Mengantuk Setelah Makan, Apa Sih Penyebabnya?

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Kamu tau tidak penyebab kamu mengantuk setelah makan ?

Makan jadi salah satu hal yang penting untuk kelangsungan hidup. Manusia bisa bertahan tanpa makanan selama 3 minggu lamanya, namun hanya akan bertahan 4-7 hari tanpa minum. Namun, pernah ga sih kamu ngerasa mengantuk setelah makan, apalai setelah makan banyak dan perut kenyang? 

Ternyata mengantuk setelah makan itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor lho. Antara lain makanan yang kamu konsumsi atau minuman tertentu juga gaya hidup kamu lho. Mau tau, apa saja penyebab seseorang menguap? Yuk simak!!

Baca Juga :Kamu Harus Tau!! Kenapa Senyum Itu Bisa Buat Kamu Sehat

  1. Karena Pengaruh Hormon Selama Proses Pencernaan 

    Setelah makan, tentunya makanan dan minuman akan dicerna oleh lambung dan usus. Pada saat proses pencernaan, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan juga melatonin. Jika kedua hormon tersebut meningkat, itu akan menimbulkan rasa kantuk setelah makan. 

  2. Karena Perubahan Aliran Darah di Otak 

    Perubahan aliran darah pada otak yang sering terjadi setelah makan juga sering disebut dengan penyebab fenomena habis makan ngantuk. Setelah kamu makan, aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan. Ini supaya tubuh bisa mengolah dan menyerap energi juga nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. 

    Saat hal itu terjadi, aliran darah di otak akan sedikit berkurang yang menyebabkan kamu jadi sering menguap dan mengantuk untuk mencukupi kebutuhan oksigen di otak. Ini normal terjadi, biasanya hal ini terjadi dalam waktu singkat saja. Meski begitu, teori yang satu ini harus diteliti  lebih lanjut lagi. 

  3. Karena Kurang Tidur

    Kalau kamu kurang tidur, tubuh akan merasa lelah dan lapar jadi lebih cepat muncul. Ini bisa membuat kamu jadi lebih banyak makan dan ngemil, sehingga rasa kantuk akan semakin terasa. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, coba untuk mencukupi waktu tidur setiap malamnya. Tidur setidaknya 7-9 jam jam, kurangi atau berhenti kebiasaan begadang, olahraga yang rutin, dan hindari stress.  

  4. Kurang Olahraga

    Baca Juga : Cinta dan Kesehatan, Emang Ada Hubungannya?

    Olahraga bisa mempengaruhi daya tahan tubuh kamu juga efisiensi kerja sistem kardiovaskular. Kalau kamu jarang olahraga, tubuh kamu akan mudah merasa lelah, dan hal ini juga yang jadi salah satu pemicu timbulnya rasa kantuk setelah makan. 

    Supaya kamu lebih bugar, kamu bisa mencoba meluangkan waktu untuk berolahraga, misalnya naik turun tangga, yoga, atau berjalan di sekitar halaman rumah. Kamu cukup lakukan secara rutin selama minimal 15 menit setiap harinya. 

  5. Karena Gangguan Kesehatan

    Kondisi atau gangguan kesehatan bisa membuat kamu lebih mudah lelah, termasuk lebih mudah mengantuk sehabis beraktivitas dan setelah makan atau bahkan mengantuk sepanjang waktu. Beberapa gangguan kesehatan bisa menyebabkan rasa kantuk setelah makan diantaranya diabetes, anemia, hipotiroidisme, intolerani makanan, dan gangguan penapasan pada saat tidur (sleep apnea). 

    Oleh karena itu, segeralah konsultasi ke dokter bila kamu sering mengantuk, karena bisa saja menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang perlu diobati. 

Baca Juga : Kamu Harus Tau!! Fakta Kesehatan Ini Bisa Bikin Kamu Terkejut Sekaligus Takjub

Nah gimana? Kamu sudah tau belum penyebab mengantuk setelah makan diatas. Ternyata ngantuk setelah makan itu ada penyebabnya lho, tapi secara umum ini merupakan fenomena yang normal terjadi. Kamu bisa menjalani pola hidup yang sehat supaya hal ini jadi lebih berkurang. 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Adakah penyebab mengantuk setelah makan lainnya?
Udah pernah cari ulasannya ga?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar disini.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Wuhuiii.
Akhirnya selesai juga ya.

Masih ada penyebab mengantuk setelah makan yang belum masuk ya?
Silahkan komen diatas ya

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis chord / lirik lagunya.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
ALODOKTER dibuka pukul 15.00 WIB pada hari Kamis tanggal 28 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari …
Mengantuk Setelah Makan, Apa Sih Penyebabnya?, mengantuk, makan, lelah, hormon pencernaan, aliran darah, otak, kurang tidur, olahraga, gangguan kesehatan, pola hidup, 


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply