11++ Manfaat Video (Youtube) Dalam Artikel dan Bisnis yang Ga Kepikiran

Salam #MasBro #MbakBro

YouTube adalah salah satu situs video yang bisa dibilang lagi populer banget di dunia dan di Indonesia juga jadinya ikut terimbas efeknya. Di jaman serba digital sekarang ngasih banyak pengaruh ke masyarakat juga lho. Salah satunya bisa bikin orang jadi cepat banget buat terkenalnya, ga kaya dulu. Youtube sendiri bisa buat diakses pake komputer ato dengan hp dengan menggunakan kuota internet.

Banyak banget youtuber terkenal yang asalnya dari Indonesia kaya Raditya Dika, Deddy Corbuzier, Maudy Ayunda ato Jerome Polin dan masih banyak banget yang lainnya. Buat jadi seorang Youtuber, itu nguntungin banget deh! Makanya sekarang tuh masyarakat pada berlomba-lomba jadi Youtuber dengan sharing konten yang menarik biar banyak penontonnya. Nah, berikut ini tuh ada beberapa manfaat Youtube buat masyarakat dalam menggunakannya, cekidot!

11++ Manfaat Video (Youtube) Dalam Artikel dan Bisnis yang Ga Kepikiran

1. Nyimpan video

Youtube itu merupakan jejaring sosial yang berfungsi untuk nyimpan data video dan disini youtube ga bakalan ngambil tempat penyimpanan di hp ato di komputer kita. Enak banget kan. Karna kalo kita simpan video kita di memori komputer ato semacam flashdisk maupun hardisk punya resiko tersendiri, kaya misalnya bisa ilang videonya. Youtube ngasih kita space buat bisa nyimpan video kita, cukup dengan sign up menggunakan email maka kita bisa menggunakan Youtube sebagai tempat penyimpanan video kita.

2. Sumber Pendapatan

Youtube udah jadi tempat mata pencaharian masyarakat jaman sekarang. Ya iyalah, wong udah bisa ngasilin duit dari situ. Udah banyak banget orang-orang yang dapat uang dari usaha mereka bikin konten di Youtube. Caranya itu dengan daftarin akun Youtube nya ke google adsense, abis itu pas ada banyak orang yang nge-like videonya maka si google adsense bakalan bayarin orang tersebut. Youtube ga cuma sebagai sumber penghasilan sampingan, karena sekarang ini nonton video youtube itu udah jadi pilihan kedua setelah TV.

3. Populer

Popularitas itu menjadi hal yang cukup penting buat orang-orang jaman sekarang. Karena kalo orang populer maka lebih gampang buat mereka buat dapeting uang ato cari kerjaan maupun bangun relasi. Contohnya salah satu Youtuber asal Korea dengan channelnya Korean Reomit. Dia memulai channelnya dengan view yang tidak terlalu banyak. Tapi karena dia tidak menyerah dan terus membagikan konten yang bagus dan menarik maka sekarang ini dia bisa dibilang cukup terkenal dikalangan para Youtuber dan masyarakat di Indonesia.

4. Ngasih hal positif

Youtube bisa jadi tempat yang tepat buat bagiin bermacam hal positif dalam bentuk hiburan, pengetahuan maupun berbagi kisah pengalaman yang bisa kasih motivasis ke orang lain. Nah kisah para youtuber tersebut biasanya dicontohin tuh sama para penontonnya.

5. Nyalurin bakat

Banyak orang yang punya bakat terpendam dan malu buat dikelarin, karena ga percaya diri. Dengan hadirnya Youtube, para penggunanya itu bisa dengan gampang nuangin hobinya dan ngapload berbagai kegiatan hobinya ke Youtube. Banyak orang yang ga pede tampil di depan kamera dan youtube bisa jadi salah satu cara buat ngasah bakat bicara didepan kamera. Youtube bisa dipake lewat kamera hp ato kamera foto dan bikin para youtuber bisa nyalurin bakatnya lewat youtube.

6. Jadi artis

Dengan kita jadi seorang youtuber itu jalan ninja untuk menjadi seorang artis mwehehe.. Eitss tapi jangan disangka ini jalan yang mudah yaa. Selain dibutuhkan email buat daftar, dibutuhin juga kemampuan buat bisa jad artis youtuber. Dan yang jadi artis youtuber itu bukan cuma dari kalangan masyarakat pemula loh. Bahkan para artis beneran yang emang udah duluan jadi artis, juga sekarang pada banyak loh yang mulai merambah dunia youtube. Mantan tenan~

7. Terbukanya lapangan pekerjaan

Dengan munculnya youtube ke Indonesia, ternyata hal tersebut ngebantu juga loh dalam menaikkan perekonomian masyarakat. Karena para youtuber kebanyakan masih belum terlalu ngerti gimana caranya buat bikin video yang bagus. Makanya mereka nge-hire para profesional ato setidaknya orang yang emang bisa operasiin kamera dan juga edit video. Jadi terbantu kan masyarakat lain dengan adanya youtube ini.

8. Punya banyak fans

Selain bisa hasilin uang, lewat youtube juga orang-orang bakalan dapat banyak fans loh. Hayoo siapa yang punya cita-cita punya pengikut banyak? hehe Seorang youtuber yang sukses, otomatis bakalan diikutin sama banyak orang. Dan salah satu untuk ngelola banyaknya fans mereka adalah dengan terus memberikan konten yang menghibur ato mengedukasi para fansnya. Selain itu, ada juga lho yang juga adain jumpa fans dengan para followersnya. Uhuy! Macam artis beneran aja ga tuh! 

9. Nambah teman

Youtuber yang bikin konten kreatif bakalan hasilin relasi yang banyak, karena salah satu cara buat ningkatin subscriber adalah dengan cara collabs dengan sesama youtuber dan bisa dibilang sebagai salah satu cara yang efektif banget buat para youtuber baru. Semakin banyak teman, maka bakalan memperbesar peluang buat dapat penghasilan dan teman yang banyak. Youtube emang bermanfaat banget buat masyarakat dan berpotensi besar buat memperkaya diri.

10. Dapat motivasi

Banyak banget konten kreator yang bikin konten motivasi dan hal ini ngebantu banyak masyarakat Indonesia. Konten kreator tuh penting peranannya, karena bisa ngubah cara hidup banyak orang. Ada banyak konten kreator yang berasal dari macama-macam negara dan para konten kreator tersebut berlomba untuk nyiptain konten kreatif. Sebagian youtuber bisa ngasilin uang dari tawaran iklan dan kasih motivasi. Motivasi bakalan bikin pandangan seseorang berubah terhadap suatu hal dan bisa juga untuk bantuin seseorang itu tumbuh kepercayaan dirinya.

11. Ajang Uji Kehebatan

Buat yang lagi latihan bikin dan ngedit video, di sinilah ajang buat uji kehebatan. Abis dibuat dan di-sharing ke Youtube, coba deh buat minta pendapat teman kita.

Nah, tau ga sih #masbro dan #mbabro kalo ada sekitar 81% bisnis yang pake video sebagai alat buat pemasaran secara online. Memang sih kalo seiring dengan makin cepatnya koneksi internet, lewat video bisa nyiptain cara pemasaran ato marketing yang efektif dan punya manfaat yang banyak.

Nah menurut hasil survey dari Wyzowl, yaitu perusahaan penyedia jasa animasi video, kalo ada beberapa fakta dilapanganterkait video marketing,

  •  97% marketer bilang kalo video itu ngebantu konsumen biar bisa paham produk dan jasa bisnis mereka.
  • 76% berkata kalo video marketing itu ngebantu para marketer buat ningkatin penjualan (sales).
  • 47% marketer bilang kalo lewat itu video bisa ngurangin peran support kepada konsumen.
  • Kemudian 76% para marketer bilang bahwa video bisa ningkatin kunjungan orang ke website.
  • Dan sekitar 80% bilang dengan pake video bisa mempersingkat waktu buat dealing pada sebuah website nya. 

Mantab banget ga tuh?

Kalo dari sisi konsumen itu, ada 95% konsumen yang pake video biar bisa tau tentang informasi produk ato jasa di suatu bisnis. Dan ada sekitar 81% konsumen yang meningkat kepercayaannya buat beli produk abis mereka liat videonya. Wow!

Oya, mereka bikin survey tersebut ke sekitar 570 responden unik yang terdiri dari para marketer profesional dan juga para konsumen online di bulan Desember tahun 2017. Nah abis kita liat fakta statistik itu, kita bisa sama-sama tau sekarang kalo video marketing itu punya manfaat yang besar kaan.

Lebih lanjut lagi kalo kita ngomongin soal video, pernah ga sih mikir butuh berapa banyak frame gambar untuk sebuah video biar durasinya itu pas dan efektif buat ditonton oleh para viewers? Ato mungkin pertanyaan kaya gimana sih video yang menarik hingga bisa menarik perhatian para calon konsumen kita? Pas produk kita itu muncul dalam bentuk video di hadapan para konsumen, konten yang ada di video itulah yang akan nentuin apakah bisa ngebangun koneksi secara emosional ato ga untuk mereka, hingga akhirnya mereka mutusin buat beli produk yang kita jual.

Apalagi di jaman sekarang ini, orang bisa mudah banget untuk ngelakuin penipuan lewat layanan internet. Orang-orang pasti bakalan lebih berhati-hati terhadap produk yang ditayangkan lewat video tersebut. Nah biar bisa menekan rasa takut para calon konsumen kita, dari pihak kita sebagai penjual lah yang kudu rajin-rajin interaksi sama mereka dan bangun rasa percaya untuk beli produk yang kita jual.

Balik lagi nih tentang pembahasan soal Youtube. Karena Youtube sekarang udah jadi milik si Google, hal ini bikin adanya peningkatan yang cukup signifikan buat seberapa banyak video ngaruh ke peringkat di mesin pencari, yang berarti kalo video yang kita bikin punya potensi buat nankring di google search lho!

Jadi, dengan kita upload video yang udah kita bikin di youtube, bisa kita attach ato tautkan ke artikel kita di website dan orang yang butuh info secara visual bisa terbantu. Nah ada beberapa poin nih yang bisa kita perhatiin terkait video yang kita sematkan ke artikel website kita. Yok lanjut baca.

Video Tampil Menarik di Smartphone
Dari hasil survey, ada sekitar hampir 80% yang pake internet ngakses layanan online pake smartphone mereka. Bermacam video dari Youtube ato media lainnya bisa dilihat lewat smartphone. Pas website kita udah punya video dari Youtube, ini bisa narik perhatian para pengunjung yang akses artikel kita lewat smartphone kita. Tapi, pastikan ya di pengaturan video di websitenya itu agar rapi dan nyaman saat ditonton sama para calon konsumen kita.

Video Marketing Bisa Jelasin Semuanya
Kalo kita agak kesulitan buat jelasin produk kita yang agak ribet, lewat video lah semua itu akan teratasi. Lewat video yang kita tautkan ke artikel kita, disitu kita bisa jelasin tahapan-tajapan tentang produk kita. Caranya itu tinggal pilih animasi ato tampilan visual lain selain teks untuk bantu ngejelasin penonton tentang produk kita.

Video Cocok Buat Konsumen Yang Malas
Maksudnya malas disini tuh lebih ke arah para konsumen yang ga pengen ngabisin waktu mereka buat baca penjelasan tentang produk kita, yang mungkin agak panjang ato ribet. Hehe.

Durasi Video
Dari hasil sebuah survey dikatakan kalo ada sekitar 50% konsumen yang sepakat kalo 1 menit itu durasi yang pas buat ngejelasin soal produk kita. Dan ada sekitar 33% yang pilih durasi 1-2 menit. Sedangkan ada 17% korensponden yang bilang kalo mereka lebih suka video promosi yang durasinya dibawah 1 menit.

Kanal Video Marketing
Kita bisa share ato publikasiin video marketing kita lewat youtube dan di tautkan ke website kita. Tapi ga cuma disitu aja, kita bisa bagiin video kita lewat beragam media sosial yang kita miliki dan online chat biar video marketing tentang produk kita semakin dikenal oleh masyarakat luas. Yeay!

Lalu, apa sih yang jadi keuntungan buat kita pake video produk buat bisnis online kita? Ada banyak sih sebenarnya, tapi berikut ini ada beberapa poin yang #masbro dan #mbabro bisa pelajari manfaatnya. Lanjutt!

  • Kasih Perkenalan Bisnis yang Dijalankan
    Taukah bahwa video perkenalan itu bisa ngebangun kepercayaan para calon konsumen dengan kita? Caranya gampang! Bikin video singkat tentang profil perusahaan, cerita perjalanan bisnis kita, dan produk apa yang kita jual. Tujuannya itu biar calon pembeli kita bisa kenal dengan bisnis yang kita tawarkan. Yaa kaya peribahasa, tak kenal maka tak sayang lah. 

Baca juga:

  • Ngasih Deskripsi Produk
    Video yang isinya tentang deskripsi dan tutorial pemakaian dari produk kita itu penting loh buat dibagikan ke calon konsumen kita. Apalagi kalo produk yang kita jual itu belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Makanya kita butuh bikin video penjelasannya. Yang pasti nih, videonya dibuat sesederhana mungkin biar calon konsumen bisa paham dan langsung beli produk kita. Dan yang pastinya menarik dan persuasif yaa biar penonton tergugah.
  • Nunjukin Kualitas Produk
    Kalo cuma sekedar foto-foto produk doang mah udah biasa euy! Penonton ato calon pembeli kita butuh visual yang lebih jelas tentang kualitas dari produk kita lho! Nah lewat video itulah mereka bisa melihat dan menilai sendiri tentang kualitas produk kita. Oya, pastiin kualitas video kita ga yang ecek-ecek yaa. Biar jelas dilihat sama penonton.

Baca juga :

  • Memperluas Jangkauan Pembeli Kita
    Udah pada tau dong kalo yang ngakses internet itu ga cuma orang-orang yang ada di kota-kota besar aja. Seluruh Indonesia bahkan dunia bisa ngakses internet. Nah, makanya lewat video marketing online yang kita bikin itulah yang bakalan ngebantu kita buat dikenal oleh calon pembeli yang ga cuma dari Indonesia aja tapi juga dari seluruh dunia. Keren ga tuh?
  • Situs Menjadi SEO Friendly
    Pas pake video jadi salah satu teknik pemasaran yang dimana kita secara ga langsung kamu bikin situs bisnis kita lebih SEO friendly. Pas waktu situs kita udah SEO friendly, calon pembeli bakalan lebih gampang buat nemuin profil bisnis kita. Hal ini karena seperti yang udah dibahas tadi kalo youtube itu adalah produk dari Google. Cara biar video yang kita upload bisa teroptimisasi, caranya itu dengan kasih deskripsi produk dan keyword yang pengen kita pake di video yang bakalan kita upload. 

Baca Juga

Itu dia beberapa manfaat dari penggunaan video produk dalam artikel yang bisa ngebantu kita biar lebih bisa berkembang. Buat hasil yang optimal, ingatlah untuk bikin video yang ga bertele-tele, menarik dan berkualitas baik biar bisa bikin para konsumen itu langsung jatuh hati sama produk kita dan ambil keputusan untuk beli.


Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sering ditanya …

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita, klik kekitaan.com/tanyaSEO

Terimakasih
Pengalaman Penulis

kompasiana.com dibuka pukul 20:02 WIB pada Hari Rabu tanggal 27 Juli 2020
boc.web.id dibuka pukul 20:02 WIB pada Hari Rabu tanggal 27 Juli 2020
seller.tokopedia.com dibuka pukul 20:02 WIB pada Hari Rabu tanggal 27 Juli 2020

Kata kunci lain yang sering dicari …
hashtag generatorhashtags iorelevant hashtagsseekmetrics hashtag, hashtag finder facebook, hashtags idea, hashtagify, hastag google, tools riset hastag

Comments

Leave a Reply