Gini 3++ Cara Komentar di YouTube

Gini 3++ Cara Komentar di YouTube

Salam #MasBro #MbakBro

 

Metode 1 – Lewat Aplikasi Seluler Youtube

a. Buka halaman Youtube yang ada di hanphone kita dengan menekan icon logo Youtube.
b. Setelah halamannya terbuka, kita bisa login dengan alamat email yang kita punya

Gini 3++ Cara Komentar di YouTube

c. Ketik di bagian pencarian judul video yang pengen kita tonton, setelah itu klik video yang kita sreg untuk tonton

Gini 3++ Cara Komentar di YouTube

c. Abis masuk ke halaman video yang mau kita tonton, di bagian bawah video biasanya ada kolom komentar. Nah kita bisa tinggalin pesan kita disitu. 

Gini 3++ Cara Komentar di YouTube

Metode 2 – Lewat Situs Desktop Youtube

a. Buka browser kita dan ketik Youtube dibagian mesin pencari ato search engine. Jangan lupa sign in buat yang udah punya akun di Youtube. Gampang kok, cuma pake alamat email dan password kita.

 
Gini 3++ Cara Komentar di YouTube
 

b. Setelah masuk ke halaman video yang ingin kita tonton, scroll ke bagian bawah page, nanti kita bakalan liat ada kolom komentar. Biasanya itu ada di bawah bagian “Deskripsi” videonya.

Nah, disitu kita bisa langsung ketik komentar buat video yang udah kita tonton.

 
Gini 3++ Cara Komentar di YouTube
 
 

Kalo misalnya komentar kita di Youtube ada yang ngebales, kita bisa klik tombol “REPLY” ato “BALAS” di bagian bawah komentarnya ya. Oya, kalo misalnya di videonya itu tulisan di bagian komentarnya kaya gini “Comment are disable”, itu berarti kita ga bisa nulis komentar di video itu.

Metode 3 – Cara Tulis Komentar yang Baik

  1. Pelajari aturan komunitas YouTube. 
    Tau ga sih, kalo peraturan dari komunitas YouTube itu ngelarang pembuatan konten yang isinya berkaitan sama seksual, vulgar, unsur kebencian, yang berbahaya ato menjadi ancaman juga yang melanggar hak cipta. Nah buat komentarnya, ada lho larangannya juga yang mencakup tidak boleh mengomentari video yang mengandung unsur ancaman, spam maupun kebencian.
  2. Sebelum kasih komentar, coba deh pikir alasan kita berkomentar
    Mungkin kita bisa bertanya lebih dulu ke diri sendiri, kira-kira apa sih alasan kita buat kasih komentar ke video itu? Tujuannya buat kasih apresiasi ke pembuat kontenkah? Ato kita pengen kasih semangat ke content creatornya biar terus bikin konten? Ato mungkin kita pengen diskusi dengan penonton lain, terkait konten videonya. Ya, apapun itu alasannya, kita kudu bijak sih biar komentar yang kita tinggalkan di sana tidak merugikan orang lain.

     

    Contohnya, kita sebagai seorang penari yang jago banget dalam menari. Nah di video yang kita tonton ternyata itu tentang cara menari buat pemula. Pas kita liat kontennya, ternyata ada beberapa hal yang kurang tepat saat menari. Disitu kita bisa meninggalkan komentar terkait cara menari yang salah, tapi tetap dengan cara yang sopan ya, bukan bermaksud untuk menggurui.

  3. Baca komentar lain yang udah ada lebih dulu biar ga buat komentar yang ga perlu
    Sebelum kita kasih komentar, coba baca dulu komentar lainnya biar kita ga usah ngulang apa yang udah dibahas sama orang lain. Kalo misalnya ada komentar yang ternyata sama dengan apa yang mau kita tulis, coba deh buat klik tombol “Like” ato ikon jempol keatas, dan ato balas komentarnya, dibanding kita bikin komentar yang sama.
  4. Tunjukinrasa hormat kita
    Kalo kita nonton suatu video dan ternyata kita ga suka sama videonya, ga masalah buat kasih tau kalo kita ga suka sama videonya. Tapi pastiin ya kalo komentar kita itu sopan. Kalo misalnya pas nonton dan kita langsung ngerasa “kok videonya ga bagus sih”, mendingan ga usah di lanjutin nonton daripada kita buang-buang energi dengan ngetik kekesalan ato kekecewaan kita di kolom komentarnya. Tapi kalo memang pengen kasih komentar, hindari penggunaan kata yang negatif misalnya kaya, “ih, jelek videonya!”. Lebih baik komennya seperti ini bahasanya “hai, terima kasih untuk videonya. Saya masih kurang mengerti dengan apa yang disampaikan lewat videonya, tapi saya berharap agar kedepannya konten yang disampaikan lebih baik lagi”.
  5. Tambahin sesuatu di percakapan kita
    Idealnya tuh, orang-orang pada bangun koneksi lewat media sosial. Nah kalo komentar kita itu negatih dan terkesan nyerang orang lain, kita ga bakalan bantu siapapun dan malah membuat citra kita buruk. Ya walaupun mungkin video yang kita tonton ga bagus, tapi emang kita pengen kasih komen, cobalah buat nambahin kata-kata yang informatif, bijak ato setidaknya suportif lah buat si content creator biar ke depannya bisa lebih baik lagi.  Contohnya, kalo kita udah kasih komentar yang informatif dengan nawarin saran buat si pembuat video buat ningkatin kualitas kontennya, idealnya tuh dia bakalan pertimbangin saran kita buat video selanjutnya. Dan mungkin juga orang bisa kasih link video lain sebagai saran.
  6. Kasih komentar yang singkat
    Komentar-komentar YouTube punya hitungan karakter yang ga terbatas. Tapi itu ga berarti kalo kita bisa bikin “novel” di kolom komentar ya, hehe. Usahakan biar komentar yang kita bikin tuh singkat, padat dan jelas buat dibaca sama pengguna youtube lainnya, sambil tidak melupakan untuk ga nulis kata-kata yang tidak sopan ya.
  7. Jangan pake huruf kapital
    Ngetik dengan menggunakan huruf kapital itu terkesan kalo kita tuh apa ya sebutannya, hmm arogan lah. Sekalipun kita bercanda komentarnya, tapi kalo pake huruf kapital bakalan terkesan kalo kita lagi marah-marah lho.

Nah, buat kata-kata penutup ingat ya buat jadi seorang komentator Youtube yang bijak. Karena kita ga tau siapa yang bakaln baca komentar kita. Bisa aja calon bos kita. Ato malah calon mertua. Hayoloohh.

Oya, satu lagi nih. Mendingan jangan pernah ninggalin alamat website ato medsos kita di kolom komentar ya karena sebenarnya kurang disukai sama orang-orang. Dan bisa aja komentar kita tuh dilaporin sebagai Spam. Hiiyy

Gini 3++ Cara Komentar di YouTube. Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sering ditanya …

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita, klik kekitaan.com/tanyaSEO

Terimakasih
Pengalaman Penulis

id.wikihow.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
pandagila.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
databoks.katadata.co.id dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019

Kata kunci lain yang sering dicari …
… Gini 3++ Cara Komentar di YouTube


Terbit

dalam

,

oleh

Comments

Leave a Reply