MAKANAN KHAS SOLO

halo teman teman semuanya hari ini kita akan lompak ke kota solo nih sebelummnya Solo atau Surakarta bukan hanya memberikan ramah tamah masyarakatnya saja, tapi juga kuliner khas dengan cita rasa yang menggugah selera. penasaran apa aja kuliner yang ada di kota solo simak berikut ini :

  1. sate buntel

Jenis sate khas Solo ini terbuat dari daging yang dibungkus atau “dibuntel” dengan lembaran lemak kambing. Tekstur daging pada sate buntel tidak alot karena menggunakan daging giling. Lembran yang membungkus daging berfungsi untuk membuat sari daging tetap terjaga dan membuat daging tidak kering saat dibakar.

2. cabuk rambak

Cabuk rambak merupakan makanan khas Solo yang terdiri dari potongan ketupat yang disiram dengan saus wijen. Ditambahkan karak atau kerupuk nasi sebagai bahan pelengkapnya. Cabuk rambak biasanya disajikan dengan pincuk sebagai alasnya. Makanan ini cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau berat.

3. timlo solo

Makanan khas Solo yang selanjutnya adalah timlo. Sajian sup ayam bening ini ditambahkan dengan sosis solo, telur pindang, hati, dan potongan ampela ayam. Ada sambal kecap yang bisa ditambahkan di semangkuk timlo untuk menambah kesegaran.

4, serabi solo

Bukan hanya makanan mengenyangkan saja yang menggiurkan, tapi camilan manis khas Solo juga tak kalah menggugah selera. Ada serabi solo yang terkenal dengan tekstur lembut dan tidak terlalu padat pada bagian tengah sehingga bisa digulung.

5. sosis solo

Sosis solo memiliki bentuk seperti risol dengan kulit dadar telur tipis dan berisikan daging giling. Rasanya gurih sehingga cocok disajikan sebagai camilan renyah di rumah. Biasanya sosis solo dibentuk pipih, dipotong, dan disajikan dalam semangkuk timlo.

6. sate kere

Sate kere merupakan hasil kreativitas rakyat jelata yang ingin menyantap sate daging, tapi tidak kesampaian. Sate khas Solo ini terbuat dari jeroan dan tempe gembus sebagai bahan dasarnya. Dibakar di atas bara api dan disajikan dengan bumbu sate yang nikmat.

7. bakmi toprak

Makanan khas Solo yang selanjutnya ada bakmi toprak. Hidangan berkuah bening ini berisikan mi, irisan kol, potongan tahu goreng, sosis solo, tahu dan tempe. Ditambahkan juga tetelan daging sapi yang membuat rasanya lebih istimewa.

8. brambang asem

Brambang asem merupakan masakan khas solo yang menyajikan tempe gembus dan kangkung kemudian disiram dengan sambal khas. Sambal dari brambang asem terbuat dari gula jawa, terasi, asem jawa, cabai rawit, dan bawang merah. Brambangan asem enak dinikmati sebagai pendamping masakan.

9. bubur lemu

Bubur lemu bisa kamu nikmati sebagai menu sarapan yang mengenyangkan. Menyajikan bubur nasi yang dimasak dengan santan yang gurih. Sebagai isiannya, ada sambal goreng dengan bahan utama siam, tahu cina, kacang tolo, dan kerupuk kulit yang direbus hingga lembek.

10. tahu acar

Tahu acar sekilas mirip dengan bakmi toprak hanya saja, menggunakan acar mentimun sebagai isiannya. Kuah dari tahu acar berwarna coklat dan rasanya sedikit asam segar. Cocok dinikmati sebagai menu makan siang hari.

itu dia beberapa makanan khas dari solo. tertarik untuk mencoba ? next kita loncat ke kota mana lagi yah jangan lupa buat komen di bawah ini terimakasihhh


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply