Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah? : #SosialKita27

Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah - #Sosial Kita - Sumber Gambar hellosehat.com

Siapa yang Suka Panik Kalau Ada Masalah?
Apa Solusinya Biar Ga Gampang Panik?

Siapa yang suka panik kalau ada masalah
Apa solusinya biar ga gampang panik
Ga perlu kuatir karena selalu ada celah
Kita cuma perlu tenang ga harus ke klinik

Halo Mas Bro dan Mbak Bro.

Kenapa kita harus panik menghadapi masalah?

Karena takut, malu, dan gagal, hmm mungkin.

Siapa yang suka panik kalau ada masalah?

Saya, kamu, kita, dan mereka. Kayaknya semua orang ya.

Apa solusinya biar ga gampang panik?

Nah ini yang paling penting untuk dijawab.

“Panik ada ekspresi yang ga menguntungkan”

@kekitaan

Salah satu atau mungkin justru ketiga pertanyaan diatas pasti pernah muncul dalam benak kita. Alasannya sederhana, karena ga ada orang mau hidup panik terus. Karena panik itu ga menyenangkan. Panik itu ga nyaman.

Jadi untuk dapat solusinya ada baiknya kita bahas satu persatu biar jelas ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah - #Sosial Kita - Sumber Gambar id.wikihow.com

1. Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah?

Dalam ilmu psikologi Mas Bro dan Mbak Bro, panik yang berlebih ternyata adalah sebuah kelainan. Dalam ilmu psikologi gampang panik itu disebut kecemasan (Anxiety Disorder) dianggap sebagai kebiasaan atas ketakutan atas suatu hal yang menurut orang pada umumnya adalah hal yang biasa. Akhirnya disebut sebagai kelainan karena sering terjadi dan ga cuma sekali dua kali.

Nah, kecemasan ini terjadi pada pikiran dan perasaan kita. Penyebabnya sebenarnya adalah hal-hal yang sederhana. Mahasiswa yang sering gagal tes jadi cemas menjelang masa-masa Ujian Akhir Semester. Cowok yang takut bertemu sama orang baru karena pernah digebukan sama preman yang ga dikenalnya.

Jadi rasa panik dan cemas itu muncul karena pernah mengalami hal tertentu. Sehingga apabila kita menyadari akan mengalami kejadian yang sama. Maka muncul pikiran dan perasaan yang ga menentu dan berkecamuk. Masa pikiran dan hati yang ga menentu inilah yang akhirnya orang pada umumnya liat sebagai kelainan.

Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah - #Sosial Kita - Sumber Gambar psikotes.org

2. Siapa yang Suka Panik Kalau Ada Masalah?

Pada dasarnya semua orang memiliki kemungkinan untuk mengalami rasa panik. Namun hanya orang tertentu yang akan mengalami rasa panik dan cemas yang berlebih. Silahkan ingat temen-temen kita. Cuma ada satu atau dua orang kan yang paniknya, lebay?

Betul?

Nah siapa yang suka panik kalau ada masalah adalah orang yang berada pada lingkungan yang salah. Lingkungan yang secara ga langsung membuatnya seperti itu. Contohnya, keluarga yang bapak dan mamanya sering bertengkar. Anak yang sering dimarahi kalau salah.

Kelainan gampang panik dan cemas dimulai sejak kecil. Ada kejadian-kejadian tertentu yang secara ga langsung dan tanpa disadari membuat seorang anak gampang panik. Nah, orang yang akan mengalami hal ini adalah anak yang memiliki fisik dan mental yang lemah. Itulah sebabnya kecemasan ini sering terjadi sama anak perempuan atau cowok yang berbadan kecil. Karena menjadi korban dalam pergaulannya sehari-hari.

Baca Juga
Cara Mendekati Seseorang yang Belum Dikenal dengan Mudah dan Cepat : #TipsKita8
Jangan Salah!! Apa Arti Temen Buat Kita : #SosialKita26

3. Apa Solusinya Biar Ga Gampang Panik?

Untuk mempermudah menemukan solusinya. Kita perlu tau bagaimana ciri-cirinya, yaitu:

  • Badan gemetar;
  • Gelisah;
  • Kaku secara fisik dan pergaulan sehari;
  • Mengalami keringat berlebih;
  • Merasa gampang capek dan gampang marah:
  • Merasa sesak nafas;
  • Sakit kepala
  • Sulit tidur;

Kalau udah melihat ciri-ciri diatas. Maka alangkah baiknya kita segera melakukan pendekatan.

Pada dasarnya kenapa bisa terjadi rasa cemas. Karena beban perasaan dan pikiran yang mereka alami itu terlalu berat untuk mereka sendiri. Untuk itu perlu ada orang lain yang menjadi temen berbagi cerita. Untuk meringankan bebannya dan memberikan tanda padanya kalau ada orang yang peduli dengannya. Itulah pertolongan pertamanya sebelum bertemu dengan ahlinya.

Oh ya Mas Bro dan Mbak Bro, kita perlu tau kalau sebenarnya kondisi seperti diatas tadi. Bukanlah kondisi fisik dan mental yang terparah. Kalau sampai akhirnya mereka merasa buntu dan ga ada yang kasih perhatian. Maka mereka bisa mencari perhatian dari hal-hal lain.

Game, minuman beralkohol, narkoba, dan seks bebas bisa menjadi pelampiasan mereka. Jadi jangan sampai mereka mencoba itu bahkan apalagi sampai kecanduan.

Pada akhirnya solusinya yang dibutuhkan orang mengalami gampang panik dan kecematan tadi adalah orang yang mau peduli dengan mereka. Kalau mengalami kepanikan jangan berikan tekanan kepada mereka. Suara yang keras, pandangan mata yang tajam, dan sentuah fisik yang keras ga akan membantu.

Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah - #Sosial Kita -Sumber Gambar www.andrahanindyo.com

Justru ucapkan suara yang lembut, tatapan yang membangun, dan berikan sentuhan fisik pada pundak atau kepalanya. Itu sangat membantu.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi cerita dengan kalian.

Siapa yang suka panik kalau ada masalah
Apa solusinya biar ga gampang panik
Kita hanya perlu perhatikan dan memilah

Supaya mental ga turun tapi justru naik

Suka tulisannya?
Jangan lupa berbagi sama temen di sosial media ya
Ada yang mau didiskusiin?
Kasih komentar dibawah aja Mas Bro / Mbak Bro

Tembalang, Semarang
09:29 WIB 28 Mei 2016
2016/05/28/6-169
Tulisan Kita

Referensi

Penyakit Mental. 2013. Kecemasan berlebih. http://penyakitmental.blogspot.co.id/2013/01/kecemasan-berlebih.html diakses pada pukul 06:11 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016

Sumber Gambar
hellosehat.com diakses pada pukul 06:27 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
id.wikihow.com diakses pada pukul 06:27 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
psikotes.org diakses pada pukul 06:27 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
www.andrahanindyo.com diakses pada pukul 06:27 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016

Tentang Kita
Twitter : kekitaan_
Line : @jat6583f
Facebook : Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Instagram : kekitaan_

Comments

6 responses to “Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah? : #SosialKita27”

  1. Abd Asis Avatar

    saya sering keringatan berlebih, gemeteran itu apabila saya ngomong bertatap muka dengan seorang cewek mas, ada tidak cara untuk mengatasi hal itu ya?

    1. kita Avatar

      Dear Mas Bro Abd Asis

      Ini tanya apa curhat?
      Hahaha, kayaknya Mas Bro perlu belajar cara mendekati orang deh.
      Silahkan aja ke CARA MENDEKATI SESEORANG YANG BELUM DIKENAL DENGAN MUDAH DAN CEPAT : #TIPSKITA8

      Semoga berguna Mas Bro

      Terimakasih
      Mas Bro

  2. Kemas rayhan Avatar
    Kemas rayhan

    Makasih ilmunya

    1. kita Avatar

      Wah, terimakasih Mas Bro / Mbak Bro Kemas Rayhan
      Senang bisa membantu

      Dapat ilmu apa nih dari artikelnya?

      Salam Kenal
      kita

      Terimakasih
      Mauliate

    1. kita Avatar

      Sama-sama Mas Bro
      Senang bisa berbagi.

      Dapat poin apa dari tulisannya Mas Bro?

      Terimakasih
      Mauliate

Leave a Reply