4 Makanan yang Mengatasi Stres

Apa aja ya makanan yang bisa atasi stres dan rasa cemas?

Ada banyak cara untuk mengelola dan mengurangi tingkat stres. Sebagian orang melampiaskan rasa stresnya kepada makanan. Memang, makanan tertentu telah terbukti dapat mengatasi bahkan menghilangkan stres. 

Tetapi, ada juga yang menjadi salah satu musuh terbesar saat sedang stres. Sebab dapat menyebabkan tingkat stres menjadi naik turun.  

1. Cokelat Hitam 

Cokelat hitam dikenal bisa menghasilkan rasa bahagia saat seseorang memakannya, sehingga dapat membantu mengurangi stres. Ini karena cokelat hitam mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar hormon stres. 

Makanan ini juga dapat melepaskan seretonin untuk meningkatkan mood karena mengandung gula. Meskipun dapat mengurangi stres, cokelat hitam tidak baik dikonsumsi berlebihan oleh tubuh. Kandungan gulanya dapat memicu penyakit diabetes. 

2. Alpukat 

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menghilangkan stres. Selain itu, omega-3 ini juga dapat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi rasa cemas. 

Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional dalam Nutrition Journal pada Januari 2013, alpukat merupakan buah berkualitas dan memiliki nutrisi yang lebih baik. Buah ini juga dapat mengurangi risiko obesitas dan darah tinggi.

Baca Juga : Redakan Stress Dengan Sayur Dan Buah

3. Yogurt 

Yogurt mengandung Lactobaccilus dan Bifidobacteria sebagai bakteri sehat. Bakteri ini memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Bakteri baik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pencernaan, penyerapan nutrisi dan melindungi tubuh dari bakteri berbahaya. 

4. Teh Herbal 

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa teh herbal dapat mengurangi stres dan membuat diri merasa tenang. Teh herbal yang dimaksud adalah teh hijau, teh hitam, dan teh kamomil.

Pada teh kamomil dan ekstraknya, telah dibuktikan dapat mengurangi kecemasan dan gejala depresi, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Teh hijau mengandung asam amino bernama theanine yang dapat meningkatkan produksi dopamin dan serotonin, sehingga memiliki efek menenangkan dan mengurangi rasa cemas.

 


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply