Kuliner Makanan Khas Garut

Setiap daerah pasti mempunyai suatu makanan yang menjadi ciri atau berbahan baku dari kekayaan alam yang dimilikinya. Selain itu, makanan khas tersebut tentunya bisa dijadikan buah tangan atau oleh oleh khas yang unik bagi pihak yang berkunjung ke daerah tersebut. Tidak dipungkiri orang yang datang ke suatu wilayah pasti ingin membeli oleh baik untuk dinikmati sendiri atau untuk diberikan kepada kerabat dan teman. Begitu juga dengan Garut, meskipun Garut termasuk kota kecil namun ada beragam tempat wisata Garut yang patut dikunjungi serta berbagai macam sajian makanan khas Garut yang bisa kamu coba atau jadikan oleh keluarga dirumah.

Nasi Liwet

Saat kamu berkunjung ke Garut, jangan lupa mampir ke Rumah Makan Asep Strawberry yang berada di Jalan Raya Kadungora Nomor 245, Leles, Garut karena disini menyediakan ini sajian kuliner khas Garut yang diberi nama nasi liwet. Rasa dan penyajian nasi liwet ini sangat unik sehingga menjadi favorit para wisatawan.

Surabi

Makanan khas Kota Garut ini terbuat dari tepung beras yang diolah bersama dengan kelapa. Surabi Garut memasak menggunakan arang dengan cetakannya yang berbentuk khusus. aroma surabi Garut sangatlah mencintai, meskipun sudah dingin, surabi Garut ini masih tetap enak untuk disantap.

Es Goyobod

Minuman khas Garut ini banyak difavoritkan oleh wisatawan karena menyegarkan. Es goyobod mirip dengan es campur hanya saja ditambah dengan tepung kanji. Minuman ini cocok disantap saat udara di Garut sedang terik.

Awug

Awug adalah makanan tradisional Garut sekaligus makanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Tergabung dari tepung beras yang diolah rupa kemudian diberi diberi isian gula merah. Awug lebih nikmat jika disantap dalam keadaan masih panas.

Jeruk Garut

Garut dikenal sebagai sentra penghasil buah jeruk yang dikenal dengan nama jeruk garut. Siapa sih yang tidak suka dengan jeruk? Buah yang memiliki rasa manis sedikit kecut ini merupakan oleh oleh khas Garut nomor 1 yang harus kamu beli. Jeruk Garut biasanya dijual menggunakan mobil pick up yang berhenti di pinggir jalan di beberapa wilayah yang ada di Garut. Harga jeruk Garut ini beragam sesuai dengan kualitasnya, biasanya dijual dengan harga 9 sampai dengan 10 ribu per kilonya.

Dodol Piknik

Dodol garut ini sebenarnya ada beragam jenis dan merk serta terkenal di seluruh penjuru kota Garut dan Cipanas. Namun ada satu produsen dodol Garut yang menggunakan merk dodol piknik yang produknya sudah sangat terkenal dan banyak dicari oleh wisatawan. Dodol picnic dapat kamu temukan di toko oleh yang ada di kota Garut.

Chocodot

Ada makanan khas Garut chocodot yang dipelopori oleh seorang pemuda asli Garut. Chocodot merupakan sajian kuliner yang mengkombinasikan berbagai jenis coklat dengan bahan lokal lainnya misalnya buah, kacang, cabai, dan juga dodol sehingga menghasilkan puluhan jenis produk chocodot yang mempunyai kesan modern. Selain rasanya enak, chocodot ini dikemas dalam kemasan yang modern pula dan mudah dibawa.

Dorokdok dan Kerupuk Kulit

Dorokdok ini merupakan kerupuk kulit yang mempunyai cita rasa gurih karena diolah dengan campuran bumbu khas Garut. Sebenarnya bahan pembuatan dorokdok dan kerupuk kulit itu berbeda meskipun sama berjenis makanan ringan yang terbuat dari kulit. Dorokdok terbuat dari kulit sapi, sedangkan kerupuk kulit dibuat dari kulit kerbau.

Wajit Cisompet

Makanan khas Garut yang satu ini terbuat dari ketan berkualitas unggul yang bersama santan dan gula merah. Di Jawa Barat, wajit yang cukup terkenal adalah wajit Cililin. Meskipun begitu ada jenis wajit lain yaitu wajit Cisompet khas Garut yang teksturnya sah dan unik.

Moring Garutan

Makanan khas Garut ini adalah cemilan berupa keripik yang terbuat dari cimol. Moring sebenarnya adalah singkatan dari cimol kering. Sesuai dengan namanya, moring berasal dari bahan baku cimol yaitu tepung kanji yang dibumbui kemudian diiris tipis dan digoreng hingga kering. Moring garutan banyak dijual dengan berbagai macam pilihan rasa seperti BBQ, pedas, dan juga keju.

Comments

Leave a Reply