27++ Masalah Digital Marketing

Kamu sebagai para pelaku bisnis mungkin ga asing lagi dengan digital marketing . Sejak beberapa tahun belakangan ini, digital marketing menjadi pilihan banyak pebisnis dalam memasarkan produk mereka.

Tapi siapa sangka ada beberapa masalah dalam menjalan digital marketing yang mungkin belum kamu tahu :

1. Gunain strategi yang salah
Gunain strategi pemasaran yang ga tepat dan sesuai dengan pasar yang kamu tuju, jadinya aktifitas pemasaran digital ga akan berjalan dengan sukses.

2. Ga pahami kebutuhan konsumen
Ga pahami kebutuhan konsumen dan produk yang kamu hasilin juga ga bisa memenuhi kebutuhan itu, ya jadinya bisnis mu mungkin ga akan lancar.

3. Ga gunain analisa yang tepat
Kamu wajib lakuin analisa terhadap pasar yang kamu tuju, termasuk peluang penyerapan produk kamu di sana. tapi kalo kamu ngabaikan analisa itu, bisnis mu ga akan lancar.

4. Lupain Story-telling dan Copywriting
Teknik copywriting jadi poin penting di dalam penyajian konten ini, begitu juga dengan Story-telling. kalo kamu ga buat konten yang tepat dan bisa edukasi calon konsumen dengan baik, ya pemasaran ga akan optimal.

5. Website nya berantakan dan sulit
Kalo website mu jelek dan sulit digunakan, jelas ini akan jadi masalah bagi calon konsumen yang datang berkunjung.

6. Iklan yang ga cocok dengan landing page
Saat mereka lihat iklan produk yang mereka cari, maka mereka akan klik dan gunjungi website kamu. tapi kalo saat tautan kamu mengarahkannya ke produk yang berbeda, maka mereka akan segera menutup website kamu dan mencari yang lainnya.

7. Sistem Check-out ga praktis
Konsumen menyukai sistem yang mudah dan cepat, termasuk ketika mereka akan check-out dari sebuah website. kalo kamu buat sistem pembayaran ini rumit dan menyita banyak waktu, maka website kamu akan ditinggalkan oleh konsumen.

8. Ga menghitung laba
Kalo kamu ga biasa menghitung laba ini, maka kamu ga akan pernah paham dengan jelas gimana kinerja bisnis kamu dan juga sistem pemasaran yang sudah di terapkan.

9. Bingung Harus mulai Darimana
Ini merupakan tantangan bagi kamu yang tidak memiliki pengetahuan digital dalam memasuki ruang digital. Kebingungan ini sudah umum terjadi karena dalam era ini sudah sangat banyak platform yang bisa digunakan untuk digital marketing. Dan bisa jadi dunia digital masih merupakan hal baru bagi sebagian orang yang terlahir lebih dulu sebelum era digital lahir.

10. Ga Bisa Konsisten
Kalo kamu baru mulai terjun ke dunia digital, kamu akan aktif memposting konten di blog dan beberapa platform media sosial yang kamu buat. Tapi setelah beberapa minggu, malah berhenti. Dan kayaknya setiap kali kamu akan coba kembali, ada sesuatu terjadi yang menyebabkan kamu berhenti lagi.

11. Ngabaikan Search Engine Optimization (SEO)
Kalo kamu ga menaruh perhatian penuh pada SEO dan tidak memberikan waktu yang cukup untuk mendapatkan hasil demi mencapai peringkat tinggi di laman pertama Google. ya mungkin hasilnya akan ga optimal.

12. Ngabaikan Remarketing
Ternyata, masih banyak business owner yang milih fokus untuk mendatangkan customer baru setiap hari nya tanpa memperhatikan calon customer yang sudah tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan lho.

Apabila potential customer sudah menaruh ketertarikan pada produk kamu, namun mereka ga direspon atau diperhatikan, maka mereka ga segan untuk ninggalin brand kamu loh.

13. Ngabaikan Return of Investment (ROI)
ROI adalah rasio uang yang didapat atau hilang di sebuah investasi. kamu wajib menghitungnya secara benar biar tahu seberapa efektif penerapan pemasaran. Pastikan telah memasukkan semua komponen yang diperlukan dalam perhitungan.

14. Ingin dapetin Hasil Dalam Waktu Singkat
kalo kamu beranggapan bahwa digital marketing akan mendatangkan hasil yang cepat, karena teknologi digital juga berkembang secara cepat. Pernyataan ini ga sepenuhnya salah, sebab akses yang didapatkan di dunia digital memudahkan kamu untuk jalanin kegiatan pemasaran.

15. Ga Mengerti Data yang Didapatin
Punya data yang akurat, penting untuk nentuin kegiatan marketing yang efektif. Namun punya data yang terlalu banyak justru membahayakan strategi marketing kamu kalo ga digunakan secara benar.

16. Menggunakan Terlalu Banyak Strategi Tanpa Arahan yang Tepat
Punya beberapa opsi untuk melaksanakan strategi marketing memang diperlukan, namun terlalu banyak pilihan malah buat kamu merasa kewalahan untuk nentuin strategi mana yang didahulukan. Alhasil, banyak metrik-metrik yang terabaikan dan ga memberikan hasil terbaik.

17. Bekerja dengan Vendor & Biro Iklan
Team Work Makes The Dream work. Bekerja dengan biro iklan dan vendor menimbulkan masalah yang signifikan jika kamu ga bisa memanage.

18. Kecepatan & Agility
Salah satu cara untuk ningkatin jangkauan pemasaran kamu adalah dengan dukung-dukungan pada tren sosial saat ini seperti meme, selfie, dan tantangan sosial. Untuk lakuin ini, kamu harus punya kecepatan dan kesigapan untuk memasukkan merek kamu dalam tren sosial terkini.

19. Mengatur Anggaran
Mengatur anggaran jadi semakin penting untuk kampanye kalo kamu gunain media sosial berbayar (Paid Social Media) dan Melewatkan hari-hari pada algoritma Facebook/Instagram dengan gunain teknik pemasaran cerdas untuk ningkatin keterlibatan/engagement .

20. Ga Mengetahui Tujuan Kampanye Digital Marketing
Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh business owner adalah ga tahu tujuan kampanye digital marketing yang dijalankan. kalo kamu ga nentuin tujuan dari awal, kampanye kamu ga akan sukses walaupun sudah berupaya untuk mengoptimalkannya.

21. Mengabaikan Email yang Dikirim oleh Pelanggan
Jika pelanggan kamu punya umpan balik yang berkaitan dengan bisnis kamu, ada kemungkinan besar mereka akan meluangkan waktu untuk mengirimi kamu email tentang hal itu.

Sangat penting bagi kamu untuk menanggapi email semacam itu setiap saat, karena setiap email yang diabaikan mengakibatkan hilangnya pelanggan, itu sudah pasti.

22. Ga Ada Komunikasi
seringnya kamu ga melakukan personalisasi dalam kamu melakukan komunikasi dengan pelanggan. Padahal ini penting untuk lihat respon baik pelanggan. Karena kita tahu konsumen adalah raja, jadi layanan yang optimal bagus untuk konsumen.

23. Merasa Puas
Kamu hanya pikir dengan bayar iklan sudah cukup. Padahal iklan tanpa di optimasi, hasilnya ga akan maksimal juga. Maka iklan harus di olah agar hasilnya bisa maksimal sesuai dengan apa yang kita harapkan.

24. Menggunakan Clickbait
kamu gunain clickbait yang di gunakan secara berlebihan. Itu menjadi tidak efektif karena menjadi kurang efektif dengan model seperti itu.

Gimana dari semua itu , kamu punya tambahan ga tentang masalah digital marketing? coba komen ya kalo punya masalah selain diatas



Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply