Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Seperti yang kalian ketahui, wortel mempunyai manfaat untuk kesehatan mata kita. Tapi bukan hanya untuk mata, banyak juga manfaat wortel untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan paling banyak pada wortel adalah air dan karbohidrat. Wortel sedikit mengandung lemak dan protein, namun kaya akan vitamin. Salah satunya adalah vitamin A dalam bentuk beta karoten.

Kali ini saya akan membahas beberapa manfaat dari wortel.

Lalu, apa saja manfaat wortel? berikut manfaat wortel untuk kesehatan menurut klikdokter.

1.Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat yang satu ini sudah banyak di ketahui oleh masyarakat. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang penting bagi mata. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi Anda dari penyakit mata, seperti katarak, rabun, dan masalah mata lainnya.

2.Menurunkan Kolesterol

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Penelitian di AS mengamati sejumlah peserta yang rutin mengonsumsi wortel setiap hari dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Hasilnya, para peserta benar-benar telah mengalami penurunan kadar kolesterol.

3.Baik bagi Penderita Diabetes

Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes. Wortel juga mempunyai indeks glikemik yang rendah.

Baca juga: manfaat bayam

4.Mencegah Konstipasi

Wortel mengandung serat tak larut utama, yakni selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Kandungan itu berguna untuk menurunkan risiko konstipasi dan membantu memperlancar buang air besar.

5.Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan dalam wortel juga bisa menurunkan risiko kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut hingga kanker payudara.

6.Baik untuk Otak

Manfaat wortel ini diperoleh dari kandungan beta-karoten di dalamnya.

Seorang peneliti dari Harvard University mengamati pria yang setiap hari mengonsumsi 50 mg suplemen dengan kandungan beta-karoten. Hasilnya, pria tersebut dapat menghindari kemerosotan otak hingga satu sampai satu setengah tahun ketimbang orang yang tidak mengonsumsi beta-karoten sama sekali.

7.Meningkatkan Imunitas Tubuh

Wortel mengandung Beta-karoten. Beta-karoten nantinya di ubah tubuh menjadi vitamin A. Zat nutrisi ini juga membantu untuk imunitas tubuh.

Comments

Leave a Reply