Berapa Lama sih Artikel Terindex Google [Studi Kasus]- pasarIN - kekitaan - karya selesaiin masalah (3)

Berapa Lama sih Artikel Baru Terindex Google? [Studi Kasus]

Berapa Lama sih Artikel Baru Terindex Google?
Penasaran ga sih?

LawFirm mu punya website ga?
Mau dapat client darisana?

Websitemu perlu terindex google dulu.
Gini caranya submitnya.

Jadi baru-baru ini, tim pasarIN eksperimen untuk mencari tau jawaban diatas.

Kita pake 2 cara, yaitu:

  1. Tanpa submit search console
  2. Submit search console

Jadi gimana hasil keduanya?
Mana yang lebih bagus?

Sebelum kita jawab, dalam obrolan kali ini, kita akan membahas 3++ hal, yaitu:

  1. Masalah
    A. Apakah setiap posting tulisan baru aku harus submit index ke search console?
    B. Apakah posting tulisan baru akan otomatis ke terindex?
    C. Berapa Lama sih Artikel Baru Terindex Google?
  2. Data Lama
  3. #ProblemSolver
    A. Tanpa submit search console
    B. Submit search console
    C. Hasil
  4. Kesimpulan
  5. FAQ

Mari kita obrolIN…

01. Masalah

Awalnya kita cuma mau menjawab 1 pertanyaan ini: “C. Berapa Lama sih Artikel Baru Terindex Google?”.

Tapi ternyata seiring menyurun rencana eksperimen ini. Muncul 2 pertanyaan lainnya.

“A. Apakah setiap posting tulisan baru aku harus submit index ke search console?” dan “B. Apakah posting tulisan baru akan otomatis ke terindex?”

02. Data Lama

Kenapa kita bertanya 3 pertanyaan diatas?

Karna, ada 2 jawaban yang ada di google yang masih membuat kita ragu.

Kenapa kita ragu?
Karna ga didukung sama real data eksperimen atas suatu artikel. Itu beneran di tes ato asumsi doang?

Berikut 2 jawaban yang kita kutip poin2nya aja:

  1. “terindex 1–7 hari, waktu lebih lama/cepat, tergantung kualitas konten.”
    Sumber: JagoanHosting.
  2. “blog baru terindex Google 1 menit setelah mengajukan manual di Google Search Console. Jika tidak biasanya dalam beberapa jam blog akan terbaca di search engine Google.”
    Sumber: Quora.

Sedangkan menurut google ada hal yang harus kita perhatiin soal terindex ato ga, yaitu

  1. “faktor Google mengindeks artikel antara lain:
    – Kualitas konten.
    – Google memahami halaman.
    – konten berkualitas tinggi”
    Sumber: SupportGoogle, GarudaWebsite JagoanHosting.
  2. “pelajari pedoman untuk membantu bot Google menemukan situs Anda lebih cepat.”
    Sumber: SupportGoogle.

Baca sampe akhirnya.
kita liat mana jawabannya yang valid ato ga.

03. #ProblemSolver

A. ❌Tanpa Submit Search Console

Hari ini Selasa, 16 Januari 2024 jam 06:27 kita terbitin 1 tulisan yang berjudul: 27++ Video dan PPT Digital Marketing.

Lalu tulisan tersebut kita share ke grup komunitas dengan menggunakan link berikut https://rebrand.ly/VideoPPT-DigitalMarketing.

Link sengaja kita pakein short link, supaya bisa terdeteksi datanya.

Link tersebut kita pantau dalam 2 pemeriksaan, jam 07:00 WIB dan jam 12:55 WIB.

Pertama…

…setelah kurang lebih 1 jam berlalu. Kita periksa udah ada 4 klik di link rebrand.ly diatas. Itu artinya udah ada 4 pembaca.

Lalu kita cek search console, tulisan 27++ Video dan PPT Digital Marketing ternyata masih belum terindex.

Kedua…

…setelah 6 jam kemudian, ada 8 klik di link rebrand.ly nya. Asumsinya udah ada minimal 8 pembaca.

Seperti gambar dibawah ini.

Apakah bener udah ada 8 pembaca?
kita lanjut cek ke google analytic.

Hasilnya, pembaca untuk hari ini belum muncul. Sepertinya google analytic perlu 24 jam lagi.

Berita baiknya adalah saat kita ngecek realtime traffic di jam 13:00 WIB. Ada 2 live pembaca.

Seperti bisa kau diliat pada gambar dibawah ya.

Asumsinya berarti klik di rebrand.ly itu valid. Lalu berdasarkan jumlah klik itu bener udah ada minimal 8 pembaca.

Lalu akhirnya kita cek search console. Ternyata udah terindex✅. Seperti kau bisa liat pada gambar dibawah.

Kalo kita liat pada bagian pengindeksan halaman, ternyata udah terindex jam 11.49 WIB.

5++ Kesimpulan sementara yang bisa kita ambil dari eksperimen A ini yaitu:

  1. 4 pembaca belum membuat tulisan terindex otomatis.
  2. 8 pembaca bisa membuat tulisan terindex otomatis.
  3. Tulisan baru “ga harus” submit ke search console.
  4. Butuh 5 jam 22 menit untuk terindex google tanpa submit ke search console.
  5. Kontennya to the point, intro singkat langsung jawab masalah pembaca.

Lanjut ke eksperimen kedua…

B. ✅Submit Search Console

Pada hari Rabu, 10 Januari 2024 jam 06:09 WIB kita terbitin tulisan: Mau Belajar Digital Marketing? 270++ Pertanyaan Ini Perlu Kau Tau.

Tulisan itu pun kita share ke grup komunitas. Tapi kali ini tanpa rebrand.ly.

Tulisan ini juga kita ga pantau per beberapa jam progressnya.

Hasilnya adalah terindeks pada hari dan jam yang sama jam 18:52 WIB.

Seperti pada gambar dibawah.

Setelah kita cek, ternyata jumlah pembacanya cuma 2 di jam di jam 18:00. Itu pun waktu berkunjung ga terdata, berarti dibawah 10 detik.

Seperti pada gambar dibawah.

5++ Kesimpulan sementara yang bisa kita ambil dari eksperimen B ini yaitu:

  1. 2 pembaca cukup membuat tulisan terindex.
  2. Waktu baca <10 detik ga mempengaruhi terindex.
  3. Tulisan baru “sebaiknya” submit ke search console.
  4. Butuh 43 menit untuk terindex google dengan submit ke search console.
  5. Kontennya ga to the point, intro terlalu panjang.

C. Hasil

Setelah kita lakuin 2 eskperimen diatas. Kita mau menjawab 2 pertanyaan kita diawal tadi.

Jadi gimana hasil keduanya?
Udah terjawab dong dengan kesimpulan sementara diatas ya.

Mana yang lebih bagus?
Nah ini yang akan kita jawab dengan bandingin 2 hasilnya, dalam tabel berikut:

Hasil❌Tanpa Submit Search Console✅Submit Search Console
Waktu Index5 jam 22 menit43 menit
Waktu Viewsunidentified<10 detik
Views8 pembaca2 pembaca
SubmitGa harusSebaiknya
Konten✅Jawab masalah❌To the point

04. Kesimpulan

A. Jawaban Masalah

Sebelum kita membuat kesimpulan, maka kita jawab dulu 3++ pertanyaan yang menjadi latar belakang eksperimen ini.

A. Apakah setiap posting tulisan baru aku harus submit index ke search console?

Ga juga, tulisan yang ga disubmit tetep akan terindex kalo ada pembacanya.

B. Apakah posting tulisan baru akan otomatis ke terindex?

✅Iya, tergantung tulisan tersebut ada pembacanya ato ga.

C. Berapa Lama sih Artikel Baru Terindex Google?

Dalam eksperimen ini kita punya 2 jawaban 5 jam 22 menit dan 43 menit

B. Data di Google Valid Ga?

Pertama, apa yang dibilang sama @JagoanHosting bener: kalo terindex butuh waktu 1–7 hari, tergantung kualitas konten.

Eskperimen ini menjadi jawaban spesifik berapa lama.

Kedua, @Quora bilang bisa 1 menit terindex: belum terbukti sih. kita coba lagi dalam beberapa eksperimen selanjutnya.

Ketiga, @Google bilang index tulisan kalo konten berkualitas dan mudah dia pahami isi websitenya. Ini terbukti lewat eksperimen ini.

C. Kesimpulan Eksperimen

Lalu apa kesimpulan kita atas eksperimen ini?

Kita ambil 8++ kesimpulan, yaitu:

  1. Tulisan wajib untuk di ✅share ke pembaca yang membutuhkan kontennya.
  2. ✅Kecepatan suatu tulisan terindex tergantung kita submit ato ga. Dan juga seberapa bagus kontennya sehingga dalam waktu singkat banyak pembaca.
  3. Tulisan yang ✅ga ada pembaca akan tetep terindex kalo di submit ke search console.
  4. ✅Terindex ato ga: bukan indikator konten bagus.
  5. ✅Cepet ato lama terindex: salah satu indikator konten bagus.
  6. ✅Konten bagus adalah dibaca lama.
  7. Waktu baca atas suatu konten bagus masih perlu eskperimen lebih lagi.
  8. Perlu eksperimen lebih dalam:
    • Supaya data lebih kaya dan hasilnya lebih akurat.
    • Eksperimen dengan 2 artikel dalam waktu yang sama:
      • submit search console x tanpa submit.
      • submit search console x submit.
      • tanpa submit x tanpa submit.

Keren ya, aku dan tim yang menulis hasil eksperimen ini pun amaze gitu.

Ternyata hal simpel yang kita lakuin, kalo di perhatikan detail. Itu bisa jadi insight yang sangat berharga.

05. FAQ

Setelah riset berbagai sumber, berikut beberapa pertanyaan yang Faling sering Aku ditanQan, yaitu:

  1. Bagaimana caranya agar website bisa terindex di Google?
  2. Berapa lama artikel terindex google?
  3. Cara index website ke google?
  4. Bagaimana cara mengupload artikel ke Google?
  5. Bagaimana cara share artikel?
  6. Cara agar artikel cepat terindex google?
  7. Cara agar cepat terindex google?
  8. Cara agar web terindex google?
  9. Cara agar artikel cepat terindex google?
  10. Cara agar artikel cepat terindex google dalam 1 detik?
  11. Cara agar postingan cepat terindex google?
  12. Cara supaya website cepat terindex google?
  13. Cara mengetahui artikel sudah terindex google?

Pertanyaan-pertanyaan diatas, akan kita jawab secara berkala ya. kita buat tulisannya seperti obrolan kita hari ini.

Hasil eksperimen ini, bisa kau terapin untuk website LawFirm mu.

Mau tau ga berapa orang baca artikel di website LawFirm mu?
Jangan-jangan ga ada yang baca loh.

Ngobrol yuk sama #ProblemSolver.

Contact Us!

Schedule a Meeting

Kalo mau belajar Digital Marketing dari NOL?

Ada 3++ opsi:

  1. Baca tulisan berikut:
  2. Join Private Class #ProblemSolver
    Selesaiin masalah mu dengan Digital Marketing & Hukum.
  3. Ikutan revoU course aja.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Admin. 2020. Berapa lama artikel terindex google? Bagaimana agar peringkat?. kita baca pukul 06:13 WIB hari Selasa, tanggal 21 Januari 2024. garuda.website/blog/berapa-lama-artikel-terindex-google
Agus Purwanto 8112. 2019. Berapa lama postingan artikel yang baru bisa terindex oleh google?. kita baca pukul 06:13 WIB hari Selasa, tanggal 21 Januari 2024. support.google.com/webmasters/thread/5155149/berapa-lama-postingan-artikel-yang-baru-bisa-terindex-oleh-google?
Projek Ku. 2022. Berapa Lama Web Baru Terindeks di Google. kita baca pukul 06:13 WIB hari Selasa, tanggal 21 Januari 2024. support.google.com/webmasters/thread/148653808/berapa-lama-web-baru-terindeks-di-google?
Quora. 2024. Berapa lama proses index untuk blog di google search console?. kita baca pukul 06:13 WIB hari Selasa, tanggal 21 Januari 2024. id.quora.com/Berapa-lama-proses-index-untuk-blog-di-google-search-console
Redaksi Jagoan Hosting. 2023. 10+ Cara Cepat Agar Web & Artikelmu Terindex Google. kita baca pukul 06:13 WIB hari Selasa, tanggal 21 Januari 2024 jagoanhosting.com/blog/agar-web-cepat-terindex


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply