Makanan khas Sunda

Makanan Khas Sunda

Tanah Pasundan atau yang dikenal dengan Sunda memang selalu menarik untuk diulas. Yang tak kalah menjadi daya pikat yakni makanan khas Sunda yang tidak pernah mengecewakan dan selalu membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan. Berikut beberapa Makanan Khas Sunda : 

1. Karedok

Makanan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan lotek, sama-sama terbuat dari bahan dasar sayuran. Bedanya, bahan sayuran yang digunakan masih mentah. Biasanya makanan ini dinikmati bersama nasi hangat atau lontong dan tambahan kerupuk.

2. Lotek

Lotek merupakan makanan asli Sunda yang terbuat dari sayur-sayuran segar seperti kol, tauge, kacang panjang, dan kangkung yang direbus. juga bisa dikreasi menggunakan sayuran lainnya.

3. Bakakak Hayam

Hayam bahasa Sunda memiliki arti makanan yang bahan utamanya ayam. Makanan ini dibuat dari ayam yang dibumbui menggunakan bumbu khusus kemudian di bakar. Biasanya makanan ini disajikan untuk di makan ramai-ramai, pastinya ditemani lalapan dan sambal.

Baca juga: Makanan Khas dari surabaya

4. Soto Bandung

Makanan ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Soto Bandung merupakan soto asli Bandung dengan cita rasa yang segar dan unik. Soto ini menggunakan irisan daging sapi atau tetelan yang disiram menggunakan kuah kaya rempah.

5. Empal gentong

Makanan khas Sunda yang berasal dari daging, yakni empal gentong. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging, usus, dan babat sapi. Bahan-bahan tersebut dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar sehingga cita rasa tradisionalnya sangat kuat.

6. Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng menjadi makanan khas Sunda yang saat ini sangat terkenal. Sebenarnya batagor bukan makanan berat. Makanan ini terbuat dari campuran ikan tenggiri, tepung sagu atau aci, dan kulit pangsit. Kemudian setelah itu digoreng dan disajikan dengan siraman sambal kacang dan kecap manis.

7. Tahu gejrot

Makanan khas Jawa Barat yaitu tahu gejrot. Seperti namanya, makanan yang satu ini berbahan utama tahu. Biasanya tahu yang digunakan yaitu tahu kulit asli Sumedang yang dipotong kecil-kecil kemudian disiram dengan bumbu cabai.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
katadata.co.id dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply