27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 : #UlasanKita79

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - twitter.com
Sumber Gambar twitter.com

Apa Aja Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017?
Adakah Berita Favorit Kita yang Banyak Dibahas Media Januari 2017?

Mangga paling manis ya si manalagi
Dibawa pake truk dijual ke Jakarta
Ketinggalan dompet bisa diambil lagi
Tapi jangan sampe ketinggalan berita

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Tahun baru semangat baru dong. Jangan terus terlarut dengan masa lalu. Lebih baik membangun optimisme dan impian baru di tahun 2017. Ga usah lagi banyak mengingat masa lalu yang bahkan kurang indah untuk dikenang.

Untuk itu tingkatkan optimisme Mas Bro dan Mbak Bro dengan selalu meng-update info terkini. Jangan sampe disebut kudet alias kurang update ketika hang out bersama teman sejawat. Nah, berita Indonesia apa aja yang paling banyak disorot dan menarik minat masyarakat sepanjang Januari?

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - antarafoto.com
Sumber Gambar antarafoto.com

1.Dugaan kasus Antraks di Yogyakarta

Sedikitnya 16 orang, satu ekor sapi, dan tiga ekor kambing di desa dusun di Kabupaten Kulonprogo diduga telah terkena virus Antraks. Ke-16 warga desa Purwosari itu mengalami seperti luka bakar di bagian tangan dan punggung. Luka tersebut memang seperti gejala yang muncul apabila terkena penyakit Antraks.

Berdasarkan penyelidikan epidemiologi yang dilakukan Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta di desa Purwosari, menyebut bahwa semuanya baru sebatas dugaan, belum positif. Tapi, demi menjaga penyebaran, baik Dinas Kesehatan maupun Dinas Peternakan menghimbau warga untuk ga memperdagangkan hewan dulu.

Kasus munculnya virus Antraks ini dimulai ketika ada sapi yang disembelih di desa Purwosari setelah terlihat sempoyongan. Daging hasil sembelihan itu kemudian dibagi-bagi dan sisanya ada yang disimpan. Lalu munculkan indikasi virus Antraks pada Desember 2016 hingga akhirnya diketahui masyarakat luas pada Januari 2017.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - antaranews.com
Sumber Gambar antaranews.com

2.KPAI larang penyebaran video anak salah sebut ikan tongkol

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta semua pihak untuk menghentikan penyebaran video terkait seorang anak yang salah ucap. Dalam video yang menjadi bagian dari acara penyerahan Kartu Indonesia Pintar oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Januari, terlihat seorang anak salah menyebut ikan tongkol.

Pihak KPAI khawatir hal tersebut akan menjadi bahan olok-olok yang termasuk bullying. Ketika ditertawakan dan diolok-olok teman-teman ato lingkungannya sisi kejiwaan anak pasti akan terganggu. Karna itu KPAI langsung berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika guna menghentikan penyebaran video tersebut lebih luas.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - ipji.org
Sumber Gambar ipji.org

3.Bentrokan antara FPI dan GMBI di Bandung

Pemanggilan Ketua Front Pembela Islam, Rizieq Shihab oleh Polda Jabar membawa akibat buruk. Seusai Rizieq Shihab diperiksa di Mapolda Jabar, Jl Soekarno Hatta, sekitar pukul 16.15 WIB massa FPI yang sejak siang udah berhadapan dengan massa dari Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) akhirnya terlibat bentrokan.

Secara tiba-tiba batu beterbangan di depan Mapolda. Saling serang di antara kedua kubu tak terelakkan lagi. Sejumlah korban pun berjatuhan dari kedua belah pihak. Ada yang terkena lemparan batu ato korban pukulan memakai balok kayu. Satu mobil Toyota Kijang Innova milik anggota FPI rusak pada bentrokan tersebut.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - news.detik.com
Sumber Gambar news.detik.com

4.Napi LP Batu Nusakambangan kabur

Siapa sangka Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan yang terkenal ketat bisa juga dijebol oleh napi penghuninya. Adalah dua napi kasus Narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, diketahui telah kabur pada Sabtu (21/1) pukul 14.00 WIB. Kedua napi bernama M Husein dan Syarjani Abdullah itu memanjat tembok di sekitar pos 3 yang memang belum dijaga.

Tapi pelarian kedua napi ini hanya berlangsung tak lebih dari 10 hari. Senin (30/1), Syarkani ditangkap petugas gabungan saat coba bersembunyi di plafon mesjid At-Taqwa. Mesjid ini berlokasi ga jauh dari LP Batu. Selang satu hari, M Husein juga ditangkap ketika hendak membeli rokok di warung milik Barno. Mengetahui yang datang adalah napi yang kabur, Barno pun berusaha melumpuhkan dan membawanya kembali ke LP Batu.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - fokusjambi.com
Sumber Gambar fokusjambi.com

5.Sidak Gubernur Jambi ke RSUD Raden Mattaher

Gerah dengan reputasi buruk RSUD Mattaher, Gubernur Jambi  Zumi Zola melakukan inspeksi mendadak pada Jumat (20/1) dini hari. Zumi melihat langsung ruangan ICU, IGD, Jantung, dan Rawat Inap Kelas III. Hasilnya, Zumi marah besar ketika di ga ada perawat yang terjaga. Semuanya tertidur. Aksi lempar kursi dan menendang tempat sampah pun dilakukan sang Gubernur.

Meski menjadi kontroversi, aksi sidak tengah malam tersebut dilakukan setelah Gubernur banyak mendengar keluhan mengenai pelayanan di RSUD Mattaher. Di antaranya pelayanan yang buruk terhadap masyarakat tidak mampu dan banyak dokter yang praktik di luar RS saat jam tugas. Komisi Ombudsman bahkan memberikan rapor merah terhadap kinerja RSUD Mattaher.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - liputan6.com
Sumber Gambar liputan6.com

6.11 Rafflesia mekar di Bengkulu

Bulan Januari menjadi bulan mekarnya bunga langka, Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Gadutensi. Ga tanggung-tanggung setidaknya ada 11 bunga ini yang mekar di wilayah Bengkulu sepanjang Januari 2017.

Lokasi yang paling banyak terdapat bunga Rafflesia yang sedang mekar adalah di Hutan Lindung Bukit Daun dan Cagar Alam Taba Penanjung. Hutan Lindung seluas 90 hektar yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, dan Kabupaten Kepahiang ini memang merupakan habitat kunci Rafflesia.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - antarabali.com
Sumber Gambar antarabali.com

7.Libur Imlek, berkah bagi Bali Zoo

Liburan Imlek pada tahun ini memberi berkah tersendiri bagi Bali Zoo. Jumlah pengunjung kebun binatang yang berada di wilayah Gianyar, Bali, ini melonjak hingga 50%. Sebelum masuk liburan Imlek, rataan pengunjung berada di angka 700 orang per hari. Saat memasuki libur Imlek tahun ini, jumlah pengunjung per hari bisa mencapai 2.000 orang.

Ga cuma wisatawan lokal aja, wisatawan asing juga memenuhi Bali Zoo sepanjang liburan Imlek. Terutama wisatawan asal Tiongkok yang jumlahnya terlihat lebih banyak daripada wisman dari negara lain. Satu wahana baru (Kampung Sumatera) disebut sebagai salah satu magnet wisatawan sepanjang liburan akhir bulan Januari ini.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - tribunnews.com
Sumber Gambar tribunnews.com

8.Tiga korban meninggal usai mengikuti Diksar Mapala UII

Diksar Mapala UII yang berlangsung di Gunung Lawu ini berakhir tragis bagi tiga orang pesertanya. Diduga kuat ada penganiayaan berat terhadap ketiganya. Atas kejadian ini rektor UII, Harsoyo, langsung menutup semua kegiatan Mapala UII dan kemudian dia akhirnya mengundurkan diri.

Tiga mahasiswa peserta diksar Mapala UII itu antara lain Muhammad Fadhli (20), Syait Asyam (20), dan Ilham Nurfadmi Listia Adi (20). Fadhli merupakan mahasiswa Teknik Elektro UII angkatan 2015. Dia meninggal dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar, Jumat (20/1). Asyam, mahasiswa Teknik Industri 2015 asal Yogyakarta menyusul tewas di RS Bethesda, Yogyakarta keesokan harinya. Sementara Ilham mahasiswa Hukum Internasional 2015 meninggal di RS Bethesda pada Senin (23/1).

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - megapolitan.kompas.com
Sumber Gambar megapolitan.kompas.com

9.Ira Koesno “memenangkan” debat pertama Pilkada DKI 2017

Acara debat pertama Pilkada DKI Jakarta pada Jumat (13/1) memang udah ditunggu sejak lama. Acara debat yang disiarkan langsung oleh televisi nasional ini merupakan salah satu tahap pemantasan diri para pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di mata calon pemilih mereka. Akan tetapi, yang justru menjadi sorotan saat itu justru sang moderator, Ira Koesno.

Wanita 47 ini tampil cantik dan elegan di usianya yang udah mendekati setengah abad. Berita hangat soal Ira Koesno menghiasi laman berita online selama beberapa hari. Sosok yang pernah menjadi news anchor di SCTV ini bahkan disebut sebagai “pemenang” debat pertama tersebut. Sejumlah poling iseng di media sosial pun banyak yang memenangkan Ira. Pujian kepadanya seolah air hujan yang turun tanpa henti dari para netizen.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - news.detik.com
Sumber Gambar news.detik.com

10.Mahasiswa Ubaya ciptakan palang pintu KA otomatis

Tiga mahasiswa Universitas Surabaya menciptakan palang pintu kereta otomatis dengan tenaga aki. Alat yang mereka temukan diberi nama Automatic Railway Gate System (AuraGS). Anthoni, Andreas Wijaya, dan Yovita Sugionoputri prihatin dengan sering terjadinya kecelakan di perlintasan kereta api tanpa pintu. Mereka juga ingin mengakomodir daerah-daerah yang terdapat perlintasan kereta api tapi belum terjangkau listrik.

Dengan menggunakan AuraGS, ga perlu cemas energi akan habis. Alat ini bisa mengisi ulang aki secara otomatis dengan mengandalkan energi kinetik dari baling-baling yang digerakan oleh angin saat kereta api lewat. Selain itu, palang pintu juga akan menutup dan membuka secara otomatis karna ada sensor yang membaca pergerakan kereta.

Hasil ciptaan ketiga mahasiswa Ubaya ini telah meraih Juara 1 Pekan Ilmiah Mahasiswa 2014 cabang karya tulis ilmiah. Kemudian Medali Perak International Invention, Inovation, and Design 2015 di Johor, Malaysia. Kedua penghargaan tersebut diraih saat masih berupa konsep dan dikembangkan ketika udah mendapat Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) oleh Kemenristekdikti Periode Pendanaan 2016.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - goolerampoecom
Sumber Gambar goolerampoecom

11.WNI jadi korban dari kapal tenggelam di Johor

Niat mencari peluang kerja di Malaysia, apa daya malah pulang tanpa nyawa. Itulah nasib para TKI yang mencoba mencari peruntungan di Malaysia. Kapal yang mereka tumpangi karam Tanjung Rhu, Johor, Malaysia, Senin (23/1). Kapal pancung dengan panjang sekitar 18 kaki itu kabarnya dipenuhi hingga 40 orang.

Hingga Kamis (26/1) pukul 23.00 WIB telah ditemukan 24 jenazah. Para korban karamnya kapal di Johor ini terdiri dari 17 laki-laki dan 7 perempuan. Sementara ada 8 korban selamat yang bisa dievakuasi. Salah satu korban selamat merupakan Warga Negara Malaysia.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - bintang.com
Sumber Gambar bintang.com

12.Peresmian Jembatan Layang Pelangi di Bandung

Wakil Presiden Jusuf Kala berkenan meresmikan jembatan layang yang berada di perempatan jalan Antapani (24/1). Selain meresmikan, JK juga memberi nama jembatan layang itu dengan Jembatan Layang Pelangi. Alasannya adalah karna jembatan layang ini dihiasi mural warna warni.

Proyek pembangunan jembatan ini disebut JK bisa menjadi percontohan di daerah lain. Pasalnya, dengan menggunakan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) biayanya bisa dipangkas hingga 30 % dari cara konvensional. Selain itu waktu pembangunannya pun hanya butuh enam bulan aja. Lebih singkat dari konstruksi beton biasa yang butuh waktu hingga 12 bulan.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - news.liputan6.com
Sumber Gambar news.liputan6.com

13.Pasar Senen kebakaran

Lebih dari 1.600 kios di Pasar Senen, Jakarta Pusat, terbakar sejak Kamis (19/1) subuh. Kepulan asap dan api pertama kali terlihat di lantai III. Sebanyak 67 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melumat kios beserta isinya di Blok II dan Blok III. Tapi ternyata si jago merah ga mudah ditaklukkan. Butuh lebih dari 24 jam untuk memadamkan api secara total.

Setidaknya udah enam kali Pasar Senen mengalami kebakaran. Terakhir kali terjadi pada tahun 2014 lalu. Dugaan sementara ada korsleting listrik yang kemudian menyebabkan kebakaran. Proses pemadaman yang lama disebabkan masih banyak toko yang belum buka. Di samping itu juga sejumlah pompa hidran yang ada di lingkungan pasar ga berfungsi.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - setkab.go.id
Sumber Gambar setkab.go.id

14.Enam desa di Enggano segera diterangi listrik

Warga enam desa di pulau Enggano sedang tersenyum bahagia. Pasalnya, tahun ini dipastikan seluruh desa bakal diterangi listrik. Berita baik ini diungkapkan Sekretaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bengkulu, Oktaviano. Listrik akan berasal dari pembangkit listrik tenaga diesel yang dibangun PLN dan pembangkit listrik tenaga surya yang menjadi proyek Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Ke enam desa tersebut antara lain Desa Apoho, Malakoni, Kaana, Kahyapu, Meok, dan Banjarsari. Empat desa saat ini malah udah mulai diterangi listrik. Proses pemasangan jaringan ke dua desa tersisa terus digenjot PLN untuk memastikan sebelum akhir tahun udah ikut terang benderang. Inilah salah satu berita Indonesia yang baik di Januari.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - tribunnews.com
Sumber Gambar tribunnews.com

15.KM Zahro Express terbakar

Awal tahun menjadi musibah bagi para penumpang Kapak Motor Zahro Express. Rencana berlibur ke pulau Tidung di Kepulauan Seribu pada Minggu (1/1) batal akibat kapal yang ditumpangi mengalami kebakaran. Setidaknya 23 penumpang kapal dinyatakan meninggal. Data manifes menunjukkan KM Zahro Express membawa 100 penumpang. Tapi juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Puro Nugroho meyakini KM Zahro Express membawa 230 orang.

Seperti diberitakan situs berita online beritasatu.com, insiden kebakaran yang dialami KM Zahro Express terjadi sekitar pukul 09.30 WIB dengan jarak kurang lebih satu mil dari pelabuhan Muara Angke. Ga diketahui pasti penyebab kebakaran kapal. Personil TNI yang kebetulan berada di dekat lokasi langsung membantu mengevakuasi penumpang dan memadamkan api.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - beritacenter.com
Sumber Gambar beritacenter.com

16.Demo petani tembakau Jateng tolak impor

Ribuan petani tembakau dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah menggeruduk Kantor Gubernur Jawa Tengah di Semarang (17/1). Petani tambakau yang berasal dari Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Klaten, Boyolali, Rembang, dan Demak ini menolak kebijakan impor tembakau. Petani bakal merugi jika kebijakan ini terus dilanjutkan.

Menurut Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Tengah, Wisnu Brata, setidaknya 60 persen dari kebutuhan tembakau nasional saat ini berasal dari impor. Padahal menurut Wisnu produksi tembakau lokal sebenarnya bisa mencukup kebutuhan nasional. Karna itu dia mendesak pemerintah agar segera mensahkan RUU Pertembakauan agar petani tembakau lebih terlindungi dan sejahtera.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - beritalima.com
Sumber Gambar beritalima.com

17.Patrialis Akbar terkena OTT KPK

Kabar terkini muncul dari KPK. Salah satu hakim Mahkamah Konstitusi, Patrialis Akbar, diberitakan terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada Rabu (25/1). Patrialis ditangkap KPK karna diduga telah menerima suap terkait uji materi UU nomor 41 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan.

Dalam jumpa pers KPK menyebut Patrialis diduga menerima suap USD 20 ribu dan janji SGD 200 ribu. Menariknya, ga ada sama sekali bukti uang saat KPK menangkap Patrialis. KPK hanya menyita sejumlah dokumen terkait uji materi UU tersebut.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - rakyatku.com
Sumber Gambar rakyatku.com

18.Grasi Antasari Azhar dikabulkan Presiden Jokowi

Pengajuan grasi yang dilakukan mantan Ketua KPK, Antasari Azhar, usai dibebaskan secara bersyarat pada November lalu berujung bahagia. Grasi tersebut dikabulkan Presiden Joko Widodo. Pengabulan grasi tersebut disahkan melalui Keputusan Presiden pada Senin (23/1).

Dengan dikabulkannya grasi ini, Antasari pun terbebas dari wajib lapor. Selain itu, yang lebih penting adalah Antasari bisa melakukan proses rehabilitasi nama dan klarifikasi atas tindakan hukum yang telah membuatnya mendekam di penjara selama 12 tahun. Antasari mendapat bebas bersyarat karna telah melakoni dua pertiga masa hukuman dari vonis 18 tahun.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - kendaripos.fajar.co.id
Sumber Gambar kendaripos.fajar.co.id

19.Biaya pengurusan STNK dan BPKB naik

Kepanikan sempat melanda masyarakat di awal Januari 2017. Kantor Samsat di sejumlah kota besar mendadak dipenuhi orang pada 6 Januari. Mereka semuanya berbondong-bondong untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sempat disebutkan naik hingga 300%.

Selidik punya selidik yang naik bukanlah pajak kendaraan bermotor. Berita yang benar adalah biaya administrasi pengurusan STNK dan BPKB. Seperti biaya administrasi STNK (pembuatan baru atau perpanjangan) naik dari Rp50 ribu menjadi Rp100 ribu untuk roda dua. Sementara untuk roda empat naik dari Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - tribunnews.com
Sumber Gambar tribunnews.com

20.Pin kehormatan polantas bagi Irjen Agung Budi Maryoto

Irjen Agung Budi Maryoto memang cuma delapan bulan memimpin Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Tapi ada banyak inovasi yang dilakukan mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini. Di antaranya e-tilang, e-samsat, dan SIM online. Inovasi yang sangat membantu masyarakat untuk lebih tertib dalam berlalulintas.

Atas inovasi-inovasi yang dirancangnya, Irjen Agung Budi Maryoto pun dianugerahi pin kehormatan keluarga polisi lalu lintas. Pemasangan pin kehormatan itu dilakukan Wakil Kakorlantas, Brigjen Indrajit di Korlantas Polri, Jakarta. Irjen Agung Budi Maryoto kini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - radarsolo.jawapos.com
Sumber Gambar radarsolo.jawapos.com

21.Polda Jateng luncurkan Smile Police

Satu inovasi diciptakan Kepolisian Daerah Jawa Tengah. Inovasi tersebut bernama Sistem Informasi Manajemen Layanan Elektornik Kepolisian atau “Smile Police”. Aplikasi Smile Police berbasis Android dan berisi enam menu utama. Antara lain Panic Button, E-Babinkamtibmas, E-Public Service, E-Complain, E-office, dan E-Learning.

Diharapkan dengan aplikasi ini masyarakat yang butuh bantuan kepolisian bisa lebih dimudahkan. Seperti tombol Panic Button yang berguna bagi masyarakat saat melihat tindakan kejahatan. Soal-soal ujian dalam tahapan pembuatan SIM juga tersedia di aplikasi ini.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - cnnindonesia.com
Sumber Gambar cnnindonesia.com

22.Tujuh klub yang terkena sanksi bisa kembali berkompetisi

Kongres PSSI di Bandung pada 8 Januari lalu memberi kabar baik bagi tujuh klub. Selama lebih dari lima tahun mereka harus menjalani sanksi larangan ikut kompetisi. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, pada Kongres mengumumkan bahwa tujuh klub tersebut kini bisa kembali mengikuti kompetisi resmi PSSI.

Tujuh klub itu adalah Persebaya, Arema Indonesia, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, Persipasi Bekasi, Lampung FC, dan Persiwangi Banyuwangi. Tapi cuma Persebaya yang berhak tampil di Divisi Utama. Sementara enam klub lain harus kembali merangkak dengan tampil di Liga Nusantara. Ini merupakan level paling bawah dari kompetisi yang diadakan PSSI.

 

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - radarjombang.jawapos.com
Sumber Gambar radarjombang.jawapos.com

23.Bayi lahir digerbong dibantu staf CS KAI

Sukesih, warga Nganjuk, tak pernah bermimpi akan melahirkan di atas kereta api. Tapi, faktanya itulah yang terjadi. Bersama suami dan anak perempuannya, Sukesih naik kereta Dhaha dengan tujuan Nganjuk. Tapi di tengah perjalanan, dia mengalami kontraksi dan akhirnya melahirkan di atas gerbong kereta api.

Beruntung, ada seorang pegawai Costumer Service PT KAI yang lulusan Akademi Keperawatan dr Soedono, Madiun. Pegawai bernama Dwi Agustin Viki Wilnawati inilah yang membantu semua proses selama persalinan. Wilna juga yang kemudian memberi nama bayi tersebut Dwi Rania Dhahaniawati. Nama itu disetujui Sukesih dan suaminya sebagai ungkapan terima kasih kepada Wilna yang telah menolong kelahiran anaknya.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - bogor.tribunnews.com
Sumber Gambar bogor.tribunnews.com

24.TKW yang 19 tahun menghilang telah ditemukan

Menghilang selama 19 tahun, seorang tenaga kerja wanita asal Indramayu ditemukan dalam keadaan sehat walafiat. TKW bernama Juariah ini ditemukan saat menghadiri sebuah acara pernikahan di wilayah Taif. Tim Perlindungan Warga Negara Indonesia KJRI Jeddah segera menjemput Juariah ke Taif yang berjarak sekitar 200 km dari Jeddah.

Juariah berangkat ke Arab Saudi pada 1997 untuk menjadi TKW. Selama berada di Arab Saudi, Juariah hanya sekali mengirim surat kepada keluarganya. Uniknya, Juariah justru mengaku diperlakukan baik oleh majikannya. Upahnya sebagai asisten rumah tangga pun selalu diberikan sang majikan. Tapi kondisi itu yang justru membuat Juariah lupa dengan keluarganya.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - otonomi.co.id
Sumber Gambar otonomi.co.id

25.Harga cabai tembus Rp250 ribu per kilo

Awal tahun terasa lebih pedas bagi yang doyan makan sambel. Pasalnya, harga cabe yang udah merangkak naik sejak akhir tahun makin menggila saat memasuki bulan Januari. Harga cabe merah yang udah naik dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp80 ribu akhirnya pecah rekor. Di Samarinda, Kalimantan Timur, cabe merah sempat menembus harga Rp250 ribu/kg.

Harga cabe merah ini terus terkerek terkait stok yang sedang menurun. Petani ga berani memanen cabe merah karna curah hujan yang tinggi. Ketika stok ga klop dengan kebutuhan, hukum ekonomi yang bicara. Harga cabe pun semakin pedas di dompet.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - sumsel.tribunnews.com
Sumber Gambar sumsel.tribunnews.com

26.Kunto Hartono pecahkan rekor 145 jam main drum

Kunto Hartono kembali menorehkan rekor bermain drum terlama di dunia. Setelah menabuh drum selama 122 jam di Malang pada 2012, kini giliran Palembang yang menjadi saksi pecahnya rekor main drum. Pada 6 Januari lalu Kunto tepat menyelesaikan target bermain drum selama 145 jam. Rekor ini mengalahkan catatan 134 jam yang dilakukan drumer Kanada, Steve Gaul.

Kunto mengaku sempat ditawari untuk memecahkan rekor di Kuala Lumpur, Malaysia. Tapi dia menolaknya. Beruntung berkat dukungan moril dan materiil dari Pemkot Palembang, Pemprov Sumatera Selatan, Korem 044/Gapo bersama Kodam II/Sriwijaya, acara pemecahan rekor ini berjalan dengan lancar.

27 Berita Indonesia Paling Banyak Disorot Sepanjang Bulan Januari 2017 - malang.merdeka.com
Sumber Gambar malang.merdeka.com

27.Kiper Arema FC meninggal dunia

Berita duka datang dari Malang. Klub Arema FC harus kehilangan kiper seniornya, Achmad Kurniawan. AK, demikian panggilan akrabnya, terkena serangan jantung pada Selasa (10/1) sekitar pukul 17.00 WIB. Jenazah keesokan harinya diterbangkan untuk dimakamkan di tanah kelahirannya, Tangerang.

Pemain senior yang juga kakak kandung kiper timnas Kurnia Meiga ini udah dirawat intensif di Rumah Sakit Syaiful Anwar sejak 29 Desember. Bahkan, AK dikabarkan sempat mengalami koma tapi kemudian tersadar. Tapi setelah dirawat selama 12 hari kiper berumur 39 tahun ini akhirnya meninggal dunia.

Wow.

Ternyata banyak ya berita Indonesia yang terjadi sepanjang Januari.

Obrolan soal berita aktual ini tentu memberi manfaat bagi Mas Bro dan Mbak Bro. Maka itu, silakan berbagi melalui medsos yang dimiliki agar orang lain pun bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Nah kalo ada yang bikin penasaran yang memunculkan pertanyaan, silakan loh isi kolom komentar di bawah. Ga usah malu.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Sebelum ditanam tanah ladang harus dipacul
Buah belum matang rasanya pasti kesat
Pandai-pandailah memilih berita yang muncul
Agar kita ga tersesat karna informasi sesat

Cinere, Depok
Pukul 04:01 WIB, Kamis 2 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – YK

Sumber Tulisan
Aminudin A.S. 2017. Sanksi Dicabut Persebaya Akan Berlaga di Divisi Utama m.tempo.co/read/news/2017/01/08/099833844/sanksi-dicabut-persebaya-akan-berlaga-di-divisi-utama diakses pukul 10:15 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Andi Mardana. 2017. KPAI Larang Penyebaran Video Anak Salah Sebut Nama Ikan majalahkartini.co.id/berita/peristiwa/kpai-larang-penyebaran-video-anak-salah-sebut-nama-ikan/ diakses pukul 11:10 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Berry Subhan Putra. 2017. Dummer Kunto Hartono Pecahkan Rekor Dunia Main 145 Jam Nonstop regional.kompas.com/read/2017/01/06/18055391/.drummer.kunto.hartono.pecahkan.rekor.dunia.main.145.jam.nonstop diakses pukul 09:10 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
Dewa Wiguna. 2017. Libur Imlek Kunjungan Wisatawan Bali Zoo Melonjak antaranews.com/berita/609357/libur-imlek-kunjungan-wisatawan-bali-zoo-melonjak diakses pukul 10:40 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Desi Purnamawati. 2017. Wapres Resmikan Jembatan Layang Pelangi Antapani antaranews.com/berita/608498/wapres-resmikan-jembatan-layang-pelangi-antapani diakses pukul 10:21 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Dyan Rekohadi. 2017. Breaking News Achmad Kurniawan Kiper Arema Meninggal Dunia suryamalang.tribunnews.com/2017/01/10/breaking-news-achmad-kurniawan-kiper-arema-meninggal-dunia diakses pukul 10:56 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Elf. 2017. Tinggalkan Korlantas Irjen Agung Budi Dihadiahi Pin Kehormatan jawapos.com/index.php/read/2017/01/04/100017/tinggalkan-korlantas-irjen-agung-budi-dihadiahi-pin-kehormatan diakses pukul 13:11 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Eviyanti. 2017.  Siang Bolong 2 Napi Narkoba Kabur dari LP Nusakambangan pikiran-rakyat.com/nasional/2017/01/22/siang-bolong-2-napi-narkoba-kabur-dari-lp-nusakambangan-391364 diakses pukul 14:12 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Farouk Arnaz. 2017. Korban Tewas Kapal TKI Tenggelam di Johor Jadi 24 beritasatu.com/asia/411359-korban-tewas-kapal-tki-tenggelam-di-johor-jadi-24.html diakses pukul 14:20 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Ghoida Rahmah. 2017. Kebakaran di Pasar Senen Diduga Korsleting Listrik m.tempo.co/read/news/2017/01/19/064837504/kebakaran-di-pasar-senen-diduga-korsleting-listrik diakses pukul 13:35 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Ihsanuddin. 2017. Jokowi Kabulkan Grasi Antasari Azhar nasional.kompas.com/read/2017/01/25/10472051/jokowi.kabulkan.grasi.antasari.azhar
Imam Wahyudiyanta. 2017. Mahasiswa Ubaya Ciptakan Palang Pintu Kereta Otomatis Berdaya Aki news.detik.com/jawatimur/3392659/mahasiswa-ubaya-ciptakan-palang-pintu-kereta-otomatis-berdaya-aki diakses pukul 13:51 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
JK/ERK. 2017. Ira Koesno Menangi Debat Pilgub surabayapagi.com/read/148858/2017/01/16/Ira_Koesno_%E2%80%98Menangi%E2%80%99_Debat_Pilgub.html diakses pukul 14:01 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Maya Ayu Puspitasari. 2017. OTT Hakim MK KPK  Sita Draf Putusan Perkara nasional.tempo.co/read/news/2017/01/27/063840226/ott-hakim-mk-kpk-sita-draf-putusan-perkara diakses pukul 14:23 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Nazaruli. 2017.  Ribuan Petani Tembakau di Jateng Gelar Demo Tolak Kebijakan Impor http://www.netralnews.com/news/nusantara/read/48807/ribuan.petani.tembakau.di.jateng.gelar.demo.tolak.kebijakan.impor diakses pukul 15:12 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Nina Atmasari. 2017. Kasus Antraks Muncul di Kulonprogo 16 Orang Sudah Terserang harianjogja.com/baca/2017/01/17/kasus-antraks-muncul-di-kulonprogo-16-orang-sudah-terserang-785313 diakses pukul 14:40 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Nur. 2017. Sidak ke RSUD Raden Mattaher Tengah Malam Gubernur Zola Marah-marah http jambiupdate.co/artikel-sidak-ke-rsud-raden-mattaher-tengah-malam-gubernur-zola-marahmarah-nih.html diakses pukul 15:19 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Nurmayanti. 2017. Baya STNK dan BPKB Naik Mulai Hari Ini Berikut Rinciannya  bisnis.liputan6.com/read/2819585/biaya-stnk-dan-bpkb-naik-mulai-hari-ini-berikut-rinciannya  diakses pukul 15:28 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Phesi Ester Julikawati. 2017. 11 Kuntum Rafflesia Mekar di Bengkulu di Januari 2017 nasional.tempo.co/read/news/2017/01/31/206841578/11-kuntum-rafflesia-mekar-di-bengkulu-di-januari-2017 diakses pukul 16:00 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Purnomo Edi. 2017. Tiga Peserta Diksar Meninggal Kegiatan Mapala UII Dibekukan merdeka.com/peristiwa/tiga-peserta-diksar-meninggal-kegiatan-mapala-uii-dibekukan.html diakses pukul 17:21 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Redaksi rmol. 2017. Tembus 250 Ribu Per Kg Harga Cabe Makin Pedas ekbis.rmol.co/read/2017/01/06/275249/Tembus-250-Ribu-Per-Kg-Harga-Cabe-Makin-Pedas- diakses pukul 17:10 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Redaksi bbc.com. 2017. Kapal Terbakar di Teluk Jakarta, 23 orang Meninggal 17 Hilang bbc.com/indonesia/indonesia-38482109 diakses pukul 10:15 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Puthut Dwi Putranto. 2017. Polda Jateng Luncurkan Smile Police Awal 2017 Berikut Manfaatnya tribunnews.com/regional/2017/01/04/polda-jateng-luncurkan-smile-police-awal-2017-berikut-manfaatnya diakses pukul 16:12 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Reni Susanti. 2017. Usai Rizieq Shihab Diperiksa FPI Bentrok Dengan Ormas di Bandung regional.kompas.com/read/2017/01/12/22145541/usai.rizieq.shihab.diperiksa.fpi.bentrok.dengan.ormas.di.bandung diakses pukul 17:06 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
diakses pukul 10:15 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Riz. 2017. Melahirkan Bayi Perempuan di Gerbong Kereta Api jawapos.com/read/2017/01/05/100147/melahirkan-bayi-perempuan-di-gerbong-kereta-api ini diakses pukul 16:44 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Sugiyarto. 2017. 19 Tahun Hilang TKW Asal Indramayu Ini Ditemukan di Pesta Pernikahan-di Jeddah tribunnews.com/regional/2017/01/04/19-tahun-hilang-tkw-asal-indramayu-ini-ditemukan-di-pesta-pernikahan-di-jeddah diakses pukul 17:19 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
Unggul Tri Ratomo. 2017. Seluruh Desa di Pulau Enggano Terang Tahun Ini antaranews.com/berita/608308/seluruh-desa-di-pulau-enggano-terang-tahun-ini diakses pukul 19:55 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017

Sumber Gambar

antarafoto.com diakses pukul 19:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
antarabali.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
antaranews.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
beritacenter.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
beritalima.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
bintang.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
bogor.tribunnews.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
cnnindonesia.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
fokusjambi.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
goolerampoe.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Kamis, 2 Februari 2017
ipjii.org diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
kendaripos.fajar.co.id diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
malang.merdeka.com pukul 21:39 WIB pada hari  Sabtu, 4 Februari 2017
megapolita.kompas.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
news.detik.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
news.liputan6.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
news.rakyatku.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
otonomi.co.id diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
radarsolo.jawapos.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
radarjombang.jawapos.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
rakyatku.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
setkab.go.id diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
sumsel.tribunnews.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
tribunnews.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Jumat, 3 Februari 2017
wowkeren.com diakses pukul 21:15 WIB pada hari  Sabtu, 4 Februari 2017

Comments

Leave a Reply