10++ Masalah yang Bisa Terjadi Kalo Calon Presiden Ga Aktif di Media Sosial

Apa aja potensi masalah calon presiden ga aktif di media sosial?

Pemilu sebentar lagi. Satu pasangan calon udah ada yang deklarasi.

Dari kandidat yang ada…
…Temen2 writer udah punya arah pilihan belum?
ato temen2 lawyer udah ada pilihan?

ato nunggu visi misi nya dulu biar makin objektif?

Waktu itu sistem pemilu digugat ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia… hasilnya Pemilu tetap dengan sistem proporsional terbuka.

Menurutku untuk saat ini… itu yang terbaik karena negara kita negara demokrasi.

Sistem udah jelas, tinggal mulai2 kampanye… utamanya di MedSos.

Kita udah nyusun masalah kalo calon presiden ga aktif di MedSos.

1. Susah Bentuk Personal Branding

Medsos jadi tempat paling mudah dan murah buat bentuk personal branding. Mau dikenal jadi calon presiden yang kayak gimana adalah hall yang penting. Ini jadi strategi politik. Biar pendukung nya luas, ga cuma dari kalangan tertentu aja.

2. Susah Bangun Koneksi

MedSos jadi tempat interaksi yang tepat terutama interaksi antara Capres dengan Millenial dan Gen Z. Kepala daerah udah banyak yang mulai nerapin aktif di MedSos. Kalo ga aktif, koneksi bakalan susah terjalin.

3. Ga Tau Keluhan Rakyat

MedSos jadi cara paling mudah untuk rakyat ngasih aspirasi dan keluhan. Biasanya suka langsung ngeluh di kolom komentar. Kalau presiden dan jajarannya aktif medsos, keluhan2 itu bisa langsung bisa langsung dijadiin program ke depan.

4. Kerjanya Ga Keliatan

Ga bisa share prestasi sebelumnya ato rencana ke depannya. Ujungnya, dianggap kurang kerja ato malah ga punya program. Padahal mungkin udah dilaksanain, tapi ga update di MedSos. Jadi, update di MedSos penting buat bangun trust dengan rakyat.

5. Ga Relate sama Anak Muda

Orang yang aktif di MedSos itu millenial dan Gen Z. Kalo ga asik dan ga bangun interaksi sama mereka, mereka bisa apatis sama politik dan kebijakan negara. Hasilnya, kalo ada pemilu lagi, bisa jadi malah ga milih siapa2. Ga bagus buat generasi selanjutnya.

6. Ga Bisa Sosialisasi Program

Sayang kalo ada program presiden yang bagus, tapi ga disosialisasiin, khususnya di MedSos. MedSos jadi wadah mudah bikin viral. Jadi, kalo disosiallisasiin di MedSos, rakyat bisa tau degan cepat. Secara biaya juga murah. Ga perlu ngeluarin anggaran untuk sosialisasi offline.

7. Susah Counter Berita Ga Bener

Risiko terjun di dunia politik itu ada serangan terus. Mau salah mau bener, pasti serangan ada. Salah satunya hoax. Kalo aktif di MedSos, Presiden bisa langsung tanggap dan cepat nepis berita kayak gitu.

8. Ketinggalan Perkembangan Teknologi

Kalo ga aktif MedSos bisa2 ga tau perkembangan AI ato teknologi lain yang dukung media sosial. Bahkan bisa jadi ga tau update kebijakan masing2 MedSos yang ternyata relate sama kebijakan pemerintahan.

9. Ga Transparan

Rakyat jadi ga tau hasil kerjanya. Rakyat ga tau anggarannya habis ke mana. Trust jadi berkurang ato bahkan hilang.

10. Ketinggalan Berita

Presiden jadi ga up to date kalo ga main MedSos. Bisa jadi ga tau isu hukum yang berkembang di masyarakat.

Kira-kira selain, potensi masalah calon presiden ga aktif di media sosial diatas.

Ada masalah lainnya?

Silahkan komen dibawah ya.

Obrolan kita ini juga terbit di linkedIN.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply