Bagi siapapun yang baru pertama kali membeli domain, kita mungkin bingung bagaimana cara memilih nama domain yang tepat. Memilih sebuah nama domain sebenarnya sama dengan memilih nama untuk perusahaan atau bisnis kita. #MasBro #MbakBro membutuhkan waktu dan banyak pemikiran dalam memilih nama tersebut. Domain akan menjadi identitas kita di internet sehingga kita sebaiknya memastikan bahwa nama yang kita pilih sesuai dengan pilihan bisnis dan mudah untuk ditemukan dan dipromosikan.

Secara familiar dalam dunia blog nama domain itu terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Nama domain EMD, dan
  • Nama domain Brandable

Lalu, seperti apa sih nama domain EMD itu? seperti apa pula nama domain Brandable itu?

https://idwebhost.com/blog/wp-content/uploads/2017/06/domainid.jpg

Sebelumnya, EMD itu adalah singkatan dari “Exact-Match Domain” yang mengartikan sebuah domain yang dibuat menggunakan kata kunci tertarget untuk mendapatkan tempat di halaman pertama mesin pencari.

Dalam artian seperti ini, misalnya #MasBro #MbakBro ingin membuat blog yang membahas tentang Resep Makanan.

Nah, maka dari itu jika ingin menggunakan nama domain EMD, #MasBro #MbakBro bisa memakai nama domain seperti ini:

Itulah yang dimaksud dengan nama domain EMD.

Sedangkan, nama domain Brandable itu lebih mengutamakan merk/brand ketimbang keyword.

Seperti Yahoo.comFacebook.comGoogle.com, dll. Mereka-mereka itu menggunakan nama domain Brandable. Nah itulah yang dinamakan nama domain yang Brandable

Namun antara nama domain EMD vs Brandable mana kira-kira yang lebih bagus?

Nama domain EMD maupun Brandable sebenarnya sama saja, tapi menurut kita pribadi lebih baik menggunakan nama domain brandable daripada menggunakan nama domain EMD.

Namun banyak juga para blogger yang berpendapat bahwa nama domain EMD lebih bagus karena nama domain-nya terselip keyword, sehingga akan mudah muncul di halaman pertama mesin pencari jika ada yang menulis keyword yang mirip dengan nama domain kita.

Adapun alasan kita menyarankan #MasBro #MbakBro memilih nama domain Brandable ketimbang EMD, yakni salah satunya karena nama domain EMD sudah tidak begitu berpengaruh lagi terhadap ranking di mesin pencari, terlebih Google.

Selain itu, nama domain EMD juga identik dengan situs-situs spam dan juga situs-situs yang berkualitas rendah.

Bahkan pada tahun 2012 yang lalu, Google memperbarui algoritma-nya untuk mengurangi situs EMD berkualitas rendah pada hasil pencarian

Mau Buat Website Ato Blog?
12 Tips Milih Nama Domain yang Pas dengan Jasa SEO Surabaya Murah Bergaransi

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa #MasBro #MbakBro gunain untuk nemuin nama domain yang tepat dan sempurna untuk website baru #MasBro #MbakBro!

1. Pake Nama Domain yang Kreatif dan Brandable

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nama domain #MasBro #MbakBro akan menjadi identitas diri pada dunia online. Oleh karena itu sebisa mungkin gunain nama yang kreatif dan brandable agar kita bisa lakuin branding dengan mudah. Domain #MasBro #MbakBro akan menjadi nama yang dicari, diingat, dan disebarkan oleh customer dan pengunjung website kita.

Lalu apa yang dimaksud dengan brandable?

Nama domain brandable adalah nama yang unik dan menonjol dibanding competitor lainnya. Tentunya dengan nama yang unik, website #MasBro #MbakBro akan diingat oleh banyak orang. Lalu gimana sih cara menemukan nama yang brandable?

  • Buat kata baru.

Kita bisa membuat kata baru yang terdengar catchy untuk menarik perhatian. Google dan Yahoo adalah dua perusahaan besar yang lakuin ini.

  • Gunakan kata-kata menarik yang sudah ada.

Kita bisa mencari kata-kata yang mungkin jarang digunakan sehari-hari tapi sesuai dengan bisnis #MasBro #MbakBro.

  • Gunakan generator nama domain.

Sekarang di-internet sudah banyak generator yang bisa kita gunain untuk mencari nama domain hanya dengan memasukkan kata-kata yang dirasa cocok untuk nama domain #MasBro #MbakBro.

Jangan Gunakan Nama Merek Dagang Milik Orang Lain
Hal ini sangat penting diperhatikan sebelum terlanjur memilih nama domain.
Menggunakan merek dagang milik orang lain di nama domain kita itu sangat dilarang. Bahkan bisa-bisa blog kita dituntut oleh pemilik hak cipta merek tersebut.
Misalnya kita ingin membuat blog yang membahas mengenai smartphone, lalu kita memilih nama domain www.hape-samsung.com, bukan tidak mungkin dikemudian hari pihak Samsung menghubungi kita dan menuntut denda 1 Milliar karena menggunakan merek dagang mereka tanpa izin.
Oleh sebab itu, sebelum memilih nama domain, ada baiknya pastikan telebih dulu apakah nama domain yang kita pilih mengandung merek dagang seseorang atau tidak. Jika masih bingung nih, #MasBro #MbakBro bisa hubungin kita untuk jasa SEO Surabaya murah dan bergaransi.

2. Pastikan bahwa domain #MasBro #MbakBro mudah 3D

Pastikan nama domain yang ingin kita buat mudah ditulis, diingat, dan diucapkan. Karena terkadang ada pengunjung blog yang ingin mampir di blog kita, namun mereka lupa nama blog milik kita tersebut.

Selain itu, pastiin juga nama domain #MasBro #MbakBro tidak mengandung kata-kata yang susah diiucapkan seperti Zenefore.comHogwarty.comMouresio.com, dll. Karena selain susah ditulis, diingat, itu semua juga susah diucapkan.

Mungkin #MasBro #MbakBro lancar-lancar saja pas ngucapin, akan tetapi apakah yang dengerin bisa menulisnya dengan benar? belum tentu.

Oleh sebab itu, buatlah nama domain yang mudah-mudah aja. Yang terpenting Mudah 3D = Mudah Diingat, Mudah Ditulis, dan Mudah Diucapkan.

Faktor-faktor yang patut dihindari dalam membuat nama domain:

#MasBro #MbakBro
Menemukan nama domain yang mudah diingat dan mudah diketik akan membantu kita mencapai sukses online. Jika kita menggunakan ejaan-ejaan gaul atau kata-kata yang memiliki beberapa ejaan akan membuatnya susah diingat.

Kalo misalnya ada temen atau tetangga yang nanya alamat blog kita, kita jadi tidak bingung jelasinnya.
Contoh kejadian nyata:
#MasBro / #MbakBro : Mas, alamat blognya apa?
kekitaan                      : ke strip kita strip an dot com
#MasBro / #MbakBro : itu strip-nya ditulis ato gimana?
kekitaan                      : logo strip aja
#MasBro / #MbakBro : (buka mesin pencari trus ngetik “kelogostripkitalogostripan.com”)
kekitaan                      : hmmm

Masih bingung dan ga mau ribet nih? #MasBro #MbakBro bisa banget buat hubungin kita sebagai jasa SEO Surabaya murah bergaransi.

3. Pake nama domain yang pendek

Jika nama domain #MasBro #MbakBro panjang dan ribet, ada kemungkinan customer #MasBro #MbakBro tidak dapat mengingat domain kita. Ato mereka juga mungkin bisa saja salah mengeja atau mengetik alamat domain kita. Jika #MasBro #MbakBro pake domain yang pendek tentunya kecil kemungkinan hal-hal seperti ini terjadi. Disarankan dalam memilih nama domain, nama domain #MasBro #MbakBro tidak lebih dari 17 karakter.

Buatlah Nama Domain yang Singkat
Usahakan membuat nama domain yang singkat-singkat saja.
Sebenarnya tidak ada yang melarang penggunaan nama domain panjang, tapi ditakutkan hal itu hanya akan nyusahin pengujung blog #MasBro #MbakBro sendiri. Bahkan terkadang anda juga bisa lupa saat mengucapkan nama blog kita.

4. Pake keyword yang berhubungan dengan keperluan website #MasBro #MbakBro

Jika domain ini untuk website bisnis, coba masukkan keyword yang berhubungan dengan bisnis dan servis #MasBro #MbakBro dinama domain. Misalnya, jika kita memiliki bisnis laundry, masukkan keyword laundry di-domain. Pake keyword pada domain dapat membantu munculin website #MasBro #MbakBro di halaman pertama hasil pencarian. Dengan begitu, kita juga akan bisa naikin traffic website #MasBro #MbakBro!

5. Pikir jangka panjang

Meskipun #MasBro #MbakBro disarankan untuk menggunakan keyword pada nama domain, tetapi ingat juga untuk tidak memilih domain yang terlalu niche. Pikirkan rencana #MasBro #MbakBro ke depan. Apakah kita berencana untuk melakukan ekspansi? Misalnya nih, jika kita berencana untuk berbisnis dibidang SEO. Mungkin #MasBro #MbakBro ingin masukin kata SEO dinama domain Anda. Tapi pikirkan dulu apakah #MasBro #MbakBro ingin melakukan ekspansi dimasa depan? Mungkin kita akan nawarin jasa-jasa lain seperti web development atau email marketing. Jika #MasBro #MbakBro menggunakan nama domain dengan kata SEO didalamnya, tentu nama ini akan menjadi kurang relevan dimasa depan. Mungkin #MasBro #MbakBro berpikir kalau kita bisa mengubah nama domain, tetapi mengubah nama domain akan mempengaruhi branding dan ranking SEO. Jadi sebaiknya #MasBro #MbakBro memikirkan nama domain untuk website dari awal.

6. Target area #MasBro #MbakBro

Jika bisnis #MasBro #MbakBro adalah bisnis lokal, kita juga bisa mempertimbangkan untuk masukin nama kota #MasBro #MbakBro di-domain agar calon customer dan customer lokal dapat dengan mudah menemukan website #MasBro #MbakBro.

7. Pake domain yang mudah diingat

Di dunia ini ada jutaan nama domain yang sudah ter-register sehingga sangat penting jika #MasBro #MbakBro memiliki nama domain yang catchy dan mudah diingat. Untuk mengetes, kita bisa bertanya pada orang lain apakah nama tersebut mudah diingat? Jika iya, maka mungkin #MasBro #MbakBro bisa gunain domain tersebut.

8. Research!

Dalam memilih nama domain, pastiin bahwa nama domain #MasBro #MbakBro belum ada trademark, copyright, atau dipake oleh perusahaan lain. Jika kita menggunakan nama yang sudah ada trademark, copyright, dan digunakan oleh perusahaan lain, kita bisa saja terkena masalah legal.

Oleh karena itu, sangat penting bagi #MasBro #MbakBro untuk lakuin research sebelum memilih sebuah nama domain. Sebelum membeli domain, kita harus mengecek dulu apakah nama yang #MasBro #MbakBro inginkan masih tersedia.

9. Cek apakah nama domain Anda tersedia di social media

Sebelum #MasBro #MbakBro memilih nama domain tertentu, coba cek dulu apakah nama itu tersedia di situs media sosial, serta apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

Untuk membangun merek, ada baiknya kita memiliki nama yang sama diseluruh domain dan social media. Ini buat branding dan memudahkan pengunjung, penggemar, dan pelanggan untuk nemuin #MasBro #MbakBro di web. Selain itu, untuk hindarin masalah hukum, kita harus menjauh dari nama-nama yang sudah memiliki trademark atau merek dagang.

10. Hindari penggunaan angka dan hyphens

Sebaiknya hindari penggunaan angka dan hyphens pada domain website #MasBro #MbakBro. Sebisa mungkin jangan gunain angka dan hyphens pada nama domain kita. Penggunaan hyphens bisa membuat domain kita menjadi lebih ribet. Bayangin deh jika Facebook memiliki hyphens diantara Face dan Book sehingga menjadi Face-book? Belum tentu mereka bisa menjadi seterkenal sekarang. Intinya, menggunakan hyphens dan angka pada domain dapat membuat nama domain #MasBro #MbakBro menjadi ribet.

11. Gunakan extension domain yang tepat

Extension adalah akhiran yang ada pada domain seperti .com atau .net diakhir alamat website. Tau kah #MasBro #MbakBro jika sampai saat ini extension .com adalah extension yang paling populer? Tetapi mendapatkan nama yang pendek dan gampang diingat dengan domain .com memang lebih sulit karena extension ini sudah ada sejak lama.

Saat ini, sudah ada banyak generic top-level domains seperti .photography, .guru, atau .id. Extension-extension seperti ini dapat membantu kita mendapatkan nama domain yang pendek dan relevan dengan lebih mudah. Berikut ini ada beberapa extension yang sering digunakan dan bagaimana mereka digunakan:

  • .co – biasanya digunain untuk perusahaan, website komersial, dan komunitas
  • .info – biasanya digunain untuk website-website yang bersifat informatif
  • .net – biasanya digunain untuk website yang membahas atau menyediakan hal-hal teknis atau infrastuktur internet
  • .org – biasanya digunain untuk website organisasi non-commercial dan non-profit
  • .biz – biasanya digunain untuk website bisnis dan komersial, seperti misalnya website-website e-commerce
  • .me – biasanya digunain untuk website personal, blog, atau resume 

12. Lindungi dan bangun brand

Untuk melindungi brand #MasBro #MbakBro, ada baiknya kita membeli domain dalam beberapa extensions yang berbeda. Ini biar saingan kita tidak me-register versi lain dari domain website kita. Selain itu, dengan memiliki beberapa versi dari nama domain kita, pengunjung website #MasBro #MbakBro tetap akan terhubung ke website kita meskipun mereka salah mengetik.

13. Jangan Pake Nama Domain Bekas

Domain bekas yang dimaksud di sini yakni nama domain yang sebelumnya sudah pernah didaftarkan atas nama orang lain, tapi domain tersebut sudah habis masa berlakunya dan bisa didaftarkan lagi.

Ato yang lebih jelasnya kira-kira seperti ini…

Misalnya nih #MasBro #MbakBro membeli domain Abjad.com untuk satu tahun, setelah satu tahun #MasBro #MbakBro ga ingin memperpanjang nama domain tersebut, otomatis nama domain Abjad.com akan kadaluarsa.

Lalu setelah kadaluarsa, ada orang lain yang beli nama domain Abjad.com. Secara tidak langsung, orang lain tersebut memakai domain bekas. Bekas punya #MasBro #MbakBro.

Seperti itulah yang dimaksud dengan domain bekas. Intinya sih yang sudah pernah didaftarin orang lain, dan kemudian didaftarin kembali atas nama #MasBro #MbakBro.

Sebenarnya ga ada yang salah mau menggunakan domain baru atau domain bekas, semua sama aja. Tapi yang ditakutin domain bekas yang ingin kita gunakan tersebut pernah dijadiin sebagai situs spam, pornografi, virus, atau hal-hal buruk lainnya.

Oleh sebab itu, sebelum milih nama domain pastiin #MasBro #MbakBro sudah ngecek domain tersebut, siapa tau nama domain yang kita pilih itu pernah didaftarin sebelumnya.

Lalu bagaimana cara ngeceknya?

Mudah saja, #MasBro #MbakBro tinggal buka situs whois.domaintools.com lalu tulis nama domain yang ingin #MasBro #MbakBro cek, kemudian tekan tombol Search.

Setelah itu ada muncul tulisan “Domain Status”. Ato agar lebih mudah seperti ini:

  • Domain Status: Deleted And Available Again (Kalau tulisannya “Deleted And Available Again” itu menandakan domain bekas, pernah digunakan sebelumnya)
  • Jika, Domain Status: Never Registered Before (Jika tulisannya muncul seperti itu, berarti nama domain yang #MasBro #MbakBro cek ga pernah didaftarin sebelumnya. Alias, domain baru. Hore!)Domain bekas

Pastikan sebelum memilih nama domain cek di situs yang disebutkan di atas tadi.

14. Hindari Nama Domain yang Buruk

#MasBro #MbakBro, penggunaan nama domain buruk yang dimaksud disini adalah domain yang menggunakan kata-kata berbau SARA dan PORN. Karena jika gunain kata-kata seperti itu memang akan berdampak buruk terhadap blog kita dikemudian hari.

Bahkan yang lebih buruknya lagi nih, blog #MasBro #MbakBro bisa saja di-blacklist dari mesin pencari, google khususnya.

Jadi intinya, hindari dan cermatlah dalam milih kata-kata yang tepat untuk domain blog #MasBro #MbakBro ya!

15. Kalau Bisa, Jangan Milih Nama Domain Berdasarkan Trend

Yang satu ini sebenarnya tergantung dari topik blog #MasBro #MbakBro. Jika topik blog kita memang secara khusus hanya membahas topik yang sedang ngetrend aja, maka ga begitu masalah jika milih nama domain yang menyesuaikan dengan trend.

Misalnya nih, tahun 2015 kemarin lagi ngetrend banget yang namanya batu akik. Nah #MasBro #MbakBro bisa menggunakan nama domain seperti infobatuakik.com jika memang topik blog #MasBro #MbakBro secara khusus membahas tentang batu akik.

Tapi jika kita ingin membuat blog tentang batu-batu yang lainnya dan akan dikelola untuk jangka panjang, maka akan lebih cerdas untuk ga nggunain nama batu akik pada nama domain.

Karena belum tentu batu akik bakal tetap populer pada tahun-tahun kedepan kan?

16. Daftarkan Domain ditempat Terpercaya

Tips memilih nama domain yang sudah dijelasin di atas sangatlah penting, tapi ada satu hal lagi yang tidak kalah penting #MasBro #MbakBro, yaitu memilih tempat mendaftarkan nama domain yang terpercaya.

Jangan sampai kita mendaftarkan nama domain di tempat abal-abal hanya karna alasan lebih murah ato karna ada diskon gede-gedean.

Tentunya #MasBro #MbakBro ga ingin kehilangan akses ke domain yang sobat miliki karena penyedia nama domain-nya menghilang tanpa jejak, entah itu karna bangkrut ato karna alasan lain.

Rumahweb.com adalah salah satu penyedia nama domain terpercaya yang kita rekomendasiin.

Tahu terpercaya darimana, Mas?

  • Sudah berdiri sejak tahun 2002
  • Banyak yang make pastinya
  • Harga domain masuk akal
  • Sudah diakreditasi oleh ICANN

Kalo masih ga yakin sama pilihan #MasBro #MbakBro nih, bisa banget buat hubungin kita karna kita nyediain jasa SEO Surabaya murah bergaransi.

17. Jangan Pake Domain Gratisan!

Hal pertama yang perlu diperhatiin #MasBro #MbakBro adalah sebisa mungkin untuk ga nggunain domain gratisan.

Domain gratisan biasanya sering dicari oleh blogger pemula yang ga sabar kepengen pakai domain sendiri tapi belum punya uang ato pura-pura ga punya uang untuk bayar domain berbayar.

Domain gratisan tersebut contohnya seperti .TK, .GA, .ML, dll.

Memang kenapa, Mas? Kalau ada yang gratisan kenapa harus beli?

Jika #MasBro #MbakBro ingin membangun sebuah blog untuk dikelola secara serius maka memakai domain gratisan adalah hal yang kurang cerdas.

Alasannya:

  • Domain gratis ga sepenuhnya gratis, biasanya cuma gratis tahun pertama ato ada persyaratan tersembunyi. Suatu saat #MasBro #MbakBro bisa kehilangan akses domain #MasBro #MbakBro tanpa pemberitahuan.
  • Domain gratis sering digunain oleh blog-blog spam. Suatu saat domain #MasBro #MbakBro bisa kena banned oleh Google (dulu sudah pernah terjadi)
  • Jelek, ga profesional dan ga keren

18-20. Tips dari #MasBro #MbakBro nih

Setelah udah baca 5 lebih tulisan yang masuk dihalaman 1. Mungkin hanya sampai nomor 18 nih tips memilih nama domain yang bisa kita obrolin. Supaya tips-nya genap 20 (dua puluh). Silahkan #MasBro #MbakBro isi jawaban di kolom komentar.

Terima kasih.

Kesimpulan dari Jasa SEO Surabaya Murah Bergaransi Tentang Milih Nama Domain

Nama domain biasa cepat terjual dan diambil orang lain. Oleh karena itu, #MasBro #MbakBro harus bergerak cepat dalam memilih nama domain yang #MasBro #MbakBro inginkan.