27++ Pertanyaan Tentang SEO - pasarIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

27++ Pertanyaan Tentang SEO

Ada pertanyaan tentang SEO?

Ini ada beberapa kumpulan pertanyaan hasil sharing dari Mas Ilman Akbar (Founder dailySEO), temen, dan dari client-client kita.

Mari kita obrolIN…

kita jawab singkat dan sesuai konteks dulu ya. kalo butuh jawaban lebih lengkap, silahkan komentar ya.

27++ Pertanyaan Tentang SEO

Pertanyaan berikut kita susun dan termasuk nama penanya ya.

Trus kita jawab berkala ya, butuh waktu nih mindahin video dan obrolan dalam bentuk tulisan.

Terimakasih pengertiannya.

Yuk mulai…

01.

(Nabila/SEO Strategy/Roadmap)
misal obat jerawat kan jenisnya beda, mostly dari tea tree. biar produk kita keliatan beda, positioning/strategynya gimana ya?

02.


(Michael Ardito/Fundamental Concept)
Dalam SEO apakah bisa yang tadinya udah di ranking atas tapi tiba tiba drop ke ranking bawah?

03.

(Client LawFirm)
Apa itu SEO?
Kenapa kantor ku butuh itu?

SEO adalah cara supaya situs website terlihat “lebih baik” di hasil pencarian (google search).

Kenapa ini sangat penting bagi firma hukum?
Karna dapat membantu menarik lebih banyak klien.

04.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/SEO Strategy/Roadmap)
How to solve kalo drop abis update algoritma?

05.

Apa pernyataan ini bener, “Short-tail keywords biasaya persaingannya rendah karna ga banyak yang cari”?

Salah❌
Short-tail keywords justru banyak yang cari.

06.

(Ade)
Berapa lama efektif pngunan SEO agar paling dicari?

07.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Crawl Accessibility)
Crawl budget itu berarti jatah website kita di crawl sama google tiap hari ya?

08.

(Ibnu Nabila)
Saya skrg bekerja sebagai editor media online. Sebenarnya keyword SEO itu penting gk sih kak untuk jenis berita2 breaking gitu? Soalnya setahu saya keyword SEO kan untuk efektif untuk jangka panjang atau artikel2 yg sifat timeless. Nah kalau yg sifatnya breaking news gitu seberapa penting penggunaan keyword itu kak. Terima kasih

09.

(Erryke Tjahyono)
Untuk SEO best practice biasanya bisa di cari di mana? Team sering ngefollow advice agency blindly soalnya nggak ada arahan internal untuk SEO

Misal, agency nyaranin untuk publish ratusan articles yang nggak kelihatan di website tapi katanya bisa naikin ranking website + ndapeting backlinks dari website yang DA tinggi tapi domain name suspicious + website UI yang minimal banget

10.

(Septian Susanto Halim)
Gimana prospek SEO ke depannya mengingat tadi sempat di-mention juga bahwa Gen Z lebih prefer untuk search info di Tiktok kebanding Google? Thank you

11.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/SERP Analysis)
Apa treatment apa yang dilakuin atas setiap tulisan yang udah masuk page 1 dan belum?
Soalnya abis nonton video ahrefs kalo ga salah, dia posisi 5an lalu optimasi dalam 24 jam jadi posisi 1.

Ini bukan soal naik jadi posisi nya. Tapi lebih how to optimasi nya

12.

(Ridaniela)
kak Ilman kemarin kalau SEO itu sebenarnya bukan untuk semua bisnis.. Kalau boleh di share nih, di DailySEO kriteria bisnis yg bisa pakai SEO itu apa aja? Dan gimana cara kakak memilih client yg sesuai dengan kriteria itu? Thank you kak! :pray:

13.

(Leo)
Minimum brp kata per post itu ka ? Dan per artikel fokus 1 keyword saja atau maksimal brp? Lalu pengulangan keyword brp x per post ?

14.

(Michael Ardito)
Apa tanggapan kakak soal beli backlinks? secara guideline itu diperbolehkan ga ya? apalagi kalo link dari website DA yang tinggi biasanya makin mahal.

15.

(Melati/Others)
Untuk teknis SEO google yang baru, article backlink dari web lain masih penting ngga ya?

16.

(Melati/Others)
Gimana cara kerja Search engine selain google? Cara kerja optimisasinya sama kah dengan google?

17.

(Erryke Tjahyono/Others)
Kalo mau backlink relevant gitu biasanya harus punya relationship yang bagus sama beberapa website gitu?

Kembali lagi, konsisten topik, hari, dan jam.

18.

(Krist Krist/Others)
Kalau boleh tau untuk Daily SEO ada berapa  berapa tim karena kalau dikerjain sendiri kemungjkinan tidak akan mungkin bgt?

19.

(Krist Krist)
Untuk turunan SEO itu juga ada google maps, apakah google maps cuma untuk bisnis menengah bawah or gmn? dan sejauh ini ada Daily SEO menyasar bisnis menegah atas or bawah atau keduanya?

20.

(Denaneer/Others)
untuk short term strategy dengan budget yang limit (untuk spending di All Channel include bikin artikel) jika ka ilman sebagai stack holder pengambilan keputusan untuk jalaninin SEO optimazation daripada paid channel atau paid  KOL Atau Boost organic, bakal dengan “dalil” apa?

21.

(Septian Susanto Halim/High quality content: EEAT concept)
Mau tanya kalau dengar penjelasan di lecture, berarti web dengan domain yang “murah” akan selalu kalah dengan domain yg lebih bagus kah? Considering contentnya sama” bagus.

22.

(Krist Krist/High quality content: EEAT concept)
Kalau di blog kita udah post2 yang ga sesuai EEAT Content, kemudian kita pengen perbaiki blog dengn content yg sesuai EEAT, sebaiknya post2 yang sblmnya (tdk menganut paham EEAT) sebaiknya dihapus atau gmn ya?

23.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Topic Ownership)
Kalo udah terlanjur gado2.
Gimana solusinya?

  1. Teknis yang familiar sih, buat sub domain. Tapi ada yang anjurin domain baru? Mending mana?
  2. Kalo redirect butuh waktu lama sih?
  3. Ada tips tertentu ga kalo alami yang gado2 ini? Kalo ada case studi client, boleh Mas

24.

(Erryke Tjahyono/SEO Content Checklist)
Jadi untuk url permalink itu summary blog dan bukan blog title ya?

25.

(Haryono/User Experience in SEO)
Tadi pilar ke 2 SEO, technology itu apakah berbicara ttg web host atau technology yg lain?

26.

(Enzo/Others)
1. Bagaimana DailySEO terus update dan mendapatkan informasi terbaru terkait perkembangan di dunia SEO?
2. Adakah versi untuk SEA dan social media Ads? Semacam DailySEA?

27.

(Michel Ardito/Others)
Kalo social share di SEO itu ngaruh ke ranking ga ya? dan apakah social share itu terhitung backlinks dan apakah ngaruh ke autorithy juga?

28.

(Reinaldy Agung/Others)
Kalau mau bikin website di developer suka ada keterangan “website ramah SEO” apakah ada tipe coding website ga integrate ke SEO?

29.

(Erryke Tjahyono/Others)
Biasanya tools apa yang paling sering di pakai untuk SEO, especially untuk keyword research

30.

(Andreanto Wijayaa/Others)
Tadi kan sempet nyontohin yang terkait ranking tentang kesehatan, tapi ternyata ada brand yang mungkin belum terkenal, tadi sudah setara atau sepadan dengan ranking brand yang sudah terkenal, apakah itu ada pengaruhnya dengan  kelas online diluar yang membahas agar kontenya di top pages ?:pray:

31.

(Krist Krist/Others)
Misal ak punya bisnis baru (web/blog juga baru) mau jualan kopi dan teh Objective-nya Brand awareness dan Sales (Minta tolong dijelasin SEO strategy breakdownnya ( based of SEO Strategy Roadmap)

32.

(Stania/Others)
kalau untuk toko online idealnya gmn ya mas untuk maximizing seo?

33.

(Leo)
Sebaiknya kita pakai brp sitemap per web ? sitemap.xml atau sitemap_index ?

Menurut google:
sitemap.xml link <50rb
sitemap_index >50rb

34.

(Stephanus Michael)
Bukannya tergantung jumlah competitor ya untuk penggunaan backlink? kalo competitor dikit mungkin ga perlu backlink?

Ga juga.
Backlink tetep perlu banyak meski kompetitor dikit.
Yang penting bukan jumlah tapi kualitas.

35.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Crawl Accessibility)
Dalam konten kita mau benerin website gado2. Bisa ga ya kita pake fitur no index dan no follow untuk sementara (untuk beberapa tulisan yang ga mau di fokuskan) sambil benerin fokus utama tulisan, menu dll?

36.

(salehh)
Tapi kalau kita tulis (backlink) perusahaan lain yang audience nya masuk juga ke perusahaan kita. apakah ada manfaat atau impact nya juga ke web kita?

37.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Fundamental Concept)
Waktu paling cepet dan paling lama keywordnya muncul di halaman 1 (ato KPI lain).
Kenapa bisa cepet dan lambat, dan kalo boleh share kata kunci/produknya?
Apa yang dilakukan kenapa bisa cepet dan lambat?

38.

Apa pernyataan ini bener, “Short-tail keywords biasanya harganya lebih murah karna cuma targetin sedikit keywords”?

Salah❌
Short-tail keywords lebih mahal karna banyak yang cari.

39.

Apa pernyataan ini bener, “Long-tail keywords biasanya persaingannya lebih rendah karna ga banyak yang targetin itu”?

Bener✅
Long-tail keywords biasanya persaingannya lebih rendah karna 2 hal, yaitu:

  1. Fokus & spesifik
  2. Pesaing yang targetkan kata kunci itu sedikit.

Karena lebih spesifik maka cenderung traffiknya lebih terarah. Jadinya tingkat konversi pun lebih tinggi. Meski volume pencarian lebih rendah daripada short-tail keywords.

40.

(Bolmer Suryadi Hutasoit)
Apa daily activity Mas dalam ngecek progress dari setiap keyword untuk mencapai KPI?

Kalo boleh rinci step by step, tools, dan dokumentasi prosesnya

41.

Apa pernyataan ini bener, “Long-tail keywords typically will have higher competition since it has lower probability of conversion”?

Salah❌

42.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Crawl Accessibility)
Ada tools mudah ga ya (pemula) untuk redirect tulisan? (dalam konteks selamatin website gado2)

43.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Website Structure & Taxonomy)
Kenapa bisa drop dan naik? Boleh share case yang ada.
Boleh share juga how to solve nya

44.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Website Structure & Taxonomy)
Untuk website yang udah terlanjut punya puluhan ribu konten. Kita perlu buat taxonomy ulang ga ya?

45.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Website Structure & Taxonomy)
Tadi disebut contoh, perubahan sitemap anakUI.com setiap beberapa tahun? Saat kapan kita perlu update sitemap?

46.

(Haryono Cokro/Website Structure & Taxonomy)
Best practice breadcrumb utk blog post, apakah judul aja atau judul/author/bulan/tahun ?

47.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Website Structure & Taxonomy)
Tanpa breadcrumb, apa dampaknya sama SEO?

48.

(Leonardo/Website Structure & Taxonomy)
WordPress based vs web from scratch (html) itu better mana for google dalam hal kemudahan crawl / index ? Dan utk SEO apa lebih fleksibel yg from scratch ?

49.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Website Structure & Taxonomy)
Pemakaianya struktur link: Ada bedanya ga sama dampak SEOnya
Antara domain/blog-post x domain/kategory/blog-post?

50.

(Michael ardito/Technical SEO Checklist)
techincal seo ini masuknya off page atau on page ya kak?

51.

(Haryono Cokro/Technical SEO Checklist)
web builder seperti wix juga punya tools2/kasi insight ttg web kita. apakah tools/insight dari wix dan semacamnya ini cukup reliable ?

52.

(Muhammad Irfaan/Technical SEO Checklist)
Perbedaan Lighthouse dengan Pagespeed Insight apa ya mas ? coba-coba tapi hasilnya beda. karena coba untuk mobile friendly tapi hasilnya beda.

53.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Technical SEO Checklist)
Misal, kita punya blog. Ada ga ya cara benerin loading page sendiri tanpa perlu bantuan tech people. Misal ada tools ato panduan khusus yang disarankan?

54.

(Reinaldy Agung/Others)
Kalau keterangan web nya “The page did not display content that qualifies as a Largest Contentful Paint (LCP)” Ensure the page has a valid LCP element and then try again. Itu Kenapa ya kak?

55.

(Indri/Others)
boleh minta tipsnya kak untuk yang mau memulai karir atau mau memperdalam knowledge di bidang SEO, Hal / Skill apa yang perlu sering dilatih agar bisa menjadi SEO expert.

56.

(Michael ardito/Others)
Di Indonesia sendiri SEO itu populer ga ya? soalnya menurut pengamatan saya, orang Indonesia lebih aktif di sosmed bahkan kalo nyari sesuatu orang sini kebanyakan pake sosmed.

57.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Basic eCommerce SEO)
Kalo blog kita mau punya breadcrumb seperti ecommerce, ada plugin ga kalo di wordpress?

58.

(Fikri/Local SEO)
Kalau kita udah nyári specific kota tapi yg keluarnya kota lain itu knappa ya kak? Misal nyari birthday cake bandung yg munch di IG itu cake Jakarta, brunei, surabaya. Apa toko2 kue tersebut juga include kota2 lain di keyword nya? Tp kan ga relevan

59.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Basic eCommerce SEO)
Kalo dailySEO breadcrumb nya itu seperti apa ya?

60.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Local SEO)
Kalo treatment update post di GBP, pake artikel di blog cocok ga?

61.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/How To Do Website Audit)
Gimana cara memperbaiki performa di google page speed? Karna Aksesibilitas (90), Best Praktik 100, dan SEO (93). Image udah aman. Yang jadi isu adalah plugin tag manager, analytic dll. Padahal itu perlu.

Ato justru itu bisa diabaikan?

Misal, kita punya blog. Ada ga ya cara benerin loading page sendiri tanpa perlu bantuan tech people. Misal ada tools ato panduan khusus yang disarankan?

62.

(Saleh/Others)
kalau kita tulis (backlink) perusahaan lain yang audience nya masuk juga ke perusahaan kita. apakah ada manfaat atau impact nya juga ke web kita?

63.

(Krist/Others)
untuk mengetahui Web/URL Taxonomy pake tools apa yang recommended?

64.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Others)
Mumpung update gemini nih.
Dampak besarnya apa ya ke SEO?
kita harus menyesuaikan gimana?

Masih ada hubungannya dengan SGE ga?

65.

(Maulana Mahardika Arvi/Oterhs)
semisal kita buat 2 keyword (primary dan secondary) dalam topic research. Apakah queries yang dibuat juga harus dipisah berdasarkan 2 keyword yang berbeda tadi?

66.

(Krist/Others)
kalau blog/web pakai hreflang apakah berpengaruh besar  pada performa blog/web nya?

67.

(Krist/Others)
kalau kak Ilman n team buat topic2 n konten2 harus n taat sama SEO strategy Roadmap nya? karena itu banyak bgt yang harus diperhatikan, apakah memang harus melewati itu semua? atau ada yang boleh di-skip?

68.

(andreas pranata/Others)
kayanya di luar topik  kak, mau nanya  kalau kita mau akses data-data dari orang-orang yang udah submit di LP kita caranya gimana ya? misalnya kaya data nama, no hp dll

69.

(Ade/Others)
Brp lama efektif pngunan SEO agar paling dcari 

70.

(Erryke Tjahjono/Others)
untuk SEO best practice biasanya bisa di cari di mana? Team sering ngefollow advice agency blindly soalnya nggak ada arahan internal untuk SEO

Misal, agency nyaranin untuk publish ratusan articles yang nggak kelihatan di website tapi katanya bisa naikin ranking website + ndapeting backlinks dari website yang DA tinggi tapi domain name suspicious + website UI yang minimal banget

71.

(Septian Susanto Halim/Others)
menurut kakak bagaimana prospek SEO ke depannya mengingat tadi sempat di-mention juga bahwa Gen Z lebih prefer untuk search info di Tiktok kebanding Google?

72.

(Ridaniela/Others)
aku ingat kata2 kak Ilman kemarin kalau SEO itu sebenarnya bukan untuk semua bisnis.. Kalau boleh di share nih, di DailySEO kriteria bisnis yg bisa pakai SEO itu apa aja? Dan gimana cara kakak memilih client yg sesuai dengan kriteria itu?

73.

(Leo/Others)
minimum brp kata per post itu ka ? Dan per artikel fokus 1 keyword saja atau maksimal brp ? Lalu pengulangan keyword brp x per post ?

74.

(Michael ardito/Others)
apa tanggapan kakak soal beli backlinks? secara guideline itu diperbolehkan ga ya? apalagi kalo link dari website DA yang tinggi biasanya makin mahal.

00.

Pertanyaan mu disini

Itulah dia akhirnya.

Perusahaan mu ada masalah digital marketing?
Yuk mulai aktif di TikTok!

Untuk konsultasi silahkan klik FIX PROBLEM ya.

Contact Us!

Schedule a Meeting

Kalo mau belajar Digital Marketing dari NOL?

Ada 2 opsi:

  1. Baca tulisan berikut:
  2. Ikutan revoU course aja.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Comments

Leave a Reply