Ganteng Belum Tentung Bikin Anteng - pasarIN - kekitaan - karya selesaiin masalah

27++ FAQ Google Ads

Ada pertanyaan soal Google Ads (FAQ)?
Kenapa skornya jelek? Ga dapat leads?

Aku belajar google ads secara otodidak. Jadi banyak hal konyol yang aku tanyain dan lakuin.

Setelah sadar itu akhirnya mutusin ikutan revoU course. Kemarin baru aja belajar Digital Marketing 23: Facebook Ads.

Jadi kepikiran kumpulin pertanyaan dari temen-temen komunitas.

Supaya makin kaya, aku juga tambahkan pertanyaan dari anak yang ikutan kelas privat Digital Marketing di pasarIN.

01.

Mana sih berikut ini yang BUKAN jenis pencocokan kata kunci (keyword match type) yang bisa kita pilih saat beriklan di Google Ads?

Karna Broad Match Modifier (Pengubah Pencocokan Luas) udah ga dipake lagi di google ads.

02.

kita punya Konsultan Digital Marketing dan pengen pake Google Ads buat promosi. Sasaran kita: membuat orang berlangganan jasa Konsultan secara online. Strategi penawaran mana sih yang sebaiknya kita pake?

Target Biaya Per Akuisisi (BPA) / Target Cost Per Acquisition (CPA).

kita bisa optimasi CPA yang kita mau dari pelanggan.

Dengan menetapkan target biaya per reservasi. Jadi pengeluaran efektif.

03.

Aku baru membangun Agency Digital Marketer & baru aja dapat klien baru yang pengen pake Google Ads buat targetin calon pelanggan di Jakarta.

Metode penargetan mana sih yang sebaiknya aku pake buat targetin pelanggan itu?

kita bisa secara spesifik nentuin dimana iklan muncul. Jadi bisa bidik audiens yang tepat di Lombok.

Pake metode penargetan lokasi, kita bisa jangkau orang-orang di suatu lokasi dan/ato nunjukin minat yang relevan sama target bisnis.

04.

Metrik mana sih yang nunjukin seberapa sering sebuah klik menghasilkan konversi?

Conversion Rate = seberapa sering klik udah hasilin konversi.

Konversi bisa berupa:
– pembelian produk,
– pendaftaran, atau
– langganan.

Metric CR penting buat pahami seberapa efektif kampanye pemasaran kita dalam mendorong tindakan yang diinginkan dari pengguna.

Sementara…

  • CPC: biaya rata-rata yang dibayarkan per klik.
  • CTR: seberapa sering iklan diklik berbanding dengan berapa kali iklan tampil.
  • CPCon: biaya rata-rata per konversi iklan.

05.

Ekstensi iklan mana sih yang COCOK manfaatnya buat user’s ad experience?

Pake ekstensi Structured Snippet Extensions (SSE) kita bisa tunjukin fitur/spesifikasi yang relevan buat menarik perhatian pengguna.

Supaya meningkatkan kesadaran mereka atas apa yang kita tawarin: harapannya mereka klik iklan.

06.

Kalo kita pake kata kunci broad match, kita GA PERLU nambahin kata kunci yang salah eja dan/atau bentuk jamak. Mengapa?

Google Ads tuh canggih.

Dia secara otomatis masukkan variasi typo/misspelling dan bentuk jamak kata kunci yang kita pilih.

Tujuannya: mencakup kemungkinan kata kunci yang bisa diketik pengguna dalam pencarian.

07.

Metrik mana sih yang sangat penting buat klien yang jalanin kampanye branding and awareness?

Metric “impressions” tuh mengukur jumlah iklan muncul di halaman hasil pencarian/website mitra Google.

Semakin tinggi jumlah impresi, semakin banyak iklan kita terlihat. Maka semakin tinggi juga branding and awareness.

Gampangnya gini: ibarat pacaran. Perlu ada pedekate dulu dong. Masa baru kenal langsung mau pacaran.

Boro-boro pacaran, ngobrol aja belum tentu mau.

Itulah kenapa perlu branding and awareness.

Sedangkan:

Avg. CPC, CTR, dan CR juga penting tapi beda fokus aja.

  • Avg. CPC: biaya rata-rata per klik.
  • CTR: jumlah iklan diklik/impression.
  • CR: jumlah klik konversi.

08.

Kenapa pengiklan pake sitelinks?

Pake sitelinks, pengiklan bisa arahkan pengguna langsung ke halaman spesifik menarik, seperti:

  • Halaman produk,
  • layanan,
  • kontak, atau
  • halaman tentang.

Jadi pengguna ga perlu repot cari informasi. Akhirnya nanti itu bisa meningkatkan konversi.

09.

Apa manfaat utama pake ekstensi iklan?

Dengan ad extensions, kita bisa nambahin informasi seperti:
– sitelinks,
– callouts, atau
– lokasi bisnis.

Itu kan bantu pelanggan lebih paham layanan/produk kita.

Itu akan membantu meningkatkan branding and awareness yang menarik perhatian pelanggan potensial.

Sedangkan pilihan A, C, dan D ga akurat.

Ad extensions bisa bantu naikin CTR. Tapi ga jamin CTR lebih tinggi.

Ad extensions juga ga otomatis, kita perlu buat sendiri.

10.

Kalo ada orang klik iklan kita, berapa jumlah sebenernya yang dikenain ke kita?

Biaya charged google tuh tergantung banyak faktor, diantaranya:
– kompetisi kata kunci,
– bidding pesaing, dan
– kualitas iklan.

Ga ada batasan berapa banyak yang kita bayar per klik.

Di platform iklan sebenarnya biaya bisa berfluktuasi tergantung beberapa faktor kompleks.

11.

Apa konsekuensi dari kampanye “search” kita yang terus-menerus mencapai anggaran maksimum hariannya?

Ada 3, yaitu:

  1. Karna anggaran udah habis duluan, padahal algortima terus learning.
  2. Karna persaingan yang lebih tinggi.
  3. Jumlah klik yang kita target udah tercapai sesuai anggaran.

12.

Aku baru aja bergabung dengan perusahaan baru yang punya akun Google Ads yang sangat ga terorganisir.

Apa yang aku perlu buat mulai merestrukturisasi akun?

Kampanye sesuai struktur website: jadi berfokus ke produk/layanan.

Artinya relevansi iklan dengan kata kunci meningkat. Ngatur ad-group dan kata kunci jadi lebih teratur.

Akhirnya mempermudah pengelolaan dan pemantauan.

Sedangkan:

Pilihan A: multiple campaigns terlalu umum dan ga ada panduan spesifik memperbaiki akun yang ga teratur.
Pilihan C: 1 campaign broad keywords ga dianjurkan. Karna ga ngatur kampanye kurang detail.

13.

Aku punya konsultan digital marketing kecil yang menjual jasa SEO. Aku paham kalo kebanyakan orang liat teks judulnya dalam iklan teks.

Apa pilihan terbaik yang harus aku masukin dalam judulnya?

Ini bantu bangun brand awareness. Calon pelanggan jadi kenal mereknya di antara pesaing lain.

Masukkan nama merek di judul iklan juga bantu membangun kepercayaan dan kredibilitas calon pelanggan, apalagi kalo mereknya udah dikenal di pasaran.

Sedangkan:

  • 1 kata kunci dari produk kurang kuatin informasi merek yang krusial.
  • Nama marketplace ga sama produk.
  • Alamat website kurang menarik perhatian dan minat calon pelanggan.

14.

Kenapa disaranin punya beberapa iklan dalam 1 grup iklan?

Dengan beberapa iklan dalam 1 ad-group, Google Ads (GAds) bisa menguji (rotasi) kinerja berbagai iklan yang berbeda.

Dengan rotasi iklan, GAds jadi tau iklan mana yang bagus. Jadi efektif dan maksimal potensi hasilnya.

Ga ada alasan khusus kenapa punya beberapa iklan dalam 1 ad group bermanfaat.

15.

Apa yang bisa kita pelajari saat pake Keyword Planner (Perencana Kata Kunci)?

Ini informasi berharga. Karna kita jadi tau seberapa sering 1 kata kunci dicari orang.

Jadi kalo kita mau ngiklan ga asal tembak kata kunci.

16.

Mana pernyataan berikut yang paling gambarin cara kerja kata kunci negatif?

Pake negatif keyword, kita batasin munculnya iklan kita di pencarian yang ga relevan sama produk/layanan kita.

Jadinya kualitas traffic lebih bagus dan ga boros anggaran.

17.

Biasanya cara optimasi gimana? Kalo target kita belum tercapai. Misal CTR kecil, Leads ga dapat

Pake 2 langkah:
1. liat CTR
2. lalu pake logika: ganti Broad, Match, Phrase Match.

18.

Gimana kata kunci negatif dapat membantu pengiklan meningkatkan penargetan iklan mereka?

Ini bantu mastiin kalo iklan hanya tampil ke audiens yang paling mungkin tertarik sama produk/layanan yang ditawarin.

Pengeluaran iklan jadi efisien dan hasil konversi makin bagus.

20.

(Ekki Primanda Ramadhan//Keyword Research)
Sebaliknya dari pertanyaan diatas, gimana kalau kita sudah rutin dan ada alokasi Paid Ads, apakah masih perlu melakukan SEO?

Banyak banget client yang jalan dua-duanya.
SEO itu banyak banget fungsi bukan cuma sekedar muncul di halaman 1.

21.

Klien biro perjalanan jalanin kampanye yang sangat tertarget jangkau orang-orang yang mengunjungi Siborongborong dan Danau Toba untuk berlibur dan ga tinggal di Sumatera Utara.

Apa cara yang efektif untuk menargetkan pelanggan klien ini?

Dengan cara b, kita bisa jangkau orang-orang yang lagi liburan di Siborongborong dan Danau Toba dan ga berbicara bahasa Batak sebagai bahasa utama mereka.

kita bisa komunikasi sama audiens dengan bahasa yang mereka pahami. Itu akan ningkatin efektivitas kampanye iklan kita.

22.

(Enzo/Keyword Research)
Buat apa kita membuat paid ads campaign untuk brand sendiri?

Ketika orang mengetik nama brand kita di google search, seharusnya search result organic kita muncul dalam urutan pertama kan?

Jadi buat apa ada ads untuk brand?

Ada 3 jawaban:
1. Kalo kita paid, kita bisa tetep claim brand kita. Saat ada kompetitor mau claim brand kita.
2. Bisa lebih mudah di custom.
3. Bisa ngukur traffic lebih detail.

23.

Kalo CPC ku rata-rata Rp 27 dan aku pengen sekitar 100 klik/hari. Berapa yang harus kita tetapkan sebagai anggaran harian kita?

Kenapa?

Anggaran Harian = CPC Rata-rata x Jumlah Klik

Maka:
CPC Rata-rata = Rp 27
Jumlah Klik = 100

Hitung:
Anggaran Harian = Rp 27 x 100 = Rp 2700

24.

(Erryke/Keyword Research)
Search queries sama autofill itu based on location apa ga?

Search queries: berdasarkan pencarian.
Autofill: berdasarkan apa paling sering dicari.
Semuanya based on keyword.

25.

(Enzo/Keyword Research)
Apa keunggulan keyword planner dibandingkan tools lain seperti SEM rush? Sama saja?

Yup, bahkan yg semrush trial sekarang ga bs nge lihat words yg trigger google ads suatu campaign, harus subscribe

26.

(Michael ardito/Keyword Research)
Kalo bisnis kita baru dan ga pernah ada sebelumnya dan ingin pakai google ads apakah worth it?. Karna google ads itu kan intent based  ga kaya sosmed ads yang intteruptive marketing. Contoh eco-friendly laundry. kan sampai saat ini ga ada bisnis laundry eco-friendly tuh nah kalo kasusnya begitu gimana kak?

Kita bisa liat 2 topik: eco-friendly & laundry.
Itu 2 audiens yang berbeda.
Tinggal gimana kreatif kita meramu 2 hal tadi.

27.

Skor kualitas yang lebih tinggi biasanya menghasilkan:

Kalo kualitas iklan kita dianggap tinggi sma Google, kita cenderung bayar lebih sedikit untuk peringkat yang lebih baik dalam lelang kata kunci.

Keuntungannya ganda:
– biaya iklan yang > rendah
– posisi iklan yang > halaman pencarian.

“Banyak pertanyaan yang masuk ternyata. kita kan jawab berkala ya.
Pertanyaan dan jawaban diatas juga akan kita update sesuai update dari google Ads ya”

28.

Campaing structure: Apakah kampanye tersegmentasi dengan benar ke dalam grup iklan dan kata kunci? Apakah kata kunci relevan dengan target audiens dan konversi yang diinginkan?

29.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Others)
Gimana strategi sinkronkan campaign Facebook Ads dan Google Ads?

Cross channel secara langsung ga memungkinkan, yg bisa dicombine di audiencenya dengan retargeting pixel/tag implementation di masing2 source nya

30.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/How Paid Search Works)
Gimana cara kita menanggapi, sistem paginasi yang udah ilang dari google search?
Boleh strategi before after nya?

31.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Google Ads Products)
Spill dong, sesuai funnel marketing
Biasanya pake channel apa mulai dari awareness sampe closing, dan remarketing?

Semua channel/platform bisa dipake untuk full funnel marketing, tergantung audiencenya berada dimana. Awareness mostly banyaknya di sosmed, youtube dan programmatic display. Mid & low funnel ngikutin audience journey nya mana yg lebih mature

32.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/How Paid Search Works)

33.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/How Paid Search Works)
Apakah yang bayar mahal akan selalu muncul paling atas?

34.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/How Paid Search Works)
Trus, gimana kita bisa membuat iklan berkualitas di google ads (GAds)?

35.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/How Paid Search Works)
Iklan jelek dan bagus di GAds itu seperti apa?

36.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/How Paid Search Works)
Kalo iklannya sama-sama bagus, gimana dong nasibku si paling hemat ini untuk bersaing?

37.

(Ellena Badzlin/How Paid Search Works)
Kalo bidding itu auto atau kita bisa ngasih cap?

38.

Apa keunggulan keyword planner dibandingkan tools lain seperti SEM rush? Sama saja?

39.

(

Felisectio Dermananda Mulya Clara/How Paid Search Works)
Untuk paid search ini ada audience targetting atau hanya based on pemilihan keyword sesuai target bisnis kita?

40.

(Krist/How Paid Search Works)
Cara mencapai quality score yang tinggi  gmn kak? bisa di demo -in sedikit?

41.

(Ellena Badzlin/How Paid Search Works)
Rankingnya per Kategori? Atau per keyword?

42.

Apa yang dimaksud dengan Broad match (Pencocokan luas)?

43.

Apakah artinya “Broad match Modifier” (Pengubah Pencocokan Luas)?

44.

Apakah fitur “Broad match Modifier” masih aktif di GA4?

45.

Apakah artinya Phrase match (Pencocokan frasa)?

46.

Apakah artinya Exact match (Pencocokan tepat)?

47.

Apa artinya Enhanced cost-per-click (ECPC)?

48.

Apa artinya Cost Per Thousand Impressions (CPM)?

49.

Apa artinya Cost Per Acquisition (CPA)?

50.

Apa artinya Click Through Rate (CTR)?

Jumlah iklan diklik/impression.

51.

Apa artinya Keyword targeting (Penargetan kata kunci)?

52.

Apa artinya Audience targeting (Penargetan audiens)?

53.

Apa artinya Location targeting (Penargetan lokasi)?

54.

Apa artinya Content targeting (Penargetan konten)?

55.

Apa artinya Cost-per-click (CPC)?

56.

Apa artinya Cost-per-conversion (CPCon)?

57.

Apa artinya Conversion Rate (CR)?

Jumlah klik konversi.

58.

Apa artinya Call Extensions (CE)?

Arahkan pengguna ke halaman website.

59.

Apa artinya Sitelinks Extensions (SE)?

Soroti atribut nilai tambah bisnis, produk, atau layanan kepada pengguna.

60.

Apa artinya Structured Snippet Extensions (SSE)?

Jelaskan fitur produk/rangkaian produk/layanan yang ditawarkan bisnis sebelum pengguna klik iklan.

61.

Apa artinya Callout Extensions (CE)?

Izinin pengguna seluler menelepon bisnis secara langsung.

62.

“Pencocokan luas hanya mencakup kata dan frasa persis yang dicari pengguna”, artinya?

63.

“Google Ads hanya menampilkan iklan untuk kata kunci dengan ejaan dan bentuk jamak yang tepat”, artinya?

64.

“Google Ads ga akan mempertimbangkan kata-kata tersebut, jadi percuma saja jika menyertakannya”, artinya?

65.

Apa artinya Average cost-per-click (avg. CPC)?

Biaya rata-rata per klik.

66.

Apakah “soroti nilai jual penting, penjualan atau poin penting lainnya tentang suatu bisnis”, alasan kenapa pengiklan pake sitelinks?

Salah total.

67.

Apakah “tampilkan tautan yang mengarahkan orang ke app store/mulai unduh aplikasi”, alasan kenapa pengiklan pake sitelinks?

Ga tepat, ini cocok buat App extensions.

68.

Apakah “memungkinkan pelanggan klik tombol menelepon bisnis”, alasan kenapa pengiklan pake sitelinks?

Ga tepat juga, cocok kalo kita targetkan telp.

69.

Apakah “memberi pelanggan akses cepat ke beberapa halaman website pengiklan”, alasan kenapa pengiklan pake sitelinks?

100% tepat.

70.

Apakah “menjamin CTR (rasio klik-tayang (RKT)) yang lebih tinggi karna membuat iklan kita lebih menonjol.” adalah manfaat utama pake ekstensi iklan?

Salah.

71.

Apakah “bersifat otomatis sehingga kita ga perlu membuat iklan” adalah manfaat utama pake ekstensi iklan?

Salah.

72.

Apakah “memberikan informasi tambahan untuk membuat iklan kita lebih relevan bagi pelanggan” adalah manfaat utama pake ekstensi iklan?

Bener.

73.

Kalo ada orang klik iklan kita, berapa jumlah sebenernya yang dikenain ke kita?

Apakah pernyataan ini bener?

Jumlah minimum yang perlu buat pertahanin posisi iklan, tapi ga pernah lebih dari 120% dari tawaran biaya per klik maksimum (BPK maks) kita.

Salah.

74.

Kalo ada orang klik iklan kita, berapa jumlah sebenernya yang dikenain ke kita?

Apakah pernyataan ini bener?

Jumlah minimum yang perlu buat pertahanin posisi iklan kita atau 50% dari tawaran biaya per klik maksimum (BPK maks), mana aja yang lebih besar.

Salah.

75.

Kalo ada orang klik iklan kita, berapa jumlah sebenernya yang dikenain ke kita?

Apakah pernyataan ini bener?

Jumlah minimum yang perlu buat pertahanin posisi iklan kita, di bawah batas biaya per klik maksimum (BPK maks).

Salah.

76.

Apakah “Potensi tayangan iklan terlewatkan” adalah konsekuensi dari kampanye “search” kita yang terus-menerus mencapai anggaran maksimum hariannya?

Bener.

Termasuk juga persaingan yang lebih tinggi dan jumlah klik yang kita target udah tercapai sesuai anggaran.

77.

Apakah “average cost-per-clicks (CPCs) yang lebih tinggi” adalah konsekuensi dari kampanye “search” kita yang terus-menerus mencapai anggaran maksimum hariannya?

Bener.

Termasuk juga potensi tayangan iklan terlewatkan dan jumlah klik yang kita target udah tercapai sesuai anggaran.

78.

Apakah “mendapatkan jumlah CPC yang tepat sesuai target kita” adalah konsekuensi dari kampanye “search” kita yang terus-menerus mencapai anggaran maksimum hariannya?

Bener.

Termasuk juga anggaran udah habis duluan, padahal algortima terus learning dan persaingan yang lebih tinggi.

.

79.

Kalo aku baru aja 1 minggu diterima di perusahaan baru yang punya akun Google Ads yang berantakan.

Apakah “buat beberapa kampanye, masing-masing dengan serangkaian kata kunci terkait” bisa aku lakuin untuk merestrukturisasi akun?

Salah.

80.

Kalo aku baru aja 1 minggu diterima di perusahaan baru yang punya akun Google Ads yang berantakan.

Apakah “membuat kampanye berdasarkan struktur website klien” bisa aku lakuin untuk merestrukturisasi akun?

Bener.

81.

Kalo aku baru aja 1 minggu diterima di perusahaan baru yang punya akun Google Ads yang berantakan.

Apakah “buat satu kampanye dengan pilihan kata kunci yang luas” bisa aku lakuin untuk merestrukturisasi akun?

Salah.

82.

Apakah multiple campaigns cocok untuk perusahaan yang Google Ads nya berantakan?

multiple campaigns terlalu umum dan ga ada panduan spesifik memperbaiki akun yang ga teratur.

83.

Apakah 1 campaign broad keywords cocok untuk perusahaan yang Google Ads nya berantakan?

1 campaign broad keywords ga dianjurkan. Karna ga ngatur kampanye kurang detail.

84.

(Tammy Tjenreng/Keyword Research)
Hai Kak Andhika salam kenal ya :wave::skin-tone-3:  kak Keyword Research di SEO treatmentnya sama gak sama di Youtube? Apa description Youtube, tag, dan lainnya bisa pake approach SEO juga? Atau hanya berlaku pada artikel web aja? Thank you kak

Ini nanti akan terjawab di lecture SEO ya :slightly_smiling_face:

tapi untuk YouTube penggunaan headline/judul, description dan hastag akan berpengaruh ke keyword search relevancy result nya

85.

(Septian Susanto Halim/Keyword Research)
Kak kriteria competition di keyword planner itu low or high ditentukan berdasarkan apa ya? Harga bid, traffic atau yg lainnya? Thanks

86.

(M Azhar Hanafiah/Others)
maap kak andhika, untuk search campaign, misal nya ini untuk produk kategori sepatu, ada 100 perusahaan sepatu yang sedang menjalan kan campaign di waktu yang bersamaan, nah itu tadi di tampilan google search yang di tampilin cuma 4-5 ads, nah itu gimana pergantian tampilan ads diantara 100 perusahaan nya? atau seperti apa mekanis nya penampilan ads nya?
terimakasih

Semua result ads nya, selama eligible, akan muncul di search result. Yg membedakan ad rank/positionnya aja. 4-5 ads itu hitungannya hanya 1st page, kalo scroll terus ke page2 berikutnya kita bisa dapet ads yg beda2 dari perusahaan lainnya`

87.

(Felisectio Dermananda Mulya Clara/Others)
Mungkin nice to know aja kak, tapi kepo soal yang local campaign itu measurenya gimana?

Local campaign measurementnya akan menghitung footfall/traffic based on location device user nya. Baru beberapa negara aja yg bisa menjalankan local campaign, Indonesia belum termasuk.
Penjelasan detail: https://support.google.com/google-ads/answer/6100636?hl=en
List of eligible country:
https://support.google.com/google-ads/answer/6100636?hl=en#country

88.

(Michael ardito/Others)
Menurut kakak apakah benar paid traffic akan menggeser seo, soalnya saya lihat google ini makin memprioritaskan paid traffic plus adanya AI yang membuat SEO makin babak belur.?

Secara traffic dan algoritma, iya. Sekarang kebanyakan hanya company2 besar yg bener2 menerapkan SEO strategy untuk sekedar maintain brand presence mereka di digital, sisanya? All about ads

89.

(Shinta Reza Aditiya/Others)
Hi Kak, terima kasih ilmunya. Saya mau nanya soal google ads yg suspended. Kenapa suspended terus ya Kak? Saya sudah top up budgetnya dan udah contact us jg. Udah pernah reactived, tp kesuspend lagi. Bagaimana solusinya ya Kak? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Account suspended banyak faktornya ya, bisa dari payment method yg dipake (misal cc yg limit nya mepet), security juga bisa. Kalau login diwaktu yg berdekatan dengan lokasi yg beda2 juga bisa dianggap unsecure, dan masih banyak lagi. Coba untuk loginnya hanya dari 1 orang dulu, setelah beberapa hari baru bisa login dari tempat lain

90.

(Michael ardito/Others)
kak, secara umum, cpcnya lebih mahal Meta ads atau Google ads ya?

kalau specific ngomongin search ads di google, cpc yg lebih mahal ada di google

91.

(Leo/Others)
Halo, kalau di Google Ads ini impression apa di charge juga ? Atau spending kita hanya dihitung berdasarkan cpc aja ?

Untuk google search ads, di charge nya per clicks, bukan impression

92.

(Hanafi/Keyword Match Types)
untuk tiap masing2 objective yang di rekomendasi keywords match types nya apa ya kak?

93.

(Krist/Keyword Match Types)
untuk keyword match types ada broad, phrase dan exact. ketika sedang menjalankan campaign sudah memilih salah satu keyword match type tetapi kita ingin mengganti dengan type yang lain apakah bisa? ada efek tidak untuk ads kita? ada saran waktu untuk mengganti match type setelah berapa lama ads berjalan (spya tidak di banned google)?  dan pertimbangan apa yang perlu kalau kita memang diharuskan/lebih baiknya mengganti match typenya? . thank you

94.

(Halbert王駿豪/Keyword Match Types)
Apakah ada tools atau cara untuk mengecek website apa yang sering dikunjungi users berdasarkan keyword tertentu?

95.

(Halbert王駿豪/Assets)
Kak kita kan disuggest utk bikin 15 jenis Headline. Cara kita tahu headline mana yg work dan yg mana tdk work gmna ya?

96.

(Tammy Tjenreng/Others)
Hai Kak Andhika salam kenal ya :wave::skin-tone-3:  kak Keyword Research di SEO treatmentnya sama gak sama di Youtube? Apa description Youtube, tag, dan lainnya bisa pake approach SEO juga? Atau hanya berlaku pada artikel web aja? Thank you kak

97.

(Tammy Tjenreng/Others)
Kak satu pertanyaan lagi. Dari pengalaman kakak, penggunaan KW match (broad, phrase, exact) ini best practice penempatannya di SEO dan SEM gimana?

98.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Others)
Gimana cara buat callout dan extensi lain dari NOL?

99.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Others)
Boleh share studi kasus 1 campaign yang udah berjalan?
Penasaran sama yang udah score excelent

100.

(Haryono Cokro/Others)
kalau budget, misal cm 1 jt per bulan karena masih coba-coba/terbatas. manakah yg lebih baik, daily budget 100rbx10 hari (per bulan, jadi jalan 10 hari, libur 20 hari) atau 30rbx30 hari (tiap hari nonstop tiap bulan) ? terima kasih

101.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Others)
Biasanya cara optimasi gimana? Kalo target kita belum tercapai. Misal CTR kecil, Leads ga dapat

102.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Others)
Agak relate sama pertanyaan Tammy.
1. Gimana strategi jalanin SEM dan SEO:
Sederhananya kan, keyword SEO baiknya ga diiklanin & targetkan keyword baru aja.
2. Ada strategi lain ga?

103.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Recommendations Tab Explained)
Ada case studi kah, untuk mengikuti ato menolak rekomendasi?

104.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Recommendations Tab Explained)
Kalo potensi hasilnya lebih bagus pake image. Kenapa ga buat image sesuai rekomendasi google?

105.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Recommendations Tab Explained)
Adakah case kalo hasil ignore rekomendasi lebih bagus daripada yang ngikutin?

106.

(Krist/Recommendations Tab Explained)
untuk budget plan/media plan : awareness, engagement, conversion:  gmn cara meng-estimasi  %impression share dan  %est CTR, CPC, Click|  %conversion dkk? kalau bisa dengan cara yang sederhana dulu ya kak. thank you

107.

(Yolanda/Others)
Kak itu yg bahas income itu ada cara hitungnya ga ? Kalau dia kelas middle up middle low gimana tentuinnya ya

108.

(Ade/Others)
Kaka, performance google adsnya dibilang bgs apa yg lht kak, jumlah view mengunjungi website atau apa?

109.

(Ade/Others)
Apa beda harga yg BS dskip dan tidak, kak

110.

(Bolmer Suryadi Hutasoit/Others)
FU Question: Boleh G Ads ga mencapai target.
Kenapa?
Solusinya gimana?
Gimana respon atasan dan client?

111.

(Haryono/Others)
kl pake objective lead, kan ada menu add form. itu mending dipake ga (meski kita ada landing page ) ?

112.

(M Azhar Hanafiah/Others)
untuk semua jenis campaign yang ada di google ads, apakah semua sudah pernah kak dhika jalankan? terimakasih

113.

(Enzo/Others)
Media plan digunakan sebagai alat forecasting untuk google ads. Untuk memastikan keywords yang dipilih bisa tepat budget.

Setelah campaign live, apakah media plan harus diupdate setiap kali keyword baru ditambahkan atau dikurangi? Soalnya total cost akan terpengaruhi bukan?

114.

(Michael ardito/Others)
kak, kalo misalnya kalo objective conversion, bagus ga sih kalo kita langsung pake campaign pmax?. Soalnya kan pmax udah all in one tuh placementnya.

115.

(M Azhar Hanafiah/Others)
untuk performa di antara semua jenis campaign, mana jenis campaign yang paling bagus ROAS nya? dan kenapa alasan nya? terimakasih

116.

(Indri/Others)
Kak.. ketika menjalankan campaign, normalnya berapa lama setelah live untuk mulai optimisasi? dan misalnya ada optmisasi yang dilakukan (misal ganti materi / headline), berapa lama kita bisa lihat hasil dari optimasasi tersebut apakah works atau engga.

117.

(Michael ardito/Others)
kak bisa gak kita mengintegrasikan data di Fb ads untuk di G ads atau sebaliknya untuk memaksimalkan hasil ROAS atau retargeting?

118.

(Haryono Cokro/Others)
followup jawaban k andhika td, berarti kl mau conversion, akan lebih murah conversion dengan retargetting audience dari campaign awareness, dibandingkan conversion dari awal dgn audience baru ya ?

119.

(Haryono Cokro/Others)
kl retargetting/custom audiences, perlu tag baru ga di GTM kak ?

120.

(Haryono Cokro/Others)
kak, cost per conversion 45rb itu murah/mahal ?

121.

(Haryono Cokro/Others)
ya leads untuk cm isi form aja, tugas project ini wkwk

122.

(Haryono Cokro/Others)
maaf tanya lagi kak, di real life, cost/conversion ini biasa nya dihitungkan ke HPP atau lebih dianggap bakar2 budget ?

123.

(Krist/Others)
Pada bagian insight and report terdapat
Auction Insight:, kalau tidak salah apa betul itu adalah competitor dari jasa/produk kita?
Search term: terdapat search term rekomendasi dari google yang belum ditambahkan/ sudah, untuk bagian yang belum ditambahkan apakah sebaiknya kita tambahkan untuk menambah performance ads?
Landing Pages: bagaimana google menilai LP yang kita buat itu performanya >GOOD atau bahkan sangat bagus? Ada saran bagaimana cara mengecek semua performa/relevan or tidak relevannya LP kita (Loading speed, headline,offer dll) dengan iklan yg dibuat?

124.

(Melati/Others)
Mau tanya kak, gimana caranya menentukan jumlah bid di awal Ad? apa forecast di keyword planner bisa jadi acuan ?

125.

(Michael ardito/Others)
Kak, pernah ga ada kasus dimana hasil forecast itu beda jauh sama hasil realnya?. lets say di forecast, ads kita udah excellent tpi pas realnya malah zonk, atau mungkin sebaliknya. Di forecast bad, tpi di realnya malah bagus hasil iklannya. Kira2 gimana tuh kak?

126.

(Haryono Cokro/Others)
FU questions, di recommendation kok selalu diinfo utk tambah keyword dengan tipe broadmatch agar naikkan ROI. kl leads, apakah masi relevan rekomendasinya google ads ini ?

127.

(Indri/Others)
Kak, ada saran gak buat tim tim yang belum dapet leads, apa hal pertama yg harus di perbaiki?

128.

(Indri/Others)
pertanyaan tambahan, kalau di tengah hari kita nambah headline / ganti headline dan juga naikin  bidding apakah google akan learning dari awal lagi?

129.

(Stania/Others)
Mas, kalau budget kita dibawah rekomendasi google, bahkan estimasi budget terendahnya google, bisa mempengaruhi approval campaignnya kah?

130.

(Erryke Tjahjono/Others)
halo kak mau tanyak,

  1. do you need to use UTM/GCLID if you are directing people to a landing page?
  2. does desc and copy matter in terms of what people search atau yang matter itu cuma keywords di backend

132.

(Riana Sukma Dewi/Others)
Kadang kala pihak manajemen/atasan ingin melihat data konkrit seperti google ads kita itu berada di ranking berapa. Untuk hal itu, bagaimana cara mengetahui website yang sudah kita ads berada di ranking berapa? Apakah ada website tertentu yang bisa digunakan untuk mengetahuinya atau bagaimana?

133.

(M Azhar Hanafiah/Others)
Campaign budget simulator fungsi nya apa ya kak?

132.

(Enzo/Others)
Untuk memberikan report dari akhirnya sebuah campaign. Secara garis besar, apa yang perlu dilaporkan untuk google search? Metrics apa saja? Dan faktor apa saja yang bisa dilihat untuk recommendations/insights?

133.

(Michael ardito/Others)
Kak, kalo di google ads (di ads platform lain bahkan) kalo kita pengen acquire leads, itu kan itungannya cpl. Nah, masalahnya ga semua leads yang kita dapetin itu bakal jadi customer. Nah pertanyaannya, kalau mau menghitung ROI nya itu caranya gimana ya kak? karena kalau untuk leads, metric ROI itu tidak ada di dashboard.

132.

(Winnie Felicia Gunawan/Others)

  1. In which situations should we use the Maximize Conversion Value bid strategy?
  2. What is the difference between DSA and RSA?
  3. Should we account for conversion delay when analyzing campaigns with 30 days of performance?

133.

(…/Others)

00.

Pertanyaanmu disini

Perusahaan ada masalah penjualan?
Mau dapatkan leads dari Google Ads?

Untuk konsultasi silahkan klik FIX PROBLEM ya.

Contact Us!

Schedule a Meeting

Kalo mau belajar Digital Marketing dari NOL?

Ada 2 opsi:

  1. Baca tulisan berikut:
  2. Ikutan revoU course aja.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply