Jangan Diabaikan! Alasan Pentingnya Sarapan Di Pagi Hari

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Manfaat Sarapan di Pagi Hari

Udah sarapan belum? Jangan sampai lupa untuk sarapan di pagi hari ya! Sebagian besar orang mengabaikan sarapan di pagi hari dan beranggapan sarapan hanya untuk mengisi perut yang kosong saja tanpa memperhatikan kelengkapan gizinya.

Padahal, sarapan ini sangat penting untuk kesehatan tubuh lho. Para ahli mengatakan sarapan di pagi hari penting sebagai energi untuk memulai aktivitas dan meningkatkan kinerja serta konsentrasi kita. Selain itu, ada berbagai manfaat sarapan di pagi hari lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Sumber Energi Untuk Memulai Aktivitas

Pasti kita membutuhkan banyak energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, sarapan pagi ini penting sebagai energi awal di pagi hari. Makanan yang kita pilih juga harus diperhatikan. Pilihlah menu sarapan sehat seperti roti, sereal/oatmeal, nasi, ayam, ikan, telur, buah-buahan dan menu sehat lainnya.

 

Baca Juga
1. Suka Madu? Ini Dia 9 Manfaat Madu Yang Baik Untuk Kesehatan
2. Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Pedas Untuk Kesehatan

2. Mencegah Kenaikan Berat Badan Berlebih

Kemungkinan besar orang yang sudah sarapan pagi akan mendapat cukup energi untuk aktivitas harian, sehingga tidak perlu lagi ngemil junk food dan makanan lainnya yang bisa menaikkan berat badan berlebih.

 

3. Tubuh Menjadi Kuat

Sarapan dengan hidangan yang mengandung protein tinggi akan menguatkan tubuh. Protein akan menjadi sumber energi untuk menjalankan aktivitas maupun sebagai energi cadangan sehingga tubuh tidak mudah merasa lelah.

 

4. Meningkatkan Kerja Otak

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, sarapan itu penting untuk meningkatkan konsentrasi. Buat kamu para pelajar dan pekerja, pasti membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi dalam belajar maupun bekerja. Otak kita membutuhkan glukosa dari makanan karbohidrat yang sangat baik. Jadi, sarapan pagi dengan makanan yang mengandung karbohidrat itu tentu sangat penting, ya!

 

5. Nutrisi Yang Baik

Sarapan sangat penting untuk membangun tubuh yang sehat dengan kebutuhan nutrisi yang selalu terpenuhi. Karena sarapan pagi akan memberikan kesempatan untuk mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.

 

6. Mencegah Penyakit Maag

Sarapan di pagi hari tentu akan mencegah penyakit maag karena lambung sudah terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. nah, apabila kita melewatkan sarapan pagi, hal itu bisa menyebabkan lambung menjadi kosong dan mengakibatkan rasa perih di lambung/maag.

 

7. Mencegah Diabetes

Studi Kevin C Maki , 2016 menunjukkan bahwa orang yang sarapan dengan konsumsi makanan yang tinggi serat seperti gandum dan sayur buah memiliki angka kejadian diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan seseorang yang tidak sarapan. Hal ini karena orang yang tidak sarapan pagi akan lebih resisten terhadap insulin. Resistensi insulin meningkatkan risiko terkena diabetes.

 

Kesimpulan

Nah, itu dia alasan betapa pentingnya sarapan di pagi hari. Terutama buat kamu yang masih pelajar atau sedang bekerja pasti sangat membutuhkan energi dan konsentrasi yang tinggi. Jadi, sarapan ini jangan sampai terlewatkan ya! Selalu sarapan dengan menu yang sehat juga agar tubuhmu kuat dan sehat.

 

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
id.berita.yahoo.com dibuka pukul 11:50 WIB pada Hari Kamis tanggal 27 Mei 2021
honestdocs.id dibuka pukul 11:50 WIB pada Hari Kamis tanggal 27 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
Manfaat Sarapan di Pagi Hari, Sarapan


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply