Pentingnya Self-love dan Cara Menerapkannya

Istilah Self-Love ini begitu populer di media sosial sejak kesadaran begitu pentingnya kesehatan mental menjadi topik yang sedang dibicarakan oleh masyarakat.

Self-love artinya mencintai diri sendiri, tapi bukan berarti kamu memenuhi diri kamu dengan segala keinginan ya. Self-love mengharuskan kamu untuk memperlakukan dan menerima diri kamu sendiri dengan baik dan selalu apa adanya.

Pentingnya Self-Love bagi Kesehatan Fisik dan Mental kamu

Self-love adalah sebuah fondasi yang memungkinkan kita kita untuk selalu bertindak tegas, bisa menjalin hubungan yang sehat dengan orang-orang, serta merasa bangga kepada dori sendiri. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengelola self-love dengan baik.

Tidak hanya bermanfaat untuk membuat kamu merasakan tenang dalam menjalani hidup mu, ada beberapa yang di miliki self-love bagi kesehatan fisik ataupun mental, diantaranya :

  1. Mendapatkan kepuasan hidup

Saat kamu benar-benar menerapkan self-love pada diri kamu, karena kamu akan menerima diri sendiri dengan apa adanya. Hal ini termasuk menerima semua kondisi hidup dan bertanggung jawab atas segala tindakan. Tentu dari semua itu mempengaruhi kepuasan dalam hidup kamu, karena kamu mempunyai kontrol tersendiri.

  1. Membiasakan diri untuk hidup sehat

Dalam mencintai diri sendiri, kamu pastinya ingin memberikan yang terbaik pada diri kamu sendiri, termasuk dalam hal menjaga kesehatan tubuh.

Dengan adanya self-love, kamu akan termotivasi untuk hidup lebih sehat, misalnya lebih banyak mengonsumsi makanan yang bergizi, dan olahraga secara rutin.

  1. Meningkatkan self-esteem

Self-esteem memainkan peran yang sangat penting dalam kesehatan mental kamu. Self-esteem adalah cara seseorang memandang dan menerima dirinya sendiri, serta akan merasa lebih percaya diri. Jika self-love dikelola dengan baik, self-esteem pun akan lebih meningkat.

Tidak hanya itu, dengan mencintai diri sendiri, kamu akan lebih mudah untuk mengatasi stres dan tegar dalam hidup kamu.

  1. Mengurangi risiko terkena gangguan mental

Untuk menerima diri apa adanya dan tidak nyaman jadi diri sendiri itu merupakan yang bisa membuat kamu stres.

Beberapa riset pun menunjukan bahwa orang yang memiliki self-esteem dan self-love yang rendah rentan terkena berbagai gangguan mental, seperti depresi, gangguan makan dan gangguan cemas. Oleh karena itu, supaya kondisi mental kamu tetap sehat, penting untuk kamu bisa menerima dan mencintai diri kamu dengan apa adanya.

Berikut ada beberapa cara menerapkan self-love yang bisa kamu lakukan :

• Kenali diri sendiri

Self-love hanya akan menjadi sebuah ungkapkan jika kamu tidak bisa mengenali duri sendiri.

• Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tanpa kita sadari, mungkin kita sudah lama hidup dengan sifat kompetitif, terutama dalam bersosialisasi. Kita sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Oleh karena itu berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan fokuslah pada apa tujuan dan mimpi kamu dalam hidup.

• Jangan khawatir tentang pendapat orang lain

Dalam hidup, kamu tidak bisa membahagiakan semua orang. Oleh karena itu, jangan khawatir tentang pendapat atau penilaian orang lain tentang diri kamu. Banyak-banyak mendengarkan orang lain, justru bisa membuat kamu stres dan tidak bahagia.


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply