Gimana Cara Merawat Laptop Biar Tahan Lama?

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

 

Hindari Pake Laptop Berlebihan agar Komponennya Punya Waktu Istirahat
Pastiin Laptop Dipake Sesuai Dengan Kapasitas dan Kemampuannya

Pergi ke Semarang cuma mau beli pisang raja
Mampir ke Purwokerto ga lupa beli es dawet
Kalo punya laptop jangan cuma tau make aja
Rawat dengan baik agar laptop bisa makin awet

Salam #MasBro #MbakBro

Rutin rawat laptop ga?

Di era digital dan mobilitas tinggi seperti saat ini keberadaan laptop memang sangat menunjang kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Baik karyawan maupun mahasiswa, laptop bisa membantu ngerjain tugas sambil menyeruput kopi di kafe. Tapi, apakah mereka sadar dan paham bahwa laptop adalah benda yang harus dirawat? Ato taukah Mas Bro dan Mbak Bro bagaimana cara merawat laptop dengan baik?

Merawat laptop merupakan salah satu cara agar alat kerja ini bisa bertahan lebih lama. Cara merawat laptop sebenarnya ga ribet. Hanya perlu mengikuti tata cara yang baik dan tentu saja konsistensi. Tanpa konsistensi semua cara merawat laptop yang udah diketahui ga akan ada hasilnya.

Baca Juga : Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer?

Ada kalanya kita ga sadar bahwa perlakukan terhadap laptop selama ini ternyata kurang bagus. Hanya tau memakai aja, tapi kurang paham cara merawatnya. Padahal, jika dirawat dengan baik laptop pun bakal bisa berumur panjang. Maka itu, mari kita sama-sama memahami dan mengingat terus apa aja yang boleh dan tidak boleh dilakukan agar laptop awet. Apa ajakah itu?

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - ayunhijaber.blogspot.com
Sumber Gambar ayunhijaber.blogspot.com

1.Jangan Pernah Letakin Benda yang Berat Di atas Laptop

Bentuk laptop yang mirip meja jika dalam kondisi tertutup memang seolah memancing untuk menjadikannya sebagai tempat menaruh barang. Tapi justru inilah yang membuat laptop menjadi cepat rusak. Terutama jika menaruh benda yang berat. Terutama benda yanng beratnya melebihi berat laptop itu sendiri.

Beban yang berat akan membuat komponen di dalamnya akan mengalami tekanan. Bukan mustahil ada bagian lapisan laptop yang retak ato pecah akibat mendapat tekanan yang berat. Masih beruntung kalo layar LCD ga sampe pecah.  Kalo hal itu terjadi, alamat uang tabungan harus dikuras demi memperbaiki laptop.

Gimana kalo menaruh kertas? Melihat berat kertas yang ringan tentu aja hal ini ga akan berdampak buruk terhadap kondisi laptop. Tapi, seberapa banyak yang menaruh kertas hanya satu ato dua lembar aja di atas laptop? Umumnya pasti menaruh kertas dalam bentuk diktat yang artinya punya berat yang bisa membahayakan kondisi laptop. Untuk itu, lebih baik jangan pernah menaruh apa pun di atas laptop. Titik.

Baca Juga : Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - hencozs.blogspot.co.id
Sumber Gambar hencozs.blogspot.co.id

2.Ga Menaruh Minuman Di Dekat laptop

Berselancar di dunia maya sambil menyelesaikan pekerjaan memang lebih asyik kalo ditemani minuman dan makanan ringan. Malah kadang ada yang makan berat sambil tetap mengerjakan tugasnya di depan laptop. Hal ini menyenangkan bagi pemakai tapi sangat berbahaya bagi laptopnya sendiri.

Seperti yang kita ketahui saat ini mayoritas laptop belum tahan air, laiknya beberapa seri smartphone lansiran terkini. Menaruh minuman di dekat laptop harusnya diiringi dengan kehatian-hatian yang sangat besar. Sekali aja Mas Bro dan Mbak Bro melakukan kesalahan hingga air minuman tumpah ke atas laptop, maka bisa-bisa umur laptop akan berakhir.

Dalam beberapa kasus, ketika air tumpah ke atas laptop memang masih bisa diperbaiki dengan membuka dan mengeringkannya dengan pengering rambut. Tapi ga semua bisa diperbaiki seperti ini. Mayoritas berakhir di tempat service laptop ato malah tukang loak.

 

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - lhageek.com
Sumber Gambar lhageek.com

3.Gunain Kipas Eksternal

Sebagai sebuah alat yang terhubung dengan listrik, laptop bakal cenderung panas ketika dipakai. Komponen yang ada di dalamnya sepenuhnya bekerja dengan dukungan arus listrik yang kemudian menghasilkan panas. Karna itulah dibutuhkan alat tambahan bernama kipas eksternal.

Pemakaian kipas eksternal yang biasanya udah tersedia bersamaan dengan meja khusus laptop ini (cooling pad) sangat membantu dalam mendinginkan suhu laptop. Apalagi jika Mas Bro dan Mbak Bro sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Menyalakan laptop tanpa dibantu kipas eksternal hanya akan membuatnya cepat mengalami overheat.

Selain itu, jangan pernah bekerja dengan laptop yang berada di atas kasur. Jangan juga meletakkan laptop di atas tempat yang empuk. Apa pasal? Udara panas yang dihasilkan laptop harus dikeluarkan agar ga mengalami overheat. Nah, ketika kita meletakkan laptop di atas tempat yang empuk, panas tersebut ga bisa keluar karena seluruh rongga tertutup.

Karna itu, pastikan laptop berada di atas tempat datar dan keras. Ga empuk ato lunak seperti kasur dan bantal. Dengan demikian, laptop bisa mengeluarkan panasnya dan mampu bertahan lebih lama ketika dipakai untuk bekerja.

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - paknasir.info
Sumber Gambar paknasir.info

4.Matiin Laptop Sesuai Prosedur

Ini terkesan sederhana dan mudah dilakukan. Tapi ada aja di antara kita yang masih mematikan laptop semaunya. Terutama ketika akan mematikan laptop. Mematikan laptop dengan langsung menekan tombol power hanya akan mempercepat umur perangkat di dalamnya. Khususnya motherboard dan prosesor.

Apa pun sistem operasinya, Windows, Linux, atau Mac, pasti ada sebuah aturan bagi pemakai laptop untuk mematikan sesuai pola yang udah dipasang. Biasakan mematikan laptop dengan meng-klik ikon power di layar, bukan tombol power loh. Dengan demikian, laptop pun tidak akan terkejut karena sistem akan mengatur untuk mematikan tenaga listrik secara bertahap.

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - permadiarya.com
Sumber Gambar permadiarya.com

5.Hindari Pake Laptop Secara Nonstop

Bagaimanapun sebuah mesin seperti laptop tetap butuh istirahat. Ada waktu bagi komponen di dalamnya untuk mendinginkan suhu tinggi akibat pemakaian. Kalo pun Mas Bro dan Mbak Bro tengah dikejar tenggat waktu, usahakan tetap ada jeda dalam menggunakan laptop.

Memaksa laptop untuk bekerja terus menerus hanya akan membuat komponen di dalamnya cepat mengalami kerusakan. Tips merawat laptop jika harus terus menerus memakinya adalah mengtur mode sleep. Sehingga laptop secara otomatis akan beristirahat ketika kita tinggalkan untuk sementara waktu.

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - obengplus.com
Sumber Gambar obengplus.com

6.Segera Charge Sebelum Baterai Kosong

Ketika ikon baterai udah menunjukkan sinyal bahwa baterai akan habis segera pasangkan kabel charger. Jangan pernah menunggu baterai sampe kosong banget. Hal tersebut malah akan membuat umur baterai menjadi lebih singkat.

Ketika dalam kondisi kosong, baterai butuh energi besar untuk mengisi ulang karna udah ga ada cadangan energi lagi di dalamnya. Akibatnya baterai pun harus bekerja lebih keras dan berujung pada umur yang lebih singkat.

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - chip.co.id
Sumber Gambar chip.co.id

7.Buka Aplikasi yang Dibutuhkan Aja

Jalankan aplikasi dan program yang memang tengah dibutuhkan aja. Tutup aplikasi dan program yang ga dipakai. Semakin banyak program yang dibuka secara bersamaan, maka beban kerja prosesor dan RAM akan semakin berat. Ketika prosesor dipaksa bekerja keras akibat yang mungkin terjadi adalah prosesor mengalami overheat.

Begitu pula dengan RAM. Semakin banyak program yang dibuka maka RAM akan bekerja lebih berat. Dampak yang langsung terasa akibat terlalu banyak aplikasi yang dibuka adalah kinerja laptop yang menurun. Proses loading bakal menjalani waktu yang lebih lama dari biasanya.

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - barokongnetwork.com
Sumber Gambar barokongnetwork.com

8.Jangan Jejali Tas yang Berisi Laptop

Ketika Mas Bro dan Mbak Bro akan bepergian, pasti akan menyimpan laptop dalam tas khusus bukan? Itu merupakan cara yang baik. Tapi bisa berubah menjadi ga baik jika dalam tas laptop juga dijejali bermacam barang. Alhasil, tas pun penuh sesak yang berdampak buruk bagi kondisi laptop.

Sebaiknya, laptop berada di dalam tas tanpa dijejali barang-barang lain. Karna laptop ga boleh dihimpit benda lain. Laptop harus punya ruang untuk bernapas. Ketika laptop masuk ke dalam tas yang juga diisi banyak barang, maka laptop akan mendapat tekanan yang berujung kepada menurunnya kinerja komponen di dalamnya.

Baca Juga : 27 Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - darmawan.my.id
Sumber Gambar darmawan.my.id

9.Segera Lepas Perangkat Eksternal yang Terpasang

Saat membuka laptop umumnya pasti ada satu ato beberapa barang yang terkoneksi langsung melalui kabel. Bisa itu eksternal harddisk, flashdisk, ato sekadar speaker tambahan. Sebaiknya ketika selesai bekerja dan laptop dimatikan sesuai aturan, maka lepas semua koneksi eksternal yang terhubung dengan laptop.

Bagaimanapun, koneksi eksternal itu akan membutuhkan daya listrik yang tentu aja diambil dari baterai laptop. Dengan membiarkan kabel konektor tetap menempel pada laptop hanya akan membuat daya tahan baterai menurun. Dan jika dibiarkan terus menerus maka baterai laptop bakal segera minta yang baru.

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - tekno.liputan6.com
Sumber Gambar tekno.liputan6.com

10.Jika Laptop Lama Ga Dipake Harus Tetap Rutin Dicharge

Ada kalanya Mas Bro dan Mbak Bro ga menggunakan laptop untuk beberapa lama. Bisa itu satu minggu ato sampe satu bulan lamanya. Kalo pun memang ga butuh memakai laptop dalam waktu lama sebaiknya tetap melakukan pengisian ulang baterai.

Hal ini dilakukan karna pertama untuk menjaga kondisi baterai jangan sampe kosong banget. Kedua, dengan melakukan pengisian ulang baterai maka secara ga langsung bisa mencegah laptop dari kelembapan yang bisa mengundang datangnya jamur. Setidaknya dalam tempo dua minggu, baterai laptop diisi ulang.

Baca Juga : Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia

Gimana Cara Merawat Laptop Biar Bisa Tahan Lama? - simomot.com
Sumber Gambar simomot.com

Cara Menjaga Performa Laptop Tetap Oke

Selain menjaga kinerja perangkat keras, cara merawat laptop yang ga kalah penting adalah memasang perangkat lunak yang tepat dan bermanfaat. Keberadaan program ato perangkat lunak yang memang sesuai dengan kemampuan laptop akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat.

Di era keterbukaan ini, semua komputer, termasuk smartphone, akan terkoneksi dalam ruang maya yang tanpa batas. Karna itulah, untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa terjadi akibat koneksi global melalui internet, perangkat lunak yang harus selalu ada dalam laptop Mas Bro dan Mbak Bro adalah antivirus.

Ketika virus udah merasuki program yang ada di laptop kita, hal yang bisa langsung terasa adalah menurunnya performa sang komputer jinjing. Akibat yang jauh lebih buruk adalah data-data pribadi yang ada di dalam laptop bisa dirusak pihak lain yang ga bertanggung jawab. Bahkan ada kalanya, laptop mengalami kerusakan karna sistem operasinya ga bisa bekerja akibat udah terjangkit virus.

Karna itulah, jangan sembarangan mengunduh apa pun lewat koneksi internet. Pastikan sumber ato tempat mengunduh file yang Mas Bro dan Mbak Bro lakukan udah terpercaya. Sehingga laptop pun ga akan mudah dimasuki virus ato program negatif lainnya.

Selain itu, pastikan Mas Bro dan Mbak Bro mengunduh file yang sama cukup satu kali aja. Jangan sampe melakukan pengunduhan ulang sampe 2 ato 3 kali. Karna file-file tersebut nantinya hanya akan menjadi sampah yang justru bisa mengganggu performa laptop.

Patut dipertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak yang bisa membersihkan file-file sampah dan cache yang ga berguna tersebut.  Ada banyak tersedia software cleaner yang bisa bermanfaat untuk membersihkan harddisk laptop kita dari tumpukan sampah. Di antaranya adalah CCleaner. Ato barangkali Mas Bro dan Mbak Bro punya pilihan lain ya monggo ae.

Terkait penginstalan aplikasi pastikan yang masuk ke dalam laptop Mas Bro dan Mbak Bro adalah aplikasi yang memang penting dan dibutuhkan. Jangan hanya karna lagi banyak yang pake jadi ikut-ikutan meng-install aplikasi tertentu. Tapi setelah itu aplikasi tersebut malah hanya jadi pajangan aja.

Kondisi ini masih banyak terjadi di kalangan pengguna laptop. Ketika ditanya aplikasi ini untuk apa malah ga bisa jawab. Malah ada yang bilang biar keren dan ramai tampilan desktop laptopnya. Padahal, semakin banyak aplikasi yang ga terpakai akan semakin membebani prosesor dan RAM. Ujungnya tentu saja performa laptop yang menjadi lemot.

Selain ga menginstall sembarang program ato aplikasi, yang harus dihindari juga adalah mengurangi program yang langsung aktif begitu laptop dinyalakan. Saat Mas Bro dan Mbak Bro menyalakan laptop ada sejumlah aplikasi yang otomatis aktif. Ketika terlalu banyak aplikasi yang aktif maka proses loading laptop pun akan menjadi lambat. Aturlah hanya aplikasi yang memang sering dipake saat laptop baru menyala.

Hal lain yang ga kalah penting adalah memahami spesifikasi laptop. Gunakan laptop sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro doyan main game laptop, ya mau ga mau harus punya laptop dengan spesifikasi yang mendukung. Terlebih game-game saat ini memang butuh spesifikasi tinggi agar bisa bermain dengan nyaman.

Jangan sampe memaksakan laptop dengan spesifikasi rendah untuk main game yang butuh grafis dan prosesor berkecepatan tinggi. Selain kita ga nyaman dan asyik saat memainkan gamenya, laptop pun bakal bekerja lebih keras. Gunakan laptop dengan wajar dan sesuai kemampuannya.

Terakhir, rawatlah baterai dengan baik dan penuh perhatian. Ingat, kelebihan laptop dibanding Personal Computer (PC) adalah keberadaan baterai yang membuat kita bisa bekerja di mana aja tanpa terlalu bergantung kepada keberadaan listrik. Tapi, tanpa keberadaan baterai, sebuah laptop ga ubah laiknya sebuah mesin biasa yang ga ada fungsinya.

Salah satu cara merawat laptop agar awet adalah menjaga kondisi baterai jangan sampe overcharge. Jangan pernah meninggalkan laptop yang tengah di-charge untuk waktu lama. Karna, baterai yang terlalu lama di-charge hanya akan membuat umurnya semakin pendek. Pastikan baterai selalu di-charge sesuai kapasitasnya aja.

Nah obrolan tentang cara merawat laptop agar awet ini pasti ada guna dan manfaatnya dong. Mas Bro dan Mbak Bro yang aktif pasang status di sosmed yuk ikut nyebarin tulisan bermanfaat ini. Sesuatu yang positif jika disebarkan merupakan sebuah kebaikan loh.

Kalo ada yang kurang jelas. Jangan malu-malu untuk meninggalkan komentar di bawah ya. Ditunggu.

Suka baca tulisan tentang teknologi?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar untuk menulis nya.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang laptop / komputer.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Lewat jalan jelek enaknya pake jip hardtop
Ditemenin pacar hati pun ga jadi bimbang
Kalo udah paham cara merawat laptop
Hati senang duitpun ga banyak melayang

Cinere, Depok
Pukul 13.51 WIB, Rabu 1 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – YK

Sumber Tulisan
Mas Putz. 2016. Cara Agar Laptop Tetap Awet dan Tahan Lama masputz.com/2015/04/cara-agar-laptop-tetap-awet-dan-tahan.html diakses pukul 18:08 WIB pada hari Senin, 30 Januari 2017
Niko. 2015. Cara Merawat Laptop AgarTetap Dalam Performa Terbaik pintarkomputer.com/cara-merawat-laptop-agar-tetap-dalam-performa-terbaik/ diakses pukul 18:45 WIB pada hari Senin, 30 Januari 2017
Tim monthlytech. 2014 18 Cara Merawat Komputer Laptop Agar Tetap Awet dan Tidak Rusak monthlytech.com/18-cara-merawat-komputerlaptop-agar-tetap-awet-dan-tidak-rusak/ diakses pukul 18:11 WIB pada hari Senin, 30 Januari 2017
Tim pusatteknologi. 2012.Tips Merawat Laptop Notebook pusatteknologi.com/tips-merawat-laptop-notebook.html diakses pukul 17:55 WIB pada hari Senin, 30 Januari 2017

Sumber Gambar
acerid.com diakses pukul 10:15 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
ayunhijaber.blogpsot.com diakses pukul 11:25 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
barokongnetwork.com diakses pukul 13:41 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
chip.co.id diakses pukul 13:01 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
darmawan.my.id diakses pukul 10:55 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
hencozs.blogspot.co.id diakses pukul 11:11 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
lhageek.com diakses pukul 10:27 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
obengplus.com diakses pukul 11:58 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
paknasir.info diakses pukul 10:46 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
permadiarya.com diakses pukul 11:40 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
simomot.com diakses pukul 13:14 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017
tekno.liputan6.com diakses pukul 13:29 WIB pada hari Rabu, 1 Februari 2017

Comments

Leave a Reply