Praktekin 14++ Hal Ini Untuk Membuat Judul dan Konten Yang Menarik Minimal 800 Pembaca dalam 1 Hari

Salam #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO murah Jakarta

Apa yang pertama kali kau liat sebelum mulai membaca artikel ini?
Pasti judulnya!

Ga ada orang yang baca isi artikel tanpa membaca judulnya dulu. Tapi banyak juga orang yang cuma baca judul tanpa ngelanjutin baca sampe ke isinya.

Sebelum kita lanjut, #MasBro #MbakBro perlu tau kalo kita membuat tulisan tentang judul …

Tulisan tentang judul
a. 1++ Cara Gampang Membuat Judul Menarik
b. 3++ Prinsip Dasar Membuat Judul Berkualitas dan Menarik 1000++ Pembaca
c. Ga Banyak yang Tau!!! 15++ Format Judul Artikel SEO Ini
d. Praktekin 14++ Hal Ini Untuk Membuat Judul dan Konten Yang Menarik Minimal 800 Pembaca dalam 1 Hari

Padahal 1 kalimat ini hanya memakan waktu kurang dari 3 menit.

Tapi fungsinya sangat…sangat penting.

Bayangin, #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO murah Jakarta udah bikin konten selama berjam-jam atau berhari-hari. Tapi judulnya dibuat secara asal-asalan, sehingga hanya sedikit yang tertarik buat baca.

Rugi dong.

Nah, Biar ga terjadi hal seperti itu, kali ini #MasBro #MbakBro akan belajar gimana caranya bikin judul yang mampu mancing orang lain agar tertarik untuk membaca.

8 dari 10 orang akan membaca judul artikel jasa SEO murah Jakarta, tetapi hanya 2 dari 10 orang aja yang akan membaca keseluruhan tulisannya – Copyblogger

Kita sering nemu artikel yang dimuat di blog (seperti Kompasiana) ato di berbagai situs lain yang cuma dapet sedikit pembaca, padahal isinya berkualitas dan sangat layak untuk dibaca.

Oh iya, udah pernah baca 18++ Niche Blog yang Banyak Pembaca belum? ini bisa jadi ilmu penting sebelum dan setelah kita belajar “14++ Prinsip Membuat Konten Yang Menarik Pembaca dalam 1 Jam” ini.

Di satu sisi, banyak artikel yang isinya biasa aja, bahkan kalo kita kategorikan bisa masuk ke dalam artikel sampah/junk article (termasuk di antaranya fake news/hoaks), tapi bisa dapet banyak kunjungan, banyak yang nge-like ato nge-share artikel itu.

Kenapa kok bisa kayak gitu?

Jawabannya terletak pada judul yang diberikan.

Kayak apa sih seharusnya judul artikel yang baik itu? gimana caranya supaya 8 dari 10 orang setelah baca judul artikel juga tertarik buat baca isinya?

Menurut Fairyblogmother, terdapat 7 kriteria penting ketikan bikin judul artikel yang baik:

jasa SEO murah Jakarta sumber infografis: dokumentasi Himam Miladi

Fenomena judul”Clickbait”.

Ketika internet tumbuh sebagai sumber berita, hal ini bakal ngelahirin dinamika baru dalam dunia media online, terutama dalam pemberian judul artikel. Lahirlah apa yang dinamain Clickbait Media.

Menurut Merriam-Webster (Britannica Digital Learning Unabridge), “clickbait” adalah:

“sesuatu (seperti judul) yang dirancang supaya pembaca mau nge-klik hyperlink terutama ketika tautan itu mengarah ke konten yang ngeraguin nilai atau minat”.

Virus clickbait ini cepet banget nyebar dan bisa dikatakan jadi pondasi untuk ngegaet pembaca. Melalui judul yang clickbait, media online bener-bener ngerti gimana caranya mempermainkan aspek psikologis para pembaca era digital ini. Yaitu ketika jari tangan bergerak lebih cepet daripada otak.

Ketika ada temen yang ngeposting berita di halaman media sosialnya, orang sering ngerasa ga perlu buat liat siapa penerbitnya. Ketika kita ngeliat sebuah artikel tertentu yang dapet ribuan “Like”, seringkali orang nyimpulin kalo artikel itu layak dibaca.

Bagi kebanyakan konsumen berita/artikel online, viralitas dan kepercayaan serta kualitas isi artikel itu dapat dipertukarkan. Karna itu, judul artikel yang mengandung kata-kata seperti “Viral; Terciduk; Heboh;Terkuak; Begini; Ini Dia; dan lain sebagainya, kian akrab terbaca dan bikin gatel mata juga kuping pembaca.

Tapi, tanpa harus pake kata-kata yang bikin gatel mata dan kuping tersebut, #MasBro dan #MbakBro pelanggan jasa SEO murah Jakarta sebenernya bisa ngasih judul pada artikel secara elegan. Judul tetep bisa menarik perhatian pembaca, dengan judul yang “click” banget tanpa harus jadi “clickbait”.

Tolong dibedain ya antara judul yang “click” dengan judul yang “clickbait”. Judul yang “click” berarti judul tersebut menarik perhatian pembaca dan masih punya relevansi penuh dengan isi artikelnya.

Sedangkan judul yang “clickbait” itu tujuannya cuma menarik perhatian pembaca aja. Tapi isinya meragukan ato ga ada jaminan isi artikel yang sesuai/sama dengan judul yang ditawarin. Ibaratnya, pembaca tertarik dengan kotak yang indah, tapi isi di dalam kotak itu ternyata beda, atau bisa saja malah zonk!

jasa seo murah jakarta

Ada 10 prinsip pembuatan judul yang harus kita kuasai.

Ngapain sih judul diambil pusing?”

Itu kata salah seorang anggota dari sebuah komunitas blogger ketika dikasih penjelasan tentang judul.

Secara sekilas, wajar sih kalo mikir kayak gitu

…mending fokus ke isinya daripada buang-buang waktu. Ya kan?

Salah besar.

 Gini ya #MasBro dan #MbakBro:

Di internet ada jutaan artikel yang diterbitin tiap hari.

Anggeplah 1 orang setiap harinya dapet 20 link artikel dari temen-temen mereka lewat Facebook ato Twitter. Apakah mereka akan baca semua?

Mustahil. Mana ada orang yang sempet baca 20 artikel sehari.

Paling cuma 2-5 artikel aja yang dipilih paling menarik.

Lantas gimana caranya mereka tau kalo artikel itu menarik ato ga?

Liat deh gambar ini:

Konten yang dishare di Facebook

Konten yang dishare di Twitter

Tebak, bagian mana satu-satunya dari artikel tersebut yang bisa ngegambarin isinya ketika di-share di Facebook dan Twitter?

Jawabannya, judul.

Kalo kita nelantarin judul, satu-satunya bagian dari konten yang mampu menarik perhatian jadi ga punya kekuatan.

Bahkan menurut Garrett Moon dari CoSchedule, konten yang judulnya dioptimasi dengan tepat akan dapet jumlah share di social media hingga 10 kali lipat.

Liat grafik di bawah ini.

Ini adalah rata-rata jumlah share artikel dari situs BuzzFeed terhadap kata yang dipake dalam judul.

Judul buzzfeed

Liat perbedaan jumlah share-nya. Ada kata-kata yang secara konsisten ngehasilin banyak share, ada juga yang dikit.

Jadi, optimasi judul itu bukan tebak-tebakan ya.

Ada prinsip yang harus #MasBro dan #MbakBro pahami buat bikin judul yang baik.

Bikin Judul yang Mengikat Pembaca

Bukan cuma menarik ato memancing, judul juga harus bisa mengikat supaya mereka yang baca konten puas dengan apa yang didapetin.

Oh ya. Apa yang dijelasin dalam panduan ini ga cuma berlaku buat judul artikel aja, tapi bisa juga buat judul konten jenis apapun misalnya video, audio, dan lain-lain. Bahkan bisa juga #MasBro dan #MbakBro manfaatin untuk judul halaman penjualan dan landing page.

Praktekin 14++ Hal Ini Untuk Membuat Judul dan Konten Yang Menarik Minimal 800 Pembaca dalam 1 Hari

1. Jadi Diri Sendiri / Bentuk Satu Karakter

Maksudnya gimana?
Ya, layaknya suara yang sebenernya. Suara kita kan masing-masing punya tone sendiri-sendiri kan? Ga ada tuh, suara dua manusia yang bisa plek tiplek sama persis . Mungkin bisa aja terdengar mirip, tapi tetep beda kan?

Begitu juga soal tulisan.
Kita kan nulis di blog? Pastinya blog kita juga mencerminkan personality kita kan ya?
Iya dong.

Kalo nggak kerasa personality-nya gimana?
Ya, jadi media online.

Media online, atau E-Zine deh, itu juga ada personality-nya. Coba deh liat Mojok. Khas banget kan? Terus ada Tirto, Kumparan, Hipwee, … semua punya gaya bahasa sendiri-sendiri.

Sedikit beda lebih baik daripada sedikit lebih baik
Pandji Pragiwaksono

Setiap konten yang ditulis dengan kepribadian yang kuat akan jadi konten yang kuat juga.

Jadi gimana?
Temukan ciri khasmu, find your writing voice.

Silahkan baca blog ini ya #MasBro #MbakBro
Caranya gimana menemukan ciri khas?

2. Waspadai 1 Kesalahan Yang Sering Dilakuin

Ga ngebedain ‘topik’ dengan ‘judul’.

Kayak sepele. Ya iyalah topik beda dengan judul, anak SD kelas tiga juga paham.

Tapi pada prakteknya ga demikian.

Kesalahan ini merupakan yang paling sering dilakuin oleh penulis, topiknya langsung digunain buat judul konten.

Maksudnya gini #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO murah Jakarta
Ini topik:
a. Cara menghilangkan stres;
b.Tips wawancara kerja;
c. Panduan bermain gitar;
d. Aplikasi untuk meningkatkan produktivitas

Kita pasti sering liat orang yang nulis judul kayak gini. Padahal keempat contoh tersebut ga pantas dipake sebagai judul.

Jadi, apa sih yang ngebedain topik dan judul?

Topik itu umum, judul itu spesifik.

Judul yang baik bakal ngeliatin kalo artikel #MasBro #MbakBro beda dari artikel lain dalam topik yang sama. Judul akan bikin artikel #MasBro #MbakBro punya nilai lebih dibandingin artikel lain.

Ini beberapa artikel dari Kompasiana yang ngelakuin kesalahan:

Judul Artikel di Kompasiana

Lalu,

Lebih bagus judul mana sama yang di atas?
a. 10++ Alasan Kenapa Traveller Perlu Belajar Fotografi;
b. 5++ Cara Jokowi Untuk Mengatasi Kemiskinan di Indonesia;
c. Udah Baca Belum? Kontroversi Uber Taxi yang Berdampak ke GoJek
d. Pantes Aja Komunitas Blogger Mati, 3++ Kesalahan Ini Penyebabnya

Sekarang coba liat lagi 4 contoh topik tadi.

Bandingin topik nomor 1 dengan judul nomor 1, dan seterusnya.

Keliatan kan bedanya?

Bukan karena lebih panjang. Judul ini punya nilai tambah yang bikin artikel #MasBro dan #MbakBro jadi lebih menarik untuk dibaca. Ada kata-kata penjelas yang bisa nge-upgrade nilai topik.

Liat judul artikel yang udah pernah #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO murah Jakarta tulis. Apakah masih pake topik sebagai judul?

3. Manfaat Adalah Segalanya

Tentunya benefit untuk pembaca.

Karna kalo enggak, ya ngapain orang harus dateng sih? Siapa kita hingga blog kita tuh didatengin orang? Kita kan bukan Raditya Dika. Kita bukan Amrazing. Kita bukan Alodita.
Kalo mereka-mereka ini mah, cuma nulis curhatan aja ya tetep banyak yang baca. Nggak usah mikirin SEO, ya traffic blog tetap tinggi. Meski update-nya setahun sekali juga nggak masalah buat mereka, karna ratecard bakal tetap ‘bunyi’.

Lha, kita?

Kita bukan siapa-siapa.
Orang yang dateng ke blog palingan ya karna mereka nyari informasi tertentu atau diminta sedekah view dan tinggal sejenak beberapa menit di blog, terus nemuin artikel kita yang keselip di antara rimba raya artikel online. Dan karna mereka berharap bisa nemu informasi yang mereka cari, maka mereka dateng.

Kalo ga ada manfaat, ngapain coba mereka baca? Apa pentingnya?

Maka benefit buat pembaca harus ada pada setiap konten. Meskipun ini blog adalah jurnal pribadi kita. Kan bisa juga itu benefit diberikan dalam bentuk curhatan.

Membaca satu artikel itu memakan waktu 3-5 menit, bahkan lebih.

Terus ngapain orang lain rela buang waktunya yang berharga untuk baca tulisan kita?

Karna mereka ingin manfaat.

Mereka baca buat dapetin informasi, solusi dari permasalahan, hiburan, pengetahuan, atau manfaat lainnya. Inilah mengapa mereka merelakan waktunya.

Jadi…

…judul yang #MasBro dan #MbakBro buat sebaiknya langsung jelasin manfaat yang akan mereka dapetin setelah membaca.

Dengan begitu, mereka akan tertarik buat baca.

Contoh 2 artikel yang punya judul yang sangat mirip:
a.
Tips presentasi yang baik
“yang baik” itu abstrak, ga jelas apa yang bakal mereka dapetin.
b.
Tips presentasi untuk membuat penonton terkesima
Kalimat kedua ini jelas banget manfaatnya.
Orang yang ingin belajar tips presentasi tentunya pengen bikin penonton terkesima, dan jasa SEO murah Jakarta menawarkan manfaat tersebut melalui judul.

Maka judul kedua jadi lebih menarik bagi mereka.

Bukan hanya itu…

…dari prinsip ini #MasBro #MbakBro juga bisa bikin isi artikel yang lebih baik.
Contoh judul artikel:
a.
5 cara kreatif memasak mie instan
b.
10 cara kreatif memasak mie instan
Manusia itu mau manfaat maksimum dalam waktu sesingkat-singkatnya.
Jadi dari 2 contoh diatas #MasBro #MbakBro akan pilih nomor 2 kan?
Kalo ada 1 artikel yang ngasih 2x lipat manfaat daripada artikel lain, pasti kita akan milih artikel tersebut. Sekali baca, informasi lebih banyak.

4. Pake Angka, Tapi Jangan Asal

Judul yang bagus adalah judul yang spesifik.

Apa yang jasa SEO murah Jakarta kasih, apa yang mereka dapetin, ato dalam berapa lama mereka buat dapetin manfaatnya, ketiga hal ini bisa di-spesifik-kan.

Caranya, dengan angka.

Teknik penggunaan angka pada judul emang udah lama digunain sama para pembuat konten supaya judulnya makin menarik.

Liat aja sampul majalah Femina ini:

Sampul majalah Femina

10 tip make up…. 8 resep pilihan….. 5 aplikasi sehat….

Ada tiga judul yang pake angka.

Angka emang udah terbukti mampu ningkatin jumlah pembaca. Masalahnya, penggunaan angka saat ini udah sangat umum.

Jadinya pembaca ga lagi menganggap angka sebagai sesuatu yang spesial.

Jadi jangan asal pake angka.

Supaya bisa keliatan lebih menonjol daripada konten lain, ada beberapa variasi penggunaan judul angka yang bisa #MasBro #MbakBro pake:
a. Pake Angka Cara Menaikkan Traffic Website – 10++ Langkah Optimasi SEO On Page
b. Pertanyaan : 10++ Alasan Kenapa Kata Kunci Penting – Gimana Cara Riset nya?
c. Langkah-langkah 4++ Panduan Cara Memilih Kata Kunci Untuk Konten dan Iklan
d. Super lengkap 127++ Pertanyaan SEO dan Jawabannya

Angka bukan cuma bermanfaat buat judul.

Ada jenis artikel yang bergantung penuh terhadap angka – istilahnya ‘listicle’, artikel dalam bentuk list/daftar.

Listicle merupakan jenis artikel terpopuler dibandingin yang lainnya:

Shares-by-Content-Type

Jumlah rata-rata share per artikel dari listicle hanya kalah dari infografis.

5. Bangkitin Perasaan dengan Trik Psikologi

Kalo #MasBro #MbakBro nyoba bikin judul dengan cara-cara di atas, pasti bakal ngerasa bingung…

…kata apa yang sebaiknya dipake

…kayak gimana struktur kalimatnya.

Kebingungan seperti itulah yang menyebabkan judul seperti ini:

Judul terbaru terbaik

Betapa percumanya penggunaan kata dalam judul tersebut. Padahal ga ada manfaatnya, justru bakal bikin judul #MasBro #MbakBro jadi aneh.

Terbaru Terbaik Terlengkap Sekali Juni 2015!!!

Ingat:

Judul yang baik adalah judul yang bisa ngebangkitin perasaan.

Tapi bukan perasaan aneh kayak judul di atas.

Judul yang bisa ngebangkitin perasaan yang tepat akan dapet jumlah share 10x lipat daripada yang enggak.

Apa aja perasaan yang dimaksud?
1.
Terkejut/heran/ga percaya
2.
Bertanya-tanya/pengen tau/penasaran
3.
Galau/gundah/khawatir
4.
Yakin/pasti/tepat
5.
Empati
Kondisi seseorang mampu ngerti dan rasain apa yang dirasain orang lain. Biasanya karna seseorang tersebut juga udah pernah ngalamin hal yang sama.

Itu 5 perasaan yang mampu bikin orang lain terikat sama artikel #MasBro #MbakBro.

Gampang-gampang susah buat jelasin gimana cara membangkitkan 5 perasaan diatas sih.
Kita kasih contoh aja ya
a. Pengusaha dengan 2 website ini berhasil menaikkan traffik hingga 800 views hanya dalam 7 hari!
b. Website Ini lakuin 1 hal ini sebanyak 24 kali sehari, Liat hasilnya 7 hari kemudian
c.
Udah buat banyak artikel SEO tapi traffic website turun? Mungkin melakukan 10 kesalahan ini
d.
10 Cara tercepat yang sudah terbukti dengan penelitian untuk menaikkan traffic website
e.
1 Cara gampang yang ga menguras energi untuk blogger menaikkan jumlah pengunjung

Udah ada gambaran kan?

…dengan mengetahui perasaan apa yang kita incar, kita akan lebih gampang nentuin kata dan struktur yang #MasBro #MbakBro jasa SEO murah Jakarta pake di judul.

#MasBro #MbakBro
Kalo udah tau rahasia diatas.
Jangan pernah lagi
pake judul dengan kata Terbaik Terbaru Terlengkap.

6. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Dengan pertanyaan.
Pembaca secara ga sadar mereka akan mulai ngebayangin situasi tersebut di kepala mereka.
Setelah begitu, perhatian mereka segera tertangkap. Itu kenapa setiap artikel kekitaan kita mulai dengan pertanyaan.

Ada 2 efek kita pake pertanyaan dalam judul:
1.
Bikin penasaran
2.
Ciptain rasa kepastian kalo masalah mereka akan terjawab

Secara ga langsung, judul dalam format pertanyaan juga bisa ngebangkitin perasaan seperti pada tips nomor 4 di atas.

Beberapa contoh penggunaannya:
1. Apakah website mu ngalamin penurunan traffic karna hal berikut ini?
2.
Penjualan di website mu turun? Coba Periksa Bisa Jadi 3 Hal Ini Penyebabnya
3.
Apakah masih melakukan 10++ cara beresiko naikin traffic website ini?

Meskipun sangat efektif, tapi hati-hati kalo pake tips pertanyaan.

#MasBro #MbakBro
Ada 3 kesalahan umum.
1. Jangan pake judul yang berupa pertanyaan dan jawabannya sudah pasti ‘ga’.
Tujuan #MasBro #MbakBro adalah supaya mereka berkata ‘ya’ atau bertanya-tanya.
2. Pake pertanyaan yang emang benar-benar jadi permasalahan mereka. Jangan bikin sendiri pertanyaan yang aneh.
3.
Jangan pake judul pertanyaan di semua konten dalam website.
Buatlah yang variatif

7. Konten yang bercerita

#MasBro #MbakBro, konten dengan cerita yang runtut dan rapi selalu punya kesempatan lebih besar untuk viral. Apalagi kalo ditambah dengan emosi, tapi bukan yang meledak-ledak ya.

Ya, semua orang suka baca cerita. Jadi, usahain sematkan cerita dalam setiap artikel di blog. Kalopun bikin tip, pasti akan bagus kalo kita cerita pengalaman pribadi kita di sana-sini saat menuliskan tipnya. Cerita yang seperti ini tuh malah justru membuat konten tutorial (tips, cara, panduan, langkah) #MasBro #MbakBro lebih kuat lagi loh, karna berarti tutorialnya nggak omdo alias omong doang. Terbukti, gitu deh.

Kita selalu tertarik membaca tip yang keliatan udah dilakuin oleh si pemberi tip. Jadi keliatan aja gitu ada jaminannya. Iya gak sih?
Ato jangan-jangan cuma saya aja yang gitu ya? Hahaha.

8. ATM ide dari Konten Yang Udah Terbukti Bagus dan Disukai

Sampai sejauh ini, makin rumit ya?

Apalagi kalo belum berpengalaman, akan butuh waktu lama buat bikin judul yang menarik.

Itupun belum tentu bisa berhasil.

Untungnya, ada solusi yang lebih praktis. Kita akan coba nyuri ide dari konten yang udah terbukti jadi populer.

Dengan begitu, proses bikin judul akan jadi lebih gampang.

Tapi hati-hati:

Meskipun saya bilang “nyuri”, sebaiknya #MasBro dan #MbakBro mengasah kreativitas sendiri buat bikin judul yang lebih menarik. Jangan sekedar copy-paste ya.

Langkah pertama, buka BuzzSumo.

Tulis topik artikel #MasBro dan #MbakBro. Sebaiknya dalam Bahasa Inggris supaya hasilnya lebih bagus, tapi #MasBro #MbakBro juga bisa coba pake Bahasa Indonesia.

Hasilnya kaya ini:

Judul buzzsumo bahasa inggris

Dan ini yang Bahasa Indonesia:

Judul buzzsumo bahasa indonesia

BuzzSumo nampilin konten-konten yang dapet jumlah share terbesar. Artinya judul-judulnya udah terbukti.

Dari sinilah #MasBro dan #MbakBro bisa dapet inspirasi.

9. Ada Posisi Yang Strategis untuk Nempatin Topik dalam Judul

Seperti yang udah dijelasin, judul = topik + kata hiasan.

Jadi di dalam sebuah judul pasti ada topik.
Contoh
a. tips menaikkan traffic website
b. tips menambah subscriber youtube

2 judul diatas pasti akan ada kata-kata yang berkaitan dengan topik tersebut…ditambah hiasan.

Nah, tapi dimana sih kita nempatin topiknya?

Depan? Tengah? Ato belakang?

Sebisa mungkin, hindari bagian tengah.

Ini karena kita, manusia, hanya fokus pada bagian depan dan belakang aja. Bagian tengahnya “kabur”.

Contoh:
a.
10++ Hal yang bisa coba kita bilang sama si bos biar naik gaji
b.
27++ Kecelakaan paling fatal di jalan raya karna pake HP saat berkendara
c. 10++ Hal yang bisa kit coba lakuin buat punya penghasilan dari blog
d. 27++ Kesalahan pemilik website membuat sia-sisa semua konten yang udah dibuat

Tadi posisi untuk topik, tapi sebetulnya ga mesti topik.

Kalo ada kata-kata yang kuat (power words), yang bisa menarik perhatian lebih daripada topik, letakkan kata tersebut di awal ato akhir.

Yang lebih penting lagi, strukturnya harus bisa dibaca dengan enak.

Percuma manfaatin cara ini kalo akhirnya judul #MasBro #MbakBro jadi ga bisa dibaca.

10. Ngomong Sama Pembaca

… bukan sekedar nulis doang.

Beda ya. Iya.
Yang satunya dua arah, yang satunya satu arah.

Ini juga hasil pengamatan. Tulisan yang seakan ngajak ngobrol pembacanya biasanya lebih laris dan lebih mudah melejit.

Tapi, “tulisan yang ngajak ngobrol” ini  berarti ambigu juga sih.
Kadang, karna kita maunya begitu santai, begitu kasual tulisannya, begitu “gue banget” maunya, akhirnya malah blunder juga. Misalnya, tulisan jadi pake huruf 4l4y, lantaran biasanya juga ngalay. Ato pake singkatan-singkatan absurd-yang-cuma-kita-sendiri-yang-tahu-artinya.

Jadi, mestinya yang kek gimana sik?
Saya juga nggak bisa ngasih dalilnya sih, karena preferensi mungkin berbeda. Tapi–lagi-lagi hasil dari pengamatan–tulisan yang seakan ngajak ngobrol pembaca tapi juga tetep merhatiin kaidah-kaidah penulisan yang benar biasanya akan disuka.

So, mesti gimana tuh biar bisa “ngajak ngobrol tapi juga memperhatikan kaidah penulisan yang benar”?
Ya, pelajari tata tulis yang baku, terus dipaduin dengan gaya menulis kita sendiri. Makanya, belajar tata bahasa Indonesia itu penting dan nggak bisa disepelekan ya.

Jangan merasa terintimidasi dengan tata bahasa Indonesia yang baku ini. Bahasa Indonesia nggak sekaku itu kok, tapi kita mesti tahu dulu aturan benarnya. Baru kemudian disesuaikan dengan gaya kita.

Sama kayak para pelukis yang nama-namanya saya sebutin di atas. Mungkin mereka sekarang banyak yang “breaking the rules” dan nyiptain gaya sendiri-sendiri. Tapi, mereka tuh sebelumnya juga belajar aturan-aturan yang benernya dulu, baru kemudian mereka kan tau, sebelah mananya nih yang bisa “dilanggar” hingga nyiptain gaya baru mereka yang khas.

Bahasa Indonesia juga gitu.
Lhah, elu nulis “di-” sebagai kata depan aja masih disambung, nulis “dirubah” alih-alih “diubah”, udah sok-sokan aja.
#ehgimana

ngumpet

11. Tulis Judul yang Spesifik untuk 1 Target Pembaca

Setiap kali bikin konten, kita semestinya punya satu jenis target pembaca. Orang-orang yang akan ngebutuhin informasi tersebut.

Misalnya artikel yang sedang #MasBro #MbakBro baca ini…

…target utamanya adalah para penulis konten website.

Meskipun pelajar SD/SMP/SMA/Univ. juga mungkin butuh ilmu menulis judul, tapi isi dari artikel ini pada dasarnya bukan dibuat untuk mereka.

Mengapa?

Karna kalo saya memasang lebih dari 1 target, isinya ga bisa detail.

Contoh:
1. #MasBro #MbakBro merasa punya gangguan di bagian jantung. Apakah #MasBro #MbakBro akan pergi ke dokter umum, ato ke dokter spesialis jantung?
Dokter spesialis, dong.
Supaya dia bisa dapetin diagnosis yang lebih akurat dan terpercaya.
2. #MasBro #MbakBro merasa website nya bermasalah karna traffic nya ga naik-naik. Apakah #MasBro #MbakBro akan pergi ke Agency Digital Marketing yang biasa-biasa aja, ato ke Agency Digital Marketing spesialis SEO?
spesialis SEO, dong.
Supaya dia bisa dapetin apa analisis permasalahannya yang lebih akurat dan terpercaya. Dan bisa segera dibantu menaikkan traffic nya.

Dari kasus tersebut maka kekitaan disini mau simpulkan khusus untuk pelanggan jasa SEO murah Jakarta.
Informasi yang spesifik JAUH LEBIH MENARIK daripada yang umum.

Contoh:
Kita akan bikin artikel kumpulan … terbaik. Inilah beberapa judul yang spesifik untuk target pembaca tertentu.
a. 10 website terbaik yang jarang terbitin artikel tapi pembacanya banyak;
b. 10 website terbaik untuk belajar cara mendapatkan uang dari internet
c.
10 website terbaik agar punya daya tahan lama berkarya menjadi blogger
d. Bukan freelance sejati kalo belum pernah ke 10 website ini
b.
Panduan freelance untuk dapat penghasilan diatas 1 juta
c.
10 website freelance di Indonesia untuk aku, kau, dia dan mereka

12. Senjata Terakhir: Perjanjian, Kemudahan, dan Rasa Nyaman

Pembaca pengen baca  konten #MasBro dan #MbakBro bukan karna kasihan, bukan juga karna mereka pengen jadi teman kita.

Mereka baca karna mereka pengen hidup yang lebih baik.

Mereka pengen ningkatin kualitas hidupnya.

Lebay, tapi ini serius.

Misalnya, orang yang baca artikel ‘cara menghilangkan jerawat’ berarti mereka merasa dengan menghilangkan jerawat maka hidupnya akan jadi sedikit lebih baik.

Orang yang baca artikel ‘cara berenang’ merasa dengan mampu berenang maka kualitas hidupnya meningkat.

Tapi saat ini mereka ga bisa mencapai keinginannya, karena hambatan tertentu.

Betul kan?

Inilah yang akan kita berikan.

Kita akan nunjukkin bahwa konten kita bisa ngasih solusi yang lebih gampang dan lebih nyaman untuk diikuti.

Caranya dan contoh:
1.
Menjanjikan hal yang diinginkan tanpa hal yang dibenci;
Contoh :
Tips sukses menjual produk tanpa harus bertatap muka dengan pembeli
2. Menjanjikan hal yang diinginkan dengan durasi spesifik
Contoh : Strategi mengembangkan bisnis secara online dalam 30 hari
3.
Menjanjikan hal yang diinginkan dengan hasil spesifik
Contoh : Cara meningkatkan pendapatan bulanan hingga 72%
4. Gabungan 3 hal diatas
Contoh :
Meningkatkan pengunjung website hingga 319% dalam 60 hari tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun
Karna sangat mudah untuk diterapkan, gunakan tips nomor 9 ini kalo bingung ketika ingin pake tips-tips nomor 2-8.

13. Selalu Buat Minimal 5 Judul untuk Mengeluarkan Kreativitas

Pada akhirnya, proses pembuatan judul itu bergantung pada kreativitas.

Semakin kreatif maka semakin bagus.

Tapi, kreativitas itu cuma muncul kalo kita udah punya banyak pengalaman. Hampir ga ada orang yang bisa ciptain sesuatu yang bagus dalam sekali percobaan.

Karna itu, buatlah banyak judul sekaligus, supaya otak kita diperas kayak cucian.

Judul pertama, kaku…judul kedua, biasa…judul ketiga, ngebosenin…judul keempat, lumayan bagus…judul kelima, semakin bagus…dst.

Ada nih #MasBro #MbakBro:
Beberapa copywriter profesional, kerjaannya nulis judul + konten iklan dan penjualan.
Mereka HARUS bikin tulisan yang mengikat orang lain.
Mereka yang profesional ini pun menulis lebih dari 10 variasi.
Lalu dari 10 variasi tadi dipilih beberapa yang terbaik untuk diuji dan diteliti.
Ini karena tulisan memegang peranan yang sangat penting.

14. Tulisan yang “Mengajak”

Tulisan yang bisa “memengaruhi” pembaca–in a good way ya–biasanya juga akan laku keras. Tulisan yang bagus itu biasanya punya call to action yang powerful.

Misalnya nih, kita ngeblog soal “cara menaikkan traffic website” ya.
Kita bisa nih nulis mengenai “cara menaikkan traffic website” sampai sebegitu rupa, sampe orang tuh akhirnya pengen nyoba “cara menaikkan traffic website” juga.

Nah, jenis konten kayak gini bakalan irresistible banget deh. Kuat sepanjang masa, karna bisa sampai memengaruhi orang lain.

Kemampuan untuk “membujuk” melalui tulisan ini, menurut saya, mutlak dipunyai oleh seorang bloger profesional. Apalagi buat mereka yang sering memonetasi blognya dengan job review dan sponsored post.

Tapi emang, keterampilan kayak gini ga bisa dipunyai oleh semua orang. Saya mengamati, ga banyak bloger Indonesia bisa melakukan hal ini dengan baik dan smooth.

Tapi juga jangan salah. Meski keterampilan ini adalah level advanced, tapi bukan berarti nggak bisa dipelajari lo. Keterampilan ini bisa banget kita pelajari. Dengan cara apa? Dengan banyak baca, terutama baca konten dari bloger lain yang lebih tinggi jam terbangnya dan biasa profesional menerima sponsored post. Coba perhatiingimana mereka mengolah kontennya untuk menghasilkan artikel yang irresistible ini.

Kesimpulan

Mau Pake Pilar Judul yang Mana?

Setelah baca 15++ hal diatas.

Tentu ga semuanya bisa dipake untuk setiap jenis konten. Ada topik yang bisa menggunakan tips A, B, C, ada juga topik yang hanya bisa menggunakan tips C, D, E. Tergantung.

Karna #MasBro #MbakBro membaca artikel ini sampai habis, tentunya #MasBro dan #MbakBro sedang membuat konten.

Judul mana yang bakal #MasBro dan #MbakBro pake dalam konten tersebut? Tulis melalui kolom komentar di bawah.

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO Bogor buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Terimakasih
carolinaratri.com dibuka pukul 07:17 WIB pada hari Rabu tanggal 15 April 2020
kompasiana.com dibuka pukul 11:43 WIB pada hari Jumat tanggal 03 April 2020
medium.com dibuka pukul 11:43 WIB pada hari Jumat tanggal 03 April 2020
panduanim.com dibuka pukul 11:43 WIB pada hari Jumat tanggal 03 April 2020

Kata kunci yang sering dicari…
33 judul artikel, kumpulan judul artikel, contoh judul artikel tentang sosial, judul artikel pendidikan, contoh judul artikel ilmiah, contoh artikel yang menarik untuk dibaca, judul konten yang menarik, judul yang menarik untuk novel, judul novel yang menarik, judul artikel ilmiah, judul penelitian harus menarik minat pembaca dengan tujuan, contoh judul artikel tentang pendidikan, judul wattpad yang menarik, contoh judul novel yang menarik, contoh judul youtube yang menarik, contoh judul jurnal ilmiah, contoh judul video youtube yang menarik, contoh judul artikel pendidikan, judul novel menarik, macam macam judul karya ilmiah, membuat judul karya ilmiah, kumpulan judul novel menarik, cara membuat judul novel yang menarik, judul jurnal ilmiah, contoh judul wattpad yang menarik, judul cerita yang menarik tentang cinta, judul karya tulis ilmiah tentang olahraga, judul judul novel yang menarik, judul yang menarik untuk wattpad, judul cerita novel yang menarik, judul buku novel yang menarik, cara membuat judul novel menarik, judul judul artikel pendidikan, contoh judul jurnal bahasa inggris, cara membuat judul wattpad yang menarik, kumpulan judul artikel pendidikan,

Comments

Leave a Reply