makanan khas banyuwangi

MAKANAN KHAS BANYUWANGI

Haloo kita intip beberapa makanan khas yang ada di indonesia yuk. kali ini kita loncat ke kota banyuwangi yang berada di provinsi jawa timur indonesia. kita intip beberapa makanan khas banyuwangi berikut ini :

  1. sego cawuk 

Sego Cawuk memiliki rasa gurih dan manis yang berasa ldari kuah pindang. Nasi ini bisa diisi berbagai macam lauk seperti telur pindang, pepes ikan, pepes cumi, pepes telur ikan, kikil, dan dendang manis. Nasi kemudian ditaburi parutan kelapa dan serutan jagung bakar yang dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih serta sedikit asam.

2. rujak soto 

Rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang berisi paduan rujak sayur dan soto. Soto bisa berupa soto daging sapi, ayam, atau babat. Rujak soto disajikan dengan cara menyiram potongan lontong, irisan timun, potongan tempe, kangkung, tauge, daun turi, daging, babat, kikil, usus, dan sambal kacang, serta petis dengan kuah kuning berempah. Biasanya rujak soto dinikmati bersama es temulawak.

3. pecel pitik 

Pecel Pitik merupakan kuliner khas suku Osing di Banyuwangi. Bahan utama pecel pitik adalah ayam kampung muda yang telah dibumbui dan kemudian dipanggang utuh di perapian. Satu porsi pecel pitik biasanya terdiri dari nasi putih, suwiran ayam potong, aneka sayuran yang dicampur dengan gula merah dan parutan kelapa muda. Pecel pitik memiliki cita rasa pedas dan gurih dari bumbu dan taburan parutan kelapanya.

4. sego tempong 

Sego Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi yang sangat terkenal. Dalam bahasa Osing, tempong berarti tampar. Dinamai demikian karena rasa pedas dari nasi tempong memberikan sensasi seperti ditampar.

Sego tempong berisi aneka sayuran seperti bayam, kenikir, kol, dan kemangi yang telah direbus. Sayuran kemudian dipadukan bersama nasi dan lauk seperti tahu, tempe, bakwan jagung goreng, dan ikan jambal. Nasi, sayur, dan lauk ini kemudian disiram dengan sambal kacang yang diberi kencur.

5. nasi kalak 

Nasi kalak merupakan nasi campur khas Banyuwangi. Nasi ini memiliki rasa pedas dengan beragam lauk di dalamnya. Nasi kalak biasanya berisi nasi, mi, serundeng, sayur, sambal, dan beberapa lauk lainnya.

6. sambal lucu 

Makanan khas Banyuwangi ini memang memiliki nama yang cukup unik. Nama “sambal lucu” berasal dari sebuah tanaman yang dinamakan “tanaman lucu” di Banyuwangi. Jenis sambal ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai warung makan atau restoran di Banyuwangi.

7. klemben 

Makanan khas Banyuwangi selanjutnya adalah kelemben. Kue ini berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula dan telur serta dibentuk layaknya kura-kura. Klemben ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan cukup lama.

8. ladrang 

Ladrang atau juga sering disebut dengan sabrang merupakan jajanan atau camilan khas Banyuwangi. Ladrang terbuat dari ubi ungu yang memiliki tekstur rasa renyah. Selain enak dijadikan camilan, jajanan ini juga dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit.

 
9. kue bagiak 

Kue bagiak adalah jajanan atau camilan yang menjadi oleh-oleh khas kota Banyuwangi. Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang diolah dengan cara khusus dan disajikan dalam berbagai varian rasa seperti vanila, pandan, durian, kacang, dan lain sebagainya.

10. tape buntut 

Tape khas Banyuwangi ini dibungkus dengan daun jati. Uniknya lagi tape dibentuk seperti memiliki buntut. Sehingga tape ini disebut dengan tape buntut. Tape Buntut merupakan salah satu panganan tradisional suku Osing di Banyuwangi.

itu dia beberapa makanan khas banyuwangi. next mau cari tau makanan khas mana lagi nih ? silahkan komen di bawah yah. terimakasih. 


Terbit

dalam

,

Comments

Leave a Reply