15 Kata-Kata Bijak Tan Malaka

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Apa kata-kata bijak Tan Malaka yang paling kamu suka?

Salam #MasBro #MbakBro

Siapa sih yang ga kenal Tan Malaka?

Tan Malaka atau Ibrahim gelar Datuk Sutan Malaka adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia juga pendiri Partai Murba, dan merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

#MasBro #MbakBro Tan Malaka punya banyak kata-kata bijak yang menginspirasi nih. Bahasanya kita sesuaiin sama bahasa kekitaan ya.

Baca Juga : Kata-kata Keren Tere Liye

15 Kata-Kata Bijak Tan Malaka

1. Ingatlah! Bahwa dari dalam kubur, suara saya akan lebih keras daripada dari atas bumi.

2. Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.

3. Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.

4. Berapapun cepatnya kebohongan itu, namun kebenaran akan mengejarnya juga.

5. Manusia ialah hewan yang berpikir.

6. Sejuta kata makanan, tidak akan mengenyangkan.

7. Seperti seekor semut hanyut bergantung pada sepotong rumput yang diayun-ayunkan gelombang.

8. Berpikir besar kemudian bertindak.

9. Akuilah dengan yang putih bersih, bahwa kamu sanggup dan mesti belajar dari orang Barat. Tapi kamu jangan jadi peniru orang Barat, melainkan seorang murid dari Timur yang cerdas, suka memenuhi kemauan alam dan seterusnya dapat melebihi kepintaran guru-gurunya di Barat.

10. Kalau sistem itu tak bisa diperiksa kebenarannya dan tak bisa dikritik, maka matilah Ilmu Pasti itu.

11. Bahwa kebiasaan menghafal itu tidak menambah kecerdasan, malah menjadikan saya bodoh, mekanis, seperti mesin.

12. Presiden Soekarno sambil menunjuk, berkata kepada saya lebih kurang seperti berikut: “Kalau saya tiada berdaya lagi, maka kelak pimpinan revolusi akan saya serahkan kepada saudara.

13. Bukan pula dengan maksud memuji atau menghina, saya berani mengatakan bahwa seorang Dayak atau irian-pun, jika berada dalam keadaan sama akan sanggup belajar sampai mencapai apa yang bisa dicapai suku bangsanya yang berada di desa dan di kota. Perbedaan orang Indonesia yang beradab dengan yang sederhana (primitive) bukanlah disebabkan oleh perbedaan sifat dan kesanggupan sebagai manusia, melainkan disebabkan oleh perbedaan sekitar dan keadaan.

14. Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan.

15. Lapar tak berarti kenyang buat si miskin. Si lapar yang kurus kering tak akan bisa kita kenyangkan dengan kata kenyang saja, walaupun kita ulangi 1001 kali.

Apa kata bijak yang kau sukai?

Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Baca Juga : Kata-kata Bijak Iwan Fals

Wuhuiii
Akhirnya Selesai Juga Ya.

Masih ada kata-kata bijak Tan Malaka yang belum masuk ya? silahkan komen di atas

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Baca Juga : Kata-kata Bijak Fiersa Besari

Terimakasih
Diaz Hairul Ilyasa
Kata-kata Bijak: Tan Malaka, jagokata.com dibuka pukul 21.30 WIB pada hari Rabu tanggal 09 Juni 2021 https://jagokata.com/kata-bijak/kata-tan_malaka.html?page=2

Kata kunci lain yang sering dicari …
Tan Malaka, Tokoh, Pahlawan, Pahlawan Nasional, Bapak Republik,

Comments

Leave a Reply