27++ Tokoh Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

 

Kebanyakan Pasangan Ngalamin Ujian dan Cobaan Terberat di Awal Masa Pernikahan
Komunikasi dan Keterbukaan Jadi Kunci Pernikahan Bisa Bertahan Lama

Nasi lebih lezat kalo dikukus menggunakan langseng
Jangan lupa setiap enam bulan memeriksakan gigi
Semua pasangan ingin pernikahan mereka langgeng
Karna itu butuh pengertian dan kesabaran yang tinggi

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Kasih sayang bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah diucapin dan dijanjiin. Harus diiringi dengan bukti nyata. Pasangan-pasangan tokoh Indonesia dengan masa pernikahan paling lama di bawah ini telah membuktikan kasih sayang di antara mereka selama puluhan tahun.

Di hari kasih sayang ini, sudahkah #MasBro #MbakBro memberikan sesuatu yang terindah untuk pasangannya?
Pasangan pejabat Indonesia dengan masa pernikahan paling lama berikut ini bisa jadi inspirasi bagaimana mereka bisa pertahanin kasih sayang sampe ajal memisahkan. Bahkan ada juga loh kasih sayang yang ga putus meski maut udah menjemput.

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - jateng.tribunews.com
Sumber Gambar jateng.tribunews.com

27.Ganjar Pranowo dan Siti Atiqoh Supriyanti 

Pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Siti Atiqoh Supriyanti terbilang punya karakter kontras. Ganjar yang cukup gaul di kampus, sementara Siti Atiqoh justru lebih banyak aktif di mesjid kampus. Maklum, sang istri besar di kalangan pesantren. Tapi keduanya mencoba menyatukan perbedaan melalui pernikahan. Bahkan ikhlas menjalani masa-masa sulit di awal pernikahan mereka pada 1999.

 

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - kompas.com
Sumber Gambar kompas.com

26.Emha Ainun Nadjib dan Novia Kolopaking 

Novia Kolopaking merupakan artis film yang tengah di puncak karirnya pada medio 1990-an. Tapi secara mengejutkan dia mau menikah dengan Emha Ainun Nadjib, seorang duda dengan usia terpaut 20 tahun dari dirinya. Toh, Novia bisa menyesuaikan diri dengan aktivitas sang suami. Sejak menikah pada 1997, Novia ga pernah aktif lagi di dunia hiburan dan mengadikan diri untuk mengembangkan keyakinannya.

 

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - news.liputan6.com
Sumber Gambar news.liputan6.com

25.Ahok dan Veronica Tan 

Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok memang dikenal keras, tegas, dan galak. Meski demikian, dia punya cara tersendiri untuk menunjukkan kasih sayang kepada sang istri, Veronica Tan. Ahok kerap menunjukkan sisi romantisnya pada saat-saat yang ga diduga. Pelukan dan ungkapan cinta keluar saat situasi memang mendukung. Seperti saat hari valentine. Itulah resep hubungan keduanya tetap bertahan dan meminimalisir pertengkaran.

 

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - jateng.tribunnews.com
Sumber Gambar jateng.tribunnews.com

24.Anies Rasyid Baswedan dan Fery Farhati Ganis 

Sejak menikah pada 11 Mei 1996, Fery Farhati ga pernah lupa untuk menyiapkan semua keperluan sang suami, Anies Baswedan. Mulai dari baju, jas, sampe sepatu. Terlebih aktivitas  Anies sangat padat dalam beberapa bulan terakhir terkait Pilkada DKI Jakarta. Fery bisa menjadi penyeimbang sekaligus penyemangat dalam setiap kegiatan Anies yang berhubungan dengan masyarakat luas.

 

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - Fotoseleb.com
Sumber Gambar Fotoseleb.com

23.Sandiaga Uno-Nur Asia 

Bagi Sandiaga Uno, Nur Asia merupakan cinta pertama dan terakhirnya. Sandi mengenal sosok yang kini menjadi istrinya itu sejak umur 14 tahun. Nur adalah adik dari temen sekolah Sandi. Karna sering bertemu akhirnya membuat keduanya sepakat menjalin hubungan. Setelah putus sambung selama 14 tahun, keduanya menikah pada 28 Juli 1996 di Singapura dengan undangan sebatas keluarga dekat dan sahabat aja.

 

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - bintang.com
Sumber Gambar bintang.com

22.Ridwan Kamil dan Atalia Praratya 

Jika ada pasangan pejabat yang paling sering menunjukkan kemesraan mereka di hadapan publik, pastilah itu pasangan Ridwan Kamil-Atalia Praratya. Wali Kota Bandung itu memang selalu terlihat mesra dengan sang istri. Bahkan candaan di media sosial pun ga lepas dari kasih sayang di antara keduanya.

Kang Emil menikahi Atalia pada 7 Desember 1996. Keduanya pernah merasakan kesulitan saat menganggur di Amerika Serikat, sampe harus melahirkan di rumah sakit khusus orang miskin. Tapi berkat semangat pantang menyerah, Atalia mampu membawa Kang Emil menjadi salah satu tokoh nasional paling disegani saat ini.

 

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - economy.okezone.com
Sumber Gambar economy.okezone.com

21.Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari 

Latar belakang Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari sangat kontras. Chairul datang dari keluarga sederhana, sementara Anita dari keluarga berada. Saat sama-sama kuliah di Fakultas Kedokteran UI, Anita sama sekali ga melirik Chairul yang kerap terlihat lusuh. Tapi dengan pengetahuan Chairul tentang bisnis menjadi kunci sukses pendekatannya kepada Anita. Setelah menjalani penjajakan selama dua tahun mereka pun mulai menempuh bahtera rumah tangga sejak 1994 hingga kini.

 

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - banten.co
Sumber Gambar banten.co

20.Rano Karno dan Dewi Indriati

Kebohongan ga melulu mengandung unsur negatif. Karna berkat temannya yang berbohong, maka Rano Karno pun menemukan pelabuhan hatinya. Medio 1986, Rano Karno secara tiba-tiba menengok Dewi Indriati yang tengah sakit tipes. Rano mendapat kabar dari temannya, yang berbohong bahwa umur Dewi tinggal beberapa hari lagi. Sebagai teman satu sekolah dulu, Rano pun segera menengok Dewi. Rano yang tengah galau setelah bercerai dengan istri pertamanya malah “nembak” Dewi untuk menjadi istrinya. Gayung bersambut dan mereka pun menikah pada 8 Februari 1988.

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - twitter.com
Sumber Gambar twitter.com

19.Harry Tanoesoedibjo dan Liliana

Tepat 22 Oktober 2016 lalu, pasangan Harry Tanosoedibjo dan Liliana merayakan ulang tahun ke-30 pernikahan mereka. Sebuah waktu yang ga bisa dibilang pendek. Meski udah melewati masa pernikahan perak, kemesraan pasangan ini ga pernah meredup. Keduanya terlihat saling mengungkapkan kasih sayang melalui media sosial. Baik saat ulang tahun masing-masing, perayaan ulang tahun pernikahan, dan hari valentine.

 

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - metrosulawesi.com
Sumber Gambar metrosulawesi.com

18.Joko Widodo dan Iriana

Iriana adalah teman adik perempuan Joko Widodo. Karna sering bertemu, Jokowi pun lama-lama menaruh hati. Meski demikian ga mudah mendapatkan hati Iriana. Butuh enam bulan untuk meluluhkan hati Iriana. Proses pendekatannya pun bergaya jadul. Jokowi sering mengajak Iriana naik sepeda bareng. Setelah empat tahun berpacaran, keduanya sepakat menikah pada 23 Desember 1986. Iriana merupakan cinta pertama dan satu-satunya Jokowi.

 

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - rustikaherlambang.com
Sumber Gambar rustikaherlambang.com

17.Hatta Rajasa dan Oktiniwati Ulfa Dariah

Kunci kelanggengan sebuah pernikahan menurut Oktiani Ulfa Dariah yang akrab dipanggil Okke ada tiga. Yaitu komunikasi, saling menghormati, dan saling menghargai. Prinsip itu dipegang teguh oleh Okke bersama sang suami, Hatta Rajasa, selama 33 tahun terakhir. Ketika pasangan  suami istri bisa sama-sama memahami peran masing-masing dan keberadaan masing-masing, semua masalah bisa diatasi dengan baik.

 

Sumber Gamba 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - i2.wp.com
Sumber Gambar i2.wp.com

16.Bung Tomo dan Sulistiana 

Siapa sangka sosok orator ulung Bung Tomo ternyata punya sisi romantis. Bung Tomo mengenal Sulistiana (Lies) di awal kemerdekaan RI. Lies dikirim ke Surabaya untuk merawat pejuang yang terluka. Bung Tomo yang udah jatuh hati sejak melihat perawat asal Malang ini. Ada aja cara Bung Tomo untuk menarik perhatian Lies dan bisa selalu bertemu wanita pujaannya itu.

Keduanya akhirnya menikah pada 1947, saat perang mempertahankan kemerdekaan masih berkecamuk. Satu kenangan mengharukan bagi Lies adalah ketika dia membuka dompet Bung Tomo ga lama setelah suaminya meninggal dunia pada 1981. Di dalam dompet itu ada foto lama sang istri dengan tulisan “Iki Bojoku”.

 

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - orangdalam.com
Sumber Gambar orangdalam.com

15.Mohammad Hatta dan Rachmi 

Sosok Mohammad Hatta memang sangat idealis. Dia pernah berjanji ga akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Dan berkat bantuan Soekarno, Bung Hatta pun bisa memenuhi janjinya. Soekarno melamar seorang gadis cantik bernama Rachmi untuk menjadi istri Hatta. Usia keduanya terpaut jauh. Hatta saat itu udah berusia 43 tahun sementara Rachmi baru 19 tahun. Tapi hal itu ga bisa menghalangi kasih sayang di antara keduanya.

Pada 18  November 1945, Hatta pun mengucapkan ijab kabul untuk menyatakan sebagai suami yang setia bagi Rachmi. Menariknya, ketika orang lain memberikan mahar emas ato uang, Hatta justru memberikan buku. Alih-alih berisi puisi cinta, buku berjudul “Alam Pikiran Yunani” itu membahas para pemikir Yunani seperti Plato dan Aristoteles. Buku ini ditulis ketika Hatta diasingkan Belanda di Digul pada 1934.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - liputan6.com
Sumber Gambar liputan6.com

14.Antasari Azhar dan Ida Laksmiwati 

Melamar putri seorang perwira TNI memang ga selalu mudah. Antasari Azhar mengalami lika-liku dalam prosesnya menjadi suami dari Ida Laksmiwati. Uniknya perkenalan pertama Antasari dengan ayah Ida bukan karna dikenalkan anaknya. Tapi  karna Antasari dan ayah Ida kerap bertemu terkait aktivitasnya di kampus yang vokal mengkritisi pemerintah Orde Baru. Saat melamar pun Antasari harus menunggu berjam-jam di markas TNI. Buah perjuangan Antasari menghasilkan pernikahan pada awal 1980-an dan langgeng sampe sekarang.

 

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - tempo.co
Sumber Gambar tempo.co

13.Taufiq Kiemas dan Megawati 

Andai Taufiq Kiemas ga ikut berziarah ke makam Bung Karno pada Juli 1971, mungkin dia ga akan pernah kenal dengan Megawati Soekarno Putri. Usai berziarah, bersama Guntur Soekarno Putra dan Panda Nababan mampir ke rumah Megawati di perum AURI Madiun. Pertemuan itu berlanjut ke hubungan serius hingga akhirnya keduanya menikah pada Maret 1973. Hanya kematian yang bisa memisahkan keduanya, saat Taufiq Kiemas mengembuskan napas terakhirnya pada Juni 2013.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - demokrat.or.id
Sumber Gambar demokrat.or.id

12.Susilo Bambang Yudhoyono dan Kristiani Herrawati 

Kisah kasih Susilo Bambang Yudhoyono dengan Kristiani Herrawati terbilang penuh romantisme. Keduanya pertama kali bertemu dalam sebuah acara di kampus AKABRI di Magelang. Ani terpesona dengan sosok SBY muda yang tegap dan gagah. Gayung bersambut, SBY pun merasakan hal yang sama.

Proses lamaran terbilang menarik, karna dilakukan tanpa sepengetahuan Ani. Lamaran terjadi saat SBY diwisuda sebagai lulusan terbaik AKABRI 1973. Saat itu orang tua SBY yang datang ke acara wisuda langsung menemui orang tua Ani yaitu Letjen Sarwo Edhie Wibowo yang merupakan komandan AKABRI. Lamaran diterima dan keduanya menikah pada 30 Juli 1976.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - senyum-itb.blogspot.co.id
Sumber Gambar senyum-itb.blogspot.co.id

11.Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman 

Lahir dari keluarga pendidik membuat Rachmini Rachman (Mien) memutuskan untuk kuliah di IKIP Jakarta. Tapi perkenalannya dengan Razif Halik Uno membuat hasratnya dalam dunia pendidikan sempat terhenti. Pasalnya, usai menikah pada 1965, sang suami memboyong Mien Uno tinggal di Riau selama 10 tahun. Beruntung Razif mengerti, istrinya ga betah di Riau. Kini Mien Uno dikenal sebagai pakar etika. Semuanya berkat saling pengertian dan komunikasi antara suami dan istri.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - merdeka.com
Sumber Gambar merdeka.com

10.Aburizal Bakrie dan Tatty Murnitriati 

Saat Tatty Murnitriati setuju dinikahi Aburizal Bakrie pada awal 1970-an, kondisi sang suami saat itu udah menjadi pengusaha sukses. Namun ga lantas dia berleha-leha. Tatty menjadi sosok penting di belakang mengguritanya bisnis keluarga Bakrie. Termasuk menjadi pendorong suaminya ke dunia politik dan sukses menjadi Ketua Umum Golkar pada 2009.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - republika.co.id
Sumber Gambar republika.co.id

9.Aksa Mahmud dan Ramlah Kalla

Sejak kecil Aksa Mahmud udah menunjukkan bakatnya yang luar biasa dalam bisnis. Jualan es sampe kurma pernah dilakoni di masa kecilnya. Insting bisnisnya itulah yang kemudian mempertemukan Aksa dengan Jusuf Kalla, seniornya di kampus. Keakraban Aksa dengan JK berlanjut hingga tingkat keluarga.

Haji Kalla yang merupakan penguasaha besar di Makassar melihat sosok Aksa yang penuh energi dan tanggung jawab. Haji Kalla pula yang menjodohkan Aksa dengan putrinya, Ramlah Kalla. Tanpa melalui proses pacaran keduanya menikah pada 2 Maret 1975. Buah pernikahan mereka adalah kelahiran Erwin, Sadikin, Melinda, Athirah, dan Subhan yang juga dikenal sebagai pengusaha sukses.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - berita9online.com
Sumber Gambar berita9online.com

8.Abdurrahman Wahid-Shinta Nurya Dewi 

Kisah pernikahan antara Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur dengan istrinya, Shinta Nurya Dewi terbilang unik dan berliku. Puluhan tahun silam, Gus Dur yang saat itu udah menjadi guru di pesantren di Jombang naksir berat kepada Shinta. Padahal saat itu usia Shinta baru 13 tahun. Pelbagai pendekatan yang dilakukan Gus Dur selalu mental. Gus Dur ingin mendapatkan Shinta karna dia akan pergi sekolah di Mesir untuk waktu lama.

Akhirnya Gus Dur pun pergi ke Mesir tanpa kepastian. Uniknya, saat jarak terpisah ribuan kilometer, justru hati mereka semakin terpaut. Ketika udah mendapat lampu hijau dari Shinta, Gus Dur kontan meminta keluarganya melamar. Pada 11 Juli 1968 dengan diwakili oleh kakek Gus Dur, Kiai Bisri Syansuri, pernikahan keduanya terwujud. Akan tetapi, Gus Dur dan Shinta harus menunda bulan madu mereka hingga 3 tahun kemudian, menunggu Gus Dur selesai kuliah dan pulang ke Indonesia.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - jurnalindonesia.id
Sumber Gambar jurnalindonesia.id

7.Arifin Panigoro dan Raisis Kartiwa

Sosok pemilik usaha Medco Group ini menikah dengan Raisis Kartiwa pada 1973 dalam kondisi tengah membangun bisnisnya. Keringat dan peluh menjadi keseharian keduanya. Godaan untuk bekerja sebagai karyawan selalu datang, tapi alumni ITB ini kokoh pada pendiriannya untuk menjadi pengusaha. Beruntung dia memiliki Raisis yang selalu mendukung semua yang dilakukan sang suami. Kini mendekati masa pernikahan emas, dukungan Raisis terhadap Arifin Panigoro ga pernah luntur.

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - brilio.net
Sumber Gambar brilio.net

6.Sultan Hamengkubuwono X dan Ratu Hemas 

Berawal dari sebuah warung mi, benih-benih cinta antara Sultan Hamengkubuwono X dengan Ratu Hemas dimulai. Sultan yang saat itu membawa nama lahir Bendara Raden Mas Herjuno Darpito terpesona dengan kecantikan Tatiek Sudradjad Supriastuti. BRM Herjuno pun merayu dengan menyanyikan tembang Jawa. Ratu Hemas yang lahir dan besar di Jakarta hanya tersenyum geli.

Tapi momen itu menjadi titik kemunculan benih-benih cinta keduanya. Pada 1968, setelah dilamar langsung oleh Sultan Hamengkubuwono IX, Ratu Hemas resmi menjadi istri dari BRM Herjuno yang saat itu masih berstatus calon Raja Keraton Yogyakarta.

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - showbiz.liptan6.com
Sumber Gambar showbiz.liptan6.com

5.Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu

Bagi Amien Rais, Kusnasriyati Sri Rahayu merupakan sosok yang telah mendampingi nyaris sepanjang umurnya. Pasalnya, Kusnasriyati merupakan teman sejak masih kanak-kanak. Ujian pernikahan mereka pada 1969 adalah ketika ga kunjung diberi momongan hingga usia pernikahan telah 10 tahun. Dokter dalam dan luar negeri telah dikunjungi, tapi ga membuahkan hasil.

Akhirnya mereka mendapat kesempatan menjalankan ibadah Haji bersama. Di depan Kabah keduanya memanjatkan doa agar diberi momongan. Tak berapa lama ketika keduanya tengah melakukan penelitian di Mesir, Kusnasriyati hamil. Selanjutnya tiap dua tahun Kusnasriyati hamil dan hingga kini telah memberi lima anak bagi Amien Rais.

 27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - boombastis.com
Sumber Gambar boombastis.com

4.Soeharto dan Bu Tien 

Sebagai seorang prajurit muda dengan karir cemerlang sosok Soeharto muda memang sangat menjanjikan para orang tua yang memiliki anak gadis. Ga heran, keluarga Prawirowihardjo sampe kepincut. Prawirowihardjo yang merupakan paman sekaligus orang tua angkat dari Raden Ayu Siti Hartinah ini ingin menjodohkan ponakannya dengan Soeharto muda.

Meski berbeda strata sosial, ternyata Bu Tien bersedia menjadi istri Soeharto. Keduanya menikah di Solo pada 26 Desember 1947 dan baru terpisahkan saat Bu Tien mangkat pada 1996.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - biografi-tokoh-sukses.blogspot.co.id
Sumber Gambar biografi-tokoh-sukses.blogspot.co.id

3.Jusuf Kalla dan Mufidah 

Tahun ini usia pernikahan Jusuf Kalla dengan Mufidah memasuki angka 50. Pernikahan emas kata orang-orang. Padahal 50 tahun silam, Mufidah sebenarnya udah dijodohkan dengan orang lain. Tapi berkat kegigihan Ucu, panggilan akrab JK saat muda, hati Mufidah pun bisa ditaklukkan. Ucu yang asli Sulawesi menemui Buya Mi’ad, ayahanda Mufidah yang berasal dari Sumatera Barat. Setelah lamaran diterima keduanya bertunangan pada 1966 dan menikah satu tahun kemudian.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - cnnindonesia.com
Sumber Gambar cnnindonesia.com

2.Pramoedya Ananta Toer dan Maemunah Thamrin 

Saat Maemunah Thamrin mengiyakan ajakan Pramoedya Ananta Toer untuk menikah pada 1955, bisa dibilang penuh cerita dramatis. Sedramatis kisah-kisah yang ditulis di buku-buku karangan Pramoedya. Saat itu kondisi ekonomi Pram tengah berada di titik nadir. Setelah menikah, mereka tinggal di kontrakan beralaskan tanah yang bagian depannya ada kandang ayam yang dipisahkan oleh pagar kawat.

Padahal Maemunah berasal dari golongan berada. Orangtuanya merupakan tuan tanah di Jakarta. Maemunah juga merupakan ponakan pahlawan nasional Mohammad Husni Thamrin. Kesetiaan Maemunah benar-benar teruji ketika harus berpisah dengan Pram yang ditahan Pemerintahan Orde Baru. Pram meninggal pada 2006 dan Maemunah menyusul lima tahun kemudian.

27 Tokoh dan Pejabat Indonesia dengan Masa Pernikahan Paling Lama - antaranews.com
Sumber Gambar antaranews.com

1.Habibie dan Ainun 

Inilah kisah cinta tokoh atau pejabat Indonesia dengan masa pernikahan paling lama yang pantas menjadi panutan bagi kawula muda bangsa ini. Kesetiaan dan kecintaan BJ Habibie kepada istrinya Hasri Ainun ga pernah lekang oleh waktu. Bahkan ga pupus meski kematian telah memisahkan mereka.

Habibie dan Ainun menikah pada 12 Mei 1962. Keduanya menjalani masa sulit di awal pernikahan. Saat itu Habibie tengah menimba ilmu di Jerman. Sampe akhirnya Ainun ikut mengantarkan Habibie ke kursi orang nomor satu di negeri ini. Mei 2010, Ainun mendahului Habibie menghadap sang Khalik setelah 48 tahun selalu setia mendampingi sang suami.

Jika Mas Bro dan Mbak Bro berkenan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta, akan sangat mudah menemukan makam Ainun. Pasalnya, satu-satunya makam di TMP yang selalu dihiasi bunga adalah makam Ainun. Di sampingnya ada satu lahan kosong yang memang diminta oleh Habibie jika kelak dia wafat. Habibie ga mau berjauhan dengan Ainun dalam kondisi apa pun.

Hingga saat ini, setiap hari Jumat sebelum adzan Dhuhur, Habibie selalu menyempatkan menyambangi makam istri tercintanya. Meletakan bunga dan berdoa untuk kedamaian sang istri tercinta.

Adakah pasangan tokoh Indonesia dengan masa pernikahan paling lama di atas yang menjadi favoritmu?

Gimana obrolan kali ini? Asyik dan penuh inspirasi bukan? Maka itu ayo berbagi tulisan ini via medsos milikmu kepada temen dan sahabatmu agar mereka juga mendapatkan inspirasi yang sama dengan dirimu.

Kalo memang ada yang mau tanya ato curcol ga dilarang kok. Silakan isi kolom di bawah ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Masak makanan apa pun ga enak kalo ga pake garam
Kalo emang ga ada nasi boleh lah sementara diganti roti
Kasih sayang ibarat tanaman yang harus dipupuk dan disiram
Pupuknya adalah saling percaya dan saling menghormati

Cinere, Depok
Pukul 01:02 WIB, Selasa 13 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – YK

Sumber Tulisan
Abu Nisrina. 2016. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun Istri Bung Tomo Meninggal Dunia satuislam.org/umum/innalillahi-wa-inna-ilaihi-rajiun-istri-bung-tomo-meninggal-dunia/ diakses pukul 14:15 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
b3. 2015. 5 Wanita Indonesia yang Jadi Kaya Raya Gara-Gara Dinikahi Konglomerat barb3ta.wordpress.com/2015/09/24/5-wanita-indonesia-yang-jadi-kaya-raya-gara-gara-dinikahi-konglomerat/ diakses pukul 10:45 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Erina Wardoyo. 2015. Kisah Cinta 5 Tokoh Indonesia Ini Romantis Banget Patut Diteladani brilio.net/news/kisah-cinta-5-tokoh-indonesia-ini-romantis-banget-patut-diteladani-150923m.html diakses pukul 09:26 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Ester Pandiangan. 2016. Kisah Cinta Romantis 5 Tokoh Nasional Indonesia damniloveindonesia.com/explore/1-people/detail/266/kisah-cinta-romantis-5-tokoh-nasional-indonesia diakses pukul 11:50 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Ganis Rumpoko. 2015. Cinta Habibie Pada Ainun yang Tak Pernah Sirna Walau Ajal Memisahkan hipwee.com/hiburan/habibie-dan-ainun/ diakses pukul 15:46 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Hasnah W. 2013.  Maemunah Thamrin : Perempuan Matahari Mencintai Sunyi sbmi.info/news-77-maemunah-thamrin-perempuan-matahari-mencintai diakses pukul 10:15 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Iing Solihin. 2105. Lima Pejabat Indonesia Ini  Suka Pamer Keromantisan di Media Sosial anakregular.com/2016/09/pejabat-indonesia-suka-pamer-di-media-sosial.html diakses pukul 12:08 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Puri Candraditya. 2014. Jokowi – Iriana : Kisah Cinta Keluarga Bernuansa Sederhana nilni.com/2014/10/kisah-cinta-jokowi-dan-iriana-sederhana.html diakses pukul 17:02 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Siswanto. 2016. Kisah Cinta Antasari, Taklukkan Putri Pimpinan TNI yang Galak suara.com/news/2016/11/10/183451/kisah-cinta-antasari-taklukkan-putri-pimpinan-tni-yang-galak diakses pukul 10:55 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
Tim nilni. 2016. Romantis Kisah Cinta Presiden-presiden nilni.com/2014/10/romantis-kisah-cinta-presiden-presiden.html diakses pukul 09:46 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017

Sumber Foto
antaranews.com diakses pukul 21:40 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
banten.co diakses pukul 20:40 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
berita9online.com diakses pukul 21:47 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
bintang.com diakses pukul 21:32 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
biografi-tokoh-sukses.blogspot.co.id diakses pukul 16:31 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
boombastis.com  diakses pukul 15:15 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
brilio.net diakses pukul 15:18 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
cnnindonesia.com diakses pukul 17:11 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
demokrat.or.id diakses pukul 16:34 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
economy.okezone.com diakses pukul 18:17 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
fotoseleb.com diakses pukul 14:55 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
images.detik.com diakses pukul 20:43 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
i2.wp.com diakses pukul 20:59 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
jateng.tribunews.com diakses pukul 17:56 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
jurnalindonesia.id diakses pukul 20:33 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017kompas.com diakses pukul 17:59 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
kompas.com diakses pukul 21:55 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
liputan6.com diakses pukul 17:26 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
merdeka.com diakses pukul 20:15 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
metrosulawesi.com diakses pukul 16:55 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
orangdalam.com diakses pukul 20:55 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
republika.co.id diakses pukul 20:45 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
rustikaherlambang.com diakses pukul 19:04WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
senyum-itb.blogspot.co.id diakses pukul 20:51 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
showbiz.liptan6.com  diakses pukul 19:00 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
tempo.co diakses pukul 20:54 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
twitter.com diakses pukul 18:03 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017
wajibbaca.com diakses pukul 20:35 WIB pada hari Minggu, 12 Februari 2017

Comments

Leave a Reply