Hore Tanggal Merah!!! 72++ Tempat Wisata di Bandung yang Paling Rame Saat Liburan

 

Salam #MasBro #MbakBro

Udah pernah liburan ke Bandung?

Kemana aja?

Sadar ga kalo 2 dekade terakhir ini, bandung udah berkembang banget jadi kota wisata. Banyak tempat wisata menarik. Mulai dari wisata alam sampe aneka jenis wisata kekinian.

Jadi …

Ga heran kalo dari hari ke hari semakin banyak tempat wisata di Bandung yang bermunculan.

Ngobrolin Apa?

Hore Tanggal Merah!!!
72++ Tempat Wisata di Bandung yang Paling Rame Saat Liburan

Untuk #MasBro / #MbakBro yang berniat buat berlibur ke kota kembang, berikut ini kami tampilin sederet tempat wisata di Bandung yang patut dikunjungi.

Dengan adanya media sosial, makin banyak tempat wisata di Bandung yang baru malah semakin terkenal. Ga sedikit juga pengembang yang manfaatin hobi traveling kaum milenial dengan diriin tempat wisata di Bandung.

1. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis/instagram.com/rantalmobiljtr

Mata air jelita ini nawarin udara yang sejuk dan air yang jernih untuk berendam, Tetapi aktivitas yang paling digemari anak muda di sini tentu aja underwater selfie.

Sendang Geulis Kahuripan letaknya di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Kawasan wisata beroperasi dari jam 07.00 sampe 17.00 WIB.

Tarif: Rp10.000,000

2. Sanghyang Heuluet

Hore Tanggal Merah!!! 72++ Tempat Wisata di Bandung yang Paling Rame Saat Liburan
Sanghyang Heuleu/instagram.com/maldiwicak

Letaknya di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuluet itu adalah danau hijau yang memesona dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampe disebut kolam bidadari.

Sanghyang Heuluet tuh tempat wisata di Bandung yang cocok banget tuk mandi dan berfoto.

Suka uji nyali?

#MasBro & #MbakBro bisa lompat dari salah satu batu yang tingginya lebih dari 5 meter. Hati-hati nih buat yang kurang jago berenang.

Tarif: Rp10.000,00

3. Upside Down World

Upside Down BANDUNG/instagram.com/maia_riyanti

Satu lagi nih, tempat wisata di Bandung yang lagi booming buat kaum milenial. Sama seperti saudaranya yang ada di Bali dan Yogyakarta, Upside Down World nawarin sederet spot foto dengan setting serba terbalik.

Wisata unik ini nih adanya di Jalan H. Wasid No.31 (Dipatiukur), Desa Lebakgede, Kecamatan Coblong. Jam operasionalnya adalah pukul 10.00-20.00 WIB.

Tarif: Rp50.000,00 (anak-anak), Rp100.000,00 (dewasa)

4. Amazing Art World

instagram.com/amazingartworld.bandung

Kalo Upside Down World nawarin foto ilusi seperti setting film Upside Down-nya Kirsten Dunst, Amazing Art World nampilin lukisan-lukisan 3D buat selfie.

Tarif: Rp50.000 (anak-anak), Rp100.000 (dewasa)

5. Dusun Bambu

Dusun Bambu Lembang/instagram.com/pencintawisata

Kawasan Dusun Bambu adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang lagi hits. Lokasi ini nawarin wisata alam dan kuliner yang dilengkapi berbagai wahana permainan. Ga ketinggalan spot-spot cantik untuk penggila selfie maupun fotografi.

Tarif: Rp 15.000,00

6. Tebing Citatah

instagram.com/warawiriindonesia

Buat #MasBro/#MbakBro pecinta alam atau yang sekadar ingin mencoba tempat wisata baru, coba aja nge-trip ke Tebing Citatah.

Tebing Citatah termasuk salah satu favorit nih buat #MasBro & #MbakBro yang suka panjat tebing. Kalo udah sampe di puncak, pemandangan alam sekitar yang luar biasa udah menanti untuk diresapi. Jangan lupa jepret satu foto ekstrem buat ngabadiin momen.

Tarif: variatif, umumnya sih sepaket sama trip ke Stone Garden Geopark

7. Curug Bugbrug

instagram.com/ranimulyani18

Air terjun tunggal yang cukup cantik ini lokasinya ada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua.

Dinamain Brugbrug karna suara curahan airnya seperti menghempas dengan bunyi brug…brug…

Tarif: Rp7.500,00

8. Kampung Gajah Wonderland

instagram.com/yoviardi

Daya tarik utama tempat wisata yang satu ini adalah wahana waterboomnya yang seru buat anak-anak dan keluarga. Kampung Gajah juga dilengkapi berbagai wahana permainan yang bakal buat anak-anak betah seharian.

Tarif: Rp 15.000,00 (weekdays), Rp 20.000,00 (weekend)

9. Gunung Manglayang

instagram.com/wisatakaupatenbandung

Gunung ini cocok buat pendaki pemula, karna ga terlalu tinggi. Pemandangan di puncaknya indah dan relatif sepi. Tapi harus hati-hati dan nyiapin stamina, karna ga ada pos pendakian yang tersedia.

Tarif: Gratis

10. Lereng Anteng Panoramic Coffee Place

instagram.com/amazingwestjava

Lereng Anteng Panoramic Coffee Place Instagram/gani.95

Ini nih tempat nongkrong dan ngopi yang lagi booming banget di Bandung. Lokasinya yang di daerah Puncak Ciumbuleuit atau Punclut yang adem.

Daerah ini terkenal akan wisata kulinernya. Salah satu yang paling disukain anak muda adalah menikmatin secangkir kopi di salah satu tenda atau saung yang ada pemandangan kota Bandung.

Tarif: Rp5.000,00-Rp50.000 (harga makanan)

Itulah tempat-tempa wisata di Bandung yang sedang gandrungin sama anak muda. Jangan lupa untuk nyempatin diri mengunjungi salah satu objek wisata di atas saat traveling ke Bandung.

Tempat wisata di Bandung kota

Mungkin #MasBro/#MbakBro ga punya banyak waktu untuk mengeksplorasi Bandung secara keseluruhan. Ga masalah, karna Bandung kota saja udah punya banyak tempat seru untuk dikunjungi.

Untuk #MasBro/#MbakBro yang ingin menjelajahi pusat kota kembang, berikut ini beberapa tempat wisata di Bandung kota yang layak dikunjungi.

11. Gedung Sate

instagram.com/dirgagilang

Dateng ke kota Bandung ga bakal lengkap kalo belum ngunjungin Gedung Sate. Gedung peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini adalah ikon Bandung.

Tarif: Gratis

12. Jalan Braga

instagram.com/yourbandung

Jalan Braga Bandung Instagram/aconk_van_houtten

Kalo ingin wisata murah meriah namun berkesan, menyusuri Jalan Braga adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakuin.

Kawasan Jalan Braga terkenal sama bangunan-bangunan tempo dulunya yang megah. Daerah inilah yang dulu dijadiin Bandung sebage Parijs van Java.

Tarif: Gratis

13. Trans Studio Bandung

instagram.com/annissanns

Tarif tiket buat masuk ke Trans Studio Bandung memang tergolong agak mahal. Tapi harga yang ditawarin memang sepadan dengan lengkapnya wahana di sana. Waktu seharian pun ga bakal cukup buat nyobain semua semua atraksi yang udah dibangun di atas lahan seluas 4,2 hektar ini.

Tarif: Rp150.000,00 (weekdays), Rp250.000,00 (weekend)

14. Jalan Cihampelas

instagram.com/letsgobandung

Ciwalk jelas kawasan yang wajib banget dikunjungin buat wisatawan yang mampir ke kota kembang. Ini adalah tempat wisata di Bandung yang paling pas buat #MasBro & #MbakBro yang doyan belanja.

Tarif: Gratis

15. Masjid Pusdai

instagram.com/satriyalasmana

Jangan cuma mampir ke tempat jalan-jalan ato belanja di Bandung. Ternyata di Bandung juga punya objek wisata religi yang harus banget dikunjungi loh. Salah satunya itu Masjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam) Jawa Barat.

Letaknya di Jalan Diponegoro No.63. tiap hari Jumat, di depan masjid ada pasar kaget yang meriah banget.

Tarif: Gratis

16. Jalan Asia Afrika

instagram.com/yourbandung

Jalan yang bernilai sejarah tinggi ini tertata apik bangetdan memiliki sederet instalasi public art yang bisa dijadiin spot foto keren.

Tarif: Gratis

17. Babakan Siliwangi

instagram.com/kurniasyr

Babakan Siliwangi JejakPiknik.com

Babakan Siliwangi itu ruang terbuka hijau di jantung kota Bandung. Tempat ini udah menjadi area sabuk hijau sejak zaman Belanda. Hutan kota ini ga kalah cantiknya dengan Central Park, New York, lho.

Tarif: Rp3.000,00

18. Masjid Al-Imtizaj

instagram.com/zoegenx

Masjid Al-Imtizaj Instagram/nurfadilla_sarahh

Di ruas Jalan ABC, Braga ada satu tempat ibadah yang punya arsitektur unik banget.

Masjid Kelenteng

hehe

Mesjid sih tapi konsep bangunannya tuh ala kelenteng Tionghoa. Masjid ini jadi salah satu bukti adanya akulturasi budaya di tanah Sunda.

Tarif: Gratis

19. Cisangkuy

instagram.com/citharia

Cisangkuy adalah tempatnya berwisata kuliner. Segala jenis kafe, restoran, dan kedai yang nyajiin beragam makanan wuenak.

Harganya

Hmm, harganya juga variatif kok. Salah satu yang paling tenar di sana adalah yogurt-nya.

Tarif: variatif

20. Taman Film

instagram.com/meliamel1234

Berlokasi di Jalan Layang Pasupati, Taman Film nawarin area terbuka untuk menonton film bersama warga kota lainnya.

Sensasinya tuh

Hmm kayak nonton film layar tancep pas jaman Djadoel, tapi nuansanya tentu lebih modern.

Tarif: Gratis

udah tuh

Itulah tempat-tempat wisata di Bandung kota yang wajib & rekomendid buat dikunjungi. Biasanya terjangkau dan ga nguras kantong, jadi ga perlu khawatir dengan dana liburan yang bikin cekak.

Selanjutnya …

Tempat wisata di Bandung selatan

Bandung selatan bisa dibilang surganya wisata alam.

kenapa?

Emang banyak banget tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi. Khususnya Bandung bagian selatan.

Mulai dari tempat wisata alam yang natural sampe yang udah dilengkapi fasilitas serba modern.

Di bawah ini segelintir dari sekian banyak tempat wisata di Bandung selatan yang bisa #MasBro & #MbakBro kunjungi.

21. Kawah Putih Ciwidey

instagram.com/dwikisuwargani

Saking populernya, tempat wisata di Bandung selatan yang satu ini sampe kelewat sering jadi latar film. Kawah Putih emang punya pemandangan fotogenik yang terlalu sayang buat dilewatin.

Tarif: Rp18.000,00

22. Situ Cileunca

instagram.com/ayodolan

Ada apa di Situ Cileunca? Selain danau yang cukup permai, #MasBro/#MbakBro juga bisa menyusuri jembatan cinta di sana.

Harga: Rp2.500,00

23. Sunrise Point Cukul

instagram.com/sunrisepointcukul

Sesuai namanya, Sunrise Point Cukup nawarin keindahan matahari terbit nan syahdu dipadu dengan pemandangan alam sekitar yang asri.

Tarif: Rp10.000

24. Sungai Palayangan

instagram.com/chanderaa

Tempat wisata di Bandung yang satu ini pas banget buat #MasBro & #MbakBro yang suka outbond. Wisatawan tuh bisa nyobain arung jeram yang bikin adrenalinmu memuncak di sungai beraliran deras ini.

Brrrr

Tarif: Minimal Rp150.000,00 (dengan 6 orang peserta)

25. Perkebunan Teh Malabar

instagram.com/alam.priangan

Perkebunan teh Malabar Instagram/warmanwardhani

Pemandangan yang ditawarin di sini ga cuma terasering kebun teh. #MasBro/#MbakBro juga bisa memulai trekking ke Gunung Nini dari sini.

Tarif: Rp5.000,00

Itulah tempat-tempat wisata di Bandung selatan yang mungkin belum pernah #MasBro/#MbakBro dengar. Tentu aja masih ada banyak banget objek menarik lainnya di selatan Bandung. Kita akan bahas lebih detail lain kali.

Tempat wisata di Lembang Bandung

Saat ini daerah Lembang punya banyak banget objek wisata seru buat anak-anak, kaum muda, maupun keluarga. Beberapa di antaranya bahkan udah terkenal sampe ke luar negeri.

Di bawah ini kami punya beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung, tepatnya di daerah Lembang.

26. Tangkuban Perahu

instagram.com/michaelwinata

Tangkuban Perahu Expedia.co.uk

Selain Gedung Sate, Tangkuban Perahu juga dianggep sebage ikon Bandung. Karna itu #MasBro/#MbakBro harus mampir ke sini kalo pelesir ke kota kembang.

Tarif: Rp7.000,00 (weekdays), Rp10.000,00 (weekend)

27. Pemandian Air Panas Ciater

instagram.com/seno_elfursary

Terletak di Desa Nagrak, sumber air panas ini merupakan tempat wisata di Bandung yang udah kondang.

Daya tarik wisatanya udah bukan cuma kolam air panas. Ada berbagai wahana, fasilitas olahraga, camping ground, outbond, sampe spa dan restoran.

Tarif: Rp15.000,00

28. Observatorium Bosscha

instagram.com/bosschaobservatory

Observatorium Bosscha Pergi Dulu

Tempat wisata di Bandung, Lembang ini nyimpan teropong bintang yang paling tua di Indonesia. Di sini pengunjung bisa belajar sekilas tentang astronomi.

Selain itu desain arsitektur Bosscha sendiri juga unik banget.

Tarif: Rp25.000,00

29. NuArt Sculpture Park

Berlokasi di Ciwaruga, NuArt Sculpture Park itu merupakan galeri seni terbuka karya I Nyoman Nuarta. Itu loh, seniman yang bikin patung Garuda Wisnu di Bali.

Penataan yang apik bikin sculpture park ini enak banget dikunjungi.

Tarif: Gratis

30. Taman Bunga Cihideung

Hore Tanggal Merah!!! 72++ Tempat Wisata di Bandung yang Paling Rame Saat Liburan
instagram.com/rosfitaaa

Taman Bunga Cihideung Jalanwisata.id

Taman bunga kebanggaan Bandung, nih. Di sini pengunjung bisa nikmatin hamparan bunga yang beraneka warna yang ditanam di area seluas 50 hektar.

Tarif: Gratis

Itulah deretan tempat wisata di Bandung kawasan Lembang. Selanjutnya kita bakal membahas tempat-tempat wisata yang ada di Lembang juga, tepatnya itu di Maribaya.

Tempat wisata di Bandung Maribaya

Lokasi keren apa aja sih yang tersembunyi di Maribaya, Lembang? Sekarang bakal kita bahas beberapa di antaranya.

31. The Lodge Maribaya

instagram.com/hgracy95

The Lodge Maribaya itu tempat rekreasi kekinian dengan fasilitas lengkap yang pasti bikin betah kaula muda. Ada sky tree, bamboo sky, outbond, hot air balloon, zip bike, dan gantole yang bisa dicobain.

Tempat ini juga nawarin keindahan alam Bandung yang bisa diresapi dengan menginap di Glamping The Lodge Maribaya.

Tarif: Rp20.000,00 (weekdays)-Rp25.000,00 (weekend)-Rp35.000,00 (libur nasional), Rp325.000 (penginapan)

32. Curug Maribaya

instagram.com/jabar.today

Curug Maribaya Instagram/fotograferkere_

Air terjun yang satu ini emang diselimutin mitos dan cerita mistis. Tapi selama #MasBro/#MbakBro berhati-hati, ga akan terjadi masalah saat mengunjunginya. Apalagi pemandangan di Curug Maribaya memang cukup indah.

Tarif: Rp3.000,00

33. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

instagram.com/cicin.yuliantii

Taman hutan ini punya beberapa objek wisata sekaligus. Diantaranya Curug Omas, Curug Lalay, Goa Jepang, dan Goa Belanda. Hutan Maribaya sendiri memiliki kondisi alam yang asri.

Asyiknya lagi kita ga perlu ngerogoh kocek dalam-dalam buat menikmatin objek wisata sebanyak ini.

Tarif: Rp11.000,00

34. Taman Begonia

instagram.com/foodgallerybdg

Nama resminya adalah Taman Begonia Glory. Di sini pengunjung bisa nemuin aneka warna begonia yang cantik.

Bisa juga menikmati wisata petik sayuran dan buah. Soalnya Taman Begonia juga ditanamin sama tumbuhan pangan dan bebungaan jenis lain.

Tarif: Rp10.000,00

35. Tafso Barn

instagram.com/friskadewifriskadewi

Mirip dengan Lereng Anteng, Tafso Barn nyuguhin konsep kafe tematik dengan pemandangan fotogenik. Tempat wisata kuliner ini terletak di Ciumbuleuit.

Tarif: Gratis

36. Curug Bellarosa

instagram.com/ronnydeka

Air terjun yang cakep banget ini lokasinya di Jalan Maribaya Timur. Bisa dikunjungi selama 24 jam, lho.

Bukan sekadar curug yang ditawarin di sini. Pemandangan hutan pinusnya juga nyejukin mata.

Tarif: Rp5.000,00

Tempat wisata di Bandung Barat

Ga cuma di Bandung Selatan & di Maribaya aja nih, kali ini kita bakal bahas tempat wisata Bandung Barat yang menarik. Beberapa di antaranya

37. Tebing Keraton

instagram.com/chanderaaa

Salah satu tempat wisata yang lagi nge-hits di kaum milenial ini nawarin keindahan alam luar biasa.

Tarif: Rp11.000,00 (tiket masuk), Rp40.000,00 (kemah dengan peralatan sendiri)

38. Curug Malela

instagram.com/jerindosanandreas

Berlokasi di Desa Cicadas, Gunung Halu, air terjun ini mengalir dalam 5 jalur, ngasilin pemandangan yang megah dan memikat.

Air terjun ini masih terhubung sama Curug Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dan Pameungpeuk.

Tarif: Rp10.000,00

39. Dago Dream Park

instagram.com/elisaanovia

Mirip dengan The Lodge Maribaya, Dago Dream Park juga nawarin aneka spot selfie kekinian seperti permadani terbang dan zip bike.

Ada juga nih wahana permainan seru kayak perahu kora dan flying fox. Berkuda dan memanah pun bisa.

Tarif: Rp20.000,00.

40. Curug Cimahi

instagram.com/haddi_fauzii

Curug Cimahi yang juga terkenal sama nama Curug Pelangi kini semakin cantik sama hiasan lampu warna-warni yang tersembunyi di belakang aliran air. Jadinya kayak pelangi yang mengalir dari tebing.

Tarif: Rp15.000,00

Tempat wisata di Bandung Ciwidey

Bukan cuma Kawah Putih yang dimiliki oleh Ciwidey. Banyak tempat wisata di Bandung, Ciwidey yang bisa dikunjungin . Berikut ini beberapa di antaranya.

41. Situ Patenggang

instagram.com/ayodolan

Kawasan Rancabali terkenal dengan kebun tehnya. Di tenga-tengahnya ada Situ Patenggang yang memesona. Di sini kita bisa piknik sambil mancing di tengah danau. Tinggal menyewa salah satu perahu yang tersedia.

Tarif: Rp18.000,00 (weekdays), Rp20.500(weekend)

42. Kawah Rengganis Cibuni

instagram.com/kaniaddestyani2

Lokasinya di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Rengganis punya kawah belerang yang bercampur sama aliran air sungai. Ga Cuma indah, air di sana juga berkhasiat banget buat kulit.

Kondisi alam di sini yang pasti lebih rindang daripada tetangganya, Kawah Putih.

Tarif: Rp5.000,00

43. Pemandian Air Panas Cimanggu

instagram.com/nasution_evi

Pemandian air panas alami ini cocok banget buat wisata keluarga atau pasangan. Terutama buat mereka yang pengen relaksasi.

Tarif: Rp16.000,00 (weekdays), Rp23.000 (weekend)

44. Glamping Lakeside
instagram.com/jesusaibisin

Satu lagi nih tempat wisata yang dipunya Rancabali, yaitu Glamping Lakeside. Berupa resort dengan panorama yang cantik di tengah hamparan kebun teh di depannya.

Spot yang paling ok di sini adalah Pinisi Resto yang ada di tepian Situ Patenggang. Bentuknya mirip dengan perahu raksasa.

Tarif: Rp20.000,00 (tiket masuk), Rp10.000,00 (deposit resto)

45. Legok Kondang Glamping
instagram.com/d.syaffrudin

Legok Kondang ini sebenarnya adalah tempat kemah yang punya konsep eksklusif. Wisatawan memang menginap di tenda, tapi tenda yang memiliki fasilitas lengkap dan kenyamanan ala hotel. Tentu saja dikelilingi alam hijau yang asri.

Tarif: sekitar Rp1.000.000,00/malam (minimal)

46. Bukit jamur

instagram.com/iki_rezki

Di daerah Rancabolang ada bukit yang pemandangannya unik banget. Dikelilingi deretan pohon cemara yang dipangkas nyerupai jamur payung.

Tarif: Gratis

47. Kebun Tanaman Obat Sari Alam
instagram.com/fitrinurdianti21

Tempat ini fungsinya untuk herborium, pusat penelitian kesehatan, dan klinik pengobatan alternatif dengan tanaman herbal. Cocok juga untuk wisata edukasi tentang TOGA.

Tarif: Gratis

Demikian tempat-tempat wisata di Bandung Ciwidey yang petut #MasBro/#MbakBro masukin ke dalam rencana liburan nanti.

Tempat wisata di Bandung untuk anak

Di antara sekian banyak tempat wisata di Bandung tentu ga sedikit yang cocok untuk anak-anak. Entah itu yang nawarin edukasi atau aktivitas fisik seru.

Ingin membawa si kecil liburan di kota kembang? Berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung yang cocok buat anak-anak.

48. Taman Kelinci Ciwidey
instagram.com/yulia_lusisari

Tempat ini disebut Ciwidey Rabbit Park, di taman ini anak-anak bisa bermain dengan aneka spesies kelinci. Anak-anak bisa diajari untuk berinteraksi dengan binatang.

Untuk memberi makan kelinci, pengunjung dikenain biaya Rp5.000,00 untuk dapatin 3 batang wortel.

Tarif: Rp15.000,00

49. Kebun Petik Strawberry

instagram.com/wapytolol

Mengajak anak dekat berdekatan sama alam dan menghargai pangan dengan memanen stroberi. Udara segar di sana cocok juga untuk aktivitas outdoor bareng keluarga.

Tarif: Gratis

50. Museum Geologi Bandung
instagram.com/_erikamrgt

Di sini adalah tempat yang paling tepat buat belajar serba-serbi sejarah umat manusia. Disertain sama sejumlah diorama dan fosil asli.

Museum Geologi Bandung buka setiap hari. Hanya aja sayangnya mereka tutup lebih cepet di hari libur.

Tarif: Rp2000.00 (pelajar), Rp3.000,00 (wisatawan umum)

51. Kebun Binatang Bandung
instagram.com/alkha_bolobolo

Biasanya anak-anak paling suka melihat aneka jenis binatang. Karena itu ga ada salahnya ngajak mereka berkunjung ke kebun binatang di Lebang Siliwangi, Coblong ini.

Tarif: Rp15.000,00 (anak-anak), Rp20.000,00 (dewasa)

52. Jendela Alam
instagram.com/dharmantodhammo

Jendela Alam berlokasi di Ledeng, Lembang. Ada banyak banget aktivitas yang bisa dijajal disini sama anak-anak. Semuanya edukatif dan nyenangin. Mulai dari workshop soal anatomi hewan, hias layang-layang, flying fox, ngiringin bebek, berkuda, panen telur, sampe bikin cincau.

Tarif: Rp15.000,00 (weekdays), Rp20.000,00 (weekend)

53. Pesona Nirwana Waterpark
instagram.com/yusufsadega92

Kayak waterpark dan waterboom pada umumnya, Pesona Nirwana juga punya macam-macam wahana air yang seru buat anak-anak.

Tarif: Rp40.000,00 (weekdays), Rp50.000,00 (weekend), Rp60.000,00 (hari raya)

54. Saung Angklung Mang Udjo
instagram.com/lanieaputri

Saung Angklung Udjo 2015 Merdeka.com/ Istimewa

Padepokan asri ini bisa jadi destinasi wisata budaya dan edukasi di mana kita bisa belajar semua hal tentang alat musik angklung.

Katanyasih ya, Saung Angklung ini merupakan pusat kesenian tradisional angklung satu-satunya. Kalo beruntung kita bisa nikmatin pertunjukan musik angklung yang dibawain sama anak-anak.

Tarif: Rp60.000,00 (weekdays), Rp75.000,00 (weekend)

55. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang
instagram.com/bandung.banget

Di sini anak-anak bisa pelajarin siklus hidup kupu-kupu dan main sama 35 spesies kupu-kupu dengan warna-warni memesona.

Tarif: Rp10.000,00

56. Taman Miniatur kereta api
instagram.com/mufitfaisal

Taman Miniatur Kereta Api Instagram/enakartika

Anak-anak pasti senang melihat langsung belasan miniatur kereta api yang tengah lakuin perjalanan.

Taman Miniatur Kereta Api lokasinya ada di kawasan Floating Market Lembang.

Tarif: Rp15.000,00 (belum termasuk tiket masuk Floating Market)

Demikian aneka tempat wisata di Bandung yang cocok banget buat anak-anak.

Tempat wisata alam di Bandung

Selain wisata kuliner dan belanja, tempat wisata di Bandung yang punya konsep alam juga populer banget di kalangan wisatawan.

Mau tahu apa saja tempat wisata di Bandung yang bisa bikin  kita ngerasa deket sama alam? Berikut ini beberapa di antaranya.

57. Curug Tilu Leuwi Opat
instagram.com/curugtiluleuwiopat

Air terjun di Ciwangun Indah Camp ini punya tipe air terjun tiga tingkat. Di sini wisatawan ga disaranin untuk berenang, karena kedalamannya mencapai 15 meter.

Tarif: Rp10.000,00

58. Gua Pawon
instagram.com/indonesia_paradise

Di Guha Pawon atau Gua Pawon, wisatawan bisa pelajarin sejarah masyarakat Sund. Situs purbakala ini ada di Gunung Masigit dan bisa jangkau dengan trekking.

Tarif: Rp10.000,00

59. Stone Garden Geopark
instagram.com/plesiran_corp

Selain Gua Pawon, di Gunung Masigit juga punya tebing-tebing kapur berselimut tumbuhan hijau yang Instagramable banget loh. Ini nih Stone Garden Geopark yang lagi hits di Instagram.

Tarif: Rp10.000,00

Nah, demikian aneka tempat wisata di Bandung yang berkonsep alam.

Tempat wisata di Bandung anti-mainstream

Mungkin #MasBro/#MbakBro merasa berlibur ke taman bermain atau wisata alam udah biasa. Kalo begitu ga ada salahnya kalo ngunjungin tempat wisata di Bandung yang nawarin konsep berbeda.

Di bawah ini beberapa rekomendasi tempat wisata kota Bandung yang bisa dibilang anti-mainstream.

60. Desa Wisata Kampung Pasir Angling
instagram.com/bandungtropic

Wisata yang ditawarkan sama Kampung Pasir Angling ini emang bukan curug atau pemandian air panas, tetapi  justru keaslian alam desa itu sendiri.

Daya tarik utama desa wisata yang satu ini bisa dibilang kearifan lokalnya. Adat istiadat dan nilai-nilai tradisionalnya yang jadiin Kampung Pasir Angling tetap terjaga.

Kita juga bisa nyaksiin pertunjukan kesenian tradisional yang dipertontonkan warga.

Tarif: Gratis

61. Rumah Halloween Bandung
instagram.com/dolsdoums10

Selfie cantik dengan latar keren tentu udah biasa. Sesekali coba foto dengan konsep horor. Pasti lebih seru. Seperti di Rumah Halloween Bandung ini. Foto bareng Sadako atau boneka Annabelle pun bisa.

Tarif: Rp25.000,00 (anak-anak), Rp50.000,00 (dewasa)

62. Bukit Gantole Cililin
instagram.com/aysr21

Tempat ini dulunya digunain untuk gantole di pesta olahraga PON XIX. Sekarang menjadi objek wisata karena pemandangannya keren.

Untuk menempuhnya #MasBro/#MbakBro harus trekking dengan medan lumayan berat dari Desa Tanjungjaya. Jarak yang harus ditempuh kira-kira 5 kilometer.

Tarif: Gratis

63. Bandros City Tour
Sumber Gambar Bandros4 juy

Kalo yang satu ini tuh tur gelilingin kota naik bus bertingkat lawas. Wisatawan bisa milih paket satu kali perjalanan atau perjalanan seharian pake lintas rute.

Tarif: Rp20.000,00-Rp40.000,00

Ini beberapa deretan tempat wisata di Bandung yang ngusung konsep anti-mainstream.

Tempat wisata di Bandung ala Jepang

Ga perlu jauh-jauh pergi ke Jepang kalo cuma pengen menikmatin sensasi liburan ala negeri sakura. Di Bandung ada beberapa tempat wisata nih yang bakal bikin pengunjung berasa ada di negeri matahari terbit.

Di bawah ini kami tampilkan dua tempat wisata di Bandung yang nawarin nuansa Jepang.

64. Kampung Jepang Kyoto (Kyotoku)
instagram.com/tourmurahbandung

Mau foto pake yukata di antara hutan bambu Sagano? Kunjungin aja tiruannya di Floating Market Lembang.

Di Kyotoku yang jadi bagian Floating Market kita bisa menyewa yukata dan foto dengan latar cantik serupa kota para geisha itu.

Tarif: Rp20.000,00 (tiket masuk), Rp175.000,00 (yukata/hanbok)

65. Villa Air Natural Resort
instagram.com/wow.abisss

Villa Air adalah resort yang nawarin vila dengan desain arsitektur ala Jepang. Vila berkonsep alami ini bisa disewa dengan tarif mulai dari Rp2.600.000,00 per malam (3 kamar tidur).

Itulah tempat-tempat wisata di Bandung yang nyuguhin nuansa Jepang

Tempat wisata di bandung ala Eropa

Bukan tanpa alasan kalo Bandung dijulukin Paris van Java. Kota ini emang punya beberapa titik yang suasananya persis sama Eropa.

Selain Jalan Braga, berikut ini ada beberapa tempat wisata lainnya di Bandung yang bernuansa Eropa.

66. Rainbow Garden

instagram.com/exploredolan.id

Rainbow Garden, salah satu tempat wisata di Bandung yang Instagramable dan banyak diburu traveler karna keindahannya. Foto di sini bakal bikin #MasBro & #MbakBro berasa piknik di antara ladang bunga Provence atau Jerman.

Untuk ngunjungin Rainbow Garden, kita cuma perlu bayar tarif masuk ke Floating Market Lembang. Soalnya area ini emang termasuk kompleks tempat wisata di Bandung.

Tarif: Rp20.000,00

67. Farmhouse susu Lembang
instagram.com/nuripanda

Tempat wisata di Bandung, yang bertempat di Lembang ini punya beberapa area yang stilenya ala-ala Eropa gitu loh. Ada Hobbiton mini yang mirip banget sama lokasi film The Lord of The Rings di Matamata, Selandia Baru, kafe klasik Eropa yang sediakan kuliner bule, dan rumah bergaya Eropa yang cantik.

Farmhouse juga nyediain aneka kostum yang bisa disewa. Ada kostum ala petani Belanda, koboi, atau Indian. Sementara tiket masuknya bisa ditukarin dengan satu cup susu segar.

Tarif: Rp20.000,00 (tiket masuk), Rp50.000,00 (sewa kostum).

68. Kampoeng Tulip
instagram.com/elindayudia

Kampoeng Tulip Bandung YouTube/Iwan Mangkoy

Beralamat di Komplek Banyu Biru Blok H No. 17, Ciwastra, Mekarjaya, Rancasari, Kampoeng Tulip ngadirin Belanda mini di area seluas 800 meter persegi.

Tarif: Rp6.000,00 (weekdays), Rp9.000,00 (weekend)

69. Kota Mini
instagram.com/beth_yakima

Kota Mini Lembang Pikiran Rakyat

Masih terhubung sama Floating Market Lembang, ada Kota Mini berisi deretan bangunan bergaya barat nih. Mulai dari perumahan, Hobbiton, rumah sakit, sampe kantor pemadam kebakaran yang mirip banget sama yang di Eropa.

Ada juga kostum tradisional Eropa yang bisa #MasBro & #MbakBro di sini.

Tarif: Rp 20.000,00

Itulah tempat wisata di Bandung yang bernuansa Eropa.

Tempat wisata di Bandung ala Korea

70. Chingu Cafe Little Seoul
instagram.com/nadiaaannisa

Nuansa Korea modern di kafe ini sangat kental. Bahkan nih ya, ada loh tiruan Dongdaemun Street di mana kita cuma bisa bertransaksi pake mata uang Won.. Yuhuuu.

Di sini juga tersedia hanbok untuk properti foto yang bisa disewa dengan tarif Rp30.000,00 per 15 menit.

Tarif: Rp50.000,00 (citypass Dongdaemun Street)

Nah, sekian deretan tempat wisata di Bandung yang lagi hits. Silakan dikunjungin salah satunya pas mampir ke kota kembang. Jangan lupa yak, siapkan budget dan segala keperluan selama di perjalanan supaya liburan jadi lebih nyaman.

Sebenarnya masih ada ratusan tempat wisata di Bandung yang belum dikupas di tulisan ini. Lain kita kita akan membahasnya lebih detail. Selamat berlibur di Bandung. [tsr]

#

Konten adalah raja
Tapi berbagi adalah ratu

#

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Sesusah apapun itu #MulaiAjaDulu
Masalah ga selesai pake menggerutu
Biarin imajinasi terbang kayak bulu
Karya nyebar kemanapun dibantu waktu

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
merdeka.com dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Sabtu tanggal 26 Januari 2019

Comments

Leave a Reply