Ga Banyak yang Tau!!! 15++ Format Judul Artikel SEO Ini

Salam #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO terbaik Jakarta

Udah pratekin prinsip dasar membuat judul artikel nya belum?
Udah dapat banyak pembaca belum?
Kalo belum berarti #MasBro #MbakBro masih kesulitan membuat format judul yang pas ya?

Tulisan kali ini kita buat khusus untuk pelanggan jasa SEO terbaik Jakarta ya.

Sebelum kita lanjut, #MasBro #MbakBro perlu tau kalo kita membuat tulisan tentang judul …

Tulisan tentang judul
a. 1++ Cara Gampang Membuat Judul Menarik
b. 3++ Prinsip Dasar Membuat Judul Berkualitas dan Menarik 1000++ Pembaca
c. Ga Banyak yang Tau!!! 15++ Format Judul Artikel SEO Ini
d. 14++ Pilar Membuat Konten yang Menarik Pembaca dalam 1 Jam.

Setelah di obrolan sebelumnya kita udah ngerti 3++ Prinsip Dasar Membuat Judul Berkualitas dan Menarik 1000++ Pembaca.

Ternyata masih ada yang kesulitan cara membuat judul berkualitas dan menarik itu. Maka disini kita membahas…

GA BANYAK YANG TAU!!! 15++ FORMAT JUDUL ARTIKEL SEO INI

1. Selesaiin Masalah (Problem Solving)
Judul yang menarik harus bisa menampilkan nilai “sangat pentingnya” isi konten bagi pembaca. Dengan menunjukkan nilai pentingnya konten, maka secara ga langsung akan meningkatkan nilai konten di mata pembaca.

Contoh…
| Gimana cara meningkatkan trafik blog dalam waktu 7 hari?
| Gimana cara menghilangkan kebingungan menentukan niche blog?
| Gimana cara
Membuat Judul Berkualitas dan Menarik 1000++ Pembaca

Format selesaiin masalah merupakan format judul yang berusaha mendapatkan perhatian pembaca dengan mencantumkan dua sisi dilema yang dialami pembaca.

Pada contoh di atas, judul berusaha mendapatkan dua dilema pembaca, yaitu “Kecemasannya karena trafik blog ga kunjung naik” dan “Solusi yang pasti diperlukannya untuk mengatasi kecemasan itu”.

Dua sisi ini ga selalu disadari oleh pembaca, inilah tantangan blogger yang ingin pake format ini.

Semakin jeli, maka semakain baik.

2. Langkah atau Tata Cara
Berbeda dengan “selesaiin masalah”, format ini ga nampilin efek dilema. Seakan-akan, pembaca sudah sadar mengenai masalahnya dan “konten ini” merupakan solusi tepat baginya.

Dengan menggunakan format judul seperti ini, pembaca akan berpikir kalau konten yang ada merupakan kunci untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.

Contoh…
| 8 cara meningkatkan trafik blog dalam sekejap.
| 10 langkah menemukan ide menulis
| 3 Prinsip Dasar Membuat Judul Berkualitas dan Menarik 1000++ Pembaca

Jelas dan singkat. Contoh judul di atas memberikan petunjuk kepada pembaca untuk mengikuti langkah atau tata cara yang ada untuk menyelesaikan masalahnya.

Sebagai contohnya, kamu bisa lihat Wikihow. sesuai dengan namanya, website ini berisi mengenai tata cara melakukan suatu hal.

Selain ituHipwee juga biasa menggunakan format judul ini.

3. Ranking or Listing
Contoh…
| 10 tips terbaik untuk meningkatkan trafik blog
| 12 tips paling efektif untuk mendapatkan ide menulis

Format judul yang satu ini pasti sering kamu lihat. Format pembuatan judul yang seperti ini, biasa digunakan oleh situs seperti Hipwee

Format judul “Ranking or Listing” merupakan jenis format yang paling sering digunakan oleh blogger. Format judul ini berusaha memberikan hal yang terkesan bersifat “Paling atau Ter-” daripada yang lainnya.

Sebagian besar pembaca memang terbukti tertarik dan membuka konten dengan menggunakan format judul seperti ini.

4. Kuat (Strongly)
Format judul “Strongly” identik menggunakan kata yang berkarakter, seperti rahasia, kunci, bahaya, tipuan, hadiah, Gratis, dst.

Apabila diperhatikan, kata-kata yang saya sebutkan tadi secara langsung sudah memiliki karakter yang kuat dan hampir sebagian besar orang sudah mengetahui.

Contoh…
| Rahasia menulis konten tanpa kekurangan ide
| Kunci mendapatkan Rp. 1000.000 dalam waktu 1 hari

5. Pertanyaan
Format judul “Pertanyaan” menciptakan rasa penasaran pembaca terhadap konten. Awalnya, pembaca memang ga terlalu tertarik dengan tema konten ini, namun karena adanya kata “Question” yang tertera dalam judul, maka pembaca menjadi tertarik dan merasa penasaran.

Rasa penasaran inilah yang menjadi senjata format judul “Question”.

Contoh…
| Apakah benar 8 hal ini bisa menurunkan trafik blog dalam sekejap?
| Mungkinkah dalam satu hari mendapatkan Rp. 1.000.000 ?

6. Verb
Format judul “Verb” adalah format judul yang paling saya sukai.

Kenapa?

Karena format judul ini berusaha memberikan suatu “kesan” kepada pembaca. Kesan yang ada, selanjutnya direspon pembaca untuk menilai isi dari konten.

Biasanya, pembaca sudah memiliki penilaian personal mengenai konten kita. Kadang bersifat positif, namun ga jarang negatif. Hal inilah yang berusaha di atasi dengan menggunakan format judul “Verb”.

Apapun penilain pembaca mengenai tema artikel kita, “Verb” yang ada pasti mempengaruhi penilaian pembaca.

Contoh…
| Membahayakan! 8 hal ini harus dihindari agar trafik blog ga turun drastis.
| Sangat mudah! 10 tips ini bisa dilakukan agar trafik blog meningkat pesat

7. Testimoni
Format judul Tetimoni berusaha menunjukkan kesan pembaca sebelumnya kepada calon pembaca.

Ga semua testimoni bisa digunakan sebagai judul konten. Namun, apabila ingin menggunakan testimoni sebagai judul konten, kamu bisa memilih beberapa kata saja.

Contoh…
| Langkah yang simpel, tapi efektif. #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO terbaik Jakarta udah coba?

Contoh terdiri dari kata “Simpel dan Efektif”.

Pilih beberapa kata yang diungkapkan oleh pembaca sebelumnya. Pastikan itu memiliki nilai positif bagi untuk konten.

8. Unik
Jadi unik itu gampang. Tapi … jadi unik yang diterima itu yang jadi PR.

Untuk menjadi unik, ga jarang kita cukup menjadi berbeda. Namun, untuk menjadi unik dan diterima, maka kita harus memperhatikan beberapa hal.

Salah satunya adalah referensi dan data.

Referensi kita gunakan sebagai sumber mendapatkan ide yang unik dan kreatif, sedangkan data digunakan untuk mengetahui respon pembaca mengenai ide tersebut.

Contoh…
| Jatuh bangun mencari. Akhirnya Nemu 15 panduan SEO disertai dengan contoh.

9. Keuntungan dan Sugesti
Format judul satu ini menonjolkan keuntungan yang bersifat sugesti.

Maksudnya?

Contoh…
| Menjadi Blogger sukses dalam 27 hari

Kini, semua orang bisa membuat website. Tanpa mengenal koding.

Dari judul di atas kita bisa lihat bahwa kombinasi antara keuntungan dan sugesti bisa menjadi senjata yang sangat ampuh.

Biasanya, penggunaan kata sugesti harus disertai dnegan pemilihan kata yang memiliki karakter.

Untuk contoh pertama, kata sugesti yang dipakai adalah blogger dan sukses.

10. Super Extra
SuperExtra merupakan format judul yang memadukan lebih dari dua format judul yang telah saya sebutkan tadi.

Biasanya, format judul ini memadukan alasan mengapa pembaca harus membuka konten, manfaat apa yang akan dia dapat, serta perpaduan beberapa kata sugesti.

Contoh…
| 80% blogger kesulitan saat membuat konten. Ide saja ga cukup. 10 tahap bisa membuat semua itu menjadi mudah.
| Menjadi blogger sukses tanpa 8 langkah ini. Itu hanya bualan.

#MasBro #MbakBro
Jangan tergantung sama 1 ato 2 format judul.
Usahain buat kombinasi lebih dari 2 format judul.
Sesuaiin format judul sama selera dan kebutuhan artikel.

Catatan: Isi kolom (…) dengan kata/kalimat sesuai kontenmu

11. Peringatan : …

Kata “peringatan” di awal kalimat sangat efektif untuk mendapat perhatian pembaca.

Bagaimana bisa?

Kata ini memiliki makna larangan. Hampir sebagian orang selalu sensitif dengan kata ini. Bagi sebagian orang, kata “peringatan” dianggap selalu berpasangan dengan kata “hukuman”.

Patuh dengan isi “peringatan” menurut mereka adalah jalan satu-satunya agar terhindar dari “hukuman”.

Dengan demikian, membaca isi peringatan merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Ini artinya, secara tak sadar pembaca terdorong untuk membaca isi konten.

Contoh…
|
Peringatan: Hindari 10 hal ini apabila ga ingin di benci pasangan.

12. Gimana … bisa … / Gimana cara …
Saat pake judul ini #MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO terbaik Jakarta harus bisa satuin 2 hal.

Contoh…
|
Gimana caranya ngeblog 7 hari bisa mendapat Rp. 1.000.000?

Ada dua tambahan kalimat pada contoh di atas, yaitu “caranya ngeblog 7 hari” dan “mendapat 100%”.

Struktur ini akan efektif apabila menggunakan dua hal yang saling bertentangan. Atau paling ga bersifat “anti-mainstream”.

13. Apakah  …?
Struktur ini berusaha mendapatkan perhatian pembaca dengana pertanyaan yang “sebenarnya” menantang pembaca.

Contoh…
|
Apakah mau menjadi blogger yang sukses?

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan struktur ini yaitu berusaha menangkap harapan pembaca.

Itulah yang dijadikan umpan.

Struktur ini akan semakin lengkap apabila dikombinasikan dengan format judul sebelumnya.

Contoh…
|
Apakah mau menjadi blogger yang sukses? coba 10 langkah ini.

14. … cara untuk …
Format judul kek gini paling sering muncul di mesin pencari. Itu berarti ini pola standar yang banyak dilakuin orang-orang.

jasa seo di semarang

Itu artinya, struktur ini terbukti mampu menarik pembaca.

Apabila diartikan, struktur ini berusaha memaparkan “hal apa yang harus diketahui pembaca apabila dia ingin menjadi apa yang diinginkannya”.

Biasanya, penggunaan struktur ini dikombinasikan dengan format “Rangking or Listing” di awal dan harapan pembaca di bagaian kedua.

Contoh…
|
12 cara menjadi blogger yang sukses

15. Apabila kita …, Kita …
Pada bagian pertama, diisi dengan harapan pembaca. Sedangkan, pada bagian kedua diisi dengan keuntungan apa yang didapatkan oleh pembaca.

Contoh…
Apabila kita menjadi blogger. Kita bisa mendapatkan uang tambahan Rp. 2000.000 per bulan.

#MasBro #MbakBro pelanggan jasa SEO terbaik Jakarta
Kata ganti “kita’ di judul-judul diatas bisa diganti sesuai dengan kebutuhan / target pembaca ya.

KESIMPULAN…
1. Kombinasi
Penggunaan prinsip, format, dan struktur judul di atas bersifat fleksibel. semuanya bisa dikombinasiIn. Kalo pas maka pasti bakal ningkatin nilai artikel.
2. Jangan bertentangan
Penggunaan ke 3 hal diatas ga boleh bertentangan ato ga gambarin isi artikel.
3. Efektif
Judul yang efektif harus dibarengi dengan isi artikel yang efektif pula.
4. Butuh Waktu
Untuk membuat judul yang berkualitas ga dilakukan hanya dalam satu malam. Butuh berjam-jam bahkan berhari-hari. Maka dari itu, latihan merupakan hal yang wajib dilakukan. Judul yang bagus dan menarik banyak pembaca ga lahir dalam 1 menit, butuh proses.

Jadi sekarang …

Dari 15 format diatas #MasBro #MbakBro lebih cocok yang nomor berapa?
Silahkan kasih komentar dibawah ya

Setelah sebelumnya kita udah ngobrol 1++ Cara Gampang Membuat Judul Menarik maka selanjutnya kita akan ngobrol 10 Cara Membuat Judul Konten yang Mampu Mengikat Perhatian Pembaca.

Ada juga yang nanya
buatlah judul yang menarik, judul yang menarik untuk novel, 33 judul artikel, contoh judul artikel tentang sosial, contoh judul artikel populer, judul artikel yang menarik tentang lingkungan, contoh artikel yang menarik untuk dibaca, judul artikel pendidikan, judul novel yang menarik, judul wattpad yang menarik, contoh judul artikel tentang pendidikan, contoh judul novel yang menarik, contoh judul artikel pendidikan, judul novel menarik, contoh judul wattpad yang menarik, kumpulan judul novel menarik, cara membuat judul novel yang menarik, judul cerita yang menarik tentang cinta, judul judul novel yang menarik, judul cerita novel yang menarik, judul yang menarik untuk wattpad, cara membuat judul novel menarik, cara membuat judul wattpad yang menarik, judul buku novel yang menarik, contoh judul jurnal bahasa inggris, judul judul artikel pendidikan, kumpulan judul artikel pendidikan,

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
medium.com dibuka pukul 11:43 WIB pada hari Jumat tanggal 03 April 2020

Comments

Leave a Reply