Tips tips agar kita bisa produktif disaat sekolah online

Tips tips agar kita bisa produktif disaat sekolah online

 

Nah buat kalian yang bingung bagai mana cara supaya bisa produktif? Nah guw mau kasih tips nya nih 

1.Persiapkan media pembelajaran

media pembelajaran

Sebelum belajar daring kita harus memastikan semua peralatan yang dibutuhkan lengkap. Misalnya, Laptop/PC, Akses Internet, Buku, Alat tulis, dan media pembelajaran lainnya. Pastikan juga kita memiliki software yang menunjang kegiatan belajar daring.

 

2. Ciptakan ruang belajar yang kondusif

ruang belajar

Belajar dari rumah melalui media pembelajaran daring sangatlah berbeda dengan pembelajaran secara offline di sekolah atau kampus. Terkadang, konsentrasi kita menjadi mudah terganggu dengan hal-hal kecil. Sehingga penting bagi kita untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Pilih ruangan yang tenang dan dengan pencahayaan yang bagus agar menjadi lebih fokus. Hindari belajar di tempat tidur karena dapat mengakibatkan kita menjadi mudah mengantuk dan terlalu nyaman dengan tempat tidur sehingga membuat kita ketiduran.

 

3. Disiplin dengan waktu belajar

disiplin waktu

Manajemen waktu menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. Tetaplah bangun pagi, walaupun belajar dari rumah dan menggunakan metode pembelajaran daring lebih fleksibel kita harus tetap melaksanakannya dengan disertai tanggung jawab

 

Untuk memacu diri agar tetap disiplin, kita dapat menerapkan adanya reward dan punishment. Reward merupakan hadiah yang didapatkan setelah kita melaksanakan tugas dengan baik, sedangkan punishment adalah hukuman yang kita dapatkan apabila telah gagal dalam melaksanakan tugas.

 

Contoh reward atau hadiah yang dapat kita terapkan, misalnya setelah kita selesai menyelesaikan satu tugas, kita boleh istirahat sekitar 15 menit. Hal ini dapat menghilangkan kejenuhan ketika belajar dan sedikit dapat meringankan beban pikiran. Atau bentuk hadiah apapun yang dapat membuat kita menjadi lebih semangat dalam melanjutkan tugas-tugas.

 

4. Membuat To Do List (Target Harian)

to do list

Untuk membuat kegiatan atau tugas kita menjadi lebih tertata, sebaiknya kita membuat planning terlebih dahulu apa saja jadwal perkuliahan pada hari itu dan juga daftar tugas yang harus dikerjakan. Melalui daftar tersebut kita bisa memilah mana tugas yang harus segera diselesaikan dan mana yang bisa dilakukan nanti. Sehingga kita bisa melaksanakan deadline tepat waktu dan menjadikan kita lebih produktif.

 

5. Hindari hal-hal yang dapat membuat gagal fokus

gagal fokus

Belajar daring membuat kita diharuskan belajar lewat laptop atau HP, jangan sampai melalui media tersebut kita menjadi gagal fokus untuk membuka sosial media. Sebisa mungkin kita harus mengabaikan notifikasi yang muncul, cek whatsapp, instagram dan lain sebagainya. Setelah pembelajaran selesai, bolehlah kita bebas lagi bermain dengan HP. Tetapi harus ada batasannya juga.

 

6. Jaga Asupan Nutrisi

nutrisi

Selain memperhatikan produktivitas, kita juga harus menjaga kesehatan. Terutama di masa pandemi sekarang ini, prioritas utama kita adalah dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Salah satu caranya yaitu degan menjaga pola makan.

 

Untuk memenuhi asupan gizi harian, kita harus memperhatikan 4 sehat 5 sempurna, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein, dan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari agar metabolisme tubuh menjadi lancar. Dengan terpenuhinya asupan gizi dapat memperkuat konsentrasi dan daya ingat.

Sumber informasi : https://www.akbara.ac.id/di-rumah-aja-tetapi-tetap-produktif-dalam-belajar-simak-tips-berikut-ini/

Comments

Leave a Reply