Suku Ngada | Nusa Tenggara Timur

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Ethnis Ngada (atau Ngadha, Nad’a, Nga’da) adalah ethnis yang mendiami sebagian besar daerah Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Populasinya diperkirakan sekitar 155.000 jiwa. Mata pencaharian hidup ethnis ini umumnya adalah berladang, sebagian di sawah, ada pula yang beternak sapi, kerbau, kuda dan mayoritasnya beternak babi.

Ethnis Ngada merupakan penutur [bahasa Ngada atau Rokka]. Berdasarkan perbedaan dialek-dialek bahasa, Kabupaten Ngada dibagi atas empat ethnis yakni Rokka, Riung, Nage, Bajawa, Masing-masing klan mempunyai kebudayaan sendiri-sendiri yang masih dipertahankan sampai saat ini, seperti rumah adat, tarian, pakaian adat, dan lain-lain.

Etimologi

Nama Ngada diambil dari nama salah satu dari klan atau woe yang terdapat di wilayah yang kini bernama Kabupaten Ngada. Sebutan “Ngada” diperkenalkan sebagai wilayah administratif oleh [Hindia Belanda|pemerintah kolonial Belanda]] pada tahun 1907. Sebelum tahun 1907,ethnis Ngada lebih dikenal dengan nama De Rokka yang berpusat di sekitar Rokkas Piek atau sekitaran Gunung Inerie. Mayoritas penduduk De Rokka berada di tengah dan selatan Kabupaten Ngada saat ini. Seorang antropolog bernama Paul Arndt pernah melakukan penelusuran mengenai asal mula nama Ngada. Dalam penelusurannya yang dilakukan pada 1929, Paul menjelaskan bahwa nama Ngada berasal dari nama suku atau klan Kepala Swapraja Ngadha pertama yang berubah menjadi “Nga da” karena lebih mudah diucapkan oleh lidah.

Dalam Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia disebutkan, terdapat mitos bahwa nenek moyang Suku Ngada telah melakukan perjalanan yang jauh dari tempat yang disebut dengan istilah “pu’u zili giu gema”, artinya tempat yang gelap gulita. Dalam syair adat yang dinyanyikan disebutkan bahwa tempat yang jauh itu mengacu ke sebuah negeri bernama Sina One, diartikan sebagai Negeri China.

Rumah adat

Rumah orang Ngada disebut “sa’o“. Rumah-rumah ditata membentuk permukiman dengan pola bulat telur atau persegi panjang dan posisi mengelilingi sebuah lapangan yang digunakan untuk berkumpul dan mengadakan upacara. Di tengah-tengah lapangan, terdapat minimal satu susunan panggung batu untuk melengkapi upacara yang disebut “Ture” dimana terdapat Batu ceper yang besar dan disebut Nabe sebagai altar dan batu tegak yang disebut “watu lewa’

Setiap rumah adat Suku Ngada selalu menghadap ke “ngadhu” dan “bhaga” sebagai poros. Bhaga berbentuk seperti rumah berukuran kecil yang merupakan representasi leluhur perempuan, sementara Ngadhu /Madhu merupakan representasi leluhur laki-laki dengan bentuk menyerupai payung dengan keri atau atap alang-alang dan ijuk dari pohon enau. Jumlah keduanya selalu berpasangan mengartikan banyaknya klan atau woe di dalam satu permukiman.

Sistem kekerabatan

Ethnis Ngada menganut sistem kekerabatan matrilineal. Keluarga inti disebut “se sao“. Beberapa “se sao” bergabung membentuk keluarga matrilineal yang disebut “sipopali“. Beberapa sipopali yang merasa masih satu kakek moyang dengan “sipopali” lain bergabung membentuk klan atau woe kecil yang disebut “ilibhou“. Beberapa ilibhou terikat ke dalam satu kesatuan teritorial genealogis yang disebut “woe“. Masing-masing woe mempunyai sepasang “Ngadhu” dan “Bhaga” yang mereka junjung tinggi.

Sosial dan kemasyarakatan

Suku Ngada mengenal stratifikasi sosial atau disebut “gae” dalam istilah setempat. Pengelompokan ini terjadi atas dasar perbedaan sikap dan karakter. Kelompok “Ga’e” biasanya dianggap sebagai golongan orang suci dan penuh sopan santun yang fokus pada pekerjaan dan tidak biasa terlibat dalam masalah orang lain serta memiliki gaya bahasa yang diplomatis dan sedikit berbeda dari bahasa masyarakat lainnya. Kelompok Ga’e juga dikenal sebagai Mosa Uma karena keuletan mereka dalam bekerja sehari-hari. Kelompok Ga’e sangat disegani dan dihormati dalam kehidupan sosial masyarakat. Kelompok masyarakat kedua disebut “gae kisa’ yakni kelompok masyarakat yang ceplas-ceplos bicaranya sedikit kasar sikap perilaku dan karakternya. Kelompok ini biasanya kurang berada karena lebih sering bicara dan lebih sering berada di Kampung serta sering berpesta pora dan terlibat dalam urusan atau masalah orang lain”. Ada pun kelompok lainnya yakni golongan hamba sahaya atau bekas budak yang disebut “azi ana” atau “So’o /ho’o“.Kelompok ini biasanya tinggal di luar kampung seperti di kebun atau di tempat yang jauh dari Perkampungan.

Agama dan kepercayaan

Dalam Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia, mayoritas agama yang dipeluk Suku Ngada yakni Katolik dan sedikit Islam. Sejak tahun 1910-an, Suku Ngada sudah menjadi target misionaris di bawah kelompok Societas Verbi Divini. Selain agama Katholik, mayoritas masyarakat juga masih menganut kepercayaan asli mereka yang bersifat [animisme] dan [dinamisme].

Masih ada pertanyaan?
Masih butuh informasi lainnya?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang fakta Indonesia lainnya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
 kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
id.wikipedia.org dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Senin tanggal 16 November 2020

Rujukan

Catatan kaki
 
Daftar pustaka

Kata kunci lain yang sering dicari …suku ngada, suku ngada di nusa tenggara timur, suku di nusa tenggara timur, suku di provinsi nusa tenggara timur, suku indonesia, suku di indonesia

Comments

Leave a Reply