Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia | tulisIN

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Tau ga buah apa aja sih yang hanya tumbuh di Indonesia?

Salam #MasBro #MbakBro
Sebagai negara kepulauan tropis terbesar di dunia, Indonesia kaya akan sumber daya alam seperti banyak tumbuhnya buah-buahan yang beberapa di antaranya sulit ditemukan di tempat lain di dunia. Apa aja ya buah yang tumbuh di Indonesia?

Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Indonesia memiliki macam-macam buah yang memiliki tampilan unik dengan cita rasa yang menarik. 

1. RAMBUTAN 

RAMBUTAN - Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Buah ini berasal dari pulau Sumatera. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Saat ini, produsen terbesar rambutan dalam kemasan berada di Malaysia dan Thailand. Rambutan asli Indonesia biasanya memiliki karakter buah yang agak kesat, dan tidak banyak mengandung air. Rasanya juga percampuran antara manis dan asam yang menyegarkan.

2. LAHUNG 

Lahung - Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Lahung adalah buah mirip durian yang berasal dari Kalimantan. Kulit buah lahung juga lancip dan tajam seperti durian. Bedanya, kulit buah lahung lebih panjang dan tajam dengan warna merah kehitaman. Namun, rasa buah lahung dianggap tidak senikmat buah durian yang manis, karena daging buah lahung cenderung lebih hambar.

3. KEDONDONG 

KEDONDONG - Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Buah kedondong berasal dari kawasan timur Indonesia, tepatnya dari kawasan Maluku dan pulau Papua. Kedondong memiliki ukuran yang beragam dengan warna luarnya hijau dan dalamnya agak kekuningan. Rasanya cenderung lebih asam meskipun telah matang. Biasanya oleh masyarakat global menyebutnya dengan nama Ambarela. Saat ini, buah kedondong telah banyak dibudidayakan di luar Indonesia, yaitu di kawasan tropis, seperti Malaysia, Filipina, dan kawasan Karibia.

Baca Juga
1. 5 Pantai Terindah di Jawa Barat
2. Gunung Paling Indah di Indonesia

4. SALAK

SALAK - Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Buah ini banyak dibudidayakan di Jawa dan Sumatra, terutama daerah dataran tinggi. Salak dengan tekstur kasar di luarnya ini sebenarnya tumbuh di bagian barat daya Jawa dan Sumatera Selatan. Lalu, secara perlahan dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Selain rasanya yang menis legit, buah dengan ciri khas sisik kasar ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

5. MENTENG 

MENTENG - Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Buah menteng ini ini berasal dari Pulau Jawa, khususnya Jakarta dan Bogor. Sekilas buah menteng mirip dengan buah duku namun tangkai buahnya panjang dan disetiap satu tangkai yang melekat ke pohon terdapat banyak buah serta tajuk pohonnya berbeda. Rasanya cenderung asam kecut dengan warna kekuningan dan hijau.

6. GOWOK

GOWOK - Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia

Gowok, kupa, atau kepa adalah buah yang berasal dari Pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Gowok kebanyakan ditanam untuk diambil buahnya, dan sering dijual di pasar untuk dimakan segar.

Kesimpulan

Unik banget kan buah yang berasal dari Indonesia ini. Jadi mana nih buah favorit kamu?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 18:20 WIB pada Hari Senin tanggal 17 Mei 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 17:11 WIB pada Hari Senin tanggal 17 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia, Rambutan, Lahung, Kedondong, Salak, Menteng, Gowok, Buah, Indonesia


Terbit

dalam

Tags:

Comments

3 responses to “Unik! 6 Buah yang Hanya Tumbuh di Indonesia | tulisIN”

  1. Elmayana Avatar

    Yeyy unik unik sekalii buah buahan nya, bnyk manfaat manfaat nya

  2. Silvia Nova Avatar
    Silvia Nova

    Baru tau ada buah lahung 😅 jadi pengen coba gak si

  3. ana Avatar
    ana

    Makasih banyak ilmunya

Leave a Reply