Gimana Cara Riset Kata Kunci dan Analisis Kompetisi nya? | Kursus SEO GRATIS

Mengenal Keyword Research dan Analisis Kompetensi
Cara Nyariin Kata Kunci yang Saingannya Rendah

Matahari nun jauh disana terbenam
Membuat hati yang liat tersanjung
Teliti dulu keyword yang mau ditanam
Yang dibutuhin banyak pengunjung

Salam #MasBro #MbakBro

Udah pernah coba riset kata kunci belum?
Sebelum menulis, membuat video, selalu riset kata kunci ga?

Tau ga, belajar SEO itu ga hanya tau tentang konsep dasar SEO aja. Tapi ada bagian kecil lainnya yang ternyata sangat penting juga diperhatiin.

MENGENAL KEYWORD RESEARCH DAN ANALISIS KOMPETENSI

Lalu, apa yang dimaksud dengan keyword research dan analisis kompetensi?

Baik, kita bahas satu per satu ya #MasBro & #MbakBro.

Keyword Research

Keyword research ato riset kata kunci merupakan penelitian yang kita perlu lakuin di mesin pencari buat nemuin kata kunci yang relevan dengan isi konten yang diharepin. Singkatnya riset kata kunci adalah cara biar tulisan kita dibaca banyak orang.

Nah, buat riset itu ada alat yang bisa kita pake. Salah satunya adalah alatnya tools Google. Kita bisa dengan gampang riset. Kita bisa tau kata kunci yang populer, kata kunci yang paling banyak dicari, tapi dengan kompetisi yang rendah. Maksudnya apa?

Kita ambil contoh
Kata kunci : belajar SEO untuk pemula
1. Sebelum menulis tentang “belajar SEO untuk pemula”.
2. Kita perlu tau seberapa banyak sih orang yang mencari kata kunci itu.
3. Pecah kata kuncinya jadi belajar SEO, belajar SEO pemula, belajar SEO untuk pemula.
Kenapa?
karna ga selalu orang ketik persis “belajar SEO untuk pemula” bisa dengan beberapa variasi.
Kalo kekitaan biasanya selalu buat standar minimal pencarian ribuan.
4. Baru lanjut nulis.

Untuk lebih lanjut silahkan baca 27++ Tahap Belajar Menulis Artikel SEO agar Dibaca 6622 Kali Dalam 30 hari.

Riset kata kunci ini sangat penting buat kamu lakuin sebagai seorang praktisi SEO, karna:

Ngantarin web #MasBro #MbakBro menduduki peringkat 1 di hasil pencarian Google. Meskipun punya saingan yang sedikit (yang pake kata kunci yang sama), bahkan ga ada sama sekali.

Hal inilah yang ngebuat riset keyword sangat penting untuk kamu lakuin. Jadi, kamu pun ga capek-capek buat artikel yang pada akhirnya ga ada yang ngebaca.

Sakit kan?

Usahain masukin kata kunci di web yang unik, yang sedikit sekali web-web lain pake kata kunci yang kamu rancang tersebut.

Analisis Kompetisi

Analisis kompetensi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh blogger buat nemuin kata kunci yang tepat yang memiliki kompetensi yang rendah sehingga bisa menduduki peringkat 1 di hasil pencarian.

Buat blog / web baru yang pondasi SEO-nya belom begitu kuat, kamu perlu ngincer kata kunci yang kompetisi di mesin pencari rendah.

Tujuannya biar web kamu muncul di halaman pertama.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tool favorit yang digunakan untuk riset keyword yakni dengan Google Keyword Planner (GKP).

Kenapa pake GKP?

Karna gratis, fiturnya sangat lengkap, serta lebih akurat sebab tool ini milik Google.

Belajar SEO untuk Pemula - Gimana Cara Riset Kata Kunci dan Analisis Kompetisi (4)

CARA RISET KATA KUNCI

  1. Tentuin Tujuan
    Masalah : kekitaan adalah Agency Digital kecil dan belajar SEO / kursus ribet dan mahal
    Kelebihan : berpengalaman sejak tahun 2009 dan spesialisasi SEO
    Peluang : kejar pasar baru
    Tujuan : buat konten untuk belajar SEO / kursus SEO mudah dan GRATIS
  2. Udah Nentuin Target Pasar
    Umum : Orang awam pengguna internet

    Khusus : Blogger, youtuber, toko online, dan pemilik website
  3. Tentuin kata kunci
    belajar SEO dan kursus SEO
  4. Riset kata kunci
    a. Pake google keyword planner
    b. Atur target negara
    c. Pilih bahasa yang sesuai.
    d. Masukin kata kunci
    e. Klik hasil
    f. Unduh
  5. Buat jadi konten

Tunggu beberapa saat hingga kamu diarahin ke halaman berikut ini:

Coba kita analisis bareng-bareng.

Dari gambar tersebut, kita lihat bahwa dalam sebulan ada …
a. 1rb-10rb orang yang nyariin kata kunci “belajar SEO”
b. 10-100 orang yang nyariin kata kunci “belajar SEO pemula”.
c. 100-1rb orang yang nyariin kata kunci “belajar SEO untuk pemula”

Apa artinya data diatas?

Yang nyariin kata kunci “belajar SEO” lebih banyak daripada rencana tulisan kita yaitu “belajar SEO untuk pemula”. Jadi tetep aja menulis dengan kata kunci “belajar SEO untuk pemula”. Tapi jangan lupa buat menginggung secara umum soal belajar SEO. Sebut kata kunci “belajar  SEO” minimal 3 kali dalam tulisan. 

Tau ga ?
1 : 100-200 kata
1 kata kunci baiknya disebut 1 kali dalam 100 sampe 200 kata. 
Itu namanya keyphrase density / keyword density.

Itu salah satu teknik on-page SEO. Silahkan dalami

Dengan manfaatin pengetahuanmu mengenai on-page SEO, maka kamu akan lebih mudah dalam mengoptimasi web. Misalnya dengan pake kata kunci “jual baju”, bukan “beli baju”.

Seperti itulah dasar dari riset kata kunci dan analisis kompetensi yang harus kamu ketahui untuk mengoptimasi halaman web.

Cara Nyariin Kata Kunci yang Saingannya Rendah

Dalam nglakuin riset keyword, biasanya para pemilik web baru ngincer kata kunci yang memiliki persaingan rendah.

Sebab web yang baru belum punya pondasi yang kuat. Sehingga dengan memakai kata kunci yang umum (sering digunain oleh web lain), maka web kamu akan kalah dengan web besar.

Langkah yang harus kamu tempuh buat nyariin kata kunci dengan saingan rendah yaitu:

  1. Temuin niche / tema website yang non-kompetitif dan temuin keyword yang non-kompetitif juga. Kembangin keyword utama menjadi beberapa keyword turunan.
  2. Gunain niche website yang nguntungi Adsense.

Niche bisa kamu cari dengan menggunakkan beberapa aplikasi seperti StumbleUpon, Amazon dan eBay, Reddit, TV, buku, majalah, koran.

Kemudian, buat nggali kata kunci, kamu bisa gunain tools Google Keyword Planner, SEMRush, ato LongTailPro.

Kalo kamu udah nemuin beberapa keyword yang akan digunain, inilah saatnya #MasBro #MbakBro nganalisis tingkat kesulitan dengan cara nglkuin pencarian di Google pake keyword yang #MasBro #MbakBro temuin barusan.

Yang terpenting dalam mennggunakan keyword buat web yang baru adalah:

a. Hindari penggunaan kata kunci yang halaman 1-nya udah diduduki oleh web e-commerce besar, seperti Amazon dan eBay.

b. Kalo halaman 1 dan 2 dipehuni oleh forum, situs Q&A, eHow, WikiHow, dan blog-blog kecil lainnya, maka gunakan lah keyword tersebut, karna hal ini ga terlalu sulit buat web kamu untuk menduduki posisi di peringkat atas.

Mengenal Long Tail Keyword

Satu hal lain yang mesti kamu ketahui tentang riset keyword yaitu long tail keyword (kata kunci berekor panjang).

Maksudnya apa?

Jadi, long tail keyword adalah kata kunci sejenis dari kata kunci yang utama. Kata kunci ini juga ditampilkan oleh GKP.

Misal dari gambar di atas, selain ada kata kunci “belajar SEO”, ternyata ada “belajar SEO pemula” dan “belajar SEO untuk pemula”. Nah itu nambahin peluang pembaca kan.

Nah, dari situ kalo #MasBro #MbakBro mau optimasiin web buat kata kunci “belajar SEO”. Jadinya total potensi pembaca bertambah 1rb-10rb + 10-100 orang + 100-1rb orang = sekitar 1rb-11.100 orang

Nah… sekarang keputusan terbaik ada di tanganmu. Kalo mau pake long tail keyword tersebut, sesuaiin dulu dengan isi dari artikelmu. Apakah relevan ato ga.

Terakhir, kalo web yang kita punya ber-niche SEO. Lalu mau dimonetisasi dengan adsense. Kawinin aja strategi itu dengan jual produk afiliasi dan jual produk sendiri berupa ebook.

Tau ga ?
Biasanya long tail keyword ngasih conversion rate lebih besar dibanding keyword biasa.
Karna pengunjung yang ngetik long tail di mesin pencari biasanya niat membelinya jauh lebih tinggi.

Misal, kita ambil 2 contoh kata kunci “belajar SEO” dan “jasa SEO”
1. Mana yang lebih niat beli, pencari kata kunci “belajar SEO” ato ” belajar SEO murah jakarta” | “jasa SEO jakarta barat”
2. Mana yang lebih niat beli, pencari kata kunci “jasa SEO” ato “jasa SEO murah jakarta” | “jasa SEO jakarta barat”

Nah, bisa kita analisa si calon pembeli kita dari kata kunci mereka pake buat cari informasi. Ada yang sekedar cari informasi dan ada yang niat untuk membeli.

Pemilihan Keywords Untuk Konten Ga Boleh Asal, Gunakan Tools Berikut Untuk Mendapatkan Keywords Terbaik!

Bukan rahasia lagi kalau mengembangkan website itu memang perlu banyak kesabaran dan telaten. #MasBro dan #MbakBro ga bisa buat website tiba-tiba ada di halaman pertama Google dan jadi juara pertama. Eits, ini bukan kelas bro! Persaingan antara satu website dan website lainnya memang ketat dan kita juga perlu banyak belajar supaya bisa jadi yang terbaik.

Memang berapa lama kita perlu sabar supaya website bisa dikenal banyak orang? Sabar memang kunci mejalankan usaha, tapi sabar di sini bukan berarti malas, lho. kita perlu berjuang semaksimal mungkin supaya target SEO bisa tercapai dan berarti semakin banyak kentungan yang bisa kita dapat dari bisnis. Lalu apa aja yang bisa kita lakuin biar SEO website terus meningkat?

Sudah banyak dibahas di artikel sebelumnya kalau SEO website dipengaruhi banyak hal, bahkan hal kecil sekalipun yang sering kali ga disadari banyak orang. Jutsru kelalaian inilah yang buat satu website bisa lebih unggul daripada website lainnya. pastinya kita juga ga mau alah saing dari website lain kan?

Keywords is The Key

Walaupun sepele, tapi ternyata keywords itu hal yang juga perlu kita pertimbangkan dengan matang ketika menulis suatu konten. Pemilihan keywords yang tepat sama saja membawa kita lebih dekat ke tujuan yang ingin dicapai dari suatu bisnis. Ga ada salahnya untuk pakai keywords yang memang lagi viral supaya pengunjung website bisa bertambah.

Lalu gimana caranya #MasBro dan #MbakBro ini tahu kalau suatu keywords memang jadi trending topic alias ramai diomongin sama netizen? Apa iya kita harus rajin check Twitter supaya tahu trending topic tiap waktu? perlu kita ingat kalau permainan di website dan sosmed itu juga ada bedanya. Pemasaran di website bukan Cuma mengangkat tema yang viral supaya bisnis kita jmenarik perhatian pelanggan lama ato pun baru.

Banyak pebisnis alias orang sukses seperti #MasBro dan #MbakBro yang berpikir panjang tentang karirnya dan mulai cari cara untuk investasi jangka panjang. Di jaman serba teknologi ini, website adalah salah satu kunci untuk pemasaran dan bisa dibilang ga pernah usang. Ga ada yang namanya website tiba-tiba basi karna sudah ga viral lagi, suatu website bisa kadaluarsa alias ga bisa diakses lagi kalau empunya website udah ga aktif lagi. Jadi, laku ato ga-nya suatu website bukan di tangan netizen, tapi di tangan kita yang memang punya kontrol penuh untuk jalanin website.

Riset Keywords Itu Penting

Ngembangin website itu bukan cuma sekedar di desain lho #MasBro dan #MbakBro. Meski harus diakui penampilan website yang keren akan buat kita. Suka berlama-lama nongkrong disana. Kita juga perlu pikirin komponen website lainnya, misalnya saja ada widget, konten, statistik, dan lain-lain. kunci kesuksesan website bisa viral ya salah satunya ada pada konten. Konten di sini bukan Cuma harus orisinil alias anti plagiarism, tapi kita juga perlu menambahkan keywords tertentu.

Apa sih memang pentingnya keywords di konten! Tentu saja penting banget! Adanya keywords inilah yang bantu #MasBro Google alias Search Engine mendeteksi konten berkualitas kita. semakin berkualitas konten kita maka website kita pun akan semakin disukai Search Engine. Bukan mimpi lagi website kita ada di halaman pertama Google karena konten kita yang superb alias disukai banyak orang.

So, tunggu apalagi untuk cari keywords yang viral dan kembangkan websitemu sekarang juga? Eits, cari keywords yang tepat juga ga segampang memetik buka di tepi jalan #MasBro dan #MbakBro… kita perlu santai dan sabar biar ga gampang capek pas melakukan riset kecil-kecilan untuk cari keywords yang tepat. Tenang saja karena pencarian keywords ini bukan melakukan riset antara satu website ke website lainnya karena kita bisa memanfaatkan beberapa tools. Tools apalagi yang kira-kira bisa kita pakai kali ini?

1. Google Keyword Planner

Pak Google ini bukan Cuma menilai prestasi kita dalam mengembangkan website, tapi juga membantu untuk bisa menemukan keywords yang tepat lho! keywords di sini bukan Cuma keywords lokal alias bahasa Indonesia saja, tapi kita juga bisa menemukan banyak keywords internasional. Bisa dibilang kalau Google adalah guru terbaik yang bakal ngajarin kita biar bisa sukses di usia belia. Impian jadi Mark Zuckerberg kedua pun bukan omong kosong lagi.

Nah lalu gimana caranya pakai Google Keyword Planner? Susah ga kira-kira? Apa mungkin pemula kayak kita bisa paham pakai tools ini? eits santai #MasBro dan #MbakBro…. Ingat ingat kalau Google ini guru terbaik yang berarti toolsnya juga gampang dimengerti. Dari Tools yang ditawarkan Google ini, kita bisa tahu berapa banyak jumlah pencarian keyword yang keluar dan dengan kata lain kita bakal tahu kalau keyword itu memang potensial mengundang pengunjung ato ga. Bantuan yang kita terima dari Google bukan Cuma karena Google Keyword Planner ini juga bakal ngasih rekomendasi beberapa keyword yang bisa kita pakai di konten selanjutnya. Menariknya lagi, kita bisa pakai layanan ini benar-benar gratis. Menarik bukan?

2. Keywordtool.io

Sebagai pebisnis cerdas dan profesional, tentunya kita ga boleh hanya stuck dengan satu bantuan saja. kita juga harus investasi waktu alias menggunakan tools lainnya supaya ga kehabisan ide untuk mengembangkan konten dan mendapatkan keywords yang memang sesuai dengan tema bisnis kita. dari tools inilah kita bakal tahu kira-kira keywords apa yang memang sering dicari pengunjung dan tada! #MasBro dan #MbakBro jangan kaget kalau pengunjung akan melonjak kalau ita memang sudah menggunakan keywords yang tepat.

Tools yang satu ini juga tersedia dalam versi premium alias kita perlu rela membayar sedikit untuk bisa mendapatkan keywords yang memang akurat dan website kita bisa jauh lebih unggul daripada website pesaing. Ga ada salahnya untuk berinvestasi supaya keuntungan yang kita dapat di kemudian hari juga lebih besar kan?

3. Ubersuggest

Meskipun namanya Ubersuggest, bukan berarti bakal ada supir Uber yang datang ke rumah #MasBro dan #MbakBro yang ngajarin gimana caranya dapet keywords yang tepat. Berbeda dari tools sebelumnya, dari tools inilah kita bakal tahu keywords apa yang memang jarang dcari oleh internet user. Justru hal ini menguntungkan kita karena konten bakal jadi lebih unik daripada pesaing dan berada di halaman pertama Google bukan lagi impian.

Bukan Cuma itu saja, kita juga bakal tahu bad keyword alias keyword apa saja yang baiknya ga dipakai di konten kita karena Cuma bakal nurunin kualitas SEO. Tools yang sangat membantu kesuksesan kita bukan?

4. KW Finder

Tools yang satu ini bisa dibilang hampir sama kayak Ubersuggest tapi kompetisinya lebih rendah. keunggulan yang ditawarin sama tools satu ini yaitu juga bakal ngasih tau kita tentang kesulitan keywords ato seberapa sering keywords itu dipakai sama internet user lainnya.

Menarik bukan tools untuk cari keywords yang disebutkan barusan?

Kunci kesuksesan kita buat ngebangun website tentu bukan Cuma di rating SEO, tapi juga kemauan kita untuk terus ningkatin kualitas website itu. Semoga tercerahkan gimana cari cara keywords yang tepat ya!

Selanjutnya …
Belajar SEO untuk Pemula : Masuk Halaman 1 Mesin Pencari dengan Off Page SEO

#
Carilah apa yang kita butuhin
Bukan apa yang kita inginin
#

Ada juga yang nanya
riset kata kunci youtube, google keyword planner tools, cara riset keyword dengan ubersuggest, cara riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah, mengapa diperlukan riset kata kunci brainly, keyword tool gratis, riset keyword free, google keyword planner freeriset kata kunci, riset keyword, cara mencari keyword, riset keyword gratis, cara riset keyword dengan ubersuggest, tool riset keyword, mencari keyword, ubersuggest adalah, riset keyword google, keyword kata kunci, kata kunci keyword, cara mencari keyword seo, riset kata kunci google, cara menentukan keyword, google riset keyword, cara riset keyword di google, cara riset keyword gratis, cara menentukan keyword seo, cara riset keyword dengan ahrefs, situs riset keyword, mencari keyword turunan, cara riset kata kunci dengan google keyword tool, cara melakukan riset keyword, cara menggunakan google adwords keyword planner, riset keyword blog, cara riset keyword 2018, cara riset keyword terbaru,

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita, klik kekitaan.com/tanyaSEO

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
Pengalaman Penulis

Pergi main ke Belanda ngeliat tulip
Pulang ke rumah bawa sepatu kayu
Cari kata kunci kita ga perlu ngintip
Agar website-mu masuk peringkat satu

Comments

4 responses to “Gimana Cara Riset Kata Kunci dan Analisis Kompetisi nya? | Kursus SEO GRATIS”

  1. boy Mark Avatar

    Topik menarik SEO gak akan pernah habis dibahas…

    1. kekitaan Avatar
      kekitaan

      Salam #MasBro BM
      Bener banget
      Selalu ada aja hal baru
      Mas Bro udah belajar SEO sejak kapan?
      Boleh berbagi ilmunya dong
      Mauliate

      1. Alfiandar Avatar

        Gambar sama penjelasan tentang gambar studi kasusnya gak sesuai itu, mas.

        Di gambar, riset kata kunci “belajar SEO”, penjelasan di bawahnya riset untuk kata kunci “beli baju”.

        1. kekitaan Avatar
          kekitaan

          Salam #MasBro Alfiandar
          Penjelasannnya kenapa #MasBro ?
          Mauliate

Leave a Reply