Sepenting Apa Sih Seragam Kerja Buat Pekerja Kantoran?

Apa Aja Keuntungan Pake Seragam Bagi Perusahaan dan Pekerja Kantoran?
Apa Fungsi Seragam Buat Pekerja Kantoran dan Perusahaan?

Tiga merpati hinggap di ujung dahan
Mematukkan paruhnya cari makan
Seragam kerja bukan sekadar pakaian
Melainkan sebuah simbol kebanggaan

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Kerja kantoran?

Punya seragam kantor ga?

Sejak zaman dulu, seragam sudah menjadi sesuatu yang dipakai para pekerja. Saat ini seragam kerja juga rutin digunakan pelajar, TNI, Polisi, dan Pegawai Negeri. Tapi sekarang seragam kerja udah menjadi hal yang lumrah dipakai para pekerja pabrik hingga kantoran.

Kita akan bisa tau seorang bekerja untuk perusahaan apa dari baju seragam yang dikenakannya. Bahkan untuk perusahaan tertentu yang sudah dikenal publik. Terutama yang menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Kita udah bisa tau hanya dari warna seragam mereka.

Karna itu, nilai sebuah seragam pekerja kantoran ga bisa dipandang sebelah mata lagi. Di sanalah akan terlihat visi dan misi perusahaan. Menjadi sebuah simbol dari ambisi perusahaan untuk menjadi yang terbesar dan terbaik di antara yang lain.

Sepenting Apa Sih Seragam Kerja Buat Pekerja Kantoran? - pabrik-baju.net
Sumber Gambar pabrik-baju.net

Apa Aja Keuntungan Pake Seragam Bagi Perusahaan dan Pekerja Kantoran?

Mas Bro dan Mbak Bro pasti pernah melihat karyawan provider telekomunikasi di Indonesia bukan?

Melalui sebuah pandangan sekilas, umumnya kita udah bisa tau nama perusahaan telekomunikasi yang karyawannya berada di depan kita.

Untuk bisa bedain karyawan dari perusahaan telekomunikasi A ato B bisa dilihat dari logo dan tulisan yang menempel di seragam kerja mereka. Kadang dari warnanya pun kita udah bisa mengetahui persis dari perusahaan apa seragam yang dikenakan para karyawannya.

Mengapa bisa seperti itu?

Secara ga langsung, para karyawan kantoran yang berseragam akan menjadi media promosi perusahaan tempat mereka bekerja. Dengan semakin banyak karyawan berseragam yang dilihat masyarakat, maka brand perusahaan tersebut akan lebih dikenal.

Boleh dibilang, karyawan dengan baju seragam kantor merupakan bentuk lain dari brand image dari perusahaan yang mempekerjakan mereka. Ditambah dengan desain khusus dan khas, brand tersebut akan lebih mudah dikenal masyarakat.

Baca Juga
1. 
Konveksi Kostum Futsal di Semarang Jawa Tengah
2. Konveksi Kaos Sablon Grosiran di Semarang  Jawa Tengah

Sebagai media promosi, pakaian seragam pekerja kantoran bisa dijadikan alat untuk menyampaikan nilai-nilai yang terkandung dalam visi dan misi perusahaan. Daripada memasang iklan berbudget besar, membuat baju seragam rasanya bisa menjadi sarana promosi dengan low budget.

Dengan mengenakan seragam yang sama setiap hari, Secara ga langsung karyawan juga bakal dipompa untuk lebih bersatu. Rasa persatuan yang terbina setiap hari bisa berdampak positif bagi perusahaan. Dengan persatuan yang tinggi, semangat kerja juga bisa lebih terpicu. Ujungnya produktivitas kerja pun bisa meningkat.

Bagi perusahaan, dengan adanya pakaian kantor yang seragam bisa membantu dalam mengatu kerja karyawan. Bayangkan gimana sulitnya seorang pimpinan restoran besar dalam mengawasi kerja karyawannya jika ga mengenakan seragam. Ga elok juga jika baju yang dikenakan karyawan sama dengan pakaian yang dipakai tamu perusahaan.

Terlebih ketika sebuah perusahaan sedang melakukan negosiasi terhadap sebuah proyek, misalnya. Calon relasi bakal lebih mudah diajak bernegosiasi ketika melihat sebuah desain seragam kerja yang menarik. Psikologis para calon relasi akan dibawa masuk ke dalam atmosfer perusahaan.

Sebaliknya, ketika desain sebuah pakaian seragam yang dikenakan karyawan kurang menarik bisa jadi kerjasama sulit terwujud. Seragam kerja bisa menjadi kesan pertama dari sebuah perusahaan di mata calon mitra ato relasi.

Di pihak karyawan, dengan memakai seragam kerja secara langsung akan membuat penghematan belanja baju. Pasalnya, mereka ga perlu merogoh dompet untuk membeli baju kerja. Umumnya seragam kerja akan diberikan secara gratis kepada karyawannya.

Meskipun ada juga perusahaan kecil yang “menjual” baju seragam yang dibayar secara potong gaji. Karna memang ga ada aturan khusus yang mewajibkan sebuah perusahaan untuk memberikan seragam kepada karyawannya.

Para karyawan juga ga perlu repot memilih dan memilah baju saat akan pergi bekerja. Karna mereka udah tau harus mengenakan baju apa setiap harinya. Efektivitas karyawan bisa didongkrak dan diharapkan kinerja mereka pun menjadi lebih baik. Otak karyawan ga habis dipakai hanya untuk memilih baju kerja.

Bagi karyawan yang kebetulan di sebuah perusahaan besar ato bonafid, mengenakan seragam kerja tentu akan membawa kebanggaan tersendiri. Saat logo dari perusahaan tempat mereka bekerja tertempel di bagian dada ato punggung maka orang lain akan tau bahwa dia bekerja di perusahaan tersebut. Itulah yang membuat para karyawan menjadi bangga.

Selain itu, dengan seragam maka perbedaan antara karyawan bergaji tinggi dengan yang bergaji rendah ga akan terlihat. Pasalnya, baik pimpinan maupun bawahan mengenakan seragam kerja yang sama. Upaya perusahaan dalam meningkatkan dan menjaga etos kerja bakal lebih mudah ketika karyawan di setiap jenjang mengenakan seragam yang sama.

Sepenting Apa Sih Seragam Kerja Buat Pekerja Kantoran? - tempatbikinseragam.blogspot.com
Sumber Gambar tempatbikinseragam.blogspot.com

Apa Fungsi Seragam Buat Pekerja Kantoran dan Perusahaan?

Sebagai sebuah pakaian yang dikenakan setiap bekerja, pakaian seragam punya sejumlah fungsi strategis. Baik bagi karyawan maupun perusahaan. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:

1.Sebagai Identitas ato Pengenal Perusahaan

Melalui pakaian seragam, sebuah perusahaan akan lebih mudah dikenali. Karna dipastikan akan ada logo, nama perusahaan, hingga slogan yang digunakan. Dan hanya karyawan saja yang mempunyai dan bisa mengenakan seragam tersebut. Dengan kata lain, sebuah perusahaan bisa dikenali melalui seragam yang dikenakan karyawan mereka.

2.Menumbuhkan Rasa Persatuan dan Kesetaraan Di Antara Karyawan

Dengan mengenakan seragam yang desain dan warna yang sama. Para karyawan ga akan merasa ada perbedaan besar di antara mereka. Baik itu, karyawan level rendah maupun tinggi. Melalui pakaian seragam, secara akan memicu rasa persatuan di antara karyawan. Mereka berada di bawah payung yang sama dan mau bekerja untuk mengembangkan perusahaan.

3.Menghapus Kesenjangan Status Sosial dan Ekonomi Karyawan

Karyawan senior dengan karyawan senior tentu punya gaji yang berbeda. Perbedaan ini bisa terlihat di keseharian dari baju yang dikenakan. Karyawan yang udah lebih mapan bakal mengenakan baju bermerk dari butik ternama. Sementara karyawan level rendah ato junior hanya bisa mengenakan baju buatan tanah abang.

Semua itu bisa diminimalisir dengan baju seragam kantor. Perbedaan ketika karyawan belum mengenakan seragam kerja bakal hilang. Karna baik karyawan senior maupun junior akan mengenakan baju dan atribut yang sama. Ga terlihat perbedaan status sosial di antara karyawan.

4.Meningkatkan Efisiensi Biaya Bagi Karyawan

Sangat jelas bahwa pakaian seragam akan membantu karyawan dalam menghemat pengeluaran mereka. Ga perlu repot membeli baju kerja setiap beberapa bulan karna udah diberi seragam oleh perusahaan. Dengan penghematan setelah ga perlu membeli baju kerja, karyawan pun bisa menggunakan gaji yang diberikan perusahaan untuk hal-hal yang lebih produktif. Diharapkan, dengan efisiensi biaya karyawan yang tinggi, kinerja mereka juga bakal lebih maksimal.

5.Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Udah banyak terlihat perusahaan-perusahaan yang mendesain baju seragam mereka dengan lebih modis dan terlihat trendi. Dengan desain seragam yang kekinian, karyawan pun akan merasa bangga saat mengenakannya. Rasa bangga yang dirasakan karyawan inilah yang nantinya bisa mendongkrak motivasi kerja karyawan.

Ujungnya ya udah pasti perusahaan yang akan mendapatkan hasil positif. Karyawan yang punya motivasi besar pasti akan berusaha bekerja secara maksimal. Keuntungan yang didapat perusahaan pun bisa semakin besar.

6.Memberi Citra Positif Bagi Perusahaan

Dengan memberi seragam kerja bagi setiap karyawan, maka citra sebuah perusahaan pun bakal lebih tinggi. Karna sebuah seragam bisa menjadi tanda tingkat kepedulian sebuah perusahaan terhadap karyawan mereka. Citra positif akan semakin tinggi ketika perusahaan membuat seragam yang keren dan karyawan senang mengenakannya.

7.Memberi Rasa Nyaman Bagi Para Pekerja yang Memakainya

Bayangkan seorang karyawan yang selalu berada di ruangan ber-AC tapi mengenakan seragam kerja berbahan tipis. Sangat ga nyaman bukan? Karna itulah fungsi seragam harus memberi rasa nyaman bagi pemakainya. Sehingga para karyawan pun bisa fokus bekerja dengan baik. Kalo karyawan setiap hari direpotkan dengan seragam yang ga nyaman dipakai, dapat dipastikan kinerja mereka sulit mencapai maksimal.

8.Pembeda Divisi di Perusahaan

Bagi perusahaan yang memiliki banyak divisi kerja, membedakan setiap karyawan dari divisi berbeda dengan mudah ya dengan memberi seragam berbeda. Sehingga ketika pihak manajemen akan memberi tugas terhadap satu divisi bakal bisa terlaksana dengan mudah.

Pembedaan ini juga akan membantu jajaran manajemen untuk mengontrol kerja dari divisi yang dibawahinya. Ga akan overlapping mengurusi karyawan dari divisi lain yang bisa berujung dengan inefisiensi kerja.

9.Sebagai Pelindung Bagi Karyawan

Untuk para karyawan yang kerap bekerja di luar kantor, pakaian kerja mereka juga haruslah berfungsi memberi perlindungan. Setidaknya dari terik sinar matahari yang menyengat ketika mereka harus bekerja di luar kantor tepat siang hari bolong. Ato bisa juga untuk melindungi diri dari kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada karyawan yang bekerja di tempat dengan risiko tinggi.

Sepenting Apa Sih Seragam Kerja Buat Pekerja Kantoran? - tigabungapromotions.wordpress.com
Sumber Gambar tigabungapromotions.wordpress.com

Pilih Bordir Ato Sablon?

Desain sebuah seragam kerja merupakan salah satu poin yang ga boleh dipandang sebelah mata. Desain seragam yang menarik pasti akan membuat orang yang melihat menjadi senang. Terlebih bagi para karyawan yang mengenakannya setiap hari.

Selain warna dan motif seragam, cara menghias baju seragam kantor juga harus diperhatikan. Udah cukup menarik kah desain logo yang dipasang di seragam? Ato barangkali huruf yang dipakai terlalu kecil sehingga sulit untuk dilihat?

Hal-hal seperti itu harus diperhatikan perusahaan sebelum memutuskan membuat seragam. Termasuk apakah akan memakai sablon ato bordir dalam menghias seragam yang mereka buat. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Sablon sendiri saat ini udah ada banyak jenisnya. Seperti sablon manual, sablon digital, dan sablon DTG (Direct To Garment). Sablon manual masih tetap diminati karena kualitasnya yang lebih tahan lama dibanding sablon digital. Sablon manual cocok untuk jumlah produksi yang banyak.

Sayangnya, sablon manual ga bisa menerapkan banyak warna. Biasanya hanya bisa sekitar 3-4 warna aja untuk satu desain. Bahan yang cocok disablon adalah bahan katun lembut yang bisa menyerap warna dengan baik.

Sablon digital memang memudahkan kita dalam mencetak seragam. Detail dari desain gambar ato logo pun bisa sama persis karna menggunakan komputer dalam proses cetaknya. Tapi umumnya hasil cetakan sablon digital kurang bisa bertahan lama dan hanya bisa diaplikasikan di kaos ato seragam warna terang.

Dengan menggunakan sablon, desain logo serumit apa pun masih bisa diterapkan ke dalam seragam kerja. Bahkan dengan perkembangan teknik sablon yang ada saat ini, Mas Bro dan Mbak Bro bisa berkreasi dengan seluas mungkin untuk menciptakan efek-efek yang ga akan bisa dilakukan jika menggunakan bordir.

Seperti halnya sablon, bordir pun sudah mengalami perkembangan teknologi yang signifikan. Sekitar 10 tahun lalu, tukang bordir umumnya masih menggunakan mesin jahit manual dan mengandalkan kelincahan jari dalam membentuk desain yang diinginkan pelanggan. Sekarang umumnya sudah dilakukan dengan mesin berkomputerisasi. Kualitas bordiran pun udah lebih jelas dan presisi.

Bordir pun relatif lebih tahan lama dibanding sablon saat diterapkan ke seragam karyawan. Berkali-kali dicuci bordir akan lebih bertahan dibanding sablon.

Meski demikian, bordir juga punya kekurangan. Jika logo perusahaan menggunakan gradasi warna yang rumit dipastikan ga akan bisa diterapkan pada bordir. Sulit memasang shading yang halus ke dalam benang bordir.

Selain itu, untuk tulisan yang kecil hasilnya biasanya ga maksimal. Jarum dan benang bordir punya keterbatasan jarak. Untuk itu, jika akan menggunakan bordir dalam membentuk logo maupun nama perusahaan dalam baju seragam sebaiknya ga melebihi batas minimal ukuran yang bisa diterapkan di mesin bordir.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir?
2. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Sablon?

Mengenai harga sangat relatif. Biaya bordir untuk pakaian seragam umumnya memang lebih mahal dibanding sablon. Tapi bordir punya kelebihan dalam daya tahan yang lebih bagus. Bentuk desain dan warna yang digunakan kerap memengaruhi harga bordir.

Terakhir, pastikan konveksi yang dipilih untuk membuat seragam mampu memberikan keterangan yang jelas mengenai seragam yang akan kita buat melalui jasa mereka. Jangan sampai gara-gara penjelasan yang kurang rinci dari pihak konveksi baju, kita justru akan mengalami kekecewaan. Desain seragam yang dibuat ga sesuai yang diharapkan.

Maka itu, melihat portofolio dari konveksi yang dipilih adalah salah satu cara untuk memastikan kualitas kerja mereka. Tanya sebanyak dan sedetail mungkin semua hal yang menyangkut proses produksi. Sehingga hasil dari baju seragam yang dibuat akan sama dengan yang kita inginkan.

Oh kebetulan Mas Bro dan Mbak Bro lagi nyari konveksi untuk bikin seragam?

Silahkan hubungi ya
@kekitaan_ (line)
082243545754 (WA, telp, dan sms)
[email protected] 
(email)

Gimana Mas Bro dan Mbak Bro, udah lebih benderang ‘kan pentingnya sebuah seragam untuk para karyawan?

Obrolan kita kali ini jelas bermanfaat dong. Jadi jangan ragu buat sebar tulisannya lewat sosmed Mas Bro dan Mbak Bro.

Tapi kalo ada yang kurang jelas. Silakan tinggalkan jejak komentar di bawah ya. Jangan ragu.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Ada katak melompat lewati batu
Lewati sungai berair yang dangkal
Seragam buat karyawan lebih bersatu
Membuat kerja jadi lebih maksimal

Sumber Tulisan
Fashionista Indonesia. 2014. Beberapa Fungsi Baju Seragam Kerja fashionistaindonesia.com/beberapa-fungsi-baju-seragam-kerja.php diakses pukul 11:15 WIB pada hari Senin, 26 Desember 2016
AdmRj2. 2015. Manfaat Seragam Kerja Untuk Perusahaan jual-seragam-kerja.blogspot.co.id/2015/07/manfaat-seragam-kerja-untuk-perusahaan.html diakses pukul 11:45 WIB pada hari Senin, 26 Desember 2016
Mayda Mutiara. 2012. Manfaat Fungsi Pakaian Seragam Kerja maydamutiara.blogspot.co.id/2012/01/manfaat-fungsi-pakaian-seragam-kerja.html diakses pukul 10:20 WIB pada hari Senin, 26 Desember 2016
Tim csberkahkonveksi. 2014. Mengapa Seragam Itu Penting csberkahkonveksi.wordpress.com/2014/07/11/mengapa-seragam-itu-penting/ diakses pukul 10:05 WIB pada hari Senin, 26 Desember 2016
Tim Greto. 2015. Pentingnya Pakaian Seragam Sebagai Baju Seragam Kerja gretoclothing.com/2015/07/07/pentingnya-pakaian-seragam-sebagai-baju-seragam-kerja/ diakses pukul 10:38 WIB pada hari Senin, 26 Desember 2016
Tim Qerja. 2015. Beragam Keuntungan Memakai Seragam Di Kantor. qerja.com/journal/view/189-beragam-keuntungan-memakai-seragam-di-kantor/ diakses pukul 10:10 WIB pada hari Selasa, 26 Desember 2016

Sumber Gambar
pabrik-baju.net diakses pukul 10:33 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016
sablonsatuanku.blogspot.com diakses pukul 11:02 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016
tempatbikinseragam.blogspot.com diakses pukul 10:40 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016
tigabungapromotions.wordpress.com diakses pukul 11:21 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016

Comments

Leave a Reply