QnA Customer Acquisition Cost (CAC) - kekitaan - karya selesaiin masalah

QnA: Customer Acquisition Cost (CAC)

Apa aja sih QnA tentang Customer Acquisition Cost?

Obrolan kita kali ini adalah lanjutan dari Pertemuan 08: Customer Life Time Value (CLTV)

Kalo belum baca, silahkan berkunjung kesana dulu ya. Kalo udah mari kita mulai.

QnA: Customer Acquisition Cost (CAC)

Pertanyaan dibawah ini akan langsung kita berikan jawaban dibawah ya.

Sebelum kita mulai, ada beberapa pertanyaan pemanasan nih … berkaitan sama materi Pertemuan 07: Customer Acquisition Cost (CAC) kemarin.

Berikut pertanyaan dan jawaban CACnya:

  1. Mana sih pernyataan dibawah yang bener?
    a. CAC: lebih baik saat bertahap turun.
    b. CAC: lebih baik saat bertahap naik.
    c. CAC: harus selalu lebih tinggi dibandingkan total anggaran.

    ✅CAC: lebih baik saat bertahap turun.
    Kenapa?
    Untuk meminimalkan pengeluaran bisnis.
  2. Rata-rata biaya yang terpakai di channel organik & berbayar untuk mendapatkan 1 customer adalah pengertian dari
    a. Blended CAC
    b. Paid CAC
    c. CAC

    ✅Blended CAC
    Kenapa?
    b. Paid CAC: berbayar
    c. CAC: total biaya
  3. Biaya yang kita bayar buat masing-masing order adalah…
    a. MRR
    b. CAC
    c. CPO

    ✅CPO: Cost per Order
    Kenapa?
    a. MRR: Monthly Recurring Revenue
    b. CAC: Customer Acquisition Cost
  4. Kau perlu hasilin pemasukan terbaik dengan maksimum biaya pemasaran. Bener / salah?
    a. Bener
    b. Salah

    ✅Salah
    Kenapa?
    Karna perlu hasilin pemasukan sebesar-sebesarnya dengan pengeluaran sekecil-kecilnya.
  5. Mana sih pernyataan berikut yang bener, kecuali?
    a. CPC: Cost per Clik
    b. CPC: Click per Conversion
    c. CPA: Cost per Action

    ✅CPC: Click per Conversion
    Kenapa?
    Cost Per Click
  6. Journey bisnis baru, sebelum customer journey CAC kan didahului dengan CPA. Memperbesar CPA bisa pake A/B Testing dan Ad Copy.
    Gimana cara membuat efision angka CPA Bisa dijelasin ga contoh AD copy nya?
    ✅Ad copy A/B Testing bisa bermacam-macam.
    Contoh:
    – Mendapatkan new buyer dengan diskon 50rb:50%
    Padahal sama-sama 50rb
    – Beda bahasa audiens lokal dan audiens nasional
    Beda bahasa orang batak dan orang jakarta, misal
    ✅Lebih lanjut soal A/B Testing dibahas di kelas Facebook dan Google.
  7. Jadi kalo kita bikin Ad Copy harus sesuai demografi ya?
    ✅Iya
    Bedakan bahasa antar setiap audiens. Karna hasilnya akan lebih maksimal kalo relevan dan personal.
    ✅Bisa juga dicoba dengan hardsell dan softsell.
  8. Kalo CAC ga bisa diukur, berapa anggaran yang cocok buat Digital Marketing?
    Ga ada sih anggaran yang terbaik. Tergantung sama anggaran masing-masing perusahaan.
    ✅Coba Facebook Planner ato Google Planner buat liat gambaran anggarannya.
    ✅Biasanya bisa pake 5-15 dari revenue.
  9. Masih banyak yang bertanya, gimana kalo CLTV dan CAC ga bisa dihitung?
    ✅Faktanya memang CLTV dan CAC ga ada angka pasti. Apalagi kalo ga ada data implemented buat track conversion. Seperti sempet kita obrolin soal CPO dan ROAS kemarin.
    ✅Intinya balik lagi ke data, kalo ada datanya maka CLTV dan CAC bisa dihitung. Catatannya paling adalah hal ini ga bisa diterapkan di pemasaran offline.
    ✅Selama kita bener-bener lakuin Performance Marketing dari funnel teratas sampe ke bawah. Maka kita bisa lakukan treatment yang advance.
    Hal ini bisa diterapkan ke website sendiri.
    ✅Catatannya kalo ga ada data CAC/CLTV maka fokuslah ke ROAS. Itu jadi minimal data untuk tau apakah iklannya berjalan dengan baik ato ga.
  10. Pertanyaan mu disini

Sejauh ini, apakah jawaban diatas sudah jelas?

Masih ada pertanyaan tentang CAC?
Masih ada masalah CAC?

Jika masih silahkan komen ya.

Sebagai tambahan, kalau mau tau lebih banyak tentang CAC, ikutan revoU course aja.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Comments

Leave a Reply