Liburan Tlah Tiba Hore!!! 72++ Tempat Wisata di Jogja yang Paling Rame Saat Tanggal Merah

Salam #MasBro & #MbakBro

Liburan tahun ini rencana kemana?

Tanggal merah udah ambil cuti?

Suka traveling dalam negeri ato luar?

Ngapain keluar negeri, yok didala, negeri banyak banyak tujuan pergi nih.

Sekarang ada banyak tempat wisata di Jogja yang baru-baru ini bermunculan bahkan selalu hits diomongin di social media.

Mulai dari wisata alam, Kuliner, sampe tempat bersejarah hingga even menarik selalu jadi dambaan buat para traveller di kota manapun.

liburan tempat wisata di jogja tanggal merah wisatania,com
Sumber Gambar wisatania,com

Tradisi, budaya hingga dinamika modern dapat #MasBro & MbakBro temuin di kota Gudeg ini. Ada masyarakat yang selalu memegang budaya lokal, ada pelajar dari sabang hingga merauke yang mencari ilmu, dan ada kesultanan yang selalu pertahanin tradisi hingga sekarang. Wajar banget kalo kota ini jadi wilayah istimewah di Indonesia.

Even kota dengan julukan kota Gudeg ini identik banget dengan Malioboro, Candi Prambanan, Keraton, Merapi dan deretan pantai di Gunung Kidul, ternyata ada banyak tempat-tempat wisata Jogja yang baru dibuka dan langsung hits di media sosial.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah 76 daftar rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta terbaru dan paling hits dikunjungi wisatawan:.

1. Bukit Mojo Gumelem

Wisata Terbaru Bukit Mojo Gumelem Jogja

Bukit Mojo Gumelem itu sendiri adalah tempat wisata baru yang tempatnya ada di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Tempat wisata ini nyajiin pemandangan alam yang luar biasa.  Salah satu spot yang unik nih untuk instagramable adalah bentuk gardu pandangnya yang menyerupai sarang burung dan spot foto bunga matahari.

Menariknya lagi, dalam jangka waktu empat bulan akan ada penggantian ikon spot selfie sehingga #MasBro & MbakBro ga akan merasa bosan.

2. Watu Goyang Mangunan

Wisata Baru Watu Goyang Mangunan Jogja
Photo by @reyna_dwiahadjo

Beda dari spot unik yang bervariasi di Bukit Mojo Gumelem, spot foto di Watu Goyang Mangunan bentuknya helikopter lucu denga warna hijau army ala militer.

Objek wisata ini baru dibuka pada awal bulan Maret 2017 dan sukses menyedot perhatian wisatawan karna keunikan dan keindahan alamnya.

Ada juga spot menarik lainnya yaitu sebuah batu besar yang berada di tepi jurang, yang digunain untuk menikmati panorama alam.  Batu besar inilah yang disebut dengan Watu Goyang.

3. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Hits Seribu Batu Songgo Langit Jogja
Photo by @hr.s.dirya

Spot wisata unik yang satu ini nyajiin suasana yang berbeda dengan bentuk rumah kecil ala rumah Hobbit.

Tempatnya ada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlongo, Bantul, Yogyakarta.

Pas sampe ke lokasi ini #MasBro / #MbakBro akan disuguhi suasana alam di hutan pinus yang menenangkan.

Selain rumah Hobbit ada banyak spot foto lainnya yang bisa dijadiin latar belakang saat berfoto.  Mulai dari jembatan kayu yang hubungin pepohonan hingga gardu pandang.

Di lokasi wisata yang satu ini juga terdapat arena flying fox yang cukup memicu adrenalin.

4. The World Landmarks Merapi Park

Wisata The World Landmarks Merapi Park Sleman Jogja
Photo by @mommy_fabio_alvaro

Terletak di kawasan wisata Kaliurang tepatnya di depan Museum Gunung Merapi, spot wisata terbaru yang satu ini nyajiin suasana yang berbeda.

Dengan beberapa miniatur bangunan khas dari berbagai negara #MasBro / #MbakBro bisa dapetin foto-foto yang menarik berlatar bangunan khas negara lain.

5. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Wisata Hutan Mangrove Pasir Kadilangu Kulonprogo DIY
Photo by @priliana_handayani

Jika di lereng Merapi ada The World Landmarks, maka di Kulonprogo, Yogyakarta ada Hutan Mangrove Pasir Kadilangu yang nyajiin spot cantik Menara Eifel di Paris yang terbuat dari bambu.

Ada lagi nih spot foto lainnya yang ga kalah menarik, seperti pura dan juga lorong Hexagonal yang unik.

6. Hutan Mangrove dan Pantai Baros.

@davd.hermawan

#MasBro / #MbakBro bisa nikmatin wisata ekosistem hutan Mangrove yang tumbuh lebat di rawa-rawa berair payau di Bantul. Ekosistem Mangrove di tempat ini sebagai upaya penyelamatan muara sungai Opak. Usaha itu patut diacungi jempol karna berhasil hubungin  hutan bakau yang sebelumnya diprediksi ga dapat tumbuh dengan kondisi tanah dan lingkungan yang ga memenuhi persyaratan. Setelah #MasBro / #MbakBro melewati jalan Mangrove, #MasBro / #MbakBro disuguhin pantai Baros.

7. Ayunan Langit Waturajan

Photo by @lindasusisusanti

Baru dan resmi dibuka pada bulan Juni 2017, wisatawan bisa cobain  Ayunan Langit Waturajan yang terletak di Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo.

Spot tempat wisata unik ini menantang banget untuk para pengunjung, karna bisa menguji adrenalin dengan barayun di ketinggian sekitar 600 Mdpl.

Pasti akan sangat nyenangin dengan sensasinya yang bikin deg-degan.

8. The Lost World Castle Cangkringan

Wisata Baru The Lost World Castle Cangkringan Jogja

Objek wisata Yogyakarta yang satu ini baru dibuka sejak Maret 2017 dan udah sangat populer karna banyak foto-fotonya yang dibagiin di media sosial.

Spot unik ini dulu disebut Benteng Takeshi lokasinya ada di kawasan Kaliurang di kaki Gunung Merapi.  Tepatnya di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.

Selain itu #MasBro / #MbakBro bisa ngerasain hawa sejuk pegunungan yang menenangkan, kemegahan gunung juga terlihat jelas jika cuaca cerah.

Di kawasan wisata ini ada banyak spot unik yang bisa diabadiin dalam foto, salah satunya spot awan yang akan membuat pengunjung seolah berada di atas awan.

Demikian juga dengan spot sayap emas yang menarik, dan tentu aja sebuah tangga tinggi dengan tulisan “gerbang menuju surga”.

Belum lagi ada juga replika dinosaurus yang tergeletak di perkemahan suku Indian.  Wah, dijamin seru banget!

9. Pantai Ngelambor.

Sumber Gambar @pantai_nglambor

Di sini #MasBro / #MbakBro ga hanya bisa berwisata berenang, #MasBro / #MbakBro bisa mencoba aktivitas snorkeling. Pantai ini terletak di Gunungkidul. Tentu #MasBro / #MbakBro bisa lihat indahnya kehidupan di bawah laut di tempat ini. Melihat ikan dan juga terumbu karang. #MasBro / #MbakBro ga perlu takut diterpa ombak besar, karna dibetengi oleh dua terumbu karang yang besar. Di sini ombaknya pelan, bikin terumbu karang di sini tumbuh dengan subur. Even tempat ini udah ramai banget dikunjungi wisatawan, kondisi Pantai Ngelambor masih alami dan bersih.

10. Rumah Indian Dlingo.

Sumber Gambar Dok.Phinemo

Rumah Indian Dlingo yang berlokasi di dalam Hutan Pinus Pengger ini nawarin kecantikan Kota Jogja dari ketinggian. Panoramanya juga makin memukau kalo #MasBro / #MbakBro berkunjung pas malam hari. Di sini, juga ada rumah-rumah yang mirip dengan rumah Suku Indian yang langsung mengarah ke hamparan luas lanskap Kota Jogja. Pasti, #MasBro / #MbakBro ingin ngabisin malam lebih lama di sini bersama teman, terlebih dengan pasangan.

11. Kampung Teletubbies.

Sumber Gambar @wonderfulsleman.id

Ini destinasi wisata terbaru di Yogyakarta yaitu Desa Wisata Rumah Domes. Desa wisata Rumah Domes ini adanya di Dusun New Ngelepen, Sengir, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Rupanya, warna-warni cat dari semua bangunan itu di sponsori oleh Avian Brands, selaku produsen Cat Tanah Air dalam jalanin tanggung jawab dan kepeduliannya terhadap pertumbuhan pariwisata di Indonesia.

Sebanyak 80 rumah warga di Desa Wisata Rumah Domes diwarnai gunain No Drop Cat pelapis Anti Bocor. Dengan menghadirkan suasana berwarna-warni designer tempat ini  berharap dapat membuat wisatawan nyaman dengan keindahan yang ada.

12. Hutan Pinus Pengger

Wisata Hutan Pinus Pengger Jogja
Photo by @rimbaartventure

Satu lagi tempat wisata Yogyakarta yang sedang naik daun nih sekarang, yaitu Hutan Pinus Pengger yang berada di Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Objek wisata yang satu ini nyajiin pemandangan alam yang begitu mempesona di atas ketinggia dengan spot unik berbentuk tangan raksasa yang seolah akan menangkap pengunjung.

Hawa sejuk dan suasananya yang romantis begitu kental di sini, bikin siapapun yang datang ke sini enggan beranjak deh.

13. Upside Down World

Photo by @eratnak

Apa jadinya jika dunia ini terbalik, gimana kita akan mijakin kaki ke bumi?  Pasti ribet kan?  Tapi ada satu tempat wisata menarik nih yang bisa dikunjungi pas liburan ke Yogyakarta.

Tempat dimana dunia akan terasa terbalik, yaitu di Upside Down World yang udah resmi dibuka sejak bulan Juli 2016.

Tempat wisata unik yang satu ini lokasinya ada di Jalan Ringroad Utara No. 18 Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Sama halnya kayak Upside Down World di bali atau di bandung, ada banyak ruangan yang disetting sedemikian rupa sehingga #MasBro / #MbakBro bisa berfoto dalam pose-pose yang unik, seolah sedang terbalik.

Tempat wisata hits ini bukanya tiap hari Senin-Minggu mulai pukul 10.00-19 WIB.

14. De Mata Trick Eye Museum

Photo by @ainakurniajs

Objek wisata ini letaknya ada di lantai dasar Gedung Umar Kayam, Pasar seni XT-Square, Yogyakarta.

nyajiin pemandangan 3 dimensi yang terlihat begitu nyata sehingga #MasBro / #MbakBro bisa berfoto dengan latar belakang gambar yang seolah nyata.  Sebuah tipuan mata yang sangat luar biasa.

Di lokasi wisata ini terdapat wahana baru bernama D’walik yang nampilin beberapa ruangan dengan konsep terbalik.

15. Jogja Bay Water Park

Photo by @galaxykyung

Jogja Bay Water Park lokasinya di Desa Maguwoharjo, tepatnya di sebelah utara Stadion Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tempat rekreasi ini mulai dibuka sejak tahun 2016 dan disebut-sebut bakal jadi salah satu waterboom terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Kalo penasaran kan seperti apa wahana permaian dan fasilitas di dalamnya?  Dengan luas lahan yang mencapai 7,7 hektare bisa dibayangin dong yah berapa banyak wahana seru yang bisa dicoba oleh pengunjung.

Setidaknya udah di sediain ada 7 slider untuk dewasa yang bisa memicu adrenalin.

Selain itu ada juga Kula Playpool buat berenang santai, sementara Hip Playground bisa kalo pilihan tepat bagi keluarga yang membawa si kecil.

Ada juga kolam arus dan kolam ombak dengan permainan seru “How to survive in Tsunami and Earthquake” ombak yang sangat keras pada wahana ini cukup menegangkan, tapi ga perlu khawatir karna permainan ini udah teruji keamanannya.

16. Rumah Paris.

Sumber Gambar @rumahparis

Inget ga sama salah satu video klip Sheila on 7 untuk lagu Lapang Dada? Di sinilah lokasi syutingnya, Sobat Brilio. Disebut Rumah Paris karna dekorasinya mirip rumah-rumah di Eropa. Fungsinya sih sebagai penginapan tapi sudut-sudut area bangunan bisa manfaatin untuk foto pre-wedding atau berfoto ala-ala kekinian gitu. Selain penginapan, pengelola Rumah Paris juga nyediain fasilitas breakfast untuk pengunjung yang menginap.

Buat #MasBro / #MbakBro yang pengen banget ke sini, lokasi Rumah Paris ada di Jalan Parangtritis Km. 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Rutenya dari pusat Kota Jogja seperti Malioboro, ke arah Jalan Parangtritis, lalu menuju Tembi. Terus tinggal tanya aja alamat persis Rumah Paris.

17. Tebing Breksi

Photo by @fennywijanarko

Terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Tebing Breksi nawarin sensasi liburan yang berbeda dengan spot foto yang unik.

Area ini  adalah tebing yang dulunya pernah jadi bekas penambangan batu kapur ini membentuk guratan-guratan unik pada tebingnya jadi terlihat indah dan menarik.

Ada banyak banget spot foto yang bisa #MasBro / #MbakBro dipilih untuk hasil foto terbaik yang keren, salah satunya adalah ukiran wayang dan bentuk naga yang menempel di salah satu sisi tebing.

18. Pantai Timang.

Sumber Gambar @jogja_jalanjalan

Pantai ini terkenal banget sama ciri khas pesona yang indah dan keren. Tepatnya di Tepus, Gunungkidul ini punya gondola yang menantang banget adrenalin kita. Pantai ini terkenal banget loh sampe ke Negara Korea Selatan, bahkan salah satu variety show SBS sampe sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati tantangan adrenalin dari gondola pantai Timang. Selain gondola #MasBro / #MbakBro akan disuguhin dengan suasana yang seru, pemandangan yang indah. Patinya #MasBro / #MbakBro bakal puas bermain dan berlibur di sini.

19. Pantai Sundak.

Sumber Gambar @rimrrdly

foto: liputan6.com

Gunungkidul punya banyak stok pantai yang indah salah satunya Pantai Sundak. Pantai sundak punya pasir yang putih dan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan. Selain pasirnya yang putih, air di Pantai Sundak ini juga jernih banget dan banyak para wisatawan berenang di sini. Di sepanjang pantai yang terletak di Tepus ini, #MasBro / #MbakBro bisa diriin tenda untuk berkemah dan bercengkrama dengan rekanmu.

20. Queen Of South Resort.

Sumber Gambar ventiindiani.blogspot.com

Mau piknik ke tempat eksotis dan terkesan wah? Dateng aja ke Queen Of South Resort. Di resort yang letaknya di kawasan Pantai Parangtritis ini, #MasBro / #MbakBro nih menikmati keindahan sunset. View-nya tuh ga kalah cantik sama Bali, kok.

Kalo #MasBro / #MbakBro mau menikmati sunset di sini, ga perlu nginep di resort. Tapi kalo di sini #MasBro / #MbakBro wajib bayar untuk bisa nikmati keindahan alam tersebut. Di kawasan ini juga ada yang jual minuman sama cemilan loh.

Untuk sampe ke lokasi ini terbilang gampang. Dari Malioboro #MasBro / #MbakBro ambil rute ke Jalan Parangtritis. Ikuti aja jalan sampe pantai Parangtritis. Seenggaknya waktu yang #MasBro / #MbakBro butuhin dari pusat kota ke resort ini adalah sekitar satu jam.

21. Kalibiru

Wisata Kalibiru Kulonprogo DIY
Photo by @ikaputri.taha

Terletak di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Kalibiru menjadi destinasi wisata yang banyak menarik perhatian wisatawan karna pesona dan keindahannya.

Dari atas gardu pandang #MasBro / #MbakBro bisa berfoto dan ninmatin suasana alam di perbukitan dengan view Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh nan eksotis.

22. Puncak Kosakora

Photo by @iskalator

Puncak Kosakora ada di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul dan jadi salah satu spot foto favorit yang banyak dikunjungi sama wisatawan.

Perbukitan hijau dengan view pantai biru itu jadi pemandangan alam yang keren banget untuk di nikmatin.

23. Tegalarum Adventure Park

Photo by @tegalarum_adventure

Tempat wisata petualangan ini ada di Desa Wisata Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Berbagai petualangan seru bisa #MasBro / #MbakBro jajalin untuk menguji adrenalinmu di sini, mulai dari kegiatan outbound, super flying fox, river tubing, body rafting dan juga fun trail and ATV.

Bagi anak-anak, ada disediain juga fasilitas playground yang keamanannya lebih terjamin dengan duck river dan permainan tubing khusus anak-anak.

24. Stonehenge Cangkringan

Photo by @deavy.ds

Ga perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melihat peninggalan jaman prasejarah Stonehenge, karna di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman pun ada wisata sejenis yang tak kalah menarik.  Dan tentu aja lebih aman di kantong.

Meskipun buatan tangan, namun tetap aja tampilan Stonehenge Cangkringan menjadi saya tarik tersendiri yang memikat wisatawan.

25. Gumuk Pasir

Wisata Gumuk Pasir Bantul Yogyakarta
Photo by @ilman.hnf

Jika bosan berselancar di air, cobain deh sensasi berselancar di gumuk pasir, Parangkusumo yang terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Selain berselancar atau sandboarding, berburu panorama unik untuk berfoto juga tak kalah nyenengin untuk dilakuin di area berpasir lembut ini.

26. Pemandian Air Panas Parangwedang

Ingin menikmati sensasi pemandian air panas di Jogja?  Datang aja ke Pemandian Air Panas Parangwedang yang terletak di area Pantai Parangtritis.

Pemandian air panas ini muncul karna pertemuan dari dua buah lempeng.

Meskipun kandungan mineral pada air panas ini cukup tinggi namun uniknya air di pemandian ini ga mengandung belerang seperti halnya sumber air panas dari pegunungan.

Pemandian ini banyak dimanfaatin untuk terapi pengobatan seperti penyakit kulit, reumatik dan juga stroke.

27. Candi Prambanan

Pemandangan Cantik Candi Prambanan Jogja
Photo by @djamal_udien

Candi Prambanan lokasinya di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia ini dibangun pada abad ke-9 Masehi dan menjadi salah satu ikon wisata di Yogyakarta yang sangat tersohor hingga ke mancanegara.

Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO ini bisa jadi alternatif pilihan wisata yang menarik buat dikunjungi saat liburan.

Selain bisa menjelajahi candi yang nyimpan banyak banget sejarah masalampau, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan sendratari Ramayana yang sangat memukau.

28. Malioboro

Wisata Malioboro Jogja Kota
Photo by @gracetambinata

Mengunjungi Wisata Yogyakarta ga akan lengkap sebelum mengunjungi Maliboro yang ikonik sebagai pusat perbelanjaan di kota Yogyakarta.

Selain bisa jalan-jalan dan membeli aneka kerajinan tangan khas Jogja, #MasBro & MbakBro juga bisa duduk dan bersantai di bangku-bangku taman yang tertata rapi di sepanjang jalur pedestrian.

Mencicipi hidangan khas Jogja bisa dilakuin di beberapa warung lesehan yang ada di sekitar Jalan Malioboro sembari menikmati alunan musik para seniman Malioboro.

Mumpung lagi di Malioboro, sempetin deh buat nyicipin uniknya rasa kopi Joss di angkringan Lik Man yang legendaris atau singgah sejenak di Tugu Jogja dan berfoto dengan backgroud Tugu Jogja yang ikonik.

29. Museum Benteng Vredeburg

Obyek Museum Benteng Vredeburg Kota Jogja
Photo by @zhya_azmee

Ga begitu jauh dari kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo, wisatawan bisa datengin Museum Benteng Vredeburg yang bersejarah.  Tepatnya di Jalan Ahmad Yani No. 6, Yogyakarta.

Museum ini merupakan bangunan peninggalan Belanda yang difungsiin sebagai benteng untuk melindungi Keraton.

Meskipun begitu, tujuan sebenarnya adalah untuk gampangin pihak Belanda dalam mengawasi dan mengontrol aktivitas di Keraton Yogyakarta.

Museum ini buka tiap hari Selasa-Minggu dari pukul 07.30-16.00 WIB.  Ada banyak koleksi foto dan diorama yang ditampilin secara artistik sehingga terlihat menarik dan seolah nyata.

Mengunjungi museum ini bisa menjadi media untuk mempelajari sejarah bangsa sekaligus numbuhin semangat nasionalisme di era yang serba instan saat ini.

30. Keraton Yogyakarta

Wisata Keraton Daerah Istimewah Yogyakarta
Photo by @azwar.aslam

Sebagai simbol utama kota Yogyakarta, berwisata ke kota Gudheg ini tentu ga akan sempurna tanpa singgah ke Keraton Yogyakarta.

Simbol-simbol tradisi dan budaya Jawa kental banget disini menyambut kedatangan wisatawan dengan bangunan joglo dan pendhopo yang khas.

Di kawasan wisata Keraton ini #MasBro & MbakBro bisa mengenal lebih jauh tentang budaya Jawa melalui berbagai peninggalan bersejarah yang ada di museumnya.

Ada kereta kencana, gamelan hingga beberapa pusaka dan foto-foto para Sultan yang pernah memimpin Yogyakarta.

31. Taman Sari

Photo by @jogjaku

Taman Sari yang lokasinya di Jalan Taman, Keraton, Yogyakarta.  Objek wisata yang punya nilai sejarah dan budaya ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Ada tiga nih kolam pemandian di Taman Sari, yaitu Umbul Panguras yang dulu dikhususkan buat Raja, Umbul Pamuncar buat selir dan juga Umbul Kawitan buat para putra-puti Raja.

Pemandangan di Taman Sari yang begitu mempesona dengan bangunan khas juga banyak ornamen menarik.

Di tempat ini juga ada Gerbang Agung yang masih kokoh berdiri dengan ornamen bunga dan sayap yang dominan.

Konon gerbang ini digunain sebagai pintu masuk bagi keluarga Sultan yang ingin memasuki Kolam Pemandian Taman Sari.

Ada juga area Pesanggrahan yang digunain Sultan untuk bersemedi sekaligus mengatur strategi untuk menjaga kedaulatan Keraton.  Sementara di pelataran yang cukup luas bisa dipakai sebagai area untuk berlatih pedang buat para prajurit.

Masih di kawasan Taman Sari, #MasBro / #MbakBro bisa lanjutin perjalanan untuk mengunjungi Sumur Gemuling dan Gedung Kenongo dengan melewati Tajug, yaitu lorong bawah tanah yang pada zamannya digunain untuk mengantisipasi keadaan genting.

Sumur Gemuling sendiri merupakan masjid bawah tanah dengan arstektur unik sementara Gedung Kenongo difungsiin sebagai tempat untuk bersantap bagi Raja.

32. Alun-Alun Kidul

Wisata Alun-Alun Kidul Jogja
Photo by @b271196

Penataan tempat Keraton, alun-alun, masjid dan juga pasar menjadi elemen penting yang sangat diperhitungin sebagai pusat pemerintahan, ibadah, dan juga kegiatan ekonomi.

Keraton punya dua alun-alun yaitu Alun-alun Lor dan Alun-alun Kidul yang ada di belakang Keraton.

Keberadaan alun-alun di selatan keraton memiliki makna filosofi agar keraton ga terlihat membelakangi Laut Selatan.

Alun-alun Kidul menjadi destinasi favorit para wisatawan karna keunikan dan daya tariknya yang khas.

Di lokasi ini #MasBro / #MbakBro bisa cobain sensasi masuk diantara dua pohon beringin atau dikenal dengan istilah “Masangin”.

Terlihat sangat sepele, namun ga semua orang bisa berjalan lurus melewati dua pohon beringin ini dengan mata tertutup.

Konon katanya katanya sih cuma orang-orang tertentu dengan hati bersih yang bisa lewatin tantangan ini tanpa kendala.

Makna filosofi yang bisa dipetik dari permainan ini adalah bahwa untuk mencapai tujuan hidup yang diinginin maka diperluin kerja keras dan juga hati yang tulus.

Selain lakuin kegiatan Masangin, #MasBro / #MbakBro juga bisa menikmati suasana malam dengan mencoba sepeda tandem atau odong-odong aneka warna yang meriah.

Lelah mengayuh sepeda, cobalah untuk mencicipi wedang ronde yang ampuh untuk hangatin badan dan jagung bakar aneka rasa.

Kalo masih kurang, #MasBro / #MbakBro bisa sekalian pesan roti bakar dan juga wedang bajigur untuk menemani obrolan santai sampe malam.

Buat yang betah “melek” bisa sekalian nonton pertunjukan wayang kulit di Sasono Hinggil Dwi Abad yang digelar rutin setiap hari Sabtu pada minggu kedua.

33. Taman Pelangi

Wisata Taman Pelangi Sleman Yogyakarta
Photo by@nnrilia

Tempat wisata ini lokasinya ada di kawasan Monumen Jogja Kembali, Jalan Lingkar Utara, Yogyakarta.

Kalo di pagi hari #MasBro / #MbakBro bisa jelajahin Museum Jogja Kembali, nah.. kalo di sore hari #MasBro / #MbakBro bisa menjelajahi Taman Pelangi yang unik.

Objek wisata ini buka setiap pukul 17.00-23.00 WIB dan nyajiin pemandangan warna-warni lampion yang indah bak pelangi di malam hari.

Aneka macam lampion dengan berbagai bentuk dan design bikin makin menarik untuk dinikmati dengan tataan yang artistik.

Selain nikmatin keindahan lampion, #MasBro / #MbakBro juga bisa cobain sensasi permainan seru yang disediain di sini.

Permainannya lumayan banyak. Dari perahu dayung, trampoline, bola air, speed boat, bom bom car, becak mini dan banyak lagi permainan seru lainnya.

Bagi #MasBro / #MbakBro yang ingin mencoba uji nyali, bisa menjelajahi Puri Hantu yang nyajiin suasana menyeramkan.

Kalo capek berkeliling dan bermain, #MasBro / #MbakBro bisa menutupnya dengan nikmatin menu hidangan lezat di food court yang ada di kawasan ini.

34. De Arca Statue Museum

Destinasi De Arca Statue Museum Jogja
Photo by @inad.nadia

Terletak di XT Square, Jalan Veteran, Pandeyan, Yogyakarta, De Arca Statue Museum nawarin pengalaman liburan yang seru dengan nampilin patung sejumlah tokoh ternama dunia yang bisa diajak foto bareng.

Ada beberapa zona nih yang bisa #MasBro / #MbakBro kunjungi, yaitu zona tokoh nasional yang terdiri dari patung para pahlawan kemerdekaan seperti Cut Nyak Dien, RA. Kartini, dan pahlawan lainnya hingga maestro lukis Affandi.

Nah, di zona presiden dunia #MasBro / #MbakBro akan menjumpai patung dari presiden Ir. Soekarno, BJ. Habibie, Megawati, Ratu Elizabeth hingga Barack Obama.

Sedangkan pada zona tokoh dunia, wisatawan akan diajak untuk nyaksiin karakter film terkenal semacam Hulk, Thor, Spiderman dalam balutan pakaian Jawa, hingga Albert Enstein dan Kapten Bajak Laut Jack Sparrow.

Terus ada juga sosok Christiano Ronaldo, Michael Jackson, Hittler, hingga Dalai Lama dan tokoh terkenal lainnya.

Kayak halnya museum Patung Lilin Madam Thussaud, patung-patung karya seniman Jogja Dunadi ini juga dibuat semirip banget dengan aslinya.

Agak beda dengan bahan lilin pada museum Madam Thussaud, patung di museum ini terbuat dari resin atau getah tumbuhan tertentu yang lebih sesuai dengan iklim Jogja.  Objek wisata ini juga buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

35. Taman Pintar

Wisata Taman Pintar Yogyakarta
Photo by @yuliningsih17

Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini bisa jadi pilihan yang paling tepat buat #MasBro / #MbakBro yang mau punya pengalaman wisata dengan muatan edukasi yang cukup lengkap.

Lokasinya ada di Jalan Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, tempat wisata ini jarak masih berdekatan dengan Benteng Vredeburg.  Objek wisata edukasi ini selalu buka setiap hari Selasa-Minggu pada pukul 09.00-16.00 WIB.

Disini ada banyak permainan seru yang penuh sama nilai-nilai edukasi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Selain Parabola berbisik, dan Pipa Bercerita, di lokasi wisata ini juga ada Cakram Spektrum Menari, Sitem Katrol, hingga Rumah Pohon dan Istana Pasir yang menarik dan unik baget.

Selain itu masih banyak lagi nih wahana yang bakal nambah pengetahuan anak-anak terutama tentang sains dan teknologi.  Berwisata sembari belajar sains?  Ke Taman Pintar aja!

36. Taman Gumuk Pasir Parangkusumo.

Sumber Gambar @tamangumukpasir

Puas kenyang makan sate kambing yang paling enak se-Asia Tenggara, nikmati pemandangan senja yang indah di Taman Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata yang terletak di antara Pantai Depok dan Parangtritis ini nyajiin pemandangan bak padang pasir di Timur Tengah. Gundukan pasir ini terbentuk atau berasal dari material abu Vulkanik Gunung Merapi yang kebawa sama aliran Sungai Opak, Sungai Progo, dan sungai-sungai yang ada di Jogja, yang semuanya menuju ke Pantai Parangtritis.

37. Kebun Binatang Gembira Loka

Photo by @areajogja

Menjelajahi alam sembari nyaksiin berbagai tingkah satwa yang cukup beragam bisa dilakuin di Kebun Binatang Gembira Loka.

Di sini ada banyak koleksi satwa dan di kebun binatang ini dari gajah, unta, orang utan, harimau, kudanil dan berbagai satwa lainnya.

Suasana kebun binatang di sini sangat teduh dengan pepohonan rindang membuat #MasBro / #MbakBro makin ngerasa betah dan nyaman untuk menjelajahi area kebun binatang yang cukup luas ini.

Selain nyaksiin aneka satwa, #MasBro / #MbakBro juga bisa melakuin kegiatan seru lainnya seperti naik skuter air, ATV, perahu senggol, terapi ikan, perahu kayuh, menunggang gajah atau unta dan nyaksiin pertunjukan satwa lucu yang menghibur.

Tentu aja ada burung kakatua yang pandai berhitung dan orang utan naik sepeda akan menambah pengalaman liburanmu.

38. Candi Ratu Boko

Tempat Wisata Candi Ratu Boko Jogja
Photo by @arfhaahmad

Situs bersejarah Candi Ratu Boko berada di kawasan seluas 25 hektare yang memiliki ciri khas unik karna maduin  gaya arsitektur Budha dan Hindu.

Letaknya cuma sekitar 3 km ke arah selatan dari Kompleks Candi Prambanan.

Berbeda sama konsep candi lainnya, bentuk bangunan di area Candi Ratu Boko lebih menyerupai sebuah istana meksipun letaknya di atas bukit.

Di sebelah kiri gapura terdapat candi pembakaran yang dahulu difungsiin sebagai altar untuk kremasi.  Di lokasi ini juga ada pendopo, paseban, kolam, keputren, sumur suci dan juga goa.

39. Candi Ijo

Tempat Wisata Candi Ijo Jogja
Photo by @meilinakharima

Ada di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Candi Ijo merupakan bangunan candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta.

Keberadaan candi inilah yang membuat Bandara Adisucipto ga bisa diperpanjang ke arah timur.  Berada di lokasi ini, #MasBro / #MbakBro akan dimanjain dengan suasana alam yang asri dan sejuk dengan pemandangan candi yang bertebaran sehingga semakin menarik untuk dijelajahi.

Banyak karya seni pahatan yang terlukis di bangunan candi seakan-akan mengajak pengunjung untuk bisa nafsirin pesan moral yang tergambar di dalamnya.

40. Makam Raja Imogiri

Wisata Makam Raja Imogiri Bantul Jogja
Photo by @rhadamaasamirga

Pasarean Imogiri adalah kompleks pemakaman Raja-raja dari Kasultanan Mataram, lokasinya sih di desa Ginirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Tempat pemakaman yang disakralin ini telah dibangun sejak tahun 1632, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Agung Mataram III, Sultan Prabu Hanyokrokusumo.

Sejak Kasultanan Mataram pecah jadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta, makamnya juga mengalami pemecahan.

Pada sisi sebelah barat digunain untuk pemakaman raja-raja dari Kasunanan Surakarta sementara pada sisi sebelah timur untuk pemakaman raja-raja dari Kasultanan Yogyakarta.

41. Goa Cerme

Tempat Wisata Alam Goa Cerme Jogja
Photo by @yonas.ak

Goa Cerem letaknya di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Selain keindahan goa yang eksotis dengan stalaktit dan stalakmitnya, goa ini juga memiliki nilai sejarah karna konon menjadi tempat bertemunya para wali untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak.

Panjangnya itu mencapai 1,5 km, #MasBro / #MbakBro bisa coba nyusuri goa yang cukup menantang ini dengan kondisi goa yang agak lembab.

Keberadaan dari sungai bawah tanah yang jernih juga udah jadi daya tarik tersendiri yang bisa dinikmati sama pengunjung.

Namun begitu, waktu terbaik untuk mengunjungi goa ini adalah pada musim kemarau, karna di musim hujan ketinggian air di dalam goa akan mengalami peningkatan sehingga lebih beresiko.

Kao mau menyusuri goa baiknya sih meminta pendampingan dari pemandu lokal dengan biaya tertentu.

42. Sindu Kusuma Edupark

Tempat Wisata Sindu Kusuma Edupark Jogja
Photo by @ummi_es

Berada di Jalan Magelang Km 2 atau Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, Sindu Kusuma Edupark nawarin pengalaman rekreasi yang seru dan menyenangkan.

Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba, seperti Cakra Manggilingan, Sepur Cilik, Roda Mabur, Roti Puter, Cleret Gandul dan berbagai permaianan seru lainnya dengan istilah unik khas Jawa yang cukup menggelitik.

Tempat Populer di Jogja

Wah, ternyata banyak juga ya wisata Yogyakarta yang baru dibuka dan udah sangat populer di media sosial.

Mau tau juga dong apa aja destinasi wisata Jogja yang sedang hits di jejaring sosial saat ini? Ternyata provinsi gelarnya istimewa ini punya banyak banget spot menarik. Ternyata diantaranya yang mempromosikannya itu adalah treveler Instagram.

Nah, langsung aja yuk, kita simak kita lihat ulasan tempat wisata Jogja yang kekinian dan Instagramable di bawah ini.

43. The World Landmarks Merapi Park

The World Landmarks Merapi Park Instagram/vidgramwithliston

Satu lagi Surga spot selfie kekinian adanya di kilometer 25 Jalan Kaliurang, Desa Pakembinagun, Kabupaten Sleman. Di tempat ini ada berbagai miniatur landmark dari seluruh belahan dunia. Spot yang paling populer tentu aja Menara Eiffel-nya.

Tarif: Rp15.000,00

44. The Brick Cafe.

Sumber Gambar cafebrickjogja

Jogja masih memiliki destinasi lain yang tak kalah menarik untuk #MasBro / #MbakBro sambangi dan abadiin dalam lensa kamera, namanya The Brick Cafe. Destinasi yang satu ini merupakan sebuah kafe yang dibangun dengan konsep vintage yang menarik banget. Berlokasi di Jalan Damai No. 8, Yogyakarta, The Brick Cafe juga menawarin menu-menu ala Eropa yang kelezatannya tak perlu diraguin lagi. Belum lagi sama interior di dalam ruangannya yang unik dan nyentrik.

45. Transmart Carrefour Maguwo

Trans Studio Mini Maguwo Instagram/transstudiomini_maguwo

Inilah tempat wisata belanja yang hadirin berbagai jenis hiburan dalam satu kawasan. Ga cuma tempat shopping dan makan-makan, di sini juga ada Trans Studio Mini dan bioskop CGV.

Biaya masuk ke tempat ini gratis. Tetapi #MasBro & #MbakBro akan dikenain biaya untuk deposit card dengan saldo minimal Rp50.000,00 untuk menikmati wahana Trans Studio Mini. Sementara tiket masuk bioskop berkisar Rp35.000,00-Rp85.000,00.

Tarif: Gratis

46. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Instagram/laeli_dwi

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini #MasBro & #MbakBro berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalo sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar.

Buat #MasBro / #MbakBro yang malas snorkeling pun Nglambor tetap mempesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampe sore deh pokoknya.

Tarif:Rp5.000,00 (tiket masuk), Rp30.000,00-Rp50.000,00 (snorkeling)

47. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark Liburmulu.com

Ini kompleks wahana air di atas lahan seluas 7,7 hektar, komplek ini mengusung konsep bajak laut. Selain berbagai wahana air, di sini juga diadain pertunjukan bertema bajak laut.

Wajib ain foto dengan latar kapal bajak laut kalo berkesempatan liburan di sini.

Tarif: Rp60.000,00 (anak-anak), Rp90.000,00 (dewasa)

48. World of Magic.

Sumber Gambar brilio.net

Pertunjukan sulap selalu bikin penonton terpukau karna seolah punya ilmu sihir. Padahal, semuanya hanyalah trik semata. Nah, di Yogyakarta ada tempat wisata baru nih, yang bertema World of Magic. Di rumah sulap ini #MasBro / #MbakBro ga cuma berwisata sambil selfie, tapi juga bisa ngebongkar semua trik sulap. Yuk telusuri setiap wahana yang ada.

World of Magic yang lokasinya di Jalan Magelang memiliki 8 ruangan yaitu interaktif room, cafe room, levitation room, colorful room, romantic room, live show, play ground, dan souvenir room. Wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 10 pagi sampe 6 sore. Pastiin ajak teman atau keluarga kalo mau main ke sini!

49. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Pinterest

Kebun teh ini lokasinya di daerah Samigaluh, tepatnya sih di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Katanya, dulu pernah menjadi salah satu markas Pangeran Diponegoro, tetapi sekarang udah berubah fungsi menjadi perkebunan dan tempat wisata.

Perkebunan Nglinggo nawarin hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem, dan pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga udah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatin untuk bermalam.

Tarif: Rp3.000,00

50.Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten Instagram/anitarobson127

Kolam natural dengan air biru jernih di Klaten ini nawarin wisata underwater kekinian. engkap dengan aneka properti untuk foto keren di dasar. Wisatawan yang tak bisa berenang pun tetap bisa foto di sini.

Kalo ga berfoto pun keindahan bawah air Umbul Ponggok tetep layak dinikmati. Kapan lagi #MasBro & #MbakBro bisa berenang di air biru jernih dengan puluhan ikan tanpa perlu pergi ke laut?

Tarif: Rp8.000,00 (HTM), Rp13.000,00 (kacamata renang), Rp60.000,00-Rp100.000,00 (kamera underwater)

51. Tebing Breksi

Tebing Breksi Instagram/maleostory

Tempat yang satu ini jadi salah satu tujuan wisata Jogja paling populer di sepanjang tahun 2016 hingga 2017. Sesuai sama namanya, di daerah Tebing Breksi kita bisa nikmatin keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik.

Relief-relief yang menghias tebing memang baru dibuat. Tapi tebing batu breksinya udah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Tarif: Gratis

52. Pantai Goa Cemara.

Sumber Gambar @wisatajogjahits

Wisata ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga waktu berlibur. Pantai ini terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan. Selain itu ada juga pohon cemara yang berbentuk seperti goa. Ditengah seperti lubang gua menjadi jalan menuju pantai. Selain dipenuhin sama pohon cemara yang bikin suasana jadi sejuk, ada juga mercusuar.

53. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo Instagram/pututpriambodo

Wisata Jogja yang satu ini merupakan kawasan mangrove atau bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari besarnya potensi wisata mangrove, warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini dengan nambahin banyak spot keren untuk foto.

Mangrove Kulon Progo ada di muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Yogyakarta cuma dengan waktu 2 jam aja.

Tarif: Rp4.000,00

54. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Instagram/irokartotrans

Pok Tunggal itu adalah salah satu wisata Jogja andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingin sama batu karang ini merupakan tempat yang paling cocok untuk bisa nikmatin keindahan sunset.

Selain itu Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Kalo #MasBro & #MbakBro bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan.

Tarif: Rp3.000,00 (motor), Rp5.000,00 (mobil), Rp15.000,00 (minibus)

55. Goa Kalisuci

Goa Kalisuci Instagram/gudut_setiabudi

Lokasinya yang ada di Wonosari, Gunung Kidul, Goa Kalisuci merupakan tempat berwisata jelajah sungai dan gua. Kalo di sini pengunjung yang datang dalam satu grup bisa nikmatin asyiknya rafting dan cave tubing seperti di Goa Pindul.

Tarif: Rp75.000,00

Nah, itu beberapa list lokasi wisata Jogja yang kekinian rekomendasi Merdeka.com. Ada yang udah pernah #MasBro & #MbakBro kunjungi?

Wisata Jogja murah meriah

Liburan tapi ga nguras kantong itu bukan hal yang ga mungkin, kok. Apalagi di Yogyakarta, yang objek wisatanya cukup banyak dan tiket masuknya kurang dari Rp10.000,00.

Wisata Jogja yang bisa dinikmati dengan membayar Rp3.000,00 atau Rp5.000,00 pun ada. Yuk kita simak beberapa di antaranya.

56. Taman Sari

Taman Sari 2017 Tantri Setyorini

Berlibur ke Yogyakarya belum lengkap loh kalo ga dnikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu aja Taman Sari.

Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis. Kondisi bangunannya juga masih terjaga. Tak heran kalo sering digunain untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding.

Tarif: Rp3.000,00

57. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Instagram/andikabudisetiawan

Wisata Jogja murah meriah selanjutnya adalah Sri Gethuk. Ga cuma air terjun, kita juga bisa nikmatin keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama.

Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp5.000,00 aja.

Tarif: Rp7.000,00

58. Pantai Baron, Krakal dan Kukup

Pantai Krakal Instagram/ajiooo

Sekali jalan bisa menikmati keindahan 3 pantai sekaligus. Sensasi liburan murah meriah yang barangkali cuma bisa #MasBro & #MbakBro rasakan di Desa Kemadang, Kcamatan Tanjungsari.

Dulu hanya Krakal yang dikenal wisatawan. Tapi sekarang ini Baron yang berkontur lembah dan Kukup yang menonjol dengan pemandangan pegunungannya bisa dinikmatin sepaket dengan Krakal.

59. Wisata Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru Instagram/risaaceh

Tebing yang satu ini punya pesona yang sama cantiknya dengan tebing Kraton, yaitu tebing Kalibiru. Uniknya lagi warga di sekitar berkomitmen buat ngejaga kelestariannya, jadi Kalibiru bisa menjadi kawasan ekowisata nomor 1 di Yogyakarta.

Kalibiru adalahtempat yang asyik banget buat trekking dengan latar pepohonan asri. Tapi tujuan utama para traveler ke sini biasanya buat nikmatin sunset di atas pijakan yang sengaja dipasang di atas pohon. Dari titik ini kita juga bisa ngeliat Waduk Sermo dari kejauhan.

Tarif: Rp3.000,00

60. Hutan Pinus Mangunan

Sumber Gambar IG @anitaa_per

Selain Kalibiru, hutan pinus Mangunan juga kalo objek wisata Jogja wajib buat para pecinta alam. Di sini banyak banget spot fotogenik yang bisa dieksplorasi.

Untuk masuk ke hutan pinus, #MasBro & #MbakBro hanya akan dikenain tarif parkir.

Tarif: Gratis

61. Kebun buah Mangunan

Sumber Gambar IG @aguswibowo3155

Kebun buah Mangunan juga nawarin eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya.

Untuk mencapai bukit, #MasBro & #MbakBro harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi.

Tarif: Rp5.000,00

62. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan Instagram/tamannawari

Di kawasan Kebun Buah Mangunan ini juga ada Jurang Tembelan yang banyak diburu sama para pecinta fotografi. Gardu pandangnya punya bentuk yang kayak kapal dengan latar hamparan pegunungan dan ngarai sungai yang bernuansa magis.

63. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran Instagram/lianasofiani

Gunung yang letaknya ada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat yang paling ok buat nyaksiin sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut. Di sini wisatawan juga bisa berkemah.

Disaranin berkunjung saat cuaca cerah, karna tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur.

Tarif: Rp7.000,00

64. Candi Ijo

Candi Ijo jogja.lungo

Candi ini mungkin kurang terdengar namanya jika dibandingin dengan Prambanan dan Borobudur. Padahal objek wisata Jogja yang satu ini juga ga kalah indah dan mempesona.

Candi Ijo nawarin pemandangan alam sekitar yang indah plus sunset keren, karna kompleks candi didiriin di atas bukit. Untuk mencapai tempat ini #MasBro & #MbakBro akan bertemu dengan Candi Ratu Boko terlebih dahulu.

Tarif: Rp5.000,00

65. Pantai Jogan Jogja

Pantai Jogan Instagram/ihsanudn

Pantai Jogan letaknya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Ga cuma punya pantai yang cantik dan karang yang eksotis, di sini juga ada air terjun setinggi 12 meter, lho. Sekarang udah diperbagus dengan adanya tangga kayu buat ngeliat dari dekat.

Berkunjung ke pantai ini paling pas kalo #MasBro & #MbakBro bisa menikmati gelombang pertama. Cobain deh beberapa aktivitas ekstrem seperti river hiking dan cliff jumping juga boleh. Tapi harus dipastiin ada instruktur yang dampingin yah.

Tarif: Rp3.000,00

Itulah beberapa deretan objek wisata Jogja yang bisa #MasBro / #MbakBro nikmatin dengan biaya sangat amat murah. Mulai dari pantai, gunung, sampe arsitektur kuno. Lengkap banget, kan?

Wisata Jogja malam

Yogyakarta yang dijulukin kota budaya ini juga terkenal banget sama wisata malamnya, lho. Destinasi wisata Jogja yang bisa dinikmatin di malam hari ini ga hanya seru, tetapi juga murmer banget. Nah, berikut kita mau bahas bebeapa diantaranya nih.

66. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul Yogyakarta Heyjhon

Ini, lho wisata Jogja yang murah meriah dan gampang dijangkau. Alun-Alun Kidul itu adalah halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sini nih pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan bakal nyobain buat ikutan tradisi masangin, ngelewatin kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup. Even terlihat gampang, ternyata banyak benget loh yang gagal.

Alun-Alun Kidul biasanya jadi pusat kegiatan warga di hari libur. Meskipun kalo malam pengunjungnya bakal semakin ramai. Di sini #MasBro & #MbakBro bisa menikmati jajan iseng-iseng di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak.

Tarif: Gratis

67. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monjali Instagram/merlien.nofus91

Tempat wisata Jogja yang nawarin romantisme sederhana di malam hari. Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali alias Monjali. Monumen yang ada di Jalan Lingkar Utara Yogyakarta ini tampil semarak banget dengan aneka bentuk lampion dan lampu warna-warni.

Tarif: Rp10.000,00 (weekdays), Rp15.000,00 (weekend)

68. Bukit Bintang Patuk

Bukit Bintang Patuk Eksotis Jogja

Wisata Jogja yang satu ini nyuguhin pemandangan kota di malam hari yang bertabur ‘bintang’. Karna ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2.

Nongkrong bareng pasangan di Bukit Bintang bakal terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Tarif: Gratis

69. Sate klathak Pleret

Sate Klathak Mak Adi Instagram/istigfarin

Selain gudeg, makanan khas yang wajib banget dicoba di kota budaya ini adalah sate klathak. Sate Klathak sendiri berupa potongan daging kambing muda berbumbu minim yang dibakar dengan tusuin kawat jeruji sepeda. Makanan ini bisa ditemui di daerah Pleret, Bantul. Di sini ada beberapa kedai dan yang terkenal diantaranya adalah sate klathak Pak Pong, Pak Untung, Pak Jam, Mak Adi, dan Bu Jazim.

Karna bisa hangatin badan, sate klathak paling nikmat disantap saat malam hari. Dan lagi memang kebanyakan warung sate klathak di Pleret buka sampe hampir tengah malam.

Tarif: Rp20.000,00

70. Jalan Prawirotaman

Prawirotaman Labiru Tour

Jalan Prawirotaman terkenal banget sebagai kampung turis dan kampung bule. Soalnya di sini memang banyak turis asing terlihat. Berjalan di sepanjang jalan ini bakal bikin #MasBro & #MbakBro teringat Legian atau Jalan Jaksa.

Di kanan kiri Jalan Prawirotaman kita bisa nemuin aneka jenis kafe.bernuansa tradisional maupun modern yang asyik buat nongkrong di malam hari. Ada beberapa yang paling hits nih, ada Tempo Gelato, Move On, dan Via Via. Belum lagi ada art shop dan toko buku impor dengan harga cukup miring yang terselip di antara kafe-kafe itu.

Tarif: Variatif

Nah, tadi beberapa deretan objek wisata Jogja yang asyik dinikmati saat malam hari. Kunjungi deh salah satu tempat di atas bareng pasangan biar makin terasa romantismenya.

Wisata Jogja dekat stasiun

Ga punya banyak waktu buat menikmati Yogyakarta? Rugi, lho kalo mengunjungi kota ini tanpa pelesiran. Meskipun agenda padat, sempatin untuk mengunjungi salah satu wisata Jogja. Pilih aja yang dekat dengan stasiun kereta.

Apa aja wisata Jogja dekat stasiun yang bisa #MasBro & #MbakBro kunjungi? Berikut ini kami pilihin beberapa di antaranya.

71. Malioboro

Malioboro Instagram/malioboro_insta

Bukan tanpa alasan kalo Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Soalnya tempat ini memang benar-benar terasa Jogja-nya.

Dengan menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat itu kita bisa nemuin berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak. Banyak tukang becak dan tukang delman yang sedikit ngotot nawarin jasa mereka, kalo #MasBro & #MbakBro harus tetap sabar meskipun harus menolak berkali-kali.

Malioboro bisa dijangkau cuma dengan jalan kaki, dan itu cuma beberapa menit dari stasiun. Kawasan ini juga udah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik.

Tarif: Gratis

72. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo Berita Heboh

Ini salahs atu destinasi wisata Jogja yang paling pas buat #MasBro / #MbakBro yang pecinta belanja. Pasar Beringharjo memang paling terkenal buat kulakan batik. Tapi sebenarnya di sini ada berbagai macam oleh-oleh yang bisa #MasBro / #MbakBro dibeli. Jenisnya sih lumayan banyak dari kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampe suvenir pernikahan.

Harga produk yang dijual di sini murah-murah, apalagi kalo #MasBro & #MbakBro jeli menawar. Tetapi tetap waspada dengan dompet, ya. Jangan sampe kecolongan gara-gara kelewat fokus belanja.

Tarif: Variatif

73. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg Instagram/abah_dedy

Di sebelah selatan Pasar Beringharjo ada benteng bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsiin sebagai museum.

Tarif: Rp3.000,000

74. Titik Kilometer O Jogja

Kilometer Nol Instagram/ozysaputra_os

Sebenarnya titik ini memang cuma perempatan jalan. Tetapi biasanya dijadiin titik pusat untuk berbagai kegiatan, mulai dari aksi damai, pertunjukan seni, sampe tempat untuk memajang karya seni.

Tarif: Gratis

75. Taman Pintar (Tampin)

Taman Pintar Istimewa

Di sisi timur Benteng Verdeburg ada Tampin yang nawarin  wisata edukasi dalam bentuk permainan. Di sini ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan dan di tempat ini anak-anak bisa bermain sambil belajar.

Ada juga aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000,00 sampe Rp50.000,00. Biasanya tempat wisata Jogja ini ramai paling ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

Tarif: Rp15.000,00 (pelajar), Rp20.000,00 (dewasa)

76. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta Instagram/poetra.januar

Di sini kita bisa nikmatin beraneka macam pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari ketoprak hingga teater bernuansa surealis.

Nah, #MasBro & #MbakBro
Udah ga sabar untuk berlibur ke Jogja kan yah?

#

Berlibur nyenengin hati
Memuasin jiwa dan raga yang lelah

#

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
https://nyero.id/tempat-wisata-yogyakarta-terbaru-dan-paling-hits/ dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Selasa tanggal 11 Januari 2019
https://www.merdeka.com/gaya/wisata-jogja-kln.html dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Senin tanggal 10 Desember 2018
dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Senin tanggal 11 Januari 2019
https://www.brilio.net/jalan-jalan/50-tempat-wisata-di-jogja-terkenal-dan-indah-1811036.html dibuka pukul 10:00 WIB pada hari Selasa tanggal 11 Januari 2019

Sumber Gambar
Instagram.com dibuka pukul 15:56 WIB pada hari Selasa tanggal 11 Januari 2019
experoinc.com dibuka pukul 15:56 WIB pada hari Selasa tanggal 11 Januari 2019
panduanim.com dibuka pukul 15:56 WIB pada hari Selasa tanggal 11 Januari 2019

Comments

Leave a Reply