Mengenal 6 Jenis Dodol di Indonesia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Mengenal 6 Jenis Dodol di Indonesia

Jika mendengar kata dodol, pasti yang terlintas dipikiran kita dodol Garut, ya. Padahal sebenarnya di Indonesia sendiri dodol ada banyak jenisnya lho dan nggak kalah enak dari dodol Garut.

Lalu ada jenis dodol apa saja sih di Indonesia?

 

1. Nian Ghao/Kue Keranjang

Yang pertama ada kue keranjang. Pasti kalian juga sudah tidak asing dengan yang satu ini. Kue Keranjang merupakan dodol yang berasal dari Tangerang Banten dan banyak diperjualbelikan pada saat perayaan imlek.

Kenapa sih disebut kue keranjang? Karena dodol ini dibuat dengan dicetak ke dalam keranjang dengan lapisan daun pisang.

 

Baca Juga
1. Oleh-Oleh Yang Wajib Dibawa Pulang Jika Kamu Berkunjung Ke Jogja
2. Kamu Harus Tau! 6 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

 

2. Wajit Cililin

Pengambilan nama ini sesuai dengan daerah produksinya yaitu Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung. Dodol yang satu ini memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri, yaitu berupa olahan kelapa, beras ketan, gula merah, dan gula putih dengan dibungkus menggunakan daun jagung atau kelapa untuk mempertahankan cita rasanya.

 

3. Dodol Garut

Nah, dodol yang satu ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara lho. Selain itu, dodol ini juga menjadi pelopor coklat berisi dodol yang disebut dengan Chocodot. Dodol garut memiliki varian warna dan rasa yang unik, diantaranya seperti dodol wijen, dodol kacang, serta aneka dodol buah.

 

4. Jenang Kudus

Berbeda dengan dodol lainnya yang menggunakan lemak hewani, jenang ini menggunakan mentega yang menghasilkan lemak nabati. Selain itu, jenang memiliki tekstur elastis dan lebih lentur.

 

5. Dodol kandangan

Dodol yang berasal dari Kandangan Kalimantan Selatan ini, memiliki cara pembuatan yang lebih praktis lho. Berbeda dengan cara pembuatan dodol lainnya, dodol ini dibuat dengan tambahan agar-agar dan susu kental manis, serta pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

 

6. Gelinak

Gelinak mempunyai rasa yang pedas, hangat dan banyak tersebar di Pulau Bangka dan Pelembang. Berbeda dengan dodol lainnya, gelinak berbahan dasar rempah-rempah seperti cengkih, pala, kayu manis, kapulaga dan merica yang membuat gelinak terasa pedas. Gelinak ini sangat cocok buat kamu yang sudah bosan dengan dodol yang manis.

 

Kesimpulan

Di Indonesia dodol sudah tersebar di berbagai daerah dan memiliki cara pembuatan serta jenisnya masing-masing. Ada berapa banyak nih jenis dodol yang kamu tau?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
oleholehjakarta.co.id dibuka pukul 07:24 WIB pada Hari Sabtu tanggal 12 Juni 2021
idntimes.com dibuka pukul 07:24 WIB pada Hari Sabtu tanggal 12 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Mengenal 6 Jenis Dodol di Indonesia, Kue Keranjang, Wajit Cililin, Dodol Garut, Jenang Kudus, Dodol Kandangan, Gelinak


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply