Mau Jadi Pengusaha? Kemampuan Apa yang Harus Kita Pelajari Pengusaha? : #KitaBelajar

Karya flenjoore

Kemampuan Apa Aja yang Harus Dimiliki Pengusaha Sukses?
Gimana Cara Mengasah Kemampuan Tersebut?

Profesi pengusaha banyak diincar
Karna penghasilannya yang besar
Kamu mau jadi pengusaha hebat?
Wajib punya kemampuan cepat

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pengen jadi pengusaha ga?

Profesi menjadi seorang pengusaha emang semakin diminati. Dari tahun ke tahun, jumlah pengusaha yang ada di Indonesia makin bertambah banyak. Selain waktu kerja yang fleksibel, ternyata keuntungan yang didapat dari usaha yang dijalankan juga menggiurkan. Jadi wajar dong kalo profesi ini semakin diminati.

Setuju ga?

Sayangnya nih, menjadi pengusaha sukses itu ga semudah meneguk air mineral. Ada banyak tantangan dan hal-hal yang kurang berkenan yang secara ga langsung akan mempengaruhi sukses ato ga nya usaha yang Mas Bro dan Mbak Bro jalanin. Tapi dengan kemampuan berikut ini, dijamin deh usaha apapun yang akan digeluti akan menuai sukses jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Sumber Gambar : unsplash.com

Kemampuan Apa Aja yang Harus Dimiliki Pengusaha Sukses?

1. Kemampuan Memimpin

Ini nih ke kemampuan yang wajib banget dimiliki kalo mau jadi pengusaha sukses. Tanpa skill ini, usaha yang Mas Bro dan Mbak Bro geluti ga bakal bertahan lama. Mungkin usaha itu akan berhasil dalam beberapa tahun aja, tapi ga selamanya. Untuk ningkatin kemampuan untuk memimpin, Mas Bro dan Mbak Bro bisa ikutin beragam pelatihan yang diselenggarain oleh badan tertentu. Ilmu kepemimpinan yang didapat bisa dipraktekin langsung dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mempunyai Tujuan yang Jelas

Apa tujuan utama Mas Bro dan Mbak Bro berbisnis?

Nah jangan pernah memulai bisnis kalo pada dasarnya Mas Bro dan Mbak Bro ga tau tujuan yang ingin dicapai. Dengan tujuan yang jelas, Mas Bro dan Mbak Bro tau level seperti apa yang bakal dinamakan sukses. Jadi ketika level tersebut belum tercapai, Mas Bro dan Mbak Bro ga bisa bilang kalo bisnis tersebut udah sukses. Dan sebaliknya, ketika semua yang diinginkan udah tercapai, itu baru namanya kesuksesan.

3. Berani Ambil Risiko

Hanya segelintir orang aja yang berani ambil risiko dalam berbisnis. Apakah Mas Bro dan Mbak Bro termasuk salah satu diantaranya?

Apapun jenis bisnisnya, bahkan bisnis yang paling sederhana sekalipun pasti punya risiko masing-masing. Kalo semisal Mas Bro dan Mbak Bro bukan tipe orang yang suka ngadepin risiko besar, Mas Bro dan Mbak Bro belum bisa dikatakan pengusaha sukses. Sebab semakin sukses bisnis yang dijalanin, biasanya semakin besar pula risiko yang harus ditanggung.

4. Ga Pernah Puas

Orang sukses ga akan pernah puas sama apa yang dicapainya saat ini. Mereka selalu haus dan lapar akan kesuksesan yang lebih. Sifat ga pernah puas inilah yang nantinya akan mendorong para pengusaha supaya lebih gigih dan kerja keras dalam berbisnis. Sifat ini pun otomatis akan Mas Bro dan Mbak Bro miliki saat terjun ke dunia bisnis.

Karya clever_visuals

5. Mampu Merancang Sistem Terbaik

Perjalanan sebuah bisnis ga boleh dianggap asal-asalan karna semuanya udah tersusun rapi sesuai dengan sistem yang udah ditetapin di awal. Di dalam sistem, ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi demi berkembangnya bisnis ke arah yang lebih baik. Nah patuhilah semua aturan ini dan rancang sebuah sistem yang efisien dan efektif dari segi praktek agar bisnis berjalan lancar tanpa hambatan sedikit pun.

6. Bisa Beradaptasi dengan Mudah

Sebuah bisnis ga pernah lepas dari namanya masalah, entah itu masalah manajemen, karyawan, ato masalah keuangan. Masalah ini hadir dalam level yang berbeda-beda, ada yang ringan, sedang, dan berat banget sampe Mas Bro dan Mbak Bro mau nyerah sekalian. Tapi ingat, masalah yang terjadi jangan dijadiin alasan untuk nyerah gitu aja. Masalah ini harus dihadepin satu per satu sampe tuntas. Jadi siapkan mental Mas Bro dan Mbak Bro supaya bisa beradaptasi pada setiap masalah yang akan terjadi nanti.

7. Mampu Berinovasi

Sebagai calon pengusaha sukses, Mas Bro dan Mbak Bro harus mampu mikirin gimana caranya ngembangin usaha yang dirintis menjadi lebih maju dan sukses dalam waktu dekat ini. Ciptakan ide-ide kreatif dan teruslah berinovasi dalam mengembangkan bisnis. Ide-ide kreatif seperti ini bisa Mas Bro dan Mbak Bro dapetin dari orang-orang atau benda-benda di sekitar. Jadi jangan ragu buat luangin waktu untuk sekedar jalan-jalan keliling komplek ato nongki cantik bareng temen.

8. Mau Ngakuin Kesalahan

Seorang pebisnis sukses sekalipun  ga pernah lepas dari namanya kesalahan. Ada banyak kesalahan yang mereka lakuin sebelum bisa sukses seperti sekarang, misalnya salah dalam ngambil keputusan untuk manajemen dan lain sebagainya. Meski kesalahan ini akan berdampak langsung pada bisnis yang dijalanin, mau ga mau Mas Bro dan Mbak Bro harus mau ngakuin kalo Mas Bro dan Mbak Bro udah salah, bukan malah berbalik nyalahin orang lain untuk menutup-nutupi kesalahan sendiri.

Kesalahan yang terjadi saat ini dan di masa lalu sebaiknya dijadiin sebagai bahan pembelajaran untuk masa yang akan datang. Jangan pula kesalahan yang sama malah terulang untuk yang kesekian kalinya karna ini akan merugikan diri sendiri dan bisnis yang dijalankan.

Karya rawpixels

9. Memiliki Partner Kerja yang Bagus

Kesuksesan seorang pengusaha ga pernah lepas dari orang-orang yang ada di balik layar yaitu tim kerja. Se-pandai, se-gigih, dan se-cemerlang apapun ide yang Mas Bro dan Mbak Bro punya bakal sia-sia kalo Mas Bro dan Mbak Bro bekerja sendirian dalam mengurusi bisnis. Jadi lebih baik bangun sebuah tim yang baik demi kelancaran bisnis. Pilih lah sumber daya berkualitas yang Mas Bro dan Mbak Bro anggap punya kapalitas yang mumpuni dalam menjalankan bisnis.

10. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Dalam perjalanan bisnis, Mas Bro dan Mbak Bro bakal sering ketemu sama orang-orang penting ato pebisnis lain yang bergerak di bidang yang sama. Nah, gimana cara Mas Bro dan Mbak Bro mau berkomunikasi dengan mereka kalo Mas Bro dan Mbak Bro ga punya kecakapan dalam membangun komunikasi yang baik? Tentu ini akan menjadi masalah besar dalam perkembangan bisnis.

Kalo kecakapan berkomunikasi masih kurang. Luangin waktu Mas Bro dan Mbak Bro untuk belajar supaya bisa berkomunikasi dengan baik. Karna dengan skill yang satu ini, Mas Bro dan Mbak Bro bisa ngebangun relasi yang lebih luas demi kemajuan bisnis di hari esok.

11. Mampu Menangkap Peluang

Meski Mas Bro dan Mbak Bro acap kali ingin menyerah. Karna ga mampu bersaing di tengah-tengah kesengitan dalam dunia bisnis, selalu ingat kalo semua masalah pasti ada solusinya. Ada banyak peluang yang bisa Mas Bro dan Mbak Bro manfaatin untuk mengatasi masalah itu. Tinggal gimana cara Mas Bro dan Mbak Bro aja untuk manfaatin semua peluang yang ada. Jangan menyerah duluan karna berbagai persoalan dan kegagalan dalam bisnis merupakan hal yang biasa.

12. Taat Kepada Aturan Hukum

Selanjutnya ada hukum. Jangan pernah ngeremehin posisi hukum dalam berbisnis. Hukum memuat sejumlah aturan yang ada kaitannya dengan bisnis yang Mas Bro dan Mbak Bro jalanin. Supaya produk yang Mas Bro dan Mbak Bro punya ga mudah dijiplak oleh pebisnis ato kompetitor lain, daftarkan usaha Mas Bro dan Mbak Bro kepada lembaga hukum supaya segera dilegalkan. Jadi ketika ada orang yang ingin menjiplak, Mas Bro dan Mbak Bro bisa langsung laporin ke pihak hukum untuk segera ditindaklanjuti.

13. Mampu Mengatur Keuangan

Poin terakhir yang ga boleh dianggap remeh kalo ingin berbisnis adalah keuangan. Kondisi keuangan yang ga sehat akan membuat perjalanan bisnis jadi terganggu. Ga hanya itu, Mas Bro dan Mbak Bro juga kesulitan buat ngembangin bisnis. Soalnya ngembangin bisnis itu butuh duit yang gede. Kalo ga ada duit, mau ngembangin bisnis pake apaan?

Sehat ato ga nya kondisi finansial dari bisnis ada di tangan Mas Bro dan Mbak Bro sekalian. Untuk itu, susunlah anggaran keuangan secara detail yang memuat daftar kebutuhan barang yang dibutuhin oleh bisnis. Jangan lupa untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran secara terperinci supaya Mas Bro dan Mbak Bro tau aliran uang yang didapat dan dikeluarkan selama bisnis beroperasi.

Karya rawpixels

Gimana Cara Mengasah Kemampuan Tersebut?

Setelah tau kemampuan yang dimiliki oleh seorang pengusaha.

Lalu apa aja yang harus dilakuin untuk mengasah kemampuan tersebut?

Nah Mas Bro dan Mbak Bro bisa ikutin pelatihan dan seminar mengenai entrepreneurship yang banyak diadain oleh komunitas tertentu. Ga perlu khawatir, komunitas ini udah pasti diisi oleh orang-orang yang berpengalaman kok. Jadi pelatihan ato seminar yang diadain udah pasti bermanfaat buat Mas Bro dan Mbak Bro. Sehabis seminar, biasanya bakal ada sesi tanya jawab. Manfaatin sesi ini untuk memperdalam ilmu di dunia bisnis, sehingga kemampuan berbisnis yang Mas dan Mbak Bro miliki semakin berkembang dari hari ke hari.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Mau jadi pengusaha sukses
Bukan hanya angan-angan
Kerjain seemua sampe beres
Hadapi aja setiap halangan

#InformasiKita
20180602 0701 WIB Sabtu
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
aquariuslearning.co.id dibuka pukul 06:15 WIB pada Hari Sabtu tanggal 02 Juni 2018
finance.detik.com dibuka pukul 06:30 WIB pada Hari Sabtu tanggal 02 Juni 2018
m.liputan6.com dibuka pukul 06:45 WIB pada Hari Sabtu tanggal 02 Juni 2018

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06:54 WIB pada Hari Sabtu tanggal 02 Juni 2018

Comments

Leave a Reply