Mindset Pemimpin Ala Jeff Bezos

Gak sedikit hal kontroversial muncul dari Jeff Bezos, tapi leadershipnya membawa sebuah toko buku online menjadi raksasa bisnis masa kini. Peran penting entrepreneur dan juga leader dari sebuah bisnis seperti Jeff Bezos salah satunya adalah pengambilan keputusan yang tidak mudah di tengah berbagai tekanan dan pilihan.

Terlalu lambat bergerak dan mengambil keputusan gak jarang berakhir lebih mahal dan beresiko daripada keputusan cepat yang belum tentu 100% optimal.

Lalu mindset cerdas seperti apa yang bisa dilakukan oleh leader & entrepreneur ala Jeff Bezos?

1. Aturan 70 Persen
Keputusan yang optimal at least butuh 90% informasi. Tapi, kata Jeff Bezos 90% informasi perlu waktu lebih lama untuk didapatkan.

Di era digital yang serba cepat, terlambat bergerak tentunya bisa membuatmu kehilangan momentum dan kesempatan.

Nokia misalnya menunggu 7 tahun untuk mendalami user experience. Yang akibatnya ketika Nokia masuk sudah terlambat karena market sudah didominasi oleh Apple dengan IPhone nya.

Aturan 70%, bisa kamu terapkan dengan menghitung mundur jarak waktu ke deadline. Atau bisa juga dengan membuat checklist pekerjaan seperti di Trello.

Kebayang gak, kalau kamu bisa melatih untuk lebih cepat mengambil keputusan dan bergerak dinamis, kesempatan apa saja yang bisa kamu raih ketika momentum masih hangat, setuju gak?


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply