Kemuliaan Tuhan Rahasiain Sesuatu, Kemuliaan Manusia Selidiki Sesuatu

Salam #MasBro #MbakBro

Udah pernah lakuin penelitian belum?
Kenapa lakuin penelitian itu?
Apa hasilnya?

Kalo kita ngomongin sesuatu pasti kita akan lebih percaya kalo ada data hasil penelitiannya.
Betul ato betul?
Kenapa?
Jawaban gampangnya karna ada objek / subjek yang mendukung apa yang kita sampein.

Nah, penelitian adalah proses mencari kebenaran terhadap suatu fenomena / fakta / masalah yang terjadi dengan cara terstruktur dan sistematis. Sedangkan tujuan penelitian adalah …
a.
memperoleh informasi / data;
b. untuk mengetahui dan bandingin antara data yang penelitian dengan fakta yang terjadi di masyarakat.
c. mecahin masalah yang terjadi di masyarakat.
d. ngasih jawaban dan solusi yang tepat bagi masyarakat.

Dari pengertian dan tujuan diatas kita bisa ambil kesimpulan sementara kalo penelitian itu adalah hal yang penting.

Kemuliaan Tuhan Rahasiain Sesuatu, Kemuliaan Manusia Selidiki Sesuatu

Nah saat membaca kalimat yang menjadi judul obrolan kita hari ini Kemuliaan Tuhan Rahasiain Sesuatu, Kemuliaan Manusia Selidiki Sesuatu. Ada 2 hal yang bisa jadi bahan obrolan kita #MasBro #MbakBro ….

1. Manusia itu ga lebih dari Tuhan

Sudut pandang yang dipake disini adalah yang positif ya.
Maksudnya …
Manusia harus menyadari … Kita memuliakan Tuhan dengan bersyukur (kemuliaan pasifatas apa yang kita punya didunia. Apa yang kita punya itu ada 2 yaitu apa yang kita miliki secara pribadi dan milik bersama. Apa yang kita miliki secara pribadi misalnya harta benda, temen, dan keluarga. Sedangkan kepemilikan bersama adalah udara, hutan, dan lain-lain.
Kita secara ga sadar memuliakan Tuhan atas setiap rahasia kehidupan ini. Kita memuliakan Tuhan atas setiap pertanyaan yang ga bisa kita jawab … atas semua yang ada didunia ini, baik yang kita miliki secara sah ato kepemilikan bersama.

2. Manusia punya tugas mulia

Kalo tadi kemuliaan pasif, selanjutnya kemuliaan aktif. Kemuliaan dengan maksimal berkarya atas apa yang dipercayain sama kita.

Tuhan itu adalah sesuatu yang terpenting diatas segala yang penting. Tapi Tuhan kasih “rasa penting” sama manusia. Penelitian itu biasa dilakuin sama ilmuan ato pakar yang berhubungan sama hal yang akan dicari kebenarannya. Saat manusia menjadi pakar dalam nemuin kebenerannya. Tuhan menjadi pakar yang rahasiain kebenaran itu.

Pada akhirnya kemuliaan yang didapatin sama manusia itu akan kembali ke Tuhan … lewat ucapan syukur. Bukan sekedar karna Tuhan memang posisiNya udah tinggi dan mulia. Itu terlalu dangkal. Tapi tanpa rahasia yang dimiliki Tuhan kita memang ga akan mencari jawabannya dengan penelitian. Kemuliaan manusia ga akan pernah ada tanpa kemuliaan Tuhan. Hubungan saling menguntungkan yang unik.

Ternyata…
Hidup bukan hanya soal kemuliaan .. kehormatan.
Hidup didunia bukan soal perkara apa yang kita punya dan apa yang kita lakuin.
Tapi gimana
hubungan kita sama sesama manusia dan hubungan manusia dengan Tuhan.
Semua kemuliaan itu ga akan pernah ada tanpa Tuhan.
Dan …
… semua kemuliaan itu adalah hal mudah dikasih Tuhan sama manusia.
Ibarat seorang ayah yang menjadi pemilik sebuah perusahaan, sebaik apapun dia punya karyawan. Hal berharga (kemuliaan) yang dia punya ga akan pernah dikasih sama karyawannya. Tapi dikasih sama anaknya, keluarganya.
Tapi hal berharga ga dikasih sama orang sembarangan tapi dikasih sama yang udah dewasa sehingga layak menerimanya … menerima kemuliaan itu. Seperti halnya peneliti tadi, menjadi pakar.
Jadi apakah kita udah menjadi pribadi yang dewasa, apakah kita udah menjadi pribadi yang layak, dan … apakah kita udah menjadi pakar atas apa yang Tuhan udah percayaain sama kita sekarang?

Ga tau mau mulai darimana?
Ga tau mau cerita sama siapa?
Silahkan ngobrol sama kita, klik kekitaan.com/CeritaDong

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
Pengalaman Penulis
kompasiana.com dibaca 02:27 WIB pada hari Senin tanggal 25 Mei 2020

Sering ditanyain
Kenapa mahasiswa harus melakukan penelitian?
Mengapa metode penelitian sangat penting dalam mengembangkan sebuah penelitian?
Apa pentingnya penelitian bagi kehidupan manusia?
Mengapa seorang peneliti harus cermat dan teliti dalam melakukan penelitian?

Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan penelitian?
Mengapa perlu adanya jurnal penelitian?

Kata kunci lain yang sering dicari …
Kemuliaan Tuhan Rahasiain Sesuatu, Kemuliaan Manusia Selidiki Sesuatu, kemuliaan Tuhan, kemuliaan, Tuhan, rahasiain, rahasia, kemuliaan manusia, selidiki, sesuatu,

Comments

Leave a Reply