10++ Tempat Wisata di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara dan Sekitarnya

Apa Tempat Wisata Terbaik di Tapanuli Utara?
Kalau ke Tapanuli Utara Dianjurkan Jalan-Jalan Kemana?

Ga perlu jauh-jauh ke luar negeri
Untuk menikmati keindahan alam
Hanya perlu jalan dinegeri sendiri
Jangan berdiam aja diatas tilam

Salam #MasBro #MbakBro.

Udah jalan-jalan kemana aja?

Pernah menikmati hangatnya pemandian air panas yang alami?

Ga tau renang tapi pengen bisa berenang?

Tenang di air soda Tarutung itu bisa. Tanpa kursus kilat kita bisa berenang.

Kalo belum pernah sepertinya kita perlu ngobrol tempat-tempat wisata diatas ya. Soal pemandian air panas yang ada di Sipoholon, air soda di Tarutung dan tempat wisata yang direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara lainnya.

Kabupaten yang memiliki luas 3.793,71 meter persegi ini memiliki beberapa tujuan wisata yang perlu dikunjungi. Daripada nyasar ke negeri orang lain.

Urutan tempat wisata ini kita buat untuk menjadi panduan kita memulai tujuan kemana. Ada 4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara Mas Bro dan Mbak Bro, yaitu:

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara - Sumber Gambar id.wikipedia.org

1. Pemandian Air Soda, di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung

Ada banyak panorama pemandangan indahnya Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara. Salah satu yang direkomendasikan adalah sebuah Pemandian Air Soda, di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung.

Nah, kita mulai perjalanan Kabupaten Tapanuli Utara dari Desa Parbubu Kecamatan Tarutung ada sebuah kolam pemandian disana. Datang aja ke TKP pagi-pagi karena mereka udah buka. Beberapa anak sekolah udah mandi disana. Usahakan sampai disana antara jam 6-8 pagi.

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara - Sumber Gambar scetizwisata.wordpress,com

Sesuai namanya Pemandian Air Soda maka ada buih-buih yang keluar dari dasar air. Buat yang ga bisa berenang. Tenang Mas Bro dan Mbak Bro. Disini kita jadi bisa berenang. Karena bakal ngambang. Kalau pun kita benar-benar takut, tenang disediakan ban untuk pertolongan.

Disana kita bisa menikmati sarapan sederhana ala Halak Kita, Batak.

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara 3 - Sumber Gambar pariwisata.frontroll.com

2. Salib Kasih di Bukit Kecamatan Siatas Barita

Selesai menikmati berendam di Pemandian Air Soda, di Desa Parbubu Kecamatan Tarutung. Kita bergerak ke Salib Raksasa di Kecamatan Siatas Barita diatas bukit.

Monumen salib besar itu disebut Salib Kasih. Salib tersebut dibuat untuk mengenang Dr. IL. Nomensen. Seorang misionaris dari Jerman yang menyebarkan Agama Kristen pertama kali di tanah Batak.

Sejak awal kita akan ditemani ratusan tangga untuk naik keatas. Kanan dan kiri ada pohon pinus yang tinggi besar. Buat yang ga kuat, ga perlu kuatir karena ada tempat istirahat yang disediakan dikanan dan kiri. Sampai akhirnya kita akan disambut oleh Patung Sang Misionaris. Belum sampai disitu kita harus berjalan lagi sampai akhirnya kita tiba tepat dibawah Salib Raksasa itu.

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara 2 - Sumber Gambar kfk.kompas.com

Buat yang belum tau, kita ga perlu terlalu wah dengan Patung Yesus di Brasil karena di Indonesia kita punya wahana sendiri.

Setibanya disana kita akan menemui orang-orang yang berdoa di Rumah Doa. Kalau kita berkunjung di hari minggu. Maka disana kita bisa kebaktian bersama dengan ratusan jemaat lainnya.

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara - Sumber Gambar www.pariwisatasumut.net

Buat yang ga bisa ikut beribadah, tenang aja. Ada tempat yang disediakan buat kita menunggu sampai ibadah selesai. Kita bisa menikmati keindahan Kecamatan Tarutung dari atas.

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara - Sumber Gambar phinemo.com

3. Pemandangan Danau Toba di Silangit, Kecamatan Siborongborong

Kayaknya ga sah ya kalau ke negeri Batak ini tanpa menikmati Danau Tobanya. Setelah selesai ibadah dari Salib Kasih di Kecamatan Siatas Barita.

Siang hari, kita bergerak sekitar jam 1 siang untuk menikmati panorama pemandangan indahnya Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara ini. Salah satu yang direkomendasikan adalah sebuah Panatapan di Silangit, Kecamatan Siborongborong. Untuk ke tempat wisata ini disarankan untuk membawa kendaraan sendiri.

Perjalanan sekitar 1 jam dari Salib Kasih di Kecamatan Siatas Barita ke Pemandangan Danau Toba di Silangit, Kecamatan Siborongborong.

Panatapan adalah bahasa batak yang artinya sebuah bukit atau tempat yang tinggi untuk memandang menikmati keindahan alam. Silangit sendiri adalah sebuah desa di Kecamatan Siborongborong.

“Indahnya alam dinikmati lewat mata dan diresapi dalam hati.”

@kekitaan_

Dari Panatapan di Silangit, di Kecamatan Siborongborong ini kita bisa memandang keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir dikejauhan. Sambil memandang kita menikmati makanan hangat dan minuman hangat khas Batak di Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara.

Buat yang udah bosan sama aura dan cuaca panas khas kota yang padat merayap dan super duper sibuk. Tempat wisata yang direkomendasikan.

Oh ya Mas Bro dan Mbak Bro waktu yang paling cocok untuk berkunjung kesini adalah sore hari mulai jam 4 sore. Sinar matahari yang mulai bergerak tenggelam akan menambah indahnya suasana.

Ini lah salah satu tempat diwisata dari 5 tempat wisata yang direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara.

Baca Juga 7 Kegiatan Produktif Biar Akhir Minggumu Ga Sia-sia

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara - Sumber Gambar alexkalit.proboards,com

4. Pemandian Air Panas di Sipoholon, Kecamatan Sipoholon

Setelah selesai dengan suasana yang dingin. Pada sore atau malam harinya kita bisa bergerak ke arah Barat Daya. Pemandian Air Panas di Sipoholon, Kecamatan Sipoholon ga susah buat dicari. Karena berada di jalur lintas utama Sumatera. Sekitar 500 meter mendekati TKP kita akan mencium aroma belerang. Nah, buat yang belum biasa dengan aroma ini. Seolah sedang menikmati aroma surgawi dubur.

“Mandi air panas selain menyembuhkan penyakit juga menenangkan perasaan.”

@kekitaan_

Nanti, disebelah kanan dan kiri akan berjejer belasan pemandian ari panas. Kita tinggal memilih mana yang paling cocok dengan kita.

Kalau kita bergerak dari Kecamatan Siborongborong ke Sipoholon maka direkomendasikan untuk mengambil tempat mandi yang disebelah kiri jalan. Karena berdekatan dengan sumber air panasnya langsung. Jadi lebih murni.

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara - Sumber Gambar www.pariwisatasumut,net

Sedikit perhatian untuk kita sebagai pengunjung, harus membawa peralatan mandiri sendiri. Khususnya handuk, pasta gigi, gosok gigi, dan sabun. Khusus sampo mereka menyediakan.

Selesai menikmati mandi air panas kita akan disuguhi dengan menu mie rebus hangat dan teh manis hangat dengan asap mengebul. Kalau orang batak bilang teh itu “teh manis”. Makanan dan minuman itu ga lengkap kalau ga ada telur rebus dengan sambel khas batak yang nendang.

Ketika malam hari tiba kita udah selesai menikmati 4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara Kabupaten berpenduduk. Sebuah kabupaten dengan penduduk 279.257 jiwa di 15 desa.

4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara - Sumber Gambar id.wikipedia.org

5. Pulau Sibandang

Kalo berpikir bahwa pulau di Danau Toba hanya ada Pulau Samosir, maka kita perlu tau pulau ini. Ya, ada juga Pulau Sibandang yang ga kalah eksotisnya. Terletak hanya 40 menit dari bandara Silangit, pulau ini terkenal akan mangga lokalnya yang bercita-rasa internasional. Bahkan, pulau yang dijuluki Pulau Mangga ini memiliki keindahan alamnya yang eksotis pula, terutama di malam hari.

6. Air Terjun Aek Nadua

Siborong-borong juga punya air terjun, lho. Berlokasi di Lumban Tonga-tonga, debit air terjun ini cukup deras. Ada juga bendungan besar yang sedang dibangun di sana. Sayangnya, tempat wisata ini hanya bisa dikunjungi pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Siborong-borong untuk mencapai air terjun ini.

7. Ambar Onanrunggu

Berjarak 10 km dari Siborong-borong, Ambar Onanrunggu menyediakan kolam kecil dengan pemandangan pegunungan Bukit Barisan di sekitar lokasi. Tempat lokasi yang terletak di Kampung Sipahutar ini ternyata merupakan lokasi bersejarah bagi orang yang bermarga Nababan. Kolam di Ambar Onanrunggu ini tidak pernah kering pada musim kemarau. Keindahan tempat ini menarik perhatian wisatawan, apalagi tempat ini memiliki spot yang Instagrammable.

8. Istana Sisingamangaraja XII

 

Sisingamangaraja XII adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia dari Sumatera Utara yang terkenal gigih melawan Belanda di Tanah Batak. Karna kegigihannya, ia bahkan menjadi salah satu tokoh yang wajahnya diabadiin dalam uang Rupiah.

Buat yang seneng sejarah, terutama tentang Sisingamangaraja XII, kita bisa main ke Istana Sisingamangaraja XII yang berada di Humbang Hasundutan. Jaraknya hanya sekitar satu jam dari Kecamatan Siborong-borong.

Di Istana Sisingamangaraja kita bisa liat makam dan beragam informasi sejarah tentang sosok berkharisma ini. Bagi yang senang berburu foto-foto Instagramable, kita juga bisa berburu foto-foto apik dengan latar belakang bangunan khas Batak Toba.

 

 

9. Pacuan Kuda Hoda Marisadu

 

Menonton pacuan kuda ternyata ga hanya bisa lewat layar televisi saja. Sebab, di Kecamatan Siborong-borong terdapat sebuah desa bernama Desa Silait-lait yang telah jadiin pacuan kuda sebagai aktivitas tahunannya.

Datanglah setiap 17 Agustus, kita akan melihat warga Desa Silait-lait saling berlomba memacu hewan tangguh itu beradu kecepatan mencapai garis finish. Bagi yang seneng nyaksiin pacuan kuda, atraksi wisata tradisional ini pastinya bisa memuaskan ‘hausmu’.

10. Bukit Doa Taber Huta Ginjang - 10++ Tempat Wisata di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara dan Sekitarnya

10. Bukit Doa Taber Huta Ginjang, Kecamatan Muara

Ini adalah satu dari banyaknya tujuan wisata untuk menikmati pemandangan Danau Toba. Huta Ginjang berada di ketinggian 1.555 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sesuai asal kata dalam terjemahan bahasa batak langsung ke bahasa Indonesia, Huta berarti kampung dan Ginjang berarti atas. Huta Ginjang adalah kampung yang berada di atas.

Dari Huta Ginjang, wisawatan dapat melihat keindahan Danau Toba dan perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon pinus. Di Huta Ginjang ini, wisawatan dapat bermain gantole (layang gantung). Selain itu, di Huta Ginjang juga terdapat Bukit Doa Taber (Tapanuli Bersinar), yakni salah satu obyek wisata religi di Tapanuli Utara. Bukit Doa Taber mulai dibangun pada 1996 dan mulai digunakan sejak 2014. Lihat Foto Obyek wisata reliji Bukit Doa Tapanuli Bersinar (Taber) di Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Bukit Doa Taber merupakan landmark dari Kecamatan Muara. Saat berkunjung ke Bukit Doa Taber, wisatawan akan langsung melihat patung dua telapak tangan yang saling mengatup. Bukit Doa ini memiliki 26 ruangan dan bilik-bilik untuk berdoa. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat kebaktian dan retreat wisata rohani.

Selain untuk berdoa, Bukit Doa yang berada dataran bukit tertinggi di Kawasan Danau Toba ini cocok menjadi tempat berfoto karna pemandangannya. Udara di sekitar Bukit Doa pun cukup menyejukkan. Pada Jumat siang tampak beberapa muda-mudi yang berwisata dan berfoto di sana. Di sekitar Bukit Doa juga terdapat warung-warung yang menjual makanan dan toko suvenir. Untuk menuju Huta Gintang, wisatawan harus pake kendaraan pribadi atau sewa. Pada tahun 2016, saat tulisan ini dibuat. Belum ada transportasi umum ke sana. Jarak Huta Gintang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15-30 menit dari Bandara Silangit.

Kalo #MasBro #MbakBro suka sama tulisannya. Jangan ragu buat dibagiin ya. Apalagi buat yang tinggal di Tapanuli Utara, sikat. Kalo ada yang mau ditanya. Silahkan masukkan dalam kolom komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tempat wisata lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Buat apa diam kalau bisa lakukan sesuatu
Apalagi kalau kita masih bisa jalan-jalan
Pilih aja tempat wisata yang bermutu
Tempat wisata Indonesia bukan sambilan

Rumah Tembalang, Semarang
20160528 0156WIB Sabtu
Tulisan Kita

Terimakasih
alexkalit.proboards.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
, Putu
. Sejuta Pesona Siborong-borong, Tempat yang Disebut dalam Lagu Sayur Kol. liputan6.com dibuka pada pukul 19:27 WIB hari Kamis, 17 September 2020
id.wikipedia.org pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
kfk.kompas.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
kumparan.com 5 Destinasi Wisata di Tapanuli Utara yang dekat dengan Siborong-Borong. kumparan.com dibuka pada pukul 19:27 WIB hari Kamis, 17 September 2020

travel.kompas.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
pariwisata.frontroll.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
phinemo.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
Sari, Nursita. Berdoa dan Berwisata di Bukit Doa Taber Huta Ginjang. Berdoa dan Berwisata di Bukit Doa Taber Huta Ginjang. travel.kompas.com. dibuka pada pukul 19:27 WIB hari Kamis, 17 September 202020

scetizwisata.wordpress.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
thenewsindo.blogspot.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
travel.detik.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
www.pariwisatasumut.net pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016
www.enjoyholidaymedan.com pada pukul 01:39 WIB hari Sabtu, 28 Mei 2016

Kata Kunci yang sering dicari
kota siborong-borong, gambar kota siborong-borong, siborong-borong medan, sejarah siborong-borong, pasar siborong-borong, tugu siborong-borong, peta siborong-borong, hewan siborong-borong

Comments

5 responses to “10++ Tempat Wisata di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara dan Sekitarnya”

  1. Ribka Tarigan Avatar
    Ribka Tarigan

    apakah pemerintah ikut campur dalam memajukan wisata air soda??

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Ribka Tarigan (RT)

      Wah untuk itu kita tidak tau Mbak Bro RT.
      Mbak Bro asalnya darisana?

      Mauliate
      Terimakasih

  2. Ribka Tarigan Avatar
    Ribka Tarigan

    Mantapp

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Ribka Tarigan (RT)

      Terimakasih udah berkunjung ya.
      Mantapnya karna apa nih?

      Mauliate
      Terimakasih

    2. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Ribka Tarigan (RT)

      Terimakasih udah berkunjung ya.
      Mantapnya kanrna apa nih?

      Mauliate
      Terimakasih

Leave a Reply