Site icon #MENULISdapatuang

Tulisan Tentang Pendidikan

Hai semuanya

Pasti semuanya udah pada tau yah apa sih pendidikan itu? Ya pendidikan itu adalah sebuah pembelajaran pengetahuan dan juga keterampilan dari kebiasaan sekelompok orang dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Apa lagi dizaman sekarang kalian bisa menempuh pendidikan setinggi – tingginya banyak sekali sekolah dll ya, yang bisa membantu kalian mendapatkan banyak ilmu… Pendidikan juga adalah suatu cara untuk kita bisa mengetahui / memahami banyak hal dan dari pendidikan juga bisa membantu masa depan kalian menjadi lebih baik. Kita bisa mendapatkan pendidikan dimana saja seperti dari kedua orang tua kita, orang – orang disekitar kita, dari tempat kita menempuh pendidikan seperti sekolah dllnya… lalu sekarang ditambah ada teknologi yang benar – benar membantu kita mendapatkan banyak ilmu, melalui handphone, laptop dllnya. Fungsi dari sebuah pendidikan adalah: mengembangkan bangkat seseorang, melestarikan kebudayaan,

Menurut David Popenoe ada empat macam fungsi pendidikan yakni:

Transmisi (Pemindahan) kebudayaan
Memilih dan mengajarkan peranan sosial
Menjamin integrasi sosial
Sekolah mengajarkan corak kepribadian
Sumber inovasi sosial

Di dalam UU No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3 disebutkan tentang tujuan pendidikan yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang masa esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis juga bertanggung jawab.

Dan ada suatu istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu “Ducare” yang berarti “Menuntun, mengarahkan atau memimpin” sederhananya setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara berpikir,merasa atau bertindak dapat dianggap pendidikan.

Maka dari itu marilah kita menuntun ilmu sebanyak – banyaknya karna ilmu itu adalah suatu hal yang tidak akan pernah hilang sampai kelak kita tua dan terus akan tertanam dalam diri kita.