Sudah Tau Belum? Tips-Tips Kesehatan Aneh yang Berguna Untuk Kamu

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Kamu sudah tau belum tips kesehatan yang aneh tapi berguna buat kamu?

Biasanya tips kesehatan yang kita ketahui sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan masuk akal, contohnya berolahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, minum air yang cukup dan sebagainya. Tapi ternyata masih banyak tips kesehatan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari namun belum banyak diketahui. Mau tau apa saja tips kesehatan yang aneh namun berguna itu? Yuk simak!!

  1. Minumlah Minuman Panas Untuk Merasa Lebih Dingin 

    Biasanya tubuh mengeluarkan banyak keringat pada musim kemarau. Kebanyakan orang meminum minuman dingin untuk merasa lebih sejuk, tapi kamu tau tidak kalau itu hanya secara logika saja. 

    Menurut penelitian yang dilakukan Ollie Jay dari University of Ottawa’s School of Human Kinetic, ketika menyeruput minuman panas, tubuh akan merasakan perubahan suhu dan produksi keringat akan meningkat. Kemudian pada saat keringat menguap dari kulit maka tubuh akan menjadi dingin secara alami. Begitulan cara kerja tubuh. Namun, hal ini hanya akan terjadi jika seseorang tinggal pada daerah yang panas dan kering. 
  2. Tulisan Tangan Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak 

    Baca Juga :Kamu Harus Tau!! Kenapa Senyum Itu Bisa Buat Kamu Sehat

    Saat ini di era teknologi canggih, mencatat hal-hal penting cukup mudah, dapat dicatat di smartphone dan disimpan secara otomatis. Pada penelitian dari Indiana University, Karin H. James dan Laura Engelhardt dilakukan studi pada anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis. Studi dilakukan dengan satu kelompok mengetik huruf dan satu kelompok menulis huruf. 

    Hasil yang didapatkan menyatakan bahwa menulis dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah penyakit Alzheimer. Hal ini juga berlaku pada orang dewasa. Oleh sebab itu, walaupun mengetik jauh lebih cepat, namun pada saat menulis berarti memproses atau mempelajari jauh lebih banyak informasi dan juga lebih cepat mengingat.  
  3. Tetap Sehat Dengan Berhenti Menggunakan Sabun Anti Bakteri

    Menurut Theresa M. Michele, MD, dari FDA’s Division of Nonprecription Drug Products, sabun antibakteri memiliki banyak kandungan bahan kimia yang tidak ditemukan pada sabun biasa. Hal ini dikarnakan terdapat bakteri triklosan dalam sabun antibakteri dan hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa triklosan baik untuk manusia. Jika menggunakannya, bakteri baik juga akan ikut terbunuh dan dapat menimbulkan risiko kesehatan. Lebih baik menggunakan hand sanitizer karena hanya mengandung alkohol atau etanol. 

  4. Jangan Menyikat Gigi Setelah Makan Untuk Menjaga Gigi Tetap Kuat 

    Baca Juga : Cinta dan Kesehatan, Emang Ada Hubungannya?

    Biasanya setelah sarapan akan langsung menyikat gigi karena diburu oleh waktu untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Ternyata, menyikat gigi langsung setelah makan bisa merusak gigi lho. 

    Dikutip dari laman health, Howard R. Gamble, pimpinan Academy of General Dentistry, menyatakan bahwa makanan dan minuman yang asam seperti tomat, jeruk, kopi, teh, soda, minuman berenergi dan sebagainya dapat melunakkan enamel atau email gigi. Dengan menyikat gigi setelah makan akan mempercepat efek asam pada enamel dan dapat mengikis lapisan dentin di bawahnya, yang dapat membuat masalah seperti sensitivitas, perubahan warna, dan terkelupas atau retak. Oleh sebab itu disarankan menyikat gigi sekitar 30-60 menit setelah makan.  
  5. Minum Kopi Terlebih Dahulu Untuk Tidur Siang yang Lebih Nyenyak

    Mungkin kamu ga percaya dengan tips kesehatan satu ini, tapi sebuah studi di Jepang menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 200 miligram kafein (kira-kira satu sampai dua cangkir kopi) sebelum berbaring untuk tidur siang benar-benar terbangun jauh lebih segar daripada yang tidak. 

    Alasannya karena tidur siang selama 20 menit berkahir tepat saat caffein mulai bekerja yaitu membersihkan otak dari adenosin, kimia pemicu kelelahan. Caffein juga melewati saluran pencernaan dan aliran darah pada waktu 20 menit itu. 
  6. Tutup Penutup Kloset Pada Saat Menyiram 

    Hal ini khusus bagi pengguna kloset duduk untuk menurunkan penutup kloset pada saat menyiram. Ini dilakukan untuk mengindari partikel air dari toilet melayang di sekita kamar mandi. Bahkan menurut penelitian, jika membiarkan penutup kloset tetap terbuka, terdapat bakteri clostridium difficile sebanyak 12 kali lipat lebih banyak yang melayang di sekitar kamar mandi. Bakteri ini akan menyebabkan penyakit diare muncul.  

  7. Pada Saat Lelah Berkativitas, Berolahragalah dan Hindari Minuman Berenergi

     

    Memang minuman berenergi sangat enak dan membuat bugar kembali. Namun ternyata, minuman berenergi mengandung kafein hingga lima kali lebih banyak dari kopi, taurin yang sangat tinggi dan lebih dari 50 gram gula per kaleng yang setara dengan 13 sendok teh. 

    Baca Juga : Kamu Harus Tau!! Fakta Kesehatan Ini Bisa Bikin Kamu Terkejut Sekaligus Takjub

     

    Namun menurut sebuah penelitian oleh Medicine adn Science in Sports and Exercise, kelelahan yang diakibatkan setelah beraktivitas seharian ditambah stress, solusi utamanya adalah berolahraga. Dengan berolahraga, dapat mengisi ulang sel yang lelah dengan memberinya banyak oksigen.  
  8. Jika Kamu Kembung, Minumlah Air 

    Kamu percaya ga sama tips satu ini? Kalau secara logika, minum air ketika kembung akan memperburuk keadaan. Namun menurut James Lee, MD, ahli gastrologi dari St. Joseph Hospital in Orange, California hal tersebut berbeda. Menurutnya minum air pada saat kembung akan sangat membantu. Karena jika dalam keadaan diet tinggi serat, tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk dapat bekerja secara efisien. Selain itu, kembung juga dapat terjadi karena dehidrasi, maka minum air adalah solusi yang tepat untuk mengurangi kembung. 

Nah gimana? kamu percaya ga sama tips-tips kesehatan aneh di atas. Memang ada beberapa tips yang berlawanan dengan logika, namun hal itu bisa kamu coba lho. 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Adakah tips kesehatan aneh lainnya?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Masih ada tips kesehatan aneh yang belum masuk ya?
Silahkan komen diatas ya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
IDN Times dibuka pukul 17.30 WIB pada hari Jumat tanggal 21 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …
Sudah Tau Belum? Tips-Tips Kesehatan Aneh yang Berguna Untuk Kamu, tips kesehatan, aneh, berguna, minuman panas untuk dingin, tulisan tangan meningkatkan kekuatan otak, berhenti menggunakan sabun anti bakteri, jangan menyikat gigi setelah makan, minum kopi sebelum tidur siang, menutup kloset saat menyiram, lelah beraktivitas berolahraga, hindari minuman berenergi, saat kembung minum air, 

Comments

Leave a Reply