Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita

Laptop Ga Lagi Sekadar Pengganti Mesin Ketik
Laptop Sangat Membantu Perusahaan Untuk Ga Banyak Pake Kertas

Perkembanngan teknologi bantu meraih impian
Anak muda dan orang tua ga bisa lepas dari gawai
Laptop memang udah jadi penunjang pekerjaan
Membuat tugas dan pekerjaan cepat selesai

Salam #MasBro dan #MbakBro

Baca tulisan ini, pake apa?

Laptop? Hape?

Buat yang pake laptop. Kabar gembira nih. Benda yang dikenal fleksibel dan hemat tempat ini sudah menjadi alat keseharian masyarakat di perkotaan. Manfaat laptop udah menyebar ga hanya bagi pekerja kantoran, tapi juga mahasiswa sampe anak sekolahan.

Tau ga?

Saat muncul pertama kali, laptop cuma dipake sebagai komputer cadangan. Soalnya fungsi ga lebih daripada mesin ketik era digital.

Era 1970-an  boleh dibilang sebagai masa-masa awal kelahiran laptop ato komputer jinjing. Jangan bayangkan bentuknya udah seperti laptop yang banyak digunakan saat ini. Beda banget. Laptop yang bentuknya mendekati bentuk yang ada saat ini mulai muncul di era 1990-an.

Baca Juga : 27 Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

Ga  hanya desain yang berkembang, kegunaan laptop pun terus berevolusi. Dari sekadar mesin tik digital, kini fungsi laptop bisa beraneka ragam. Seperti merancang desain, mengedit foto, hingga manfaat laptop lain yang terkait dengan pekerjaan dan hobi. Berikut 27 manfaat dan kegunaan laptop untuk pekerjaan dan hobi kita:

1Menulis cerita

Menulis saat ini bukan lagi sekadar hobi. Tapi sudah berubah menjadi lahan untuk mendapatkan uang. Baik sekadar pendapatan sampingan ato malah jadi penghasilan utama. Dan mayoritas penulis melakukannya dengan memakai laptop. Pasalnya, laptop bisa mudah dibawa ke mana aja. Sehingga ketika ide datang, bisa segera menuliskannya. Ga perlu menunggu sampe di rumah.

Memang kegunaan laptop untuk pekerjaan seperti menulis masih seperti manfaaat di masa-masa awal keberadaan laptop. Tapi tentunya udah mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Blogger, penulis novel, maupun content writer memaksimalkan kegunaan laptop untuk melancarkan proses kerjanya.

Baca Juga : 27++ Tahap Menulis Artikel SEO agar Dibaca PULUHAN RIBU Kali

2Mengedit Foto

Bagi fotografer, peralatan yang harus dimiliki selain kamera DSLR adalah laptop.  Usai mengambil foto, laptop akan berguna untuk melakukan sentuhan akhir alias mengedit. Bisa melakukan pengeditan foto yang dasar. Bisa juga melakukan pengeditan foto yang lebih mendalam ato ekstrim.

Perangkat lunak andalan para fotografer ga lain dan ga bukan adalah Adobe Photoshop. Sebenarnya ada banyak perangkat lunak untuk mengedit foto, tapi entah kenapa begitu banyak yang menggandrungi Photoshop. Seolah perangkat lunak ini udah menjadi standar baku bagi mereka yang akan mengedit foto.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - kevinanggara.com
Sumber Gambar kevinanggara.com

3. Mengedit Video

Ga hanya foto.  Manfaat laptop untuk pekerjaan adalah sebagai alat pengedit video. Untuk bisa mengedit video butuh spesifikasi laptop yang tinggi. Berbeda dengan laptop yang sekadar dipakai untuk mengetik ato berselancar di internet. Dari mulai prosesor, RAM, dan kartu grafis harus memiliki kemampuan besar.

Pelengkap kerja para video editor adalah perangkat lunak seperti Adobe Premiere Pro ato Adobe After Effect. Itu jika menggunakan OS Windows. Bagi mereka yang menggunakan laptop keluaran Macintosh, perangkat lunak andalan untuk mengedit video biasanya menggunakan Final Cut Pro.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - segiempat.com
Sumber Gambar segiempat.com

4. Merancang Desain

Salah satu pekerjaan yang sangat mengandalkan laptop sebagai alat kerja adalah Desainer Grafis. Pekerjaan mereka dalam merancang beragam desain sangat mengandalkan laptop. Seperti halnya video editor, desainer grafis juga butuh spesifikasi laptop di atas rata-rata. Karna, dalam bekerja pasti akan bertemu dengan desain rumit yang akan membuat laptop bekerja keras jika spesifikasi yang dimilikinya terlalu rendah.

5. Menggambar Maket Bangunan

Bagi para arsitek, laptop juga akan menjadi alat penunjang kerja mereka. Meski ada pekerjaan yang ga membutuhkan laptop, seperti ketika membikin maket, tapi proses kerja sebelumnya tetaplah butuh laptop. Program khusus merancang bangunan seperti AutoCAD menjadi andalan para arsitek ketika bekerja. Program ini juga butuh spesifikasi laptop yang andal, sehingga proses pekerjaan mereka lebih lancar.

6. Menyimpan Data Usaha

Mas Bro dan Mbak Bro tengah meniti sebagai calon pengusaha? Pasti juga akan menggunakan laptop. Memang bukan untuk menjadi alat dagangan. Tapi sebagai alat untuk mencatat data hasil perdagangan termasuk data keuangan dan administrasi lainnya. Fungsi laptop bagi para calon pengusaha ini adalah memudahkan mereka bekerja di tempat usaha maupun ketika ada hal yang harus diselesaikan di rumah.

7. Cari Informasi Tugas

Ada kalanya para pekerja kantoran mendapat tugas tanpa mendapat rincian mendalam. Dalam hal ini kegunaan laptop adalah untuk membantu mereka menemukan informasi tambahan terkait tugas yang diberikan. Bisa dengan menggunakan mesin pencari ato menghubungi kolega agar tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - tribunnews.com
Sumber Gambar tribunnews.com

8. Alat Berkomunikasi

Saat ini mayoritas laptop yang dijual udah dilengkapi dengan kamera. Coba lihat di atas layar laptop Mas Bro dan Mbak Bro, pasti ada satu kamera kecil ‘kan? Kamera ini umumnya disediakan untuk melakukan komunikasi panggilan video dengan teman atau kerabat. Bisa yang di dalam negeri maupun luar negeri.

Meski mayoritas telepon pintar saat ini juga udah menyediakan kamera di bagian depan, bagi sebagian orang lebih menyukai berkomunikasi via Skype melalui laptop. Soalnya dia ga perlu repot memegang telepon ketika sedang mengobrol melalui koneksi panggilan video tersebut.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - bola.liputan6.com
Sumber Gambar bola.liputan6.com

9. Bermain Game

Penat karena tekanan pekerjaan? Bermain game di laptop akan sejenak mengendorkan syaraf yang tegang. Tentu aja ga dilakukan di kantor ato pada jam kerja. Ada begitu banyak game yang bisa dimainkan di laptop. Dari mulai yang punya grafis sederhana sampe game canggih dengan gambar yang mendekati kenyataan.

Untuk memainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi tentu dibutuhkan laptop yang canggih. Spesifikasinya bahkan bisa melebihi kebutuhan yang harus dimiliki laptop untuk para video editor. Jika spesifikasinya sekadarnya aja, sangat mungkin game yang dimainkan ga berjalan dengan normal.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - acerid.com
Sumber Gambar acerid.com

10. Menonton film

Saat ini rasanya ga ada yang ga kenal Youtube. Aplikasi ato situs berbagi video yang paling dikenal dunia ini juga menjadi sarana untuk melepas penat. Ada jutaan video yang diunggah setiap harinya. Dari sekadar tips-tips ringan hingga tutorial yang mungkin sedang Mas Bro dan Mbak Bro butuhkan.

Kegiatan menonton film melalui Youtube ato situs lainnya menjadi fungsi laptop yang lain. Ada kalanya, film yang ditonton dengan teknologi streaming ini diteruskan ke layar melalui proyektor. Jadilah acara nonton film bareng bersama teman-teman.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - product.office.com
Sumber Gambar product.office.com

11. Membagikan file penugasan

Pekerjaan di era digital adalah eranya paperless ato tanpa kertas. Semua file penugasan sampe hasil akhir dilakukan melalui teknologi digital. Laptop menjadi sarana pengiriman maupun penerimaan penugasan yang paling efektif. Karena, ada banyak kantor yang karyawannya melakukan kerja secara remote. Artinya, mereka tetap bekerja seperti biasa dalam menjalankan tugas meski ga setiap hari ada di kantor. Pekerjaan bisa dilakukan di mana aja dengan menggunakan laptop.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - jalantikus.com
Sumber Gambar jalantikus.com

12. Membuat program ato aplikasi

Jenis pekerjaan lain yang juga akrab dengan laptop adalah progamer. Tugasnya dalam merancang perangkat lunak lebih banyak dilakukan dengan menggunakan laptop. Alasannya tentu aja karna unsur kepraktisan. Progamer bisa merancang tugasnya di mana aja. Dan ketika harus menggabungkannya dengan pekerjaan rekannya, dia tinggal melakukan sinkronisasi antarlaptop sehingga pekerjaan pun lebih lancar.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - kapanlagi.com
Sumber Gambar kapanlagi.com

13. Alat bantu para DJ

Pekerjaan Disc Jockey (DJ) di era digital juga ga lepas dari laptop. Laptop akan sangat berguna bagi DJ dalam menyusun rangkaian lagu selama penampilannya di atas panggung. Untuk bisa menjalankan perangkat lunak khusus DJ, standar minimal laptop harus memiliki RAM 4 GB. Semakin besar RAM akan semakin baik tentunya.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - update.ahloo.com
Sumber Gambar update.ahloo.com

14. Mengontrol kamera pengawas

Bagi para pemilik rumah dengan lahan luas ato mereka yang ingin memantau kondisi lokasi usaha, laptop juga akan menjadi andalan. Melalui koneksi internet, mereka bisa melihat kondisi rumah melalui kamera CCTV yang terpasang di beberapa sudut. Hal ini bisa dilakukan di mana aja selama ada koneksi internet. Termasuk para pemilik usaha yang ingin memantau kinerja para pegawainya saat dia ga berada di tempat.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - BelajarBisnisInternet.com
Sumber Gambar BelajarBisnisInternet.com

15. Mengelola toko online

Para pemilik toko online pasti ga akan pernah lepas dari gadget. Untuk sekadar menjawab pertanyaan ato order dari pelanggan memang bisa menggunakan telepon seluler. Tapi untuk beberapa hal seperti memperbaiki data produk tetap lebih nyaman menggunakan laptop. Bagaimanapun kemampuan smartphone belum terlalu bisa menyamai kapasitas laptop. Karena itu, sebagai pengelola toko online wajib untuk memantau kondisi toko onlinenya dengan menggunakan laptop.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - acerid.com
Sumber Gambar acerid.com

16. Musik editor

Menjadi musisi di era sekarang memang lebih dimudahkan. Karna hampir semuanya udah serbadigital. Manfaat laptop untuk pekerjaan seperti musik editor jelas sangat besar. Terlebih spesifikasi laptop yang ada saat ini sudah cukup mendukung kerja mereka. Ada banyak perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengedit musik ato lagu. Tapi jika ingin hasil yang terbaik tentu aja Ableton Live yang harus menjadi pilihan.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - Moodster.id
Sumber Gambar Moodster.id

17. Mengajar Les Online

Saat ini pola mengajar les ga lagi harus bertemu muka antara pengajar dengan murid. Sepanjang kedua pihak memiliki laptop, maka proses belajar mengajar bisa dilakukan. Semuanya serba digital. Bahan materi pelajaran bisa dikirim dan dipelajari siswa. Saat butuh konsultasi mengenai materi pelajaran, bisa dilakukan dengan menggunakan program panggilan video.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - heniprasetyorini.com
Sumber Gambar heniprasetyorini.com

18. Melakukan Presentasi

Hari gini kayaknya ga ada yang melakukan presentasi dengan menggunakan Personal Computer (PC). Repot. Saat melakukan presentasi pasti akan menggunakan laptop. Bisa ditambah dengan proyektor, bisa juga langsung dilihat di layar laptop jika pertemuan hanya sedikit orang.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - Tizenindonesia.blogspot.com
Sumber Gambar Tizenindonesia.blogspot.com

19. Game Developer

Bekerja sebagai game developer pastilah sangat mengasyikan bagi mereka yang doyan main game. Bisa merancang game yang mereka inginkan dan kemudian dimainkan oleh banyak orang. Nah salah satu perangkat yang dipakai adalah laptop. Selain sebagai alat dalam membangun sebuah game, laptop juga sekaligus berfungsi sebagai alat tes game yang telah selesai dibuat. Apakah game yang dibuat bisa dimainkan dengan nyaman ato ga dengan spesifikasi laptop tertentu.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - malangtimes.com
Sumber Gambar malangtimes.com

20. Menonton Pertandingan

Ketika ada pertandingan sepak bola ato olahraga lain yang ga disiarkan secara gratis di televisi, video streaming menjadi solusi. Karna itulah butuh keberadaan laptop untuk menonton pertandingan olahraga secara langsung. Untuk bisa menyaksikan siaran secara streaming ini butuh koneksi internet yang stabil dan berkecepatan tinggi. Minimal 1 Mbps jika ingin nyaman menontonnya.

Baca Juga : Apa Aja Sih yang Persiapkan Sebelum Beli Laptop Ato Komputer?

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - teknologi.metrotvnews.com
Sumber Gambar teknologi.metrotvnews.com

21. Jasa Layanan Situs

Punya situs pribadi maupun perusahaan udah menjadi hal yang biasa di era sekarang. Tapi ga semua orang punya kemampuan untuk membuat dan mengelola situs. Karna itulah bermunculan jasa layanan situs. Baik membuat situs dari awal ato mengelola dan menjaganya agar tetap tayang. Nah, para pekerja di bidang ini umumnya menggunakan laptop. Karna mereka bisa memantau dan bekerja dari mana aja ketika mendapat laporan ada gangguan terhadap situs yang mereka kelola.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - youtube.com
Sumber Gambar youtube.com

22. Menggambar Ilustrasi

Menggambar saat ini juga ga 100 % dilakukan di atas kertas. Bagi para pekerja di bidang ilustrasi biasanya proses pembuatan sketsa aja yang dilakukan di atas kertas. Untuk proses finishing dan mewarnai akan dilakukan dengan menggunakan laptop. Hasil kerjanya nanti tinggal dikirim via email yang juga dilakukan dengan menggunakan laptop.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - AyoBandung.com
Sumber Gambar AyoBandung.com

23. Sarana belajar siswa

Di sekolah-sekolah berstandar internasional, laptop udah menjadi keharusan bagi setiap siswa. Di laptop itulah materi pelajaran hingga pekerjaan rumah dan tugas lainnya akan dibagikan. Termasuk juga ketika tugas-tugas tersebut selesai dikerjakan dikirim balik ke server khusus yang menjadi tempat penampungan semua materi pelajaran sekolah. Benar-benar paperless.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - indonesiautosblog.com
Sumber Gambar indonesiautosblog.com

24. Menyetel Mesin Kendaraan

Kendaraan baik motor maupun mobil di era 2000-an udah banyak yang menggunakan sistem injeksi dan ECU. Proses penyetelan ga lagi seperti dulu. Cukup colokkan kabel antara laptop dengan ECU mesin. Maka kondisi mesin dan apa yang harus dilakukan bisa terlihat.

Penggunakan laptop di arena sirkuit pun udah menjadi hal yang lumrah. Para teknisi akan mengatur sistem pengapian dan bahan bakar pada mesin kendaraann mereka melalui perangkat lunak yang memang khusus untuk menyetel mesin.

Baca Juga : Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - Pinterest.com
Sumber Gambar Pinterest.com

25. Bikin Video Animasi

Membuat video animasi juga kini banyak dilakukan dengan menggunakan laptop. Tentu aja butuh spesifikasi yang tinggi agar pekerjaan membuat animasi bisa lancar. Bisa dibilang sebagian proses pembuatan video animasi dilakukan dengan memakai laptop. Dari mulai rancangan, menggambar tokoh dalam video, sampe menyatukannya untuk membentuk sebuah animasi.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - jejaktapak.com
Sumber Gambar jejaktapak.com

26. Mendukung Tugas Militer

Militer juga ga lepas dari laptop dalam bekerja. Baik untuk mengatur strategi perang maupun memantau peralatan militer yang ada. Laptop yang digunakan militer tentu berbeda dengan laptop untuk pekerja biasa. Umumnya punya performa tinggi dan baterai yang bisa bertahan sangat lama. Maklum, saat menjalankan tugas bisa aja ga menemukan jaringan listrik dalam waktu yang lama.

Salah satu laptop yang spesifikasinya memang khusus untuk militer adalah Dell Latitude XFR. Punya ketebalan yang ga umum untuk ukuran laptop, tapi punya spesifikasi yang memang dibutuhkan oleh militer ato pekerja lapangan yang jarang bertemu jaringan listrik dan butuh performa tinggi.

Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita - jalantikus.com
Sumber Gambar jalantikus.com

27. Memelihara sistem jaringan

Para pekerja di bidang Teknologi Informasi juga menjadi salah satu yang mengandalkan laptop dalam bekerja. Terutama bagi mereka yang kerap berhubungan dengan sistem jaringan di kantor ato sekolah. Saat mengatasi masalah yang muncul, mereka pasti akan mengunakan laptop sebagai alat bantu melihat hal yang harus diperbaiki. Terutama jika itu dilakukan di lokasi klien.

Baca Juga : Keren!!! Ini Dia Game Laptop Buatan Orang Indonesia

Wah, tampaknya ada banyak inspirasi baru ya dalam tulisan manfaat dan kegunaan laptop untuk bekerja dan hobi ini. Kalo begitu, jangan sungkan untuk membagikannya via medsos Mas Bro dan Mbak Bro ya.

Kalo ada yang mau ditanyakan ato ditanggapi silakan langsung aja isi kolom komentar di bawah ya. Ditunggu.

Semoga berguna.
Seneng bisa berbagi.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Ke tanah abang cuma untuk beli kain
Pulangnya ga lupa beli layang-layang
Jangan pake Laptop cuma untuk main
Tapi jadikan sarana penarik uang

Cinere, Depok
Pukul 04:01 WIB, Rabu 23 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – YK

Sumber Tulisan

Ikha Jannah. 2017 Mengenal Laptop dan Manfaat Laptop Bagi Manusia gedubar.com/1732-mengenal-laptop-dan-manfaat-laptop-bagi-manusia/ diakses pukul 20:40 WIB pada hari Rabu, 21 Februari 2017
M Jafar Sidik. 2013. Pengertian Fungsi dan Cara Pemakaian Laptop mochjafar.blogspot.co.id/2013/11/pengertian-fungsi-dan-cara-pemakaian.html  diakses pukul 20:10 WIB pada hari Rabu, 21 Februari 2017
Tim acerid. 2016. Kerjaan yang Bermodalkan Laptop Acer acerid.com/2016/04/kerjaan-yang-bermodalkan-laptop-acer/ diakses pukul 21:05 WIB pada hari Rabu, 21 Februari 2017
Tim u-trik. 2015. Manfaat Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari u-trik.com/2015/06/manfaat-komputer-dalam-kehidupan-sehari.html diakses pukul 21:25 WIB pada hari Rabu, 21 Februari 2017
Tim ikerenki. 2103. Manfaat Laptop Bagi Manusia ikerenki.com/2013/11/manfaat-laptop-bagi-manusia.html  diakses pukul 20:22 WIB pada hari Rabu, 21 Februari 2017

Sumber Gambar
acerid.com diakses pukul 22:40 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
yoBandung.com diakses pukul 22:43 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
belajarbisnisinternet.com diakses pukul 22:22 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
bola.liputan6.com diakses pukul 22:04 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
caramenerbitkanbukugratis.blogspot.com diakses pukul 21:40 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
forum.viva.co.id diakses pukul 21:53 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
health.kompas.com diakses pukul 21:38 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
heniprasetyorini.com diakses pukul 22:30 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
hipwee.com diakses pukul 21:48 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
indonesiautosblog.com diakses pukul 22:46 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
jalantikus.com diakses pukul 22:14 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
jejaktapak.com diakses pukul 22:55 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
kapanlagi.com diakses pukul 22:17 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
kevinanggara.com diakses pukul 21:46 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
malangtimes.com diakses pukul 22:36 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
moodster.id diakses pukul 22:27 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
pinterest.com diakses pukul 22:48 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
product.office.com diakses pukul 22:12 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
satrioaja.wordpress.com diakses pukul 21:59 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
segiempat.com diakses pukul 21:50 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
teknologi.metrotvnews.com diakses pukul 22:38 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
tizenindonesia.blogspot.com diakses pukul 22:33 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
tribunnews.com diakses pukul 22:01 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
update.ahloo.com diakses pukul 22:21 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017
youtube.com diakses pukul 22:44 WIB pada hari Kamis, 21 Februari 2017

 

Comments

2 responses to “Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita”

  1. Dandi Mardani Avatar
    Dandi Mardani

    Ijin share Min

    1. kekitaan Avatar
      kekitaan

      Silahkan #MasBro Dandi Mardani

Leave a Reply