalikan tapi ga dengan buahnya.

Pada akhirnya, selama tanah, cuaca, hama, dan lain-lain kita kasih perhatian. Buah yang berkualitas dan hasil berkuantitas akan muncul kok.

Nah, tinggal gimana kita memperhatikan User Journey, Digital Channels, Kreativitas Konten, dan lain-lainnya supaya penjualan datang tanpa harus dicari.

Akhirnya, digital marketing bukan kanan dan sales adalah kiri. Keduanya harus berjalan pegangan tangan.

Gimana menurutmu? Digital Marketing ≠ Sales
Ada pendapat lain?

Komen dibawah dong.

Mau diskusi soal User Journey, Digital Channels, & Kreativitas Konten, dan lain-lainnya?

Contact Us!

Schedule a Meeting

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

« Sebelumnya
Digital Marketing 22: Data Analysis & Looker Studi Reporting

Comments

Leave a Reply