Mengenal Makanan Khas Sumatera Barat

Mengenal Makanan Khas Sumatera Barat

Rendang adalah masakan daging yang berasal dari Minang Kabau, masakan ini dihasilkan dari proses masak dengan suhu rendah dalam waktu lama yang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa, dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya.

Proses memasak Rendang dapat memakan waktu berjam-jam biasanya sekitar empat jam, karena itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran.

Masakan ini sangat popular di negara-negara asia tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar world’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International dan pada tahun 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia.

Asal-usul Rendang

Asal usul rendang ditelusuri berasal dari Sumatra, khususnya Minangkabau. Bagi masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak dahulu dan telah menjadi masakan tradisi yang dihidangkan dalam berbagai acara adat dan hidangan keseharian. Sebagai masakan tradisi, rendang diduga telah lahir sejak orang Minang menggelar acara adat pertamanya, Kemudian seni memasak ini berkembang ke kawasan serantau berbudaya Melayu lainnya, mulai dari Mandailing, Riau, Jambi, hingga ke negeri seberang di Negeri Sembilan yang banyak dihuni perantau asal Minangkabau. Karena itulah rendang dikenal luas baik di Sumatra dan Semenanjung Malaya.

Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Gusti Asnan menduga, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16. “Karena perjalanan melewati sungai dan memakan waktu lama, rendang mungkin menjadi pilihan tepat saat itu sebagai bekal.” Hal ini karena rendang kering sangat awet, tahan disimpan hingga berbulan lamanya, sehingga tepat dijadikan bekal kala merantau atau dalam perjalanan niaga.

Jenis-jenis Rendang :

Rendang daging, Rendang ayam, Rendang bebek, Rendang hati, Rendang telur, Rendang paru, Rendang ikan tongkol dan masih banyak lagi.

Comments

Leave a Reply