Cara Menjaga Kesehatan Hati

Cara menjaga kesehatan organ hati

Kalian tau ga apa itu hati? Hati adalah organ terbesar dalam tubuh manusia, dan memiliki fungsi yang juga cukup vital. hepatitis, nama hepatomegali terdengar masih agak asing di telinga. Hepatomegali adalah penyakit yang terjadi karena adanya pembesaran ukuran organ hati. Organ hati punya lebih dari 100 fungsi dalam mengatur keseimbangan tubuh. Oleh karena itu Cara menjaga kesehatan organ hati Kemampuan hati untuk multitasking membuat organ ini termasuk organ yang paling sibuk dalam tubuh selain otak, jantung dan ginjal.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati :

1. Vaksinasi sejak dini

Hepatitis, jenis peradangan hati, dapat dicegah dengan pemberian vaksin sejak dini. Seperti vaksin hepatitis B yang diberikan sejak bayi lahir dan dilakukan dalam beberapa tahap. Begitu pun vaksin hepatitis A yang berfungsi mencegah terjangkit penyakit tersebut.

2. Minum air yang banyak

Air membantu menghilangkan racun dan membantu kelancaran proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Meminum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi. Disarankan untuk mengurangi minum air agar tubuh Anda tidak mengandung terlalu banyak cairan.

3. Makan makanan bergizi

Pengaturan makanan, baik secara jenis dan jumlah yang tepat, dapat membantu hati untuk mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. kita pun membantu meringankan kerja hati.

Fatty liver atau perlemakan hati terjadi karena kita tidak mengatur jumlah lemak dan karbohidrat yang kita makan.

Baca juga:
Manfaat Tidur siang untuk kesehatan

4. Hindari zat beracun

Bisa saja terpapar zat beracun saat melakukan aktivitas tertentu seperti membersihkan rumah. Pasalnya beberapa produk pembersih dan aerosol mengandung bahan kimia yang berbahaya.

5. Hati-hati dalam mengonsumsi obat

Hati berfungsi untuk mengubah zat obat menjadi aktif atau netral. Banyak obat yang dijual bebas yang dapat menjadi racun bagi hati bila dikonsumsi berlebihan dan tanpa aturan yang jelas.

Hati-hatilah dalam memilih obat atau suplemen. Hal tersebut akan memperberat hingga merusak kerja hati.

6. Hindari alkohol

Alkohol dapat menyebabkan pengerutan hati atau sirosis. Dalam jangka panjang, alkohol juga dapat menyebabkan kanker hati. Oleh sebab itu, hindari konsumsi alkohol demi kesehatan hati. 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Terimakasih

Canva.com dibuka pukul 13:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021

Comments

Leave a Reply