Wonder Spirit 01: Regenerator

Spirit adalah roh kudus.

Roh kudus adalah pribadi. Bukan benda. Bukan juga teori.

Roh kudus adalah pribadi yang nyata.

Gimana cara kenali lebih dalam roh kudus?

Sebelumnya mari kita liat dari cerita awalnya.

Selama 3 tahun Yesus melayani, selama itu juga murid-murid nya kasih hidupnya 💯%.

Ada yang meninggal keluarga, kerjaan, dan apapun yang berharga untuk mereka.

Trus, tiba-tiba dia bilang waktunya akan dekat. Dia akan pergi. Tapi dia akan kasih penolong.

Faktanya di kehidupan sehari-hari, bahkan sejak anak-anak. Kita dikenalin sama hal-hal yang spooky.

Bukannya hal-hal yang terang, berani, roh kudus, dan lain-lain.

Jadi…

Roh kudus menjadi penolong yang bukan cuma yang datang kepada kita. Tapi Dia hidup dalam kita.

Regenerator

Masuk McDonald, ga langsung jadi burger. Ada proses dulu.

Masuk Gereja, ga langsung jadi Kristen. Ada proses dulu.

Lahir dari air: dari rahim ibunya. Lahir secara jasmani.

Lahir dari roh: dari rahim roh kudus. Lahir secara rohani.

Lahir dari roh = lahir baru.

Gimana Caranya Lahir Baru?

Baru aja kemarin, sepatu basketku rusak. Siang-siang, aku ke tukang sol sepatu. Dibenerin selama 1 jam. Lalu sorenya bisa aku pake lagi.

Pas pake jadinya seperti baru.

kurang lebih hidup kita dengan roh kudus kek gitu. Saat kita rusak, perlu waktu untuk dibenerin lalu bisa berfungsi lagi.

Sepatu tadi bisa aja aku pake lagi. Tapi bakal lebih rusak. Dan aku pun mainnya ga maksimal.

Begitu juga dalam kehidupan kita. Kita bisa aja hidup tanpa roh kudus. BISA. Tapi ga lebih baik tanpa roh kudus.

Hidup kita bisa jadi lebih rusak. Karna hanya mengandalkan apa yang ada. Padahal bisa lebih baik.

Saat kita menerima roh kudus hidup, hidup kita diperbaiki, kita pun lebih baik dari sepatu rusak tadi. Bukan cuma berfungsi seperti baru.

Tapi LAHIR BARU.

Saat sepatu tadi diperbaiki, bukan berarti rusaknya hilang. Masih keliatan kok bekas sobeknya.

Begitu juga saat kita lahir baru. Kesalahan lama kita masih ada, kebiasaan buruk kita masih ada.

Justru lahir baru adalah langkah awal untuk terus menerus diperbaiki seperti pribadi baru: YESUS.

Lalu apa tanda kita lahir baru?

01. Percaya Yesus = Kristus

kita yang udah lahir baru, hidup lebih baik dari setan.

setan tau Tuhan itu ada. Tapi mereka ga menghidupi nilai-nilai hidupnya.

02. Mengasihi Tuhan dan UmatNya

Mengasihi Tuhan = berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Yudas: jual Yesus, salah tapi bunuh diri.

Petrus: sangkal Yesus 3 kali, salah tapi bertobat.

03. Melakukan PerintahNya

Apa hal baik yang dulu kita ga tau. Kita pelajari. Apa hal baik yang dulu kita sulit lakuin. Kita mau lakuin, meskipun sulit.

Belum berhasil, gpp. Coba lagi. Minta tuntutan roh kudus. Penolong kita.

Sepatu rusak tadi, ga bisa jalan sendiri ke tukang sol sepatu. Aku bawa.

Bukan istri ku ku yang bawa, bukan tetangga yang bawa, tapi aku yang bawa ke tukang sol sepatu. Kasih tau apa yang rusak dan maunya apa.

Saat hati dan pikiran kita rusak, salah. Kita yang datang sendiri ke mentor, pendeta, ke Tuhan untuk mengakui kesalahan dan perbaiki diri.

04. Kalahin Dunia dengan Iman

Kesaksian Fredy

Hidup sebelum kenal Yesus dan hidup bersama roh kudus.

Hidup setelah kenal Yesus dan hidup bersama roh kudus.

Apa cerita hidupmu sebelum dan setelah kenal Yesus?

Apa cerita hidupmu sebelum dan setelah hidup bersama roh kudus?

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply