Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Manfaat dari Berjemur di Pagi Hari

Manfaat dari Berjemur di Pagi Hari

Kalian suka Berjemur dipagi hari ga? Ternyata berjemur ada manfaatnya loh. Berjemur sangat penting apalagi sedang ada wabah pandemi virus Corona dan membuat kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh mulai banyak diminati. 

Berjemur pada sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut Manfaat dari berjemur di Pagi Hari :

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat berjemur sinar matahari pagi pertama dapat menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari University of Edinburgh, senyawa yang disebut nitric oxidedapat dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit. Senyawa dapat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat berjemur sinar matahari pagi dapat meningkatkan kesehatan tulang. Seperti vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Vitamin D3 juga ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit. 

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan saraf, David Llewellyn dari University of Cambridge menilai kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita dari Inggris yang berusia 65 tahun atau lebih dan menemukan bahwa fungsi kognitif semakin berkurang. 

Sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

 

4. Bantu Hilangkan Depresi Ringan

Kekurangan sinar matahari akan dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder atau SAD.

SAD merupakan depresi umum yang terjadi dan sering dirasakan pada saat berada di musim dingin. Hal serupa juga terjadi pada orang-orang yang bekerja berjam-jam di Kantor.

Baca juga: Cara menjaga kesehatan organ hati

5. Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Hal tersebut dikarenakan pada saat sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur) ditutup sampai matahari terbenam lagi.

Sinar matahari akan membuat tubuh memiliki gambaran yang jelas sehingga akan membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal.

Terimakasih
Merdeka.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Comments

Leave a Reply