#BelajarSEO Tingkat Menengah (4) : Naikin Traffik Dengan Konten Visual Video Marketing

Salam #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja

Punya blog / website?
Udah buat media sosial khususnya akun youtube?
Hmm, kalo belum berarti obrolan kali ini bakal pas banget nih.

Tulisan kali ini kita buat khusus untuk #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja ya.

Kalo #MasBro #MbakBro adalah seorang blogger, kau perlu baca panduan komprehensif tips naikin traffik dengan konten visual video berikut. Kalo pada artikel sebelumnya kita membahas tentang penulisan artikel SEO, maka sekarang kita akan membahas tentang SEO konten visual dan tips naikin traffiknya. Aspek visual seperti video, memang sangat krusial demi ningkatin pengunjung website-mu. Kalo #MasBro #MbakBro pengen bikin pembaca blog-mu bertahan lebih lama di website ato halaman artikelmu, kamu perlu memahami beberapa tips SEO berikut.

Tapi sebelum itu, tau ga #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja cara bikin para pengunjung website-mu berkunjung dalam durasi yang lebih lama ketika berada di website-mu?

Para ahli SEO menyatakan, lamanya pengunjung situs web mengakses suatu halaman akan menjadi faktor penentu bagi mesin telusur semacam Google untuk naikin peringkat website-mu di halaman hasil pencarian (Search Engine Result Page). Kalo peringkatmu berhasil meningkat di mesin pencari Google, #MasBro #MbakBro bisa dapetin lebih banyak pengunjung website.

Selain itu, penelitian yang dilakuin oleh Microsoft juga nyatain kalo saat ini manusia mempunyai durasi fokus lebih rendah ketimbang dua dekade lalu. Di tahun 2000, rentang waktu manusia bisa berfokus yakni sekitar 12 detik. Angka ini terus menurun hingga pada tahun 2016 durasi manusia bisa berfokus hanya sekitar 8 detik.

pelanggan jasa SEO Jogja goldfish GIF

Karena itu, ga heran kalo 73% pembuat konten merasa prioritas utama mereka memang lebih kepada penciptaan konten yang menarik secara visual. Bagaimana caranya? Gunain tips SEO mengenai strategi konten visual berikut ini!

#BelajarSEO Tingkat Menengah (4)
Naikin Traffik Dengan Konten Visual Video Marketing

1. Buat Konten Gambarmu Sendiri

Buatlah konten visual-mu sendiri. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja pake untuk desain gambar ilustrasi. Kita juga bisa memotret dengan kameramu sendiri untuk dimasukin ke dalam website-mu.

Tapi, kalo #MasBro #MbakBro ga punya aplikasi semacam Adobe Photoshop ato Adobe InDesign, ga perlu khawatir. Ada website yang bisa kita akses sebagai online tool untuk bikin gambar dengan mudah tanpa perlu kemampuan teknis seperti desainer grafis, yaitu Canva. Melalui Canva, kita hanya perlu mengerahkan kreativitasmu gunain berbagai fitur yang telah tersedia.

Canva adalah website desain grafis online gratis. Website ini punya banyak sekali template bagi setiap jenis konten visual yang pengen #MasBro #MbakBro buat. Mulai dari selebaran dan sampul CD hingga CV dan kartu pos, Canva juga nawarin perpustakaan gambar yang dilengkapi dengan filter gambar. Jangan takut dulu, penggunaannya mudah kok.

2. Gunain Free-Royalty Photo Stock

Saat ini, ada banyak sekali website stok foto yang free-royalty. Maksud dari free-royalty adalah #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja bisa pake gambar tanpa harus membayar sejumlah uang ato penulisan creative common (cc) untuk hak gunanya alias cc 0 (cc zero).

Salah satu website yang menampung banyak free-royalty images adalah Unsplash. Unsplash banyak nyediain foto yang artistik dengan sentuhan filter sederhana nan menarik. Gambar-gambar pada website ini cocok untuk mencari konten visual yang akan digunain oleh blogger fashion, interior design, ato sekadar blog personal. Kalo kau pengen nyamain tema warna dari foto untuk ditaruh ke template website-mu dengan warna tertentu, #MasBro #MbakBro bisa gunain filter untuk nyaring pencarian berdasarkan warna.

Pengen tahu lebih banyak lagi website semacam ini? Klik link 20 Website Stock Photo Gratis berikut ini untuk melihat website free-royalty images ya!

3. Buat infografik

Tips SEO selanjutnya adalah untuk #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja bikin unggahan artikel informatif berisi data ato fakta singkat. Tahu ga bakal lebih baik kalo kita nambahin infografik daripada hanya menyajikan ratusan hingga ribuan kata. Pasalnya, kita pasti ga pengen bikin pengunjung website-mu bosan dengan apa yang mereka baca. Jadi, ringkaslah beberapa hal menarik dari pembahasanmu dan kemaslah dalam sebuah infografik yang menarik seperti gambar berikut.

4. Tambahin Screenshot Bila Memungkinkan

Kalo #MasBro #MbakBro bikin sebuah konten yang bersifat teknis ato dalam bentuk tutorial, cobalah buat lampiran beberapa tangkapan layar berdasarkan langkah yang bakal dijabarin. Tujuannya, supaya para pembacamu lebih dimudahin ketika memahami langkah-langkah tersebut. Selain itu, website-mu juga bisa dapet tambahan view duration dari para pembaca yang ngamatin gambar unggahanmu dengan saksama.

Supaya #MasBro #MbakBro ga kebingungan lakuin tips SEO yang satu ini, berikut ada cara ngambil tangkapan layar (screenshot) dari dua operasi sistem komputer, yaitu MacOS dan Windows:

MacOS: Tekan tombol Command, Shift dan 4 secara bersamaan. Gambar akan langsung tersimpan di layar desktop-mu.

Windows: Tekan tombol berlogo Windows dan PrintScreen [PrtScr] secara bersamaan.

Ada banyak cara lain untuk ngambil tangkapan layar dari layar komputer ato laptopmu. Kalo ga bisa jalanin langkah di atas, #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja bisa pake aplikasi seperti snipping tool ato aplikasi lainnya yang bisa digunain untuk menangkap layar komputer ato laptopmu.

5. Gunain Meme Menarik

Meme (mim) adalah ide, perilaku, ato gaya yang nyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Mengingat saat ini segala hal udah bisa diunggah secara digital ke media sosial, meme seringkali dibuat dalam bentuk gambar orang ato ekspresi dan biasanya dibuat dengan tujuan buat menghibur ato menyinggung perilaku manusia di lingkungan sosial. Meme bisa berupa gambar visual ato video.

6. Tambahin GIF Atraktif

Graphic Interchange Format (GIF) adalah gambar yang bisa bergerak karena GIF terdiri dari beberapa frame gambar yang disatukan. #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO Jogja bisa nemuin koleksi GIF, salah satunya dari website GIPHY. Kita cukup lakuin salin-tempel (copy-paste) ke draft artikel yang sedang dibuat. Biasanya, tips SEO ini bisa kita gunain untuk meringankan pernyataan supaya ga terlihat terlalu serius, misalnya nyertain GIF setelah membahas tutorial seperti GIF berikut.

jasa SEO Jogja kylo GIF

6. Masukin Video

Selain untuk nambahin durasi pengunjung berada di halaman website-mu, #MasBro #MbakBro juga bisa gunain langkah ini untuk naikin peringkat website-mu di Search Engine Result Page (SERP). Pasalnya, kita baru aja berhasil nambahin potensi untuk naikin nilai Domain Authority (DA) untuk domain website-mu. Jangan lupa, pastiin videonya tetap relevan dengan artikelmu, ya!

Cara Masukin Embed Video YouTube ke WordPress

Klik “Share” yang ada dibawah video YouTube yang hendak kamu lampirin ke artikelmu. Kemudian, pilih “Embed” hingga muncul tampilan berikut

Setelah itu, salin link yang tersedia disebelah kanan video seperti pada gambar di atas dan tempelin (pastelink pada draft artikel. Tapi sebelumnya, ubah preferensi tampilan di sebelah kanan atas kotak tulisan, dari “Visual” menjadi “Text.” Selipin di posisi yang kamu pengenin, lalu tempel kode embed tadi.

#MasBro #MbakBro yang baru mulai berbisnis dan butuh video profil produk ato bisnis, ato untuk kau seorang videografer yang butuh sumber stok video untuk mempercantik video buatanmu. Berikut ini berbagai sumber template video gratis yang bisa kita gunain sebagai template video opening ato template video buat keseluruhan video-mu. Simak lebih lanjut kelima daftar free-royalty video template website yang diulas satu per satu agar #MasBro #MbakBro lebih mudah memilih website mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

5 Website Video Template Gratis

a. Rocketstock

Website yang satu ini bisa mempermudah #MasBro #MbakBro memilih berbagai macam free after effect video template. Rocketstock merupakan anak perusahaan website penyedia stok foto, Shutterstock. Bagi kita, desain After Effect yang disediain oleh Rocketstock tergolong premium walaupun gratis. Pasalnya, tampilan visual-nya yang elegan dan menarik terlihat seperti video-video yang dibuat dengan editor profesional.

Para penikmat karyamu nantinya pasti bakal jadi betah nonton video-mu sampai akhir. Karakter dari template-nya mudah didesain ulang dan mudah untuk diintegrasikan. Coba kunjungin tiap halaman kanal Freebies di website-nya. #MasBro #MbakBro bisa nemuin berbagai macam template video After Effect yang nyenangin untuk dicoba satu per satu.

b. Biteable

Saat mengunjungi website Biteable, mungkin #MasBro #MbakBro menyadari karakter animasi yang mendominasi dari berbagai video template yang disajiin. Biteable adalah sumber free video template yang sangat cocok bagi kamu yang butuh kesegaran visual. Biasanya, nuansa video yang dibuat oleh creator seringkali keliatan serius dan ngebosenin. Tapi di Biteable, kita bisa sedikit bermain-main dan lebih ekspresif dengan ragam warna yang dihadirin di-template mereka.

Meski harus nyesuain dengan kebutuhan, tapi ketika stok video Biteable sesuai dengan brand-mu, penontonmu bakal lebih mudah tertarik untuk ngeklik tombol “Play” saat mereka melihat warna-warna terang yang digunain. Website ini juga nyediain berbagai jenis video yang dibagi jadi beberapa kategori supaya memudahkanmu memilih jenis video apa yang akan #MasBro #MbakBro gunain. Menunya terdiri dari Business, Animated, Corporate, Educational, YouTube, Instagram hingga pembuat intro sekaligus outro video.

c. Storyblocks

Website satu ini agak berbeda dibanding free template video website yang lainnya. Ada penggolongan media type yang disediain yaitu Footage, Background, dan After Effect. Kategori jenis konten video-nya juga bermacam-macam mulai dari Business, Typography, Presentation, dan berbagai kategori lainnya.

Ragam template dengan berbagai jenis vibe yang berbeda jadi kelebihan Storyblocks sehingga kamu bisa memilih dari berbagai jenis video untuk disesuaiin dengan kebutuhanmu. Resolusi yang disediain website yang satu ini juga ga bisa dibilang terbatas, kita bisa memilih resolusi tinggi, mulai dari HD hingga 4K. Cobalah manfaatin free-royalty template yang disediain oleh Storyblocks.

d. Velosofy

Velosofy nyediain macam-macam video template yang digolongkan berdasarkan aplikasi editing video-mu. Ada berbagai jenis aplikasi yang tersedia, yaitu After Effects, Cinema 4D, Blender, Sony Vegas dan Adobe Premiere. Kebanyakan template yang disediain cenderung sederhana ato minimalis dengan warna-warna cerah dan tegas.

Kalo #MasBro #MbakBro pengen dapetin video menarik tapi ga banyak ornamen, kita bisa mengeksplor website ini dan coba temuin template mana yang sesuai dengan kebutuhan videomu. Ada juga kategori lain yang tersedia seperti Banner, Logo, Audio Visualizer, dan lain sebagainya. Website ini punya tampilan yang paling sederhana dibanding website sejenis lainnya. Jadi, #MasBro #MbakBro ga akan begitu bingung ato terdistraksi saat melihat-lihat dan menimbang pilihan template video buatanmu.

e. Videezy

Kalo #MasBro #MbakBro ga asing dengan Vecteezy, website template video gratis berikut ini masih satu grup dengannya. Videezy juga punya tampilan website yang bersih dan ga terlalu ramai sehingga kita bisa fokus melihat-lihat dan menimbang template video mana yang akan kita gunain untuk menyempurnakan hasil karyamu. Ada berbagai kategori yang bisa dipilih sesuai jenis konten videomu, seperti Product, Infographic, Presentation, dan lain sebagainya.

Desain yang disediain bakal bikin video-mu tampil modern dengan elemen desain yang kekinian. Rata-rata template yang disediain cenderung tampak profesional sehingga bagi #MasBro #MbakBro yang pengen bikin video pemasaran ato keperluan presentasi bisnis, Videezy ini cocok untuk digunain.

Tips Bikin Konten Visual Video yang Menarik Sesuai SEO

Setelah mengetahui beberapa website untuk mencari stok video, berikut ini sedikit tips buat #MasBro #MbakBro yang pengen bikin video menarik untuk ditonton oleh banyak orang.

Buatlah Storyboard yang Jelas dan Mudah Dipahami

Sebelum mulai merekam video, buatlah storyboard terlebih dulu. Storyboard adalah sebuah outline visual untuk video #MasBro #MbakBro. Biasanya, sebuah storyboard terdiri dari gambar-gambar sketsa dalam beberapa thumbnail yang nampilin kronologi video buatanmu dari awal hingga akhir.

Selain itu, kita juga bisa masukin catatan-catatan, tentang apa yang terjadi di setiap frame dalam storyboard. Ga hanya bikin rencana video, kita juga harus bikin konsep dengan jelas dan teliti supaya tiap orang yang ngeliat storyboard-mu paham bagaimana kronologi video yang akan direkam dan bisa naikin traffik dengan Konten Visual Video.

Gimana caranya?

Klik 7 Langkah Bikin Storyboard untuk mempelajarinya.

Percantik Videomu dengan Elemen Visual Menarik

Setelah hasil rekaman #MasBro #MbakBro jadi, jangan lupa untuk gabungin beberapa video tersebut melalui aplikasi editor video sesuai dengan preferensimu, jangan lupa tambahin video template yang sudah dibahas diatas kalo perlu. Kuncinya adalah tambahan elemen visual lain yang bakal bikin video-mu makin menarik. Tapi, jangan terlalu berlebihan nambahin ornamen pada video-mu, apalagi kalo #MasBro #MbakBro pengen pentonton fokus pada tampilan visual video. Lakuin riset referensi video sejenis terlebih dulu agar #MasBro #MbakBro mendapat gambaran saat lakuin editing video supaya hasilnya sesuai dengan harapanmu.

Upload di YouTube dan Praktekin SEO Konten Visual

Sayang sekali kalo video #MasBro #MbakBro ga ada yang menonton, kecuali kalo tujuannya memang pengen menyimpan video tersebut untuk pribadi. Lalu, bagaimana caranya agar lebih banyak orang nemuin video buatan kita? Cukupkah dengan mengunggahnya ke media sosial? Tentunya tidak.

Terus bagaimana caranya biar bisa naikin traffik dengan konten visual video? Ini ada trik rahasia yang cerdas! Lakuin optimasi mesin pencari ato SEO untuk video #MasBro #MbakBro, seperti lakuin riset kata kunci, ato tujuh cara lainnya yang bisa kamu lihat di artikel “8 Tips Naikin Rank Video.” Setelah mengunggahnya di YouTube, perhatiin juga 5 Cara Agar Peringkat Video Tinggi di Mesin Pencari sehingga pengguna internet yang mengakses mesin pencari seperti Google bakal diarahin ke video yang kita unggah gunain kata kunci yang sesuai dengan ketentuan SEO. Satu hal yang harus tetap #MasBro #MbakBro ingat adalah, gunakan kata kunci secukupnya agar konten ga dianggap spam oleh Google.

Kesimpulan untuk pelanggan jasa SEO Jogja

Kalo udah selesai baca tips naikin traffik dengan Konten Visual Video di atas, berarti #MasBro #MbakBro udah mengetahui tips buat naikin traffik jitu dengan SEO untuk diterapin di website-mu. Kalo sudah menerapkannya, inilah waktunya untuk ningkatin web traffic dan bikin pengunjung website-mu dapat menikmati kontenmu sampai habis karena aspek visual yang menarik.

Ada juga yang nanya
cara meningkatkan traffic website gratis, cara meningkatkan traffic facebook, traffic website adalah, cara kerja traffic website, cara mendatangkan traffic, cara naikin traffik dengan konten visual video, cara agar visitor blog cepat naik, cara meningkatkan traffic pengunjung blog, konten, content marketing, seo, visual seo, visual marketing,

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO Jogja buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
dewaweb.com dibaca 19:20 WIB pada hari Kamis tanggal 19 Maret 2020

Comments

Leave a Reply