MAKANAN KHAS ACEH

Halo temen temen semuanya kali ini kita bakal pindah kee aceh nihhh ada makanan apa aja ya di sanah pada penasaran gaksih ? yaudah yukk simak tulisan di bawah ini .

berikut beberapa makanan khas aceh :

  1. mie aceh

Dari namanya sudah bisa diketahui jika makanan ini berasal dari Aceh. Memang benar, mie Aceh ini merupakan jenis makanan yang berasal dari Aceh dan terkenal hampir diseluruh kota-kota yang ada di Indonesia.

Satu jenis makanan khas aceh yang terkenal tidak hanya di tempat asalnya, namun juga di kota-kota besar di Indonesia ini dapat disajikan dengan dua jenis masakan, yaitu dengan digoreng ataupun disajikan berkuah.

Kamu juga bisa memesan mie aceh dengan rasa pedas atau rasa gurih. Mie aceh disajikan dengan tambahan lauk mulai dari sejenis seafood ataupun daging.

Bukan hanya bisa disajikan dengan digoreng atau berkuah saja, melainkan kamu juga bisa memesan mie aceh dalam beberapa rasa diantaranya pedas atau gurih sesuai dengan selera kamu masing-masing.

Mie aceh juga ditambahkan beberapa lauk seperti seafood serta tambahan daging.

2. kuah pliek u aceh

Kuah Pliek U ini merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Kuah Pliek U juga termasuk dalam makanan yang cukup terkenal.

Bahkan sampai ada yang mengatakan jika berkunjung ke Aceh belum mencicipi makanan satu ini bisa dikatakan seperti belum berkunjung ke Aceh mengingat terkenalnya serta bisa ditemukan diberbagai rumah makan yang ada di Aceh.

Kuah Pliek U ini diibaratkan seperti sebuah lambang kekerabatan serta keberagaman masyarakat yang ada di Aceh yang kemudian disatukan dalam sebuah kuali sehingga akan menghasilkan cita rasa lezat nan unik.

3. gulai kambing aceh

Jenis makanan asli Aceh berikutnya yaitu Gulai Kambing. Gulai kambing ini merupakan makanan dari Aceh yang kerap disajikan serta dikonsumsi dalam keadaan panas.

Kelebihan dari Gulai Kambing ini terletak pada daging yang digunakan yaitu sangat empuk dan tidak berbau.

Selain itu juga tidak lupa ditambahkan beberapa perasan air jeruk nipis sehingga akan segar ketika dikonsumsi

4. timphan aceh

Makanan dari Aceh ini berbentuk kue. Timphan merupakan kue yang sudah terkenal sejak dahulu.

Kue dengan rasa manis ini memang sangat pas digunakan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Aceh.

Berkunjung ke Aceh sangat kurang lengkap manakala tidak mencicipi Timphan serta membawa pulang untuk keluarga dirumah.

Untuk rasanya, kue khas Aceh ini memiliki rasa legit serta dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa olahan tepung ketan yang sudah diisi dengan nangka, buah pisang raja, selai, ubi hingga labu.

Isian tersebut kemudian dibalut dengan menggunakan tepung serta dibungkus dalam kulit daun pisang. Yang membuat menarik timphan ini mampu bertahan sampai 3 hari dengan aroma wangi.

5. deng deng aceh

Sama halnya dengan Tumpiah, dendeng Aceh juga diperuntukkan sebagai oleh-oleh khas Aceh.

Dendeng Aceh ini terbuat dari daging sapi yang sudah diiris tipis kemudian dikeringkan serta dicampur dengan beragam bumbu dan rempah pilihan untuk membuat cita rasa serta aroma semakin memikat.

Dendeng Aceh terdiri dari beberapa rasa diantaranya gurih serta manis. Dendeng Aceh ini sangat nikmat manakala disajikan bersama dengan nasi.

Kamu bisa mendapatkan dendeng Aceh dibeberapa toko yang tersebar di wilayah Aceh

6. keumamah ikan aceh

Nama kuliner satu ini masih asing terdengar ditelinga. Keumamah merupakan kuliner yang terbuat dari olahan bahan ikan tuna yang sebelumnya direbus serta dikeringkan dan diiris untuk dijadikan sebagai menu masakan lezat.

Keumamah juga bisa anda bawa pulang ketika sudah dikeringkan bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu berminggu-minggu serta akan tetap lezat ketika diolah.

Untuk menambah cita ras, keumamah ini dimasak bersama dengan hidangan pelengkap yang ditambahkan dengan beberapa bumbu serta rempah pilihan lain seperti santan kelapa, kentang dan cabai hijau.

Langkah ini dibuat untuk menambah kelezatan enkot agar semakin sempurna, jika anda tertarik maka bisa menemukan diberbagai rumah makan di Aceh.

7. boh romrom aceh

Bohromrom juga termasuk dalam jenis makanan yang cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

Bohromrom ini hadir dengan rasa bentuk serta rasa unik yang enak dan legit. Bohromrom juga dikenal dengan sebutan kue boh duek beudeh yang disajikan dengan cita rasa manis serta tekstur lembut.

Dengan taburan parutan kelapa, bohromrom semakin terlihat menggugah selera. Bohromrom sendiri dibuat dengan tepung ketan, garam, gula jawa atau gula merah, air dan lainnya.

Proses pembuatan kue bohromrom juga terbilang sangat mudah, dimana Anda hanya perlu mencampurkan tepung ketan dan air panas dan selanjutnya mengaduknya hingga rata.


Terbit

dalam

,

Comments

Leave a Reply