Pengen Jadi Pengusaha? Terus Mau Usaha Apa Aja? : #PanduanKita

Karya : @rawpixel

Apa Aja Potensi Usaha dari Internet?
Usaha Mana yang Paling Cocok Buat Kita?

Burung pipit burung dara
Terbang kesana kemari
Kalo mau jadi pengusaha
Baca infonya di bawah ini

Salam Mas dan Mbak Bro

Pengen punya usaha?

Memiliki bisnis sampingan di balik ngejalanin profesi sebagai karyawan di kantor adalah keinginan kebanyakan orang. Wajar aja karna gaji pokok yang diterima dari kantor udah gak cukup untuk membiayai kebutuhan hidup yang semakin mahal. Jadi butuh tuh yang namanya pekerjaan lain untuk menambah jumlah pemasukan.

Di tengah jaman yang semakin modern, bekerja di kantor sembari ngejalanin bisnis sampingan tentu bukan jadi hal yang gak mungkin dilakukan. Sekalipun masih berada di kantor, bisnis ini tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Gimana caranya?

Yaitu internet. Internet ngemudahin Mas Bro dan Mbak Bro untuk ngelakuin apapun, termasuk dalam upaya ngembangin bisnis. Tapi bisnis apa yang kira-kira menjanjikan di internet?

Karya : @le_buzz

Potensi Usaha dari Internet

Ngomong-ngomong mengenai potensi usaha di internet, sebenernya ada banyak hal yang bisa ditangkap dan dijadiin peluang. Tergantung Mas dan Mbak Bro sendiri mau ngejalanin bisnis yang seperti apa. Yang pasti bisnis yang dipilih harus sesuai dengan passion supaya Mas dan Mbak Bro juga lebih ikhlas ngejalanin nya. Adapun contoh bisnis yang bisa dijadiin referensi yaitu:

1. Jual produk lewat platform sendiri

Yang namanya jaman makin berkembang ya harus dimanfaatin bener demi kelangsungan bisnis. Seperti sekarang ini, bisnis online semakin populer, pedagang yang tadinya berjualan di toko ato secara offline sekalipun udah ikut turun tangan untuk ngeramaiin bisnis online. Kenapa? Karna mekanisme berbisnis lewat platform online ternyata lebih mudah dan memberikan keuntungan yang besar.

Kalo Mas dan Mbak Bro tertarik ikutan berbisnis lewat internet seperti ini, buatlah platform online sendiri. Platform ini lah yang nantinya akan digunain sebagai wadah untuk menghubungkan penjual dan pembeli saat melakukan transaksi.

2. Jadi dropshipper online shop

Udah tau dropshipper kan Mas dan Mbak Bro? Dropshipper ini agak sedikit berbeda dengan jualan langsung lewat platform sendiri. Kalo dropshipper lebih ke bidang perantara yang ngehubungin penjual dan pembeli, tapi masih dalam jangkauan internet. Nah Mas dan Mbak Bro lah yang nanti bakal jadi perantara tersebut.

Bisnis dropshipper biasanya laris manis untuk barang-barang online yang dijual secara pre-order ato barang impor yang didatangin langsung dari luar negeri. Disini, dropshipper bisa menaikkan harga barang yang akan dijual ke pembeli. Nah selisih harga ini lah yang nantinya akan menjadi keuntungan Mas dan Mbak Bro. Bisa kebayang kan kalo sehari dapet 10 PO dengan keuntungan senilai Rp 50 ribu per item, Mas dan Mbak Bro udah bisa ngasilin Rp 500 ribu per hari. Itu masih per hari aja, kalo per bulan? Tentu bakal lebih besar lagi, kan?

3. Jadi publisher iklan di internet

Kenapa informasi di internet semakin hari semakin banyak? Kenapa orang mau terbitin artikel-artikel yang bagus secara gratis tanpa perlu log in terlebih dulu? Karna informasi yang diterbitin di internet pada dasarnya udah menghasilkan. Penghasilan darimana? Jelas aja dari iklan-iklan yang diterbitin di website ato blog milik pribadi.

Cara kerjanya sangat mudah. Mas dan Mbak Bro tinggal buat blog aja, terus tulis konten apapun yang sekiranya bermanfaat bagi pembaca. Setelah itu, jangan lupa kasih iklan di dalam blog. Jadi setiap kali pembaca mengklik iklan tersebut, Mas dan Mbak Bro bakal dapet persenan.

4. Membuka jasa desain grafis online

Mas dan Mbak Bro ada yang pinter desain grafis gak? Buat Mas dan Mbak Bro yang ahli di bidang ini bisa banget promosiin diri dari internet untuk ngedapetin pelanggan. Caranya sangat mudah, Mas dan Mbak Bro tinggal promosiin aja lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, ato blog pribadi. Supaya konsumen mau pake jasa desain Mas dan Mbak Bro, kasih contoh desain grafis yang udah pernah dibuat sebelumnya. Gampang, kan?

5. Jualan lewat program afiliasi

Program afiliasi paling populer di kalangan blogger, khususnya blogger fashion. Mekanisme kerjanya sangat sederhana dan mudah. Mas dan Mbak Bro tinggal promosiin barang yang dijual orang lain aja. Nah ketika ada orang yang tertarik dan membeli produk tersebut, maka Mas dan Mbak bro akan dapet komisi. Besarnya komisi yang didapat dari program afiliasi tergantung dari perusahaan online masing-masing. Tapi pada umumnya, Mas dan Mbak Bro yang ikutan afiliasi bakal dapet minimal 3% – 5% dari jumlah transaksi yang dilakukan oleh pembeli.

Supaya bisnis ini berjalan lancar, Mas dan Mbak Bro harus sering-sering aktif di sosial media, khususnya blog. Tapi sebelum nyebar link afiliasi, Mas dan Mbak Bro kudu nulis sesuatu yang ada kaitannya dengan barang tersebut.

Karya : @freestocks

6. Menulis dan nerbitin e-book

Mas dan Mbak Bro hobi nulis sampe berpuluh-puluh ato bahkan bertus-ratus halaman? Skill ini bisa jadi peluang bagus buat Mas dan Mbak Bro yang kepengen nerbitin buku tapi belum kesampaian sampe sekarang. Buku yang diterbitkan bukan buku berbentuk hardcopy, melainkan e-book ato buku yang dipress ke dalam file PDF dan bisa diakses secara online.

Topik yang akan dituliskan untuk e-book bebas, sesuai selera Mas dan Mbak Bro aja. Yang penting Mas dan Mbak Bro tau siapa yang bakal jadi pangsa pasar dari e-book yang diterbitin, apakah itu remaja, orang dewasa, ato orang tua.

7. Menjadi penulis lepas ato freelance

Jumlah freelance yang ada di Indonesia semakin hari semakin bertambah banyak. Meski pekerjaan ini terlihat sepele, tapi jangan salah ya, satu tulisan yang berkualitas bisa dibanderol sampai puluhan bahkan ratusan ribu rupiah, lho! Itu baru satu tulisan, kalo seandainya bisa nerbitin 3 – 4 tulisan per hari, penghasilan yang didapat pun lumayan kan?

Sembari bekerja di kantor, Mas dan Mbak Bro bisa daftarin diri jadi penulis lepas ato freelance. Ada banyak website yang kini nyediain layanan buat freelance yang ingin ngembangin passion nya di bidang merangkai untaian kata menjadi kalimat. Kalo Mas dan Mbak Bro tertarik, bisa cari-cari informasinya di internet ya!

8. Menjadi translator online

Meski udah ada Google Translate sekalipun, jasa translator masih aja dibutuhin karna hasil terjemahan dari Google kadang-kadang suka ngeyel alias gak sesuai harapan. Saya sendiri udah pernah coba, dan hasil terjemahannya sangat jelek. Mas dan Mbak Bro yang udah pernah gunain Google Translate ini pasti pernah ngerasain hal yang sama kan?

Prospek seorang translator online juga sangat menjanjikan, apalagi di tengah-tengah globalisasi seperti sekarang. Ini kesempatan emas buat Mas dan Mbak Bro yang pinter berbahasa asing, apa salahnya dikembangin demi mendapat pundi-pundi rupiah tambahan. Bener gak?

9. Jasa pengembangan software berbasis online

Kalo bisnis yang satu ini paling cocok buat Mas Bro yang hobi di bidang programming. Ilmu yang Mas Bro punya bisa dikembangin untuk menghasilkan satu software yang bagus, kemudian dijual ke pasar online dalam bentuk produk maupun layanan. Seperti software VSCO, salah satu aplikasi untuk edit foto yang paling populer bagi pecinta editing foto.

Awalnya sih VSCO hanya sebuah aplikasi edit foto standar. Tapi karna semakin diminati oleh masyarakat, pendiri aplikasi ini pun semakin tekun mengembangkan aplikasi editing VSCO. Sehingga hadir lah VSCO jaman sekarang yang memiliki banyak filter foto untuk memperindah tampilan foto.

10. Menjadi Youtuber ato Blogger

Buat Mas dan Mbak Bro yang selama ini hobi ngerekam video dan hanya disimpan di kamera ato handicam aja, sekarang bisa tuh nyebarin video yang dibuat ke platform yang namanya Youtube. Video apapun itu yang berbau game, fashion, dan gaya hidup bisa disebarin di Youtube untuk dapetin pundi-pundi rupiah. Penghasilan yang diterima seorang Youtuber gak main-main lho. Setiap 1.000 kali tayang, maka si Youtuber akan dapet $1, kalo seandainya yang nonton 100.000 orang, bisa ngasilin $100 kan dalam sekejap?

Selain Youtuber ada juga Blogger yang gak kalah eksisnya. Kalo Youtuber berbagi video, nah kalo Blogger berbagi konten dalam bentuk tulisan. Mas dan Mbak Bro yang hobi keduanya bisa coba dua-dua. Prospek dua pekerjaan ini sangat menjanjikan, apalagi dunia internet semakin diminati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Karya : @katya

Usaha Mana yang Paling Cocok?

Setelah mengetahui daftar bisnis online di atas, Mas dan Mbak Bro pasti bertanya-tanya mengenai usaha mana yang paling cocok dijalanin dan memiliki peluang yang menjanjikan di masa yang akan datang. Bisnis online apapun yang akan dipilih pada dasarnya akan berkembang dan menjamin kehidupan Mas dan Mbak Bro di masa yang akan datang, asalkan Mas dan Mbak Bro serius saat ngejalanin dan ngembangin bisnis tersebut.

Karna hanya dengan keseriusan ditambah rasa percaya diri yang tinggi dalam ngembangin bisnis aja lah sebuah bisnis dapat berakhir dengan kesuksesan seperti yang diharapkan. Kalo Mas dan Mbak Bro tertarik terjun ke dunia bisnis, lakukan sekarang dan jangan menunda-nunda waktu lagi. Kalo terus menunda, kapan lagi sukses mau digapai?

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Sekarang jaman makin modern
Bisnis online ada dimana-mana
Kalau kamu tertarik untuk coba
Pilih bisnis yang sesuai passion

#InformasiKita
20180531 0701 WIB Kamis
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
moneysmart.id dibuka pukul 06:10 WIB pada Hari Kamis tanggal 31 Mei 2018
panduanim.com dibuka pukul 06:30 WIB pada Hari Kamis tanggal 31 Mei 2018

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06:45 WIB pada Hari Kamis tanggal 31 Mei 2018

Comments

Leave a Reply