Makanan khas Betawi

Makanan khas Betawi

Makanan Betawi yang banyak dipuji karena kelezatannya. Makanan khas Betawi biasanya terasa gurih: Makanan khas atau tradisional merupakan salah satu contoh yang diwariskan secara turun temurun. Berikut Makanan Khas Betawi.

1. Nasi uduk betawi

Nasi uduk, masakan Betawi yang paling populer ini mudah ditemui hampir semua pelosok di wilayah Jakarta. Menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk sarapan pagi. Terbuat dari beras putih yang dimasak dengan santan kelapa, serta dibumbui garam, daun serai, dan daun salam. Rasanya sangat gurih dan nikmat, terutama bila disantap saat masih hangat. 

2. Bubur Ase

Bubur Ase memiliki singkatan dari bubur ‘Asinan Semur”. Tampilannya pun berbeda degan bubur pada umumnya.
Perpaduan rasa manis yang berasal dari potongan kecil semur daging kemudian disusul rasa gurih dari bubur serta renyah dari tauge matang, kacang tanah goreng dan emping. 

3. Ketupat Betawi

Ketupat ini disajikan dengan sayur labuh atau pepaya muda yang diserut halus dengan santan yang dimasak dengan bumbu kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, serta potongan ebi, dan biasanya dilengkapi dengan sambel goreng dan taburan bawang goreng.

Baca juga: Makanan Khas dari surabaya

4. Kerak Telor

Kerak Telor merupakan jajanan disaat santai bagi warga Betawi. Terbuat dari ketan, kelapa, udang kering, merica, garam, telur. Kerak telor ini memiliki metode masak yang unik menggunakan anglo atau kompor yang terbuat dari tanah liat, arang rambutan yang akan membuat makanan menjadi harum.

5. Roti Buaya

Roti Buaya merupakan makanan khas Betawi yang berbentuk buaya dalam ada perkawinan masyarakat Betawi. Simbol dari Roti Buaya bagi perkawinan masyarakat Betawi itu melambangkan bahwa hanya mautlah yang dapat memisahkan cinta mereka berdua. Bahkan, dulunya sebelum menjadi roti, buaya dijadikan seserahan dalam bentuk replika yang terbuat dari daun kelapa atau kayu.

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
jakarta.suara.com dibuka pukul 06.21 WIB pada tanggal 8 Agustus 2021
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Comments

Leave a Reply